Special tool Hand made.....lagiii

Kunci yang aneh bentuknya :D
Kali ini mau cerita tentang special tool lain nya, yang ku pakai untuk membuka dan merakit kembali Shock absorber Marzocchi'nya babyblue, yang pernah jebol dan ku perbaiki Januari kemaren...
bentuknya ya seperti foto di atas bro/sis...

kenapa bentuk nya seperti itu ???
ya karena itu memang plat bekas rem sepeda, yang ku modifikasi sedikit, biar bisa ku pakai untuk membuka dan merakit ulang shock absorber babyblue.
ini panampakan lainnya :
ini penampakan nya dari sudut lainnya.
karena waktu bongkar dan perbaiki kemaren, sempet kesulitan untuk melepas nut cover tabung shock absorber. terpaksa lah ada acara bikin sendiri kunci nya.
bahan nya seperti telah ku sebutin di atas, plat bekas rem sepeda yang bentuknya sedemikian rupa, sempet juga kepikiran untuk buat dari plat strip, tapi...karena keterbatasan waktu dan lagi lucu-lucunya hujan di luar ya udah, pakai yang ada aja..

cari-cari pelat di tumpukan barang bekas di belakang rumah, nemu plat ini.
lurusin lagi tekukan-tekukan nya trus mulai nge'mal posisi knock'nya.
trus, gergaji plat'nya di titik mal yang udah di buat..lebar knock'nya 2,5-3mm.
setelah di gergaji, tekuk lagi knocknya ke bawah..
knock ini yang nanti di pakai untuk memutar nut cover tabungnya.
juga di bagian tekukan dalam, yang bersinggungan dengan shaft shock absorber, di kikis lagi dengan kikir bulat, sampai bebas dan tidak mengenai as/shaft'nya waktu di putar...soalnya kalau sampai as/shaft'nya terluka...
pasti olie akan bocor dan rembes dari celah antara seal dan as yang tergores tadi.
seperti ini penampakan nya :
ini titik yang di pakai untuk nge'mal kuncinya
Oke...jadi dah kunci hand made'nya...
biayanya gratis, yang penting cuma modal kreatif aja memanfaatkan barang yang ada..
dan yang pasti, dengan berbekal kunci ini, proses bongkar pasang shock absorbernya jadi gampang, ga ada proses drip / ketok dengan palu lagi waktu membuka dan merangkai shock belakang babyblue...

monggo di komentari dan di caci-maki... :D

Special tool untuk boss kopling. (Hand made lagi..)

Kunci special ini aku pergunakan untuk membuka atau mengunci Boss kopling babyblue, seperti di sini atau di sini...
karena service atau modif babyblue sering aku kerjakan di rumah, tapi karena alat-alat ku belum kumplit,
dan harga special tool buatan pabrik rata-rata mahal harganya...
terpaksa harus kreatif dikit untuk buat special tool'nya... :)

Bahan-bahan nya pun pasti mudah di dapat koq..dan yang ku gunakan untuk membuat special tool ini pun tergolong bahan bekas.
yang kita butuhkan adalah :
  • plat kopling bekas 2 pcs (minta yang bekas di bengkel temen...alias gratis )
  • plat strip bekas ukuran 3 x 30 x 400mm 1pcs. (beli di loakan Rp 3.000/kg )
kalo sudah siap bahan-bahan nya, langkah pertama kita belah (split ) plat strip nya, panjang split nya 110-120mm.
lalu di lebarkan belahan (split) tadi, selebar 70-80mm. (bentuk akhirnya seperti ketapel )
setelah membentuk plat strip'nya selesai, potong ujung plat strip nya 8-10mm (nanti kita pakai untuk ganjal plat kopling geseknya di bagian ujung) dan rapikan bekas potongannya.
langkah selanjutnya adalah menyatukan plat strip, potongan kecil'nya dan plat koplingnya.
untuk yang satu ini, aku butuh bantuan tukang las...(ga punya trafo las soalnya :p )
seperti ini jadinya :
posisi titik pengelasan
di kasi space 3mm biar tekanan merata
Nah, selesai kan ??
tinggal merapikan bekas las-las'an nya, juga sedikit mengikis plat strip di dekat titik pengelas'an agar special tool ini bisa masuk dan mengunci boss kopling, tanpa menggesek primary house couplingnya.

kenapa di buat bentuk sepeti ini ?
karena di bengkel-bengkel pinggir jalan yang pernah kulihat, kunci boss kopling mereka juga menggunakan plat gesek seperti ini, yang langsung di las dengan as roda bekas, tapi...biasanya sering patah waktu di pakai mengunci boss koplingnya. Karena titik beban nya hanya tertumpu di titik las nya aja.
dengan metode pembagian beban ini kuharap lebih kuat, karena beban tidak terpusat pada 1 titik saja.
juga dengan memberi space pada plat geseknya, titik beban nya jadi tersebar, dan penguncian nya jadi rata.

oke gitu aja ceritanya...
yang pasti, tool ini jadi sering di pinjem temen yang hoby utak-atik motornya juga, karena proses bongkar kopling dan rumah kopling jadi gampang, begitu juga waktu memasang nya.

silahkan di komentari atau di caci-maki... :D

Ngilik karbu kampret si Conan....

