Home » , , , »

Masih...Persiapan uji coba Helical Gear Primer-Sekunder

Masih...Persiapan uji coba Helical Gear Primer-Sekunder

advertisements
Kalau ulasan Sebelumnya tentang persiapan part-part untuk adopsi Helical gear, tapi sudah di lengkapi dengan Balancer yang beli jadi.
yahh....walaupun untuk penerapannya tetap butuh beberapa penyesuaian..

nah, kalau teman-teman yang di daerahnya susah untuk mendapat kan balancer yang udah jadi gimana ??

aku pernah coba ukur dan desain sendiri balancer, (dengan patokan ukuran Primary n secondary Drive gear F1ZR tentunya ) yang bisa di buat sendiri di tukang bubut.
kalau balancer DG sudah di lengkapi dengan roda gigi dalam, trus bikin sendiri di tukang bubut jadi mahal dong, kalau harus bikin sendiri juga roda gigi dalam nya.
mesin sloting kan lumayan mahal biaya operasional nya, jatuhnya blancer juga mahal pasti...
tenang, bisa kita aplikasikan part bawaan motor koq untuk balancer nya.
yaitu boss clutch housing nya
Part no 6 yang kita pakai untuk buat balancer hand made.
bisa di matikan dengan las (harus rapi pastinya ) atau di baut yang bisa ikat kedua part, baik body balancer, maupun boss nya..
terus, desin balancer nya seperti apa ?

kalau memang ada yang mau bikin sendiri, tolong di check lagi ya..
sapa tau ada ukuran yang kurang atau belum di cantumkan. 

Seperti ini kira-kira...
Draft balancer untuk helical gear self made
Material yang di pakai, ga perlu yang mahal-mahal banget lah..
cukup MS (Mild Steel ) atau besi biasa, bisa di pakai.
ga takut berkarat kah kalau besi biasa materialnya ?
tenang, balancer kan letaknya di bak kopling, yang pasti ter-rendam olie waktu terpasang di mesin kan ?
3D rear view self made balancer
terus, koq bentuk nya aneh... ga seperti balancer DG yang rata di kedua sisinya ?
iya... karena untuk mengejar torsi....
menurut nalar ku ( sebagai bakul sego kucing yaa )
torsi itu kan momen puntir, dimana semakin jauh beban dari pusat putaran, dan semakin berat juga beban nya, maka.. momen puntir dan gaya sentripetal yang di hasilkan nya pasti lebih besar.
dan ini menguntungkan untuk memuntir ratio gear yang berat.
seperti di gigi 3 atau gigi 4 mesin jupiter series..
front 3D view self made balancer
Jadi... lagi-lagi menurut nalarku sebagai bakul sego kucing :D
desain balancer seperti ini harusnya lebih menguntungkan untuk mesin-mesin yang butuh torsi besar di putaran atasnya. untuk harian ataupun keperluan touring keluar kota.

kalau salah mohon di koreksi yaa..
monggo kalau ada temen-temen yang pengen buat balancer sendiri ke tukang bubut, tapi sebelum di eksekusi, tolong di check lagi semua ukuran-ukurannya.
siapa ya kira-kira yang mau bikin
balancer sendiri ??


advertisements

1 komentar:

Pengikut