advertisements
Cerita lagi ahh....
Balancer....iya balancer, mungkin sudah banyak yang pernah baca.
dimana ? ; ya di sini ; Di sini ; di sini juga ; Bahkan di sini juga ada ; disini juga ada lagi nih
Nah, dari beberapa ulasan itu, koq tiba-tiba mak bedunduk (gaya srimulat banget nih )
pengen ulas tentang evolusi balancer.
dari yang pertama nya beli ketengan trus di modif agar bisa terpasang tanpa di las
proses nya bisa di intip disini sih
gimana kami pakai mesin-mesin yang presisi, agar hasil pengerjaan pun bisa presisi dan PnP ke part engine jupiter series.
kenapa jupiter series ?
karena ; dari crypon sampai ke jupiter Z1 ternyata dimensi gear dalam di kruk as nya punya kode part yang sama : 5LM-E6512-00
Balancer....iya balancer, mungkin sudah banyak yang pernah baca.
dimana ? ; ya di sini ; Di sini ; di sini juga ; Bahkan di sini juga ada ; disini juga ada lagi nih
Nah, dari beberapa ulasan itu, koq tiba-tiba mak bedunduk (gaya srimulat banget nih )
pengen ulas tentang evolusi balancer.
dari yang pertama nya beli ketengan trus di modif agar bisa terpasang tanpa di las
proses nya bisa di intip disini sih
gimana kami pakai mesin-mesin yang presisi, agar hasil pengerjaan pun bisa presisi dan PnP ke part engine jupiter series.
kenapa jupiter series ?
karena ; dari crypon sampai ke jupiter Z1 ternyata dimensi gear dalam di kruk as nya punya kode part yang sama : 5LM-E6512-00
Trus, evolusi nya di mana ?
balancer DG dengan gear primer dari mangkuk ganda |
koneksi menggunakan sistem dogtooth claw. tanpa proses las.
tanpa las, mudah di lepas karena di kerjakan presisi |
karena balancer menyenterkan diri nya sendiri ke kruk as dengan gear dalam nya.
kemudian collar (bush gear primer) menyenterkan posisi balancer bagian depan ke kruk as.
pun menyenterkan juga gear primer ke balancer dan kruk as.
dan terakhir di kunci dengan ring plat dan mur bawaan, pengunci mekanisme kopling ganda nya.
tuh, dogtooth system nya kelihatan kan ? |
yang berbeda : power dan torsi bisa segera tersalur dari putaran ter rendah mesin sekalipun.
trus evolusi sebenar nya di mana ?? :
mari kita lihat dan cermati design di bawah ini :
design tambahan balancer dengan 3D autoCad |
dimana torsi adalah momen puntir , yang di hasilkan oleh mesin untuk menggerak kan ratio gear nya
dan kemudian di teruskan oleh sprocket depan, di teruskan dengan rantai dan menggerakkan roda belakang yang terhubung dengan sprocket belakang di hub wheel nya.
hasil akhir dari tambahan Balancer untuk optimalkan torsi nya |
iya ; karena setelah kita ukur, ukuran asli diameter mangkuk ganda, ternyata ukuran nya 110mm
sedangakan balancer DG diameter nya hanya 105mm"jadi masih bisa di maksimalkan diameter luar nya dengan part tambahan ini.
menambah berat di diameter luar nya.
diman perhitungan torsi = jarak x gaya
semakin besar jarak nya dari center, maka makin besar juga torsi yang di hasilkan.
demikian pun jika jarak dari center tidak bisa di tambahi, maka gaya (atau dalam hal ini berat x gravitasi) nya yang di tambah, agar torsi yang di hasilkan makin besar.
dan seperti inilah hasilnya. |
ini adalah evolusi pertama dari balancer DG.
udah ya...segitu dulu ceritanya..
lagi pengen cari info tentang mba-mba cantik ini dulu soalnya..
nemenin olah raga lah se-engga nya.. :p :p
advertisements
0 komentar:
Posting Komentar