Bermula dari laporan adik angkat ku si Conan yang mengeluh karbu motornya patah screw setelan stasionernya, engga tau kenapa (yang pasti sih gara2 males ngerawat pastinya )
sambil ngomel-ngomel ga jelas dia curhat tentang karbunya yang ga bisa di seting stasionernya itu..
"ya udah, bawa sini...biar ku coba akalin gimana entar baiknya.." gitu jawabku...

dan beberapa hari kemudian  di bulan maret kemaren dia datang..kebetulan aku lagi ga di rumah, nganterin temen untuk bayar uang kuliahnya di serang...(sampe berakar dia bilang nungguin kami datang..hehehehhe )
dia tungguin sampai sekitar jam 7 malam..
langsung aja kami bongkar tu motor new vega nya... dan langsung check sektor karbunya...

setelah di check, dan coba akalin tu karbu...
ternyata memnag bener-bener macet, dan screw nya ga bisa diputar sedikitpun..
dari pada si conan ga bisa pulang, ya udah aku saranin aja dia pake dulu karbu bawaan babyblue...
yang masih ku simpan di atas lemari..
kelar pasang dan sedikit seting air rationya dia pun berangkat pulang...
kira-kira setengah jam berlalu, dia nelepon lagi...ku pikir ada masalah apa dengan nya di jalan..
ternyata, laporan kalo dia sudah sampe rumah.. (edan juga nih bocah..kenceng banget naik motornya )
tapi...masih protes juga..."lari sih enak bang..mantab...tapi koq boros banget ya...??"
"iya aja..orang karbu ori babyblue ku isi mainjet 120, enak di betot..tapi konsekuensinya ya boros bro.."
resiko...salah sendiri di bawa ngebut kaya 4l@y... hehehhehe..

besoknya...aku penasaran, kenapa karbu punya si conan ini ga bisa di setting lagi stasionernya ya ?
koq bisa sampe macet gini ?
berikut ini penampakannya :
sampe tebel banget gitu kotornya..
bagian belakang pun tak kalah kotornya..
mantab kan...???.... kotoran nya :evil:
karat di lubang choke'nya....parahh banget..
nih endapan atau apa ya namanya ???
Pilot jet nya mampet bro...

rumah mainjet dan suling dalamnya...berkerak abiss..
itulah yang bikin karbu si conan ini bermasalah bro/sis...
whhhaaaaasemmmb tenan...ternyata ga pernah di rawat sama sekali...:hiks: bikin gregetan aja adik satu ini..

yo wiss lah...dari pada esmosi, mending es teler aja lah.. :D
langkah pertama..gosok semua kerak dan deposit kotorannya...
baik di sisi luar, maupun dalam nya...ternyata, bagian mangkuknya susah banget bersih'in nya..
sempet pusing juga, gimana biar bisa bersih ya...
untung inget trik lawas ini...
Menu hari ini : karbu rebus :D
Rebus beserta MJ dan PJ'nya
Nah, ku rebus aja dengan detergen nih karbu...
biar pada rontok tu endapan kotoran nya....lagian..sapa suruh ngendap di situ... :D
setelah sekitar 30 menit ku rebus, langsung ku sikatin lagi karbu ini, biar agak bersih...
ntah ntar mau diakalin gimana untuk melepas screw stasioner nya.
yang penting, ga risih dan jijik lagi pegang karbunya.. :D

setelah cukup bersihin nya....waktunya untuk colek-colek dikit nih karbu...
kebetulan, waktu browsing di yutub ada video ini..
ya udah...ikutin aja langkah-langkahnya..
tapi....berhubung aku ga punya pisau tuner..
pake peralatan yang ada aja dehh...needle file alias kikir mini.
bagian belakang karbu yg menghadap manifold dicukur dikit :D

nih tampak depannya, belum sempurna kaya di video sih..
yah, pokoknya pengerjaan nya seperti di link videonya bro/sis...
tapi makan waktu yang lumayan juga sih, soalnya full manual semua prosesnya...
demikian juga dengan spacer bakelitnya, di proses agar hambatan flow udara terminimalisir.
begitu pun dengan intake manifold bawaan babyblue, ku colek dikit dengan kikir diamond, agar bentuk dan diameternya sesuai dengan spacer dan karbunya...

tapi yang jadi masalah nih, si conan blum datang-datang juga untuk coba karbu nya yang udah di colek-colek ini...
update tentang hasil trialnya menyusul yah...
nungguin si conan datang...soalnya babyblue kan udah pake jamu kuat :)

oke...segitu dulu cerita ngalor-ngidulnya...
bersambung.....



