advertisements
Setelah fase "persiapan pertama", "Persiapan Kedua", "Diselain Suhu dan Juragan Akik" , serta "Merangkai balancer dan ring mahkota" dilalui, akhirnya datang juga kesempatan untuk mencicipi balancer plus primary & secondary Helical gear F1ZR di motor jupiter ku.untuk langkah-langkah pembongkaran dan melepas bak kopling nya, bisa di baca di tulisan-tulisan terdahulu ya...
oke skip langkah-langkah bongkarnya, langsung ke menu utama :D
setelah kopling ganda dan kopling primernya di lepas, test fiting dulu balancer dan primary helical gear nya ke kruk-as jupiter.
seperti bisa kita lihat di gambar ini.. :
tenyata ring / washernya juga minta ganti, dengan ring ber-diameter luar yang lebih besar |
tapi tenang ring juga dah siap koq...
diameter luar ring nya 32mm, diameter dalam cukup13mm dengan tebal ring 3mm.
oke...skip, lajut pasang ring dan mur 19mm pengikat primary gear nya.
lanjut dengan test fiting kopling primernya.
pasang boss kopling primernya, dan pasang secondary gear (yang sekaligus carrier mangkuk kopling primer nya ) ke as Ratio...
oke...fix, secondary gear dan kopling primernya bisa duduk sempurna di posisi nya.
aman....
primary & Driven helical gear nya bisa center koq. duduk manis di posisi masing-masing |
kemudian lanjut rangkai lagi plat kopling dan plat gesek nya.
di tutup dengan plate pressure nya,...
okay...selesai rangkai bagian koplingnya..
isometric edge view kondisi terpasang |
font view terpasang |
tutup bak koplingnya, isi olie dan stel jarak bebas tuas koplingnya...
kemudian test start...
hmmm, cukup halus sih suaranya dibanding pakai rumah kopling ganda yang di las...
terus, impresinya gimana ??
kupakai untuk muter-muter keliling komplek, ternyata ga bisa jauh-jauh dari gigi 1 dan 2 karena banyak polisi tidur dan jalan yang hancur cukup parah..
di tambah lagi dengan final ratio yang kupakai saat ini terbilang cukup berat, 15 mata di sprocket depan dan 35 mata di sprocket belakang.
angkatan nya masih rada berat euyy....
beberapa hari kemudian, datang juga kesempatan test medium run, dengan kondisi seperti yang ku tulis di atas.
babyblue ku ajak untuk jalan ke kota serang, kerumah mas Rheza, untuk ambil spare part pesanan kawan.
berangkat dari rumah dengan kondisi tangki terisi setengah lebih sedikit (kurang dari 3 liter ), lalu lintas dari rumah sampai daerah balaraja terbilang padat,
jadi kebanyakan beroprasi di gigi 1 dan 2 aja, karena harus stop and go di kemacetan.
lepas dari daerah balaraja, ada trek yang cukup mulus dan panjang, coba urut tenaga babyblue dari bawah..
ternyata dengan bukaan gas separo aja, di gigi 2 babyblue bisa tembus 80Km/jam (On speedo yaa, bukan versi GPS yang akurat #meskipun gearbox meter menggunakan seri 5TL )
begitupun di gigi 3, coba panteng bukaan gas separoh, bisa sentuh angka 100 di speedo...
Jadi dari tangerang sampai ke rumah mas Rheza gigi 4 nya ga pernah terpakai (bahkan pulang dari serang ke tangerang pun demikian..... top gear tak terpakai ).
mungkin karena final ratio yang terlalu berat ya, seperti yang mas Febry pernah sarankan.
harusnya pakai final gear ratio yang lebih ringan, bisa coba 37 atau 39 mata di belakang, dan di depan tetap menggunakan sprocket 15mata.
soal konsumsi bbm nya gimana ?
untuk perjalanan kurang lebih 120km (pulang pergi dari tangerang-serang-tangerang ) butuh sekitar 2.6 liter bahan bakar.
berarti penggunaan helical gear ini bisa bikin irit penggunaan bbm...
