advertisements
Plintheng semar : icon kota wonogiri ( dr bawah ) |
jembatan pokoh |
karena kejam'nya jalanan dari kota solo ke wonogiri, dimana aspal'nya sangat Bumpy dan banyak tambalan yg ngga rata..
babyblue akhirnya mengalami sedikit masalah di kaki belakangnya...
ternyata kedua shock stereo'nya bocor bro... :sad:
bagian kanan pun mulai rembes :( |
yg keliatan bash itu olie hydraulic'nya bro :/ |
atau di repair di rumah ?? sedangkan alat-alat dan seal pangganti'nya pasti susah di cari disini..
akhirnya, setelah ada saran dari bro Andre, akhirnya ku pasang lagi shock belakang asli babyblue.
yang ternyata ku tinggal di solo 4 tahun yg lalu :smile:
berbekal alat-alat seadanya, mulailah ku bongkar cover body motor ku, dan ku pasang lagi shock belakang bawaan'nya.
supaya bisa di kendarai lagi sampe ke tangerang nanti..
skip story deh.. :)
setelah sampai di tangerang, dan setelah mengamati kerusakan apa yg terjadi di shock belakang ini, mulailah tahap pembongkaran shock Marzocchi babyblue..
1. lepas, semua bracket bawah'nya
tahan mur di as hydraulic'nya dengan kunci pas 19 dan putar ke kiri anting ( bracket-nya )
lakukan pada ke dua bagian shock.
2. lepas stoper n spring'nya pisahkan dari tabung n reservoir'nya..
baru di pisahin per & anting dari tabung'nya |
seperti ini kuncinya. Jelek...tapi fungsional :mrgreen: |
penampakn seal yg bocor |
5. Setelah berhasil bongkar cover seal-nya...pisahkan semua part nya...
tapi...hati2...ga usah bongkar tabung reservoir'nya kalo ga perlu..hati2 dengan bladder karet di dalam'nya..
6. nah, langkah selanjutnya adalah pengecheck'an part-part'nya...
kalo di kasus ini, yg rusak parah adalah OIL seal dan DUST seal-nya..
7. sekarang, tinggal berburu seal pengganti'nya... (ini yg ga yakin nemu kalo kemaren di bongkar di rumah solo )
8. setelah berburu seal, di selingi hujan-hujanan...akhirnya dapat juga seal penggantinya...
9. next....kita bersihkan lagi semua part-partnya sebelum kita rangkai lagi Shock absorber-nya..
10. Isi tabung dengan olie Hydraulic (bisa juga pakai olie gear box )
isi secukup'nya sesuai dengan volume tabungnya..
11. masukkan piston hydraulic'nya, mainkan sebentar untuk melihat pergerakan piston di dalam tabung..
juga memastikan tidak ada udara palsu di dalam tabung hydraulic, supaya nanti kinerjanya tetap optimal
12. Okay, isi olie sudah selesai....
Langkah selanjutnya, merangkai Spring dan stopper'nya...( keliatan nya susah ya, harus press spring'nya)
ternyata...ga perlu kita press, rangkai lagi sesuai urutan bongkarnya..
a. masuk kan dulu Spring-nya...
b. dilanjut dengan stopper-nya...
c. pasang anting ( bracket bawahnya )
d. setelah semua terpasang, kencangkan semua sambungan nya..
13. selesai sudah proses pemasangan...tinggal setting kekerasan nya..
ini yg gampang, tinggal putar Nut besar di bagian atas shock untuk mengatur kekerasan reboundnya.
kali ini di setting keras, biar gampang di tekuk-tekuk di tikungan...
juga biar ga mentok waktu di pakai belanja ke pasar.. (maklum, motor untuk belanja bro..sis :mrgreen: )
14. selesai seting kekerasan per...waktunya untuk di pasang kembali di babyblue...
dan tes jalan....
#sorry...foto menyusul yak...koneksi agak lemot euy... :oops:
advertisements
ASS,,,, Bos punya chanel Suplier oli seal Shock belakang All tipe motor ngGak?
BalasHapuswaktu aku benerin shock belakang....
Hapusaku terpaksa "berburu" di banyak toko sist...
dan ternyata...ga ada, jadi harus akalin lagi biar bisa di gunakan.
tapi....
kalau ibu siti mau, bisa browse dulu ke toko seal ini
TOKO SEAL DAN BEARINGS MULIA JAYA
Jalan Hayam Wuruk No. 127
Pertokoan LTC Glodok Lt GF1 Blok C8/5, Jakarta.
Telp. 021-62320227, 021-29624975, 021-68846211
Fax. 021-62203967
Hp. 0813-80080065, 0852-80080065
atau bisa di cek di sini bu : http://www.muliajayaseal.com/oil-seals.html
Hapustinggal pesan sesuai bentuk dan kebutuhan nya...
silahkan...
mas beli silnya dinama mas, punya saya juga bocor.
BalasHapusDi toko khusus jual seal mas.
HapusKalau ndak nemu... Aku pakai yg diameter dalam sesuai, tapi diameter luar lebih besar 1mm.
Di proses lagi untuk kecil kan diameter luar nya 1mm