Armada Baru.....

property utama di gerobak kami :)
Setelah beberapa tahun gerobak angkringan edisi pertama kami pakai berjualan...
sudah banyak insiden-insiden kecil yang dialami...
baik itu terguling karena di tiup angin kencang (sekitar 4 kali gerobak kami ambruk karena kencangnya tiupan angin disertai hujan deras )

juga karena kayu-kayu rangkanya sudah mulai termakan usia, maupun terbakar (walaupun tidak secara langsung kena bara dari tungku pemanas /anglo wedhang jahe'nya )
juga tripleks-tripleks gerobak kami mulai terkelupas...

akhirnya, bulan kemaren di putuskan untuk membangun gerobak baru, sebagai sarana utama kami untuk berjualan wedhang jahe :).
yang mana, ukuran-ukuran dari gerobak ini mengalami penyesuaian, agar para langganan kami semakin merasa nyaman waktu menikmati wedhang jane di warung.
dan untuk pengerjaannya, di bantu O'om dari jogja, yang khusus datang untuk membangun gerobak ini.

oke....langkah pertama pembuatan gerobak baru ini adalah persiapan dan pengadaan bahan-bahan'nya..
  1. Kaso Kayu meranti 4 x 6 cm panjang 4 meter : 12 batang @Rp 35.000,-  =Rp 420.000,-
  2. Kaso kayu meranti 6 x 10 cm panjang 4 meter : 1 batang  @Rp 65.000,-  =Rp   65.000,-
  3. Tripleks 6mm 4' x 8'                                            1 lembar  @Rp 66.000,-  =Rp   66.000,-
  4. Tripleks 4mm 4' x 8'                                            3 lembar  @Rp 52.000,-  =Rp 156.000,-
  5. Papan biasa 2 x 20cm Panjang 4 meter               4 lembar  @Rp 40.000,-  =Rp 160.000,-
  6. Kanopi Putih 0.8mm panjang 5 meter                 1 lembar  @Rp 26.000,-  =Rp 130.000,-
  7. Papan kayu meranti 2 x 20cm Panjang 4 meter   3 lembar  @Rp 45.000,-  =Rp 135.000,-
  8. Plat aluminium 0.6mm 1 x 2 meter                     1 lembar  @ Rp 35.000,-  =Rp   35.000,-
  9. Siku aluminium 2x2 cm (banci)panjang 6 meter 3 batang  @ Rp 18.000,-  =Rp   54.000,-
  10. Engsel/ hinge 2,5" 4 pasang                                 8 pieces   @ Rp   3.000,-  =Rp   24.000,-
  11. Handle pintu kecil (untuk pintu dan laci )           5 pieces    @ Rp   2.000,- = Rp    10.000,-
  12. Siku rak 5"x6"(4 pasang untuk support meja)     8 pieces    @ Rp   3.000,- = Rp   24.000,-
  13. Paku 1"                                                                0.5kg                                     Rp   10.000,-
  14. paku 4"                                                                0.5kg                                     Rp   10.000,-
  15. paku 5"                                                                0.5kg                                     Rp   10.000,-
  16. Hinge pintu 4"                                                     3 set          @ Rp  8.000,-  =  Rp   32.000,-
jadi untuk persiapan bahan-bahan gerobak (tidak termasuk roda-rodanya) total kami belanja sekitar
Rp 1.341.000,- (ditambah biaya bahan tak terduga lainnya sekitar Rp 1,5 juta lah... )

okay....skip biaya bahan-bahan nya...
lanjut ke pengerjaan gerobak ini...setelah bahan-bahan di kirim dari toko material, kami serut dulu kayu-kayu nya, agar serat-serat kayu'nya halus dan tidak melukai waktu di proses lanjut nanti.
pertama...kayu kaso 6x10cm dipotong 2 meter'an untuk frame bawahnya, jumlahnya 2 buah.
kayu kaso 4x6 cm kita potong 2 meter'an untuk rusuk-rusuk utamanya, jumlahnya 8 buah...
potong lagi kayu kaso ukuran 4x6 cm,panjangnya 145 cm untuk tiang gerobaknya, jumlahnya 4 buah...
kemudian potong lagi kayu kaso 4x6 cm, panjang 62cm untuk rusuk lebar gerobaknya, juga untuk support bagian tengah gerobak, jumlahnya 16 buah...
kemudian, kita coak sedikit tiang'nya..agar kayu dapat terikat dan tertopang dengan kuat nantinya...
kira-kira seperti ini hasil setelah di di rangkai..:

