advertisements
penampakan setelah buka bak kopling babyblue |
karena aku merasa performa motor ini sudah banyak menurun, dari tenaga yang mulai "agak" loyo..(walaupun untuk mencapai 100Kph masih lumayan cepet sih :D )
dan juga olie,( sebagai pelumas dan pendingin mesin ) sering berkurang, walaupun tidak ada kebocoran ataupun rembesan dari pertemuan part-part mesin nya...
di dasari rasa penasaran, apa penyebabnya...maka ku bongkar lah mesin babyblue-ku dan mulai proses pengecheckan nya,
pertama-tama aku check dari area bak kopling nya, dan ternyata...apa yang ku temukan sempat membuat kaget juga, karena Primary House coupling (rumah kopling primer ) dan Friction plate (pelat kopling ) nya aus termakan gesekan antar part...
lumayan parah juga ternyata...seperti gambar di bawah ini...
celah antara pelat kopling dan rumahnya cukup besar ternyata. |
Tanpa tunggu waktu lama, langsung aja ku lepas enam baut pengikat boss kopling dan juga per penekan cover boss coupling nya.
seperti gambar berikut ini...
Lepas cover boss coupling nya |
Langkah berikutnya lepaskan plat kopling berikut plat gesek nya dari rumah kopling primer...
kumpulkan, jangan sampai berserakan, biar ga bingung nanti waktu proses merangkai kembali perangkat pentransfer daya ini....
coba perhatikan, celah antara rumah kopling primer dan plat kopling nya seperti dalam foto di bawah ini..
kemakan lumayan banyak ternyata. |
Langkah berikutnya, lepas boss koplingnya dari rumah kopling primernya..
karena rumah kopling primer nya akan ku ganti dengan part yang baru..
yang pasti bukan part original, karena Rumah kopling primer ini di jual satu set bersama gear carrier assy'nya... yang akan ku pakai sebagai gantinya adalah part optional produksi fukuya*a...
cara melepas boss koplingnya, ; boss kopling ini di tahan dengan special tool ini..lalu kendorkan Mur penguncinya dengan kunci sok 19mm (anticlockwise ).
setelah mur kita lepas, barulah boss koplingnya bisa kita lepaskan dari rumah kopling primer'nya (tapi hati-hati ya...perhatikan urutan part-part'nya, jangan sampai juga ring spacer'nya hilang )
penampakan rumah kopling primer yang aus, seperti sisir |
Nahh...proses selanjutnya adalah mengganti rumah kopling primer ini, yang sudah bergerigi dengan part baru..
berhubung aku belum punya gerinda untuk membika rivet (kelingan ) pengunci Rumah kopling dan carrier gear clutch'nya., buru-buru aku lari ke bengkel teman yang punya tool lebih komplit..
disana, langkah pertama'nya adalah menggerinda ketiga ujung dari paku rivet (kelingan ) yang lama, kemudian di ketok keluar satu persatu paku rivet'nya...
seperti dalam foto ini..
setelah di gerinda ujungnya, paku rivet di ketok satu-persatu |
tenyata,... karet damper nya pun sudah keras dan hancur tiga buah.
ya sudah, ganti sekalian aja karet dampernya..sekalian jajal Damper teflon handmade ini.
berhubung masih eksperimen, ya di pasang selang-seling seperti yang di lakukan bro Kenthoet disini .
nah hasilnya gimana, sama durabilitas nya seperti apa ?
nanti kita bahas setelah proses trial jalan aja yaaa.....
nah, pemasangan nya seperti apa, bisa di lihat di foto ini yaa..
ganti karet dampernya 3 karet, 3 teflon |
ini karet Damper yang hancur, beserta rumah kopling yang lama. |
langkahnya, sisi dalam rumah kopling di tahan dengan landasan yang rata, agar nanti sewaktu paku rivet kita pukul dari sisi luar pakunya dapat mengembang dan mengunci dengan rata...
lakukan pada ketiga paku rivetnya, seperti foto di bawah ini contohnya..
ngetoknya hati-hati ya bro...biar tangan kita ga jadi korban salah getok... :D
ratakan ujung paku rivetnya dengan rapi. |
tapi sayang, setelah jadi di rangkai aku malah lupa ambil fotonya...
yang pasti, setelah rapi di pasang rmah kopling baru dan gearnya, kita rangkai kembali semua bagian koplingnya..
dan tak lupa, aku ganti juga plat koplingnya dengan yang baru..
plat kopling 4WH-E6321 (untuk force1) |
be patient please.... :)
bonusnya...
minum es teh aja dulu sambil nunggu yaa... :p |
advertisements
tehnya nggak di bagi-bagi,ya... ;-)
BalasHapusxixixixixi :D
Hapussini mas...bareng2 deh minum nya :D
Mas masang karet itu ada spacenya gx ya....