asik nih...sesuai konsep modifikasi yang ku inginkan, hemat bbm :D :D
sekitar 10 hari helical gear Driver dan Driven ini terpasang di motorku, tapi koq ada sesuatu yang mengganjal di hati, timbul seperti suara gesekan di dalam bak kopling.
dari pada was-was kalau nanti timbul masalah waktu di jalan,
ku bongkar lagi bagian kopling dan helical gear nya untuk di inspeksi ulang..
di bagian ini ga ada masalah.. masih seperti waktu di pasang |
masih tetep center tuh primary n secondary gear nya |
rotary filternya tergerus di bagian gigi dalam nya..
Hadeehhhh....pantesan suara mesin jadi ga enak di dengar...
ini nih biang keladinya, rotary filternya aus bagian gigi dalamnya |
sambil mengingat-ingat lagi, apa yaa yang buat rotary filter termakan seperti ini..
ternyata....final gear ratio yang terlalu berat lah penyebabnya.
mendorong balancer dan gear primernya ke sisi dalam (-_-)
tapi... karena gear set nya masih oke, sayang kalau di pensiunkan dini.
mending ku pasang lagi aja primary dan secondary gear bawaan babyblue.
sambil nunggu gear set aus dan ga layak pakai, untuk sementara helical gear nya ku bungkus rapi dan ku simpan aja...
nanti pas waktunya ganti gear set, baru di pasang lagi.
tentunya dengan perbandingan final ratio yang ringan.
pakai bawaan jupiter MX pas kali yaa ? kan gear belakang MX 39 mata sedangkan depan nya sama-sama 15 mata :D :D
sampai saat itu tiba...
mending nemenin adek ku ini niup'in jempol ahh :p :D
monggo di tunggu masukan selanjut nya...
si kucrit... jempol ga sakit juga di tiup'in :p :D |
advertisements
ukuran rantai nya yg penting bro 428 :D
BalasHapusbeli depan 14 mata aja..
15/35 = 2.333
39/15 = 2.6
14/35 = 2.5
yg mendekati 2.6 ya 36/14 = 2.57
belakang std jupi z depan beli 14 bawaan KING oke (y)
Jauh banget mas Novanda, kalau tetap pakai gear size std di belakang..
Hapusmusti naik 2-4 mata di belakang..
tapi, belum ku realisasikan sih..
nunggu in yang terpasang ini aus dulu gear set nya :D
yang dicari mah rasio nya.
Hapusbukan belakang gir gede pasti enteng :D hahaha
iya juga sih mas...
Hapustapi kalau main rasio, pasti biaya riset membengkak kan :D
ini lagi riset lagi untuk manipulasi torsi :D
pengembangan dari balancer DG yang di tambahi lagi mas :D
aku ya pngin tuh gigi primer fizr di jupiter z..
BalasHapusblm ada dana
mampir bro http://freecharz.blogspot.com
sesama penunggang jupiter
sipp....
Hapusdi tunggu ulasnnya bro Novanda...
meanwhile....meluncur ke tekape :D :D
ada yang pernah coba punya jupiter Z1 kah diterapkan di jupiter Z???mengingat rasio gigi primernya 58/20
BalasHapusblum punya part primary n secondary gear Z1 nya mas Aconx :)
Hapuskalau pun sudah ada, tetep harus check lagi dimensi part tersebut..
bisa langsung PnP atau tetap harus buatkan collar lagi, supaya bisa di pasang ke jupiter Z...
soalnya biaya riset nya kan juga lumayan mas..
atau mas aconx mau trial dulu, nanti hasil trial n riset nya bisa di share di sini koq...
Gan bisa pesan yg tinggal pasang gak..? dikota kecil susah mencari semua part dan tukang bubutnya juga belum ada..
BalasHapusmaaf banget baru sempet buka blog'nya mas luki sekti.. :/
Hapusprimer n sekunder gear nya F1ZR yang rada susah dapetnya mas..
ada pun 2nd, di bandrol 300K mentahan nya.
balancernya sendiri 400K, part2 seperti collar n dogtooth ringnya 300K
masih terhitung ekonomis ga ntar mas luki ??