Old and new...(ehh, si babyblue mejeng juga :p )

other view new frame
Nah...setelah di rangkai frame/ rangkanya, langkah berikutnya adalah memotong papan untuk tatakan dalam gerobak nya..
papan di potong dengan panjang 2 meter, kemudian di pakukan ke rangka yg sudah terbentuk tadi, sekalian sebagai pengikat, agar rangka utamanya tidak melengkung atau berubah bentuk (deformasi ).
setelah selesai papan di pakukan, langkah selanjutnya adalah menutup rangka gerobak dengan tripleks nya.
tripleks tebal 6mm di potong dengan ukuran 70cm x 2 meter, untuk bagian meja gerobak.
sedangkan tripleks tebal 4mm, di potong seukuran 55cm x 2 meter 2 buah, utuk tutup rangka bagian bawah, kanan dan kiri sisi gerobak.
ukuran 55cm x 70cm 2 buah, untuk bagian bawah depan dan belakangnya,
potong lagi tripleks 4mm dengan ukuran 70cm x 2 meter untuk tutup atas meja sekalian dengan plat aluminiumnya. (plat aluminium ini sebagai pelindung tripleks agar tidak langsung terpapar panas dan uap dari ceret dan anglo pemanas wedhang jahenya...fungsi lain nya sebagai reflektor lampu minyak yang kami gunakan :D  )
sisa potongan tripleks nya kita potong lagi untuk menutupi bagian rangka yang masih terbuka, juga untuk pintu-pintu gerobaknya...
langkah selanjutnya, siku aluminium di potong dan di coak untuk pelindung sisi-sisi meja dan boks gerobak bagian atas..panjang menyesuaikan ukuran jadi gerobaknya..
nih penampakan gerobak barunya setelah sebagian tertutup....:

setelah semua frame / rangka gerobak tertutup, lanjut pasang roda-rodanya...
untuk gerobak baru ini kami pake lagi roda becak dari gerobak yang lama...(apesnya, waktu pasang roda ini..hujan mengguyur kami...pffftthh...terpaksa harus di tutupin terpal dulu, biar ga hancur tripleksnya kena hujan...), lanjut juga dengan memmasang roda stir bagian belakang. (pakai roda sepeda kecil, lengkap dengan forknya )

setelah roda terpasang, kami pasang juga meja lipatnya...
yang kami buat dari papan kayu meranti 2cm x 20cm...panjangnya 2,4meter untuk sisi depan dan belakangnya..
sedangkan untuk kanan dan kirinya panjangnya 70cm.
untuk bagian kiri, kami buat bisa dilipat (supaya ringkas waktu di dorong )
sedangkan bagian kanan'nya di paku mati dengan handle gerobaknya...
dilanjut memasang rak siku penahan meja lipatnya...

setelah meja terpasang sempurna, tinggal memindahkan terpal dari gerobak lama..
ternyata, memindahkan terpal ini butuh banyak penyesuaian juga....karena dimensi gerobak baru yang lebih pendek..
mulai dari tiang tengah, penyangga terpal utamanya, sampai ke support (penahan bambu segi tiganya ).
banyak ubahan yang kami lakukan, agar nanti waktu di tempat jualan, terpal dapat  terpasang rapi...dan tidak bocor waktu di guyur hujan..
dah akhirnya, setelah kurang lebih seminggu waktu pengerjaan (koq lama ya ??..iya, soalnya jualan wedhang jahe dan sego kucing nya ga pake acara libur bro/sis. ) akhirnya kelar juga pembuatan gerobak baru angkringan kami..
dan gerobak armada baru inipun siap di pakai untuk menggantikan gerobak lama yang telah di makan usia


oke, sekian dulu ceritanya...tapi foto gerobak baru ini blum ada...
belum sempet di foto bro / sis....ga pake acara nampang dulu...langsung di trial untuk jualan.. :D
nanti kalo sempet dan cuaca cerah aku coba foto'in deh gerobak barunya...
atau.....silahkan mampir ke warung kami kalo memang pengen liat wujud dari armada baru ini... :p
sambil nyicipin wedhang jahe n sego kucing nya :)

lokasinya di depan gerbang Graha sevilla, perum Citra Raya Cikupa, Tangerang
monggo....

Rumah kopling 6 per.... hmmmmm... Maknyuss :)


Rumah kopling 6 per ???
kaya gimana tuh ???
emang nambah baik performanya ???
yang kaya apa sih bentuk nya ???

ini nih rumah koplingnya :...

yupp...rumah kopling ini sering di pakai ama team-team balap untuk meningkatkan performa motor-motornya...fungsi utamanya, agar transfer daya mesin ke roda belakang lebih sempurna.
karena dari standard'nya yang cuma 4 per, di tambah lagi 2 per, jadi gejala selip kopling bisa di minimalisir...

trus apa fungsinya untuk motor harian ???
kalo untuk ku sih lebih mengarah kepada irit konsumsi bahan bakarnya :) ...
kan dari pertama babyblue ku modifikasi memang biar irit..(walopun bisa juga diajak lari-lari sih..)
dan pengen aja matahin mitos, kalo motor yang bisa lari (kenceng ) tu motor boros...ga selamanya tho ??
hehehehehe :D

dah, segitu dulu ya...
sekarang, ke langkah-langkah pemasangan nya di motorku..
nih urutannya :
  • buka cowlingnya. (semua dah pada bisa kan ?? ga perlu di urai kan yaa )
  • tap olienya.....:
  • lepaskan knalpot dan footstepnya :
  • lepas mekanisme kopling nya..juga bak koplingnya.. :
  • buka ke empat baut rumah koplingnya,dan lepaskan cover rumah koplingnya (plate pressure nya ), trus lepaskan juga plat kopling dan pelat geseknya (seperti ini jadinya ) :
  • sekarang melepas boss koplingnya..(harus di tahan dengan special tool ) dan melepas mur pengunci di center itu dengan kunci sok 19mm..(hati-hati, ringnya jangan sampe hilang ya..) :