HapusMksdnya msh bisa do gerakkan gx antara rumah kopling dan gigi primernya....
Makasih
biasanya masih ada ruang gerak sedikit sekali mas tyo.
Hapuskalau untuk material karet, sangat terasa ada redaman dari material karet nya.
Hahahahaha bisa aje u bro
BalasHapusBro paku untuk ganti rumah kopling di jual ga bro di bengkel
BalasHapusbiasanya kalau kita beli karet damper; sudah di sediakan juga om paku keling nya..
Hapusandaikan pengen cari sendiri ; biasanya di toko baut yang cukup besar ;mereka juga sediakan paku keling seperti itu..
tiggal tentukan material apa yang mau kita pakai..
ada yang dari Mild steel dan aluminium..
Bro paku untuk ganti rumah kopling di jual ga bro di bengkel
BalasHapusHahahahaha bisa aje u bro
BalasHapusreview damper teflonnya gimana mas bro?
BalasHapusresponsif banget om..
Hapusmusti lebih halus lagi bawa motor n release kopling nya.
biar ga liar banget akselerasi awal nya.
soal ketahanan, bisa lebih dari 2th koq
Mas beli teflon nya dmn ya? Soalnya saya bosan tiap 3 bulan ganti karet dumper di tiger saya
BalasHapusdi glodok, jalan blustru banyak om...
Hapuscari aja yang lembaran, yang ketebalan nya sama dengan bawaan karet dumper kopling tiger.
tinggal di mal dan di bentuk koq.
cuma.....
material nya memang lumayan mahal
Di bulak barusan ane beli mas...bentuk batang ukuran 30mmx30cm kena sekitar 100rb-an sm ongkir...skrg bingung mau ngebentuknya...kalo pake manual susah jg tyt...hahaha
BalasHapusTu bentuknya batangan kotak mas? Cukup ga buat bikin dumper tiger?
Hapuskalau batangan susah,, musti di rajang sesuai ketebalan damper bawaan tiger dulu om.
Hapuskalau rada tipis kan lebih gampang di bentuk.
memang untuk pengerjaan manual butuh ketelatenan serta keterampilan....
yang pasti...musti sabar om ngerjain nya :D
Silinder mas...harusnya cukup buat damper tiger...motor sy primus, ukuran damper kira2 27mm...kalo ngga salah damper kedua motor itu pake barang yg sama kan, artinya udah cukup banget mas...
BalasHapusIya mas sama, cm ngebentuknya gimana yah caranya, pake cutter bisa ga yah
Hapusbisa kalau tebal nya sudah sama kaya ketebalan nya damper bawaan om...
HapusTapi ketelitian n kesabaran yang di uji kalau mau buat secara manual.
Bubut mas...ribet kalo pake cutter..kemaren udah nyoba..ini lg bikin programnya dulu sy krn harus pake cnc..
BalasHapusNahh...kalau pakai program Cnc, sayang kalau ga di masspro om.
Hapuskan bayar pengerjaan di cnc nya mahal tuh :D
Waduh cnc sih brarti ga bisa DIY yah
BalasHapusbisa sih om, kalau sabar ngerjain nya...
Hapusdan ukuran nya ngikutin asli nya..
itung2 buat isi waktu luang deh :D
Tp memang hrs presisi bgt deh, klo manual takutnya malah kocak jd dangdutan jalannya hehehehe, sbenernya yg punya cnc bisa nih buat jadiin peluang
HapusCoba aja kalo mau manual mas...hehehe...kalo sabar & ngga urgent2 banget pasti bisa koq...
Hapuskalau boleh tau, motor om yanuar ini apa ya ?
Hapusmungkin bisa di bantu nanti untuk pengadaan nya..
Tiger om...diatas udah disebut...per 3 bulan ganti dumper...
Hapusyang tiger kan punya om roger yanuartha om "anonim"
Hapuskalau punya om yanuar martha malah blum di sebutin :D
atau 1 orang yang sama tapi 2 akun dengan nama mirip ya ?
Eh...mata ane siwer ternyata...hahaha
HapusMasih nego2 mas...cnc gila2an pasang harganya...kalo ketemu yg cocok insyaAlloh sy masspro jg, itung2 bantu2 yg trouble sm damper koplingnya
BalasHapusIya mas, cnc msh jarang nyang punya sih apalagi kota kecil ky disaya, trus computerise jd mahal. Klo berhasil bs dpt harga murah boleh nebeng ya mas tak tuker rupiah hehehe
Hapuskebetulan kita sudah ready 4 set nih om..
Hapusitung2 belajar mass pro :D
baru buat bebek yamaha sih :D
ndak pakai CnC, tapi tetep kepresisian di utamakan..