Om per kopling ya pake apa om
BalasHapusPer kopling bawaan rumah per kopling 6 per dari SYS om..
HapusMas mau tanya kombinasi bearing kopling jupiter z gimana ya?
BalasHapusRing atau bearing dulu??
di stud nya maksud nya mas ?
Hapusada ring 2 pcs serta bearing bambu.
bearing bambu nya di apit kedua ring nya mas..
jadi susunan nya ; ring-bearing-ring
moga2 membantu..
maaf terlambat balas nya ya..
Mas mau tanya kombinasi bearing kopling jupiter z gimana ya?
BalasHapusRing atau bearing dulu??
Ring - bearing bambu - ring
HapusOm mau tanya, kalau ganti otomatis jupiter z dengan balancer apakah harus papas magnet nya juga ?
BalasHapussecara beban balancer akan berbeda dengan dengan magnet nya .
terima kasih.
Sorry baru balas ya mas...
HapusGa perlu juga papas magnet untuk penggunaan harian, karena ujung kruk as sebelah kanan kan di topang seal yang nempel di bak kopling...
Cuma bobot ringan, bikin mesin cepat raih rpm atas, tapi torsi kurang kuat.
Sedangkan balancer yang rada berat, naik nya rpm mirip spt std, dengan torsi yang lebih kuat pastinya.
Mas pake balancer apa motor nya ?
BalasHapusBalancer DG ; dengan modifikasi seperti yang sudah ku tulis di atas dan tulisan sebelum nya mas.
Hapusmaaf, terlambat balas nya karena kesibukan di dunia nyata..
terima kasih sudah berkunjung di blog ini
TUHAN memberkati
postingannya mantab bang ...
BalasHapusSaya juga ada motor harian punya istri, cuman sudah saya oprek jadi 130cc dari 102cc.
ditunggu postingan berikutnya bang 😀😀
Terima kasih om :)
Hapusmaaf, terlambat balas nya karena kesibukan di dunia nyata..
terima kasih sudah berkunjung di blog ini
TUHAN memberkati
Itu pakai balancer apa ?
BalasHapusBalancer DG ; dengan modifikasi seperti yang sudah ku tulis di atas dan tulisan sebelum nya mas.
Hapusyang pasti, tanpa proses las saat pemasangan di kruk as,
proses las hanya saat menyatukan dog tooth ring sama balancer nya aja mas.
Itu fungsinya apa Om di kasih balancer
BalasHapusBuat penghasil torsi.
HapusPower besar tanpa di imbangi torsi, sama aja tanpa hasil.
Karena torsi ini lah yang menggerakkan roda di atas lintasan
Ouh makasih infonya om
BalasHapusOm minta kontak nya dong
BalasHapus0838 9899 6639
HapusOm mau tanya
BalasHapusMotorku jupiter standard setiap aku pakai kenapa kok kadang2 jadi kopling manual kadang2 jadi kopling otomatis?
check perangkat kopling sentrifugal nya, biasanya karena cage roller di dalam mangkuk kopling sentrifugal pecah..
Hapuskopling house dan gigi sekunder da gigi primer f1zr dipasang di Vega ZR 2010 ,dengan menggunakan kopling ganda tetap terpasang bisa ga ya.? minta pencerahannya boss
BalasHapusHmmmm.... Banyak rubahan nya mas..
HapusDan, jika di satukan dengan sistem las ; bisa di pastikan hasilnya berisik nanti.
Karena hasil pengelasan pasti ada deformasi.
Maaf balas nya lama yaa.. Sibuk di dunia nyata soalnya..
Mau tanya bos.. motor saya jupiter z.. saya mau pasang balancer 375 grm.. piston nya masih standar apa ga masalah...?
BalasHapusWaduh ... Serem amat tuh pakai balancer 375gr mas.
HapusKalau di pakai harian... Pasti kedodoran deh torsi nya..