  • mumpung dilepas, bersihkan juga deh primary house koplingnya...:
  •  kalo dah bersih, tinggal pasang boss kopling 6 per nya...jangan lupa urutannya ya.....ring nya juga jangan lupa di pasang...:
  • mumpung bongkar kopling, sekalian cek juga ketebalan plat kampas kopling nya... kalo masih tebel, ya pasang lagi aja...tapi, berhubung punya babyblue ini dah agak tipis, ya udah ganti sekalian.. :) :

  • pasang selang-seling...plat friction nya dulu, lanjut pelat geseknya...sampai semua terpasang sempurna di rumahnya.. , terussss.....waktu memasang cover rumah kopling (pressure plate'nya ) perhatikan tanda'nya yaa...biasanya berupa titik atau segi tiga :
  • nah sekarang tutup deh, kaya gini jadinya....di ukur sekalian depth groove untuk per koplingnya ya.. jangan sampe ntar kepanjangan per'nya..trus malah jebol lagi pressure platenya.. (mahal kalo beli satu set.. :/ ) :

  • setelah selesai ukur depth groove'nya...gantian kita ukur panjang dan diameter per kopling'nya...biar apa ?? ngitung jarak bebasnya bro...waktu keadaan per kopling di kunci dengan baut nanti, masih ada space untuk jarak bebas main nya kopling ga ?? (ini yang sering lupa...pas per di pasang dan di kencangkan, pressure plate'nya jebol tertekan per koplingnya ) :
  • sudah ??? ..... kalo udah kita ukur dan hitung panjang per saat terkompress dan kita pastikan jaraknya aman, baru deh kita pasang per koplingnya ke pressure plate / tutup rumah koplingnya.
    ngitungnya gimana ?? yah diameter kawat per'nya di kalikan jumlah ulir per'nya, misal diameter kawat per nya 2.2mm ulirnya ada 8, jadi panjang per kopling saat tertekan : 2.2 x 8 = 17.6mm.
    sedangkan jarak groove rumah kopling tadi 19.5mm, jadi masih ada jarak bebas per (untuk gerak pressure plate) 1.9mm.
    #moga-moga ga bingung.... :)
    lanjut pasang per dan baut penguncinya.... :
  • pasang yang kencang ya....biar aman.. (tapi ikuti batas maksimal pengencangan nya, jangan sampe nanti patah baut nya didalam boss kopling...ngelepasnya susyahhh bro / sis )
    nih penampakannya:
  • Udah kencang pasang baut rumah kopling'nya ???
    lanjut pasang bak kopling nya...masangnya kebalikan dari bongkarnya ya..jangan ada juga yang kebalik posisi baut-bautnya...kencangkan dengan sistem silang, supaya bak kopling bener-bener mendekap crankcase rata, dan ga ada kebocoran olie nantinya...
    o'ya (fyi)...biar nanti sewaktu-waktu gampang bongkar bak koplingnya, babyblue ini ga pakai lem gasket, tapi pakai olie yang ku oleskan tipis merata di permukaan gasketnya, jadi gampang bongkarnya, dan ga rusak gasketnya waktu di lepas seperti ini...
    setelah selesai pasang bak kopling nya, tutup lubang tap olienya dengan baut tap'nya....trus isi olie deh... :
  
  • setelah ter rangkai semua part dan bak koplingnya, setel deh handle kopling nya....
    kalo udah, tinggal test ride....
    berhubung waktu aku ngerjain ini emak dah ngomel-ngomel nyuruh beli beras, ya udah...test ridenya sambil belanja beras dehh... :p
    emang maknyuss banget transfer tenaganya pake rumah kopling per 6 ini...ga ada gejala selip lagi...
    berarti...proyek ngirit'in babyblue bisa di bilang sempoooaaaaaaa :D :D
    nih penampakan babyblue test ride sambil belanja beras.... :
test ride sambil belanja beras bro.... :p
Oke lah bro / sis...segitu dulu cerita tentang babyblue.....
kalo ada yang kurang jelas, silahkan di liat-liat lagi gambarnya...mungkin lebih jelas kalo gambar yang njelasin ya... :)
silahkan di komentari kalo ada yang bikin bingung.... :)

Jamu Kuat Edisi 2....

