advertisements
Jumpa lagi kawan...
sambil bernostaliga kisah tahun kemaren sebenar nya... berawal dari postingan juragan sepatu di group Fb ..kasihan juga sebenar nya, sedangkan saat itu aku pun masih liburan lebaran di solo...
tapi apa daya, posisi sama-sama masih jauh dari titik temu di tangerang. saat itu juragan nya si belang lagi asik solo riding arus balik dari kampung halaman nya di daerah banyumas menuju tangerang.
menjelang jam 3 dini hari, postinglah dia tentang troubel yang dia alami di jalan di depan balai penelitian padi, daerah subang (kalau dari arah jakarta ke jawa tengah, melewati jalur pantura ,posisi balai penelitian padi ini ada di sebelah kanan jalan ), untunglah ada kawan member yang berbaik hati untuk merescue nya, dan di kondisikan agar bisa kembali melanjutkan perjalanan.
namun.....untung tak dapat di tolak-malang pun tak bisa di raih hanya kurang lebih 20km lagi dari tempat tujuan, basecamp mendoan squad di sebut begitu. si belang ini menyerah untuk meneruskan perjalanan. masuk tlp ke nomorku, dari juragan si belang, yang mengabarkan kalau si belang yang ga kalah bandel sama owner nya ini mogok, ga bisa di selah lagi kick starter nya.
wadhuh, alamat ngandang lagi aja nih motor edan. hahahahaa...
untung lah saat itu owner si thekill (dekil sih bacanya-red) sudah stand by di tangerang.
dan bisa ku mintai tolong untuk merescue si belang dan owner nya di daerah cimone, sekitar cimone city mall. dan ku sarankan untuk tinggalkan si belang di rumahku agar bisa segera ku check setibanya di tangerang nanti.
sambil bernostaliga kisah tahun kemaren sebenar nya... berawal dari postingan juragan sepatu di group Fb ..kasihan juga sebenar nya, sedangkan saat itu aku pun masih liburan lebaran di solo...
tapi apa daya, posisi sama-sama masih jauh dari titik temu di tangerang. saat itu juragan nya si belang lagi asik solo riding arus balik dari kampung halaman nya di daerah banyumas menuju tangerang.
menjelang jam 3 dini hari, postinglah dia tentang troubel yang dia alami di jalan di depan balai penelitian padi, daerah subang (kalau dari arah jakarta ke jawa tengah, melewati jalur pantura ,posisi balai penelitian padi ini ada di sebelah kanan jalan ), untunglah ada kawan member yang berbaik hati untuk merescue nya, dan di kondisikan agar bisa kembali melanjutkan perjalanan.
namun.....untung tak dapat di tolak-malang pun tak bisa di raih hanya kurang lebih 20km lagi dari tempat tujuan, basecamp mendoan squad di sebut begitu. si belang ini menyerah untuk meneruskan perjalanan. masuk tlp ke nomorku, dari juragan si belang, yang mengabarkan kalau si belang yang ga kalah bandel sama owner nya ini mogok, ga bisa di selah lagi kick starter nya.
wadhuh, alamat ngandang lagi aja nih motor edan. hahahahaa...
untung lah saat itu owner si thekill (dekil sih bacanya-red) sudah stand by di tangerang.
dan bisa ku mintai tolong untuk merescue si belang dan owner nya di daerah cimone, sekitar cimone city mall. dan ku sarankan untuk tinggalkan si belang di rumahku agar bisa segera ku check setibanya di tangerang nanti.
kondisi nya saat trouble pertama karena kelistrikan |
beberapa hari kemudian, sampai lah aku di tangerang, pekerjaan rumah sudah menunggu, yaitu check up si belang ini. apa aja sih masalah nya, koq hobby banget dia ngambek kalau sama owner nya ? padahal waktu kami siksa berdua sampai ke tasik pun ga ada masalah, kecuali filter karbu yang ga tahan di hajar hujan, dan sebabkan brebet karena pasokan udara sangat kurang.
sedangkan kondisi sekarang, filter mahal nya sudah ku modifikasi masuk ke dalam box filter standard yang juga sudah di modif.
sedangkan kondisi sekarang, filter mahal nya sudah ku modifikasi masuk ke dalam box filter standard yang juga sudah di modif.
busi nya sampai kaya ini ?? |
lanjut bongkar head engine nya
dan lagi-lagi rasa kaget dan heran ku jumpai setelah melihat kondisi di dalam ruang bakar nya.
wtf....pantas aja mogok |
piston pecah dan banyak serpihan |
masih banyak serpihan kecil di situ |
mulai kelihatan kan penyebab nya ? |
liner melorot 9-12mm dari permukaan cylinder |
berarti...sebelum motor ini berpindah tangan pada owner yang sekarang, block cylinder nya pernah mengalami penggantian liner, tapi pengerjaan yang kurang perhitungan menyebabkan kondisi ini terjadi. Bisa karena pemuaian berlebih , yang menyebabkan proses ekspansi blok cylinder nya melebihi proses ekpansi liner nya.
dan ada dua option untuk mengatasi nya
- pertama ; mengganti block cylinder nya dengan yang baru
- atau cukup mengganti liner nya dengan memberikan step tambahan yang agak besar di bagian permukaan cylinder yang berhadapan dengan head.
pantat liner di hajar daun kruk as |
tinggal hunting bahan liner yang bagus , yang tingkat pemuaian nya bisa sinkron dengan block cylinder nya, agar kejadian seperti ini tidak akan pernah terulang lagi.
masih ada aja namaku di block ini |
kuteruskan lagi setelah yang lewat berikut ini....
bersambung...........
jangan ikutan nakal kaya yang ambil foto yaa.. |
advertisements
0 komentar:
Posting Komentar