advertisements
Salam hangat untuk semua.....
kembali meneruskan proyek belah-belah suzuki shogun 125sp kemaren. juga udah jelaskan part-part yang dipersiapkan serta tambahan tool nya kali ini langkah-langkah selanjut nya, yaitu membersihkan dan merangkai lagi part-part nya, agar mesin shogun125sp ini bisa melintas lagi di jalanan.part-part nya di bersihkan lagi |
perangkat transmisi nya sudah bersih, dan masih layak pakai |
selain di restorasi, mesin ini kan juga ku pelajari anatomi nya, lumayan...ngirit biaya kursus kan ? :D
mejeng sama conrod / stang seher lama |
- saringan berbentuk segi tiga dari kawat, yang berfungsi untuk menyaring uap dari pelumas, sebelum di buang lewat lubang hawa di bagian atas crankcase
- counter balancer kruk as; yang berfungsi sebagai peredam getaran bandul karena momen inertia saat rpm tinggi, ini yang membuat mesin si shogun rata-rata halus getaran nya di rpm tinggi.
dan di yamaha bebek , hanya di seri crypton dan vega generasi awal yang menerap kan sistem ini
tuh saringan dan counter balancer kruk as nya |
ini part balancer nya |
ini saringan uap olie yang ku ceritakan di atas. |
tuh, pas nyempil di atas kruk as posisi counter balancer nya |
nih foto jelas nya kalau dari atas |
Untung lah pemasangan counter balancer serta rangkaian transmisi di crank case shogun ini ga terlalu banyak kendala, jadi bisa langsung di rangkai crank case nya, tinggal di lanjut merangkai bagian magnet dan spul nya disebelah kiri, dan juga perangkat kopling di sebelah kanan.
untuk bagian kopling , hanya per kopling yang aku usil'in, ganti dengan milik FU yang lebih keras per nya, serta berbeda 0.2mm diameter kawat per nya, dengan harapan, agar transfer daya dari kopling shogun ini nanti bisa lebih responsif :D ini yang ku maksud upgrade ga harus mahal...
untuk bagian kopling , hanya per kopling yang aku usil'in, ganti dengan milik FU yang lebih keras per nya, serta berbeda 0.2mm diameter kawat per nya, dengan harapan, agar transfer daya dari kopling shogun ini nanti bisa lebih responsif :D ini yang ku maksud upgrade ga harus mahal...
filter olie nya salah beli euy.. |
walah-walah...ternyata untuk belanja part shogun 125 sp ini, kita musti bener-bener pastikan seri nya.
hal-hal kecil seperti ini yang bikin penundaan tak berarti dalam proses restorasi.
sedangkan untuk area head, setelah di bersihkan aku tak banyak usilin, karena ku lihat lubang port nya memang cukup lega , ga perlu lagi di tuning lah..
karbu nya aja yang musti sedikit ku usilin, agar flow udara yang melewati karbu makin lancar masuk ke ruang bakar, demikian juga dengan saluran intake, ku buat sedikit kaya perosotan..
ga berbeda dengan karbu dan intake si paijo tempo hari ..
setelah semua ter rakit, waktunya tuang pelumas, dan lagi-lagi pelumas full synthetic yang jadi pilihan ku, agar benar-benar melindungi part-part mesin si shogun ini. tuang pelumas 1ltr...
dan selah-selah dulu sebentar, agar pelumas tersebar merata di dalam mesin si shogun.
kelar, dan waktu nya untuk nyalakan mesin....sekali selah langsung jreng.....aseeeekkk, kelar juga proses restorasi si shogun ini...tinggal pasangi aja baju nya..
pakai test ride sebentar, dan setelah yakin ga ada masalah lagi di semua part nya...tinggal telp owner nya buat jemput si shogun...
cihuyy.....nambah lagi pengalaman dan ilmu dari belah-belah mesin si shogun..
besok-besok, apa lagi yaaa.....
mikirin aku aja gimana om ?? :p |
advertisements
Klo boleh tahu alamat bengkelnya dimana bang?
BalasHapus