Setelah setahun pakai Jamu kuat Lippo VM26
pernah di bahas disini....
babyblue ku sudah 2 kali ganti Karburator.... Bukan karena rusak, atau hilang (amit-amit..jangan sampai yak..) tapi karena masa pinjam nya yang "sementahun" sudah selesai...
dan, memang terbukti performa'nya cihuy dehh... :D

Nah...setelah Lippo VM26 ini lengser.. (karena mo di pakai oleh owner'nya untuk bikin motor grasstrack di kendal sana )
babyblue pernah juga pakai Karbu Keihin PE24
seperti ini :
sempet nyicipin Keihin PE24
Setelah Lippo di tanggalkan, Keihin ini sempet ku pasang untuk menggantikannya..
kenapa pakai keihin PE24 ???
karena, katanya karbu ini susah sekali di setting waktu di pasang di Shogun FD110 milik teman yg pernah bantu kami jualan sego kucing dan wedhang jahe...
penampakan ownernya... disini (yang lagi pakai jaket...shogun nya ngintip dikit juga di belakang gerobak )

boros BBM juga tenaga gak maksimal katanya (koq bisa ? padahal kan lebih gede dari bawaan shogun )
pasti ga beres nih settingan nya..
juga, karbu ini sempet bikin cilaka ownernya... karena ga puas, coba di templok'in ke jupiter langganan warung, trus coba setting di daerah curug, tangerang..
tapi malang tak dapat di tolak...waktu dia tes running ke 3 kalinya, jupie'nya jungkir balik dan dia mengalami patah lengan kiri juga luka terbuka di beberapa bagian tubuhnya.. :sad:
miris juga sih kalo inget kejadian itu...

selepas kejadian itu, karbu ini langsung di copot, dan Nganggur....karena dianggap susah di setting..
Hmmmm.....jadi penasaran, bener ga sih ga bisa di setting.
akhirnya, ku pasang di babyblue, dengan sedikit ubahan setting.
klip jarum skep nya di taruh di groove paling atas, biar irit... (kan mesin standard.. :p )
trus setting airscrew nya...(hmmmm, not bad... tapi busi masih item legam, masih terlalu boros )
tapi sayangnya di mainjet bawaan nya tidak tertera angka-angka yang nunjukin besarnya diameter main jet.
akhirnya perburuan main jet untuk PE24 ini pun terpaksa kujalani, dapet juga ternyata, walau agak susah.
dapet main jet ukuran 120, pasang dan setting... (masih terlalu boros ternyata... )
akhirnya ku pasang serabut kabel 3 helai untuk mengurangi debit bahan bakarnya (nyari lagi dah males soalnya :p )
sukses....bisa dipakai dengan lancar..power dapat, irit masih dalam toleransi, dan langsam nya pun dapat..
ada kurang lebih 2 bulan keihin PE24 ini nemplok di babyblue, dan akhirnya ku copot lagi untuk ku kirim ke wonogiri, karena owner'nya pengen ngerasain juga :)
ku copot dengan kondisi terakhir settingan di babyblue, dan ku pesan kepadanya, jangan di pakai kenceng-kenceng lagi di jalan ya...

intermezo selesai...... 
~
~
~
~
trus babyblue pakai apa dong sekarang ??? masa ga pakai karbu ??
terlanjur seneng dengan performa karbu gede di motor standard, terpaksa harus hunting lagi karbu untuk menggantikannya....
hmmm.... apa ya yang enak buat di pasang di babyblue ??
pengen pasang PE28...tapi koq ga sreg dengan dimensinya...(terlalu gambot untuk ukuran bebek standard )
cari Lippo VM26 lagi, ga nemu-nemu juga :hiks:...
akhirnya...ketemu juga yang pas, yang bentuknya pun serupa dengan lippo VM26.
apakah itu ???  ini dia..... :
baru keluar dari dus'nya

mejeng dengan posisi miring pemirsa :p
dah pada kenal kan dengan sosok  karbu ini ??
yupp...bener banget Mikuni VM26.

akhirnya ku tebus juga mikuni VM26 gress dari toko sparepart langganan....
lumayan juga sih harga barunya...di pricelist nya sekitar Rp 493K.
setelah ngobrol-ngobrol dan coba nawar, akhirnya di kasi juga seharga Rp 465rb rupiah (include juga MJ 115,ukuran bawaan RX-special...karena ku yakin, kalo pake bawaan nya yang 150 pasti susah banget nyetting'nya ).
kenapa ambil gress yang original ?? karena cari barang secondnya susah buangett...dah ngubek-ubek tangerang, di pasar loak pun adanya yang versi KW...padahal nyetting yang kw ini males banget, karena susah dapet langsamnya...

