Bosan Open filter

Setelah sekian lama babyblue pake karbu open filter.....
ga terasa, ada banyak bahaya yang mengintai karena kondisi open filter ini..
baik saat mandi'in babyblue...atau saat melintasi genangan air di jalan...
contoh nya di artikel bro Jonathan seperti ini dan ini....
mana jalanan di tangerang dan ibukota sering banget tergenang kalau hujan sebentar saja...

Dari pada was-was kalau lewat genangan air...
mendingan babyblue ku pake'in filter lagi aja...atau kalo ga, pake box filter bawaan nya aja...(ini yang bikin mumet..)
kalau pakai filter aftermarket (atau filter kodok sering di sebut), kendala pertama dari harga...mahal juga ternyata... :/
kendala ke dua adalah masih riskan juga air menyelinap masuk ke karburator saat di cuci, atau melintasi genangan air...
kalau air sampe masuk ke karbu dan ruang bakar....wah....berabe deh...water hammer minimal...dan rontok lah mesin ku...

akhirnya, ku putuskan untuk opsi ke dua, pakai lagi box filter bawaan pabrik babyblue...
yang artinya...harus putar otak lagi, gimana caranya biar moncong karbu bisa tersambung ke lubang jalur udara dari box filter...
pernah perhatikan selang karet untuk filter yamaha Xeon karbu, bentuk dan panjang nya cocok untuk karbu mikuni VM26...
tapi...kendalanya di pengada'an part'nya...
susah ternyata cari karet (hose) filter xeon karbu ini...

setelah kemaren berburu karet filter ini di beberapa toko spare part langganan...dan jawaban yang ku terima pun sama....: "kosong mas bro...harus ke dealernya langsung....", fiuff...terpaksa mikir lagi... :3

untung ingat, karet selongsong pelindung teleskopik motor trail mungkin bisa ku pakai..
akhirnya ku tanya pada penjual di toko spare part...dan ternyata ada...harganya pun ga terlalu mahal, sekitar Rp 20.000 sepasang...
boot shock TS

trus, beli sekalian lem aibon untukmengikat karet ini di box filter bawaan...
karena kemaren dah ke sorean pulang beli karet ini, baru tadi siang bisa ku pasang karet ini ke karbu babyblue...

berikut ini langkah-langkahnya.... :
  • buka cowling (sayap) babyblue...
  • lepas box filternya dan bersihkan..
  • coba pasang ujung kecil karet selongsong shock ini ke box filter, dan ternyata pas banget :)
    ga longgar sama sekali.
  • nih waktu di coba pasang
  • trus ukur, berapa panjang karet yang kita butuhkan, agar karbu dapat tersambung ke box filter.
    kalau sudah, trus di potong deh karet nya, biar ga kepanjangan dan menggesek spakbor nya.
potong karetnya, sepanjang yang di butuhkan
  • pasang moncong karet nya di mulut karbu, dan ikat dengan klem... (kalo ini pakai klem bawaan filter aslinya )
    nih tampilan terpasang minus cover depan filter
  • pasang juga cover filternya, supaya debu ga gampang masuk....
    berikut penampakan nya
    setelah terpasang berikut cover box filternya.
    jadi deh....... :)
    tinggal test ride nya aja....... :)
Dan ternyata, suara mesin terdengar lebih halus...nafas mesin pun lebih panjang daripada waktu open filter.
jadi, pakai karbu non standard, ga bisa pakai box filter bawaan motor ternyata cuma mitos...
bisa koq tetep pasang box filternya...walaupun butuh sedikit usaha..
yang pasti, sekarang ga was-was lagi kalau mandiin babyblue....ataupun melibas genangan air di jalan..

sekian dulu cerita kali ini....
silahkan di komentari... :)

Pengikut