Setelah selesai mejeng untuk dokumentasi, langsung saja ku pasang di babyblue....
tapi di ikuti penggantian karet sambungan pemegang manifold dan moncong karbu yang mengarah ke mesin.
pakai selang radiator mobil kijang kalo ga salah, potong secukup'nya dan....pasang ke manifold.
susah ga masangnya ??? sedikit butuh effort juga sih, karena karet sambungan intake yang baru ini masih butuh penyesuaian...dan hasilnya..... :
tadaaaa... terpasang sempurna :D

ini di lihat dari sudut lain bro/sis...
Perfectly mounted... :D
tinggal coba idupin mesin babyblue.....dan....jrengg...
lancar tanpa kendala, begitupun proses setting air jet screw nya...gampang banget..

trus gimana performanya ???
hmmmm...untuk pemakaian harian, ga beda jauh dengan standard'nya dulu...
trus, untuk pemakaian jarak jauh atau luar kota gimana ???
nah...ini yang bikin heran banget...
ternyata, dengan karbu sebesar ini, malah lebih irit daripada karbu standar'nya..
kalo dulu dari solo-tangerang butuh bensin sekitar Rp 80-90rb sekali jalan, pakai karbu ini cuma habis sekitar Rp 68-71rb. yang artinya bisa beda 2-4ltr sendiri.
karena harga premium masih Rp 4.500/ltr (untuk motor dan angkot )
trus mileage nya berapa dong ??
mileagenya : 620 : ( 71.000/4.500) = 620 / 15.78 = 39.3 Km/ltr
ga terlalu boros kan pemirsa ??
worthed lah kubilang... :D

trus...untuk top speed'nya dapet berapa ???
lumayan untuk bebek standard....di luar kota (pantura...cuma berani di jalanan ini untuk tes top speed ) sekitar 125-130 kpj (on speedo yak )
kalo untuk dalam kota gimana ??? (ga berani bro /sis...cukup akselerasi aja untuk selap selip di tangerang ini...karena lalu lintas di sini dah crowded banget...mending safe riding aja lah...walaupun babyblue punya potensi lari juga ).

dahh...sekian dulu deh cerita ngalor-ngidulnya....
moga-moga bermanfaat... :)

Pinjam sebentar ya......

Januari 2011...
tanggal 2 januari 2011, aku berangkat ke tangerang bersama babyblue....
boncengin mamak ku..karena, mamak ga mau aku sendirian naik motor dari solo ke tangerang...(padahal biasanya juga sendiriran, juga kasihan kalo mamak kecape'an bonceng aku touring dari solo ke tangerang, menempuh jarak sekitar 620an Km )
sambil testing juga, setelah kemaren babyblue dapet jamu kuat.. tambah boros kah konsumsi bbm nya ??

berangkat dari solo sekitar jam 05:30, perjalanan lancar...padat juga di beberapa kota.
skip cerita perjalanan nya...yang pasti, tenaga babyblue seakan ga ada mati'nya selalu terisi di semua putaran mesin..
dan...sampai di tangerang sekitar jam 20:00, dengan biaya untuk bbm sekitar Rp 80.000,-
kalau di konversi ke liter : 80.000/4.500 = 17,78ltr premium.
dan konsumsi rata-ratanya : 620 / 17,78 = 34,87.
artinya untuk tiap liter premium yg di tenggak babyblue, bisa menempuh jarak 34,87 Km..
hmmm...not bad untuk motor yang pakai karbu gede dan di perkosa mesin nya sepanjang pantura. :evil:
itu sedikit cerita ngalor-ngidul tentang babyblue setelah pakai karbu berventuri 26mm, tanpa setting special.
$
$
$
$
$

setelah, satu minggu di tangerang, dengan rutinitas ku bantuin jualan sego kucing dan wedhang jahe, bencana untuk babyblue datang juga...
malam itu, ada teman dan juga pelanggan warung yang datang dengan motor'nya hsx 125 '05 yang ga safe untuk di kendarai malam hari.
rantai kendor, batok berisik, susah di starter dan...lampu utamanya mati..
dengan alasan untuk ke depan, nemuin temen nya dia pinjam babyblue..
"nanti jam-jam 11 aku dah pulang bro.." itu katanya waktu minta ijin untuk pakai babyblue.."oke lah kalo gitu, nih kuncinya...bisa kan pakai motor dengan kopling manual ??" itu tanyaku.
"gampang...dah biasa koq " ...."okelah kalo gitu, silahkan...hati-hati di jalan.." pesan ku padanya..
setelah lewat jam 12 malam, dan habis pula dagangan kami, pulanglah kami ke rumah...
tapi dalam hati koq ada perasaan ga tenang...babyblue 'ku pun belum sampai kerumah.. :(
ya udah lah...mungkin ada urusan yg penting banget, yang harus di kelarin kawan tadi malam ini...
time to sleep...

Paginya, belum ada juga kabar dari kawan ini...dan akhirnya, ga bisa anterin mamak belanja ke pasar...
terpaksa mamak belanja bareng abangku dengan ngomel-ngomel sedikit... :/ (duhh malah kena imbasnya juga ternyata.. hiks )
setelah mamak pulang sekitar jam 09:00.. langsung aja kami kerjain belanjaan'nya untuk dagangan sore nanti..
daripada mikirin babyblue yg belum pulang juga... :(

jam 11:15, datanglah temenku itu untuk mengembalikan babyblue dan ambil kembali motornya..
tapi...sambil ngomel-ngomel : "motormu abis olie'nya bro !!" ; "mana semalem blum juga sampe tempat tujuan, dah mogok !!" (sambil nunjukin kampas kopling babyblue yg gosong dan HANCUR )
dalam hatiku : "what the hell with u babyblue ??..." padahal sore kemaren masih kupakai keliling ga ada masalah, koq bisa ya ??? :mikir:
"trus gimana ?, habis brapa ongkosnya nyervis motor ini bro ??" tanyaku...
"dah, ga usah lah...nih kampas kopling bekas'nya "....
tapi ga enak hati juga jadinya... : "ku ganti separuh deh biaya service n spare-part nya" (sambil nyerahin selembar uang warna biru )
"ini kunci kontak n motormu bro.." ( serah terima motornya...)

sepulang kawan itu, ku tuntun babyblue masik halaman..sambil mikir-mikir juga..apa penyebab olie babyblue sampe habis gitu ?? :sad:
mamak pun sukses ngomelin aku dua kali pagi ini.... (apes bener dahh :/ )

tungguin babyblue dingin mesin nya, segera aja aku tap olie nya... ( what the f@#k....masa baru di pakai kurang dari 10km Olie yg katanya baru dah hitam pekat gini !!! ) pasti ada yg ga beres nih. :evil:
lanjut bongkar bak koplingnya...dan.... damn !!! warnanya seperti foto yg paling atas itu pemirsa !!!
gosong semua....
fiuffhhh....pasti keluar dana lumayan lagi neh repair babyblue supaya enak lagi di ajak lari... :/
lanjut lepaskan lagi semua kampas kopling abal-abal yg di pasang kawan tadi...
dan bersihkan rumah kopling yg hitam berkerak. (ini yang paling nguras energi, susah banget bersihin nya...bahkan sampai habis bensin 1ltr pun cuma bisa seperti foto itu hasilnya..)
setelah rumah kopling "agak" bersih, pasang kampas kopling baru, dan rakit kembali bak kopling nya ke crankcase... kelar deh...

tapi...tunggu dulu....masih penasaran dengan informasi kawan tadi, koq bisa olie babyblue habis ???
bocor dan rembes ku periksa dari head cylinder dan sambungan crankcase, tapi ga ada bocor maupun rembesan..
atau mungkin dari seal klep atau ring piston nya kah olie nya bocor dan terbakar ???
biar ga penasaran...akhirnya aku bongkar sekalian head cylinder dan cylinder nya...juga piston nya.
tapi......di sinilah anehnya..
deposit kerak di kubah head cylinder sangat tipis, begitupun di permukaan piston nya.
lanjut peretelin komponen di head cylinder, cek camshaft, juga valve nya ( in dan out ).
semua okay dan ga ada tanda-tanda kebocoran olie, atau kompresi..
kondisi jantung Babyblue
setelah puas cek kondisi jantung dari babyblue, lanjut bersihkan semua deposit kerak yang ada di permukaan piston, kubah head cylinder dan di teruskan dengan skir klepnya. (biar bener-bener mendekap sempurrna dan ga ada kebocoran kompresi ).
sebelum di rangkai kembali, biar ga ada lagi cerita bocor olie, sekalian aja aku ganti ring piston nya 1 set ( 2 ring kompresi dan 1 set ring olie ) juga 1 set seal klep aku ganti baru.

kemudian rangkai lagi jantung mesin babyblue ini, mulai dari piston ke connecting rod, terus cylinder dan cylinder headnya.
setelah semua terpasang sempurna dan kencang, engkol slah starternya beberapa kali, supaya olie mengalir ke head cylinder dan melumasi komponen di dalam head cylinder.
dan coba hidupkan babyblue dengan starter electric nya..
sipp...langsung nyala dan halus suaranya..
coba geber sedikit, untuk cek ada asap putih keluar dari knalpot atau ga..ternyata okay...
saatnya test ride....sempurna...babyblue bisa diajakin lari-lari lagi... (lumayan galak juga ternyata )

tapi...masih ada yang mengganjal di hati...
apa penyebab kopling nya sampai gosong ya ??? :thinking:
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
hmmmm....dah jelas sekarang, pasti kawan itu ga terbiasa pakai motor dengan manual clutch..!!!
sehingga biar mesin ga mati-mati waktu di kendarai, dia pakai teknik selip kopling...
dan sukses.....SUKSES BIKIN GOSONG PLAT KOPLING BABYBLUE !!!
hasyeeemmmmmm !!!!

so...untuk temen-temen yg mo minjemin tunggangan nya...
beritahukan dulu kondisi motor kita pada temen yang meminjamnya.. dan pastikan dulu, apakah mereka paham dengan modifikasi yang sudah dilakukan ??
kalau merka ga paham...yah kaya babyblue gini ceritanya... :nyesek dikit:

monggo di caci maki.... :D :D

Pengikut