Home » , » Manual Clutch Baby blue

Manual Clutch Baby blue

advertisements

Unit Manual Clutch Yamaha X1
Awalnya karena sering liat dijalan...
koq banyak ya pengguna jupiter Z atau New Vega R yg memasang kopling manual di motor harian mereka ??
apa sebabnya ??

ternyata....
dengan memasang manual clutch ini, tenaga mesin dapat tersalur lebih responsif...
juga, bisa lebih irit bahan bakar... (lho...koq bisa ??? bukan'nya dengan tenaga yg lebih responsif tersalur
maka perilaku berkendara juga jadi agresif ??? )
ternyata...irit atau tidak nya konsumsi bahan bakar tergantung dari sehat atau tidak'nya mesin dan perilaku
berkendara juga...
nah, dengan memasang manual clutch ini, tenaga mesin dapat tersalur di putaran yg lebih rendah dari pada bawaan pabriknya...
karena babyblue ga ada tachometernya...yah kira2 seperti yang tertera di buku manual deh.... :D

pertama cari-cari info tentang bak kopling manual ini, sempet keder juga dengan harganya...
apalagi yg original buatan yamaha thailand...
tapi...ternyata ada untungnya juga berteman dengan mekanik-mekanik bengkel... :)

kira-kira 4 tahun yg lalu, sewaktu saya masih kerja di pabrik..
kebetulan waktu itu lagi beli sesuatu di warung, yang sebelahnya bengkel langganan kawan...
pas keluar dari warung...sang mekanik (mas Yono namanya)  memanggil, dan menawarkan bak kopling X1
kondisi second...setelah di periksa, ternyata barangnya masih mulus...
dan baru sebulan dipakai oleh owner'nya... dilepas lagi karena di marahin emaknya katanya...
(ahahahaha...ada-ada aja...motor emak di pasangi kopling manual...murka lah emaknya :p )
setelah nego harga...di sepakati harga akhirnya Rp.275 ribu, yang isinya antara lain :
  • Bak kopling original Yamaha X1 thailand. (cek dari kode 5YW-00 di dalam bak kopling, juga nomor serinya... )
  • stut kopling set (sudah terpasang di bak koplingnya )
  • plat penahan kabel kopling.
  • kabel kopling.
  • dan terakhir....tuas koplingnya..(ilustrasi seperti gambar di atas )
Setelah bak kopling manual (set ) ada ditangan...yang jadi pertanyaan adalah...
masangnya ke babyblue gimana ya ??? bingung juga sih...karena belum pernah memodifikasi kopling otomatis ke kopling manual, apalagi di motor sendiri...
berbekal informasi dari mbah google...ternyata ada beberapa bagian yang harus di ubah..
  • mematikan fungsi kopling otomatis/ sentrifugal'nya.
  • mengganti per penekan plat kopling dengan yg lebih keras..( karena akan sia-sia kalo masih menggunakan per standar bawaannya, tenaga belum tersalur sempurna )
  • penempatan Tuas koplingnya, harus coak sisi kiri batok lampu babyblue :/
Setelah menunggu waktu yg tepat...
saatnya transformasi dari kopling otomatis ke manual pun ku kerjakan...
langkah-langkahnya :
  • kuras olie babyblue.
  • lepas pedal kick starter'nya.
  • lepaskan footstepnya. (buka ke 4 baut pengikat di bawah mesin dengan kunci ring 12mm )
  • lepaskan knalpot (muffler) nya.
  • buka baut-baut pengikat bak kopling dengan kunci T8. (jangan ada yg ilang ya... )
  • pisahkan bak kopling dengan crankcasenya (hati-hati supaya gasketnya masih bisa dipakai lagi nanti )...seperti ini

Penampakan setelah bak kopling di buka
  • setelah kelihatan bagian koplingnya, buka ke 4 baut penahan rumah kopling dengan kunci T8 (hati-hati supaya per kopling nya tidak terlontar )
  • lepaskan kampas kopling dan plat geseknya.
  • nah, bagian yg cukup sulit adalah melepaskan rumah kopling primer'nya, karena harus di tahan dengan bantuan special tool, (terpaksa bikin special tool juga...di artikel lain aja deh )
  • lepas rumah kopling primernya dengan kunci sok 19mm.
  • setelah kopling primer terlepas, barulah kopling gandanya bisa dilepas, (juga dengan kunci sok 19mm) dan di tahan dengan bantuan special tool juga (di artikel lain juga deh special tool ini )
Setelah bagian kopling ganda / sentrifugal terlepas.. dilanjut dengan mematikan fungsi kopling gandanya
(pertama kali babyblue pakai kopling manual, yg terpasang cuma mangkuk kopling ganda'nya saja yang di matikan dengan cara las plat carrier mekanis kopling ganda ke mangkuknya, sedangkan sepatu kopling ganda'nya yang 3 pcs di lepas )

Setelah kopling ganda di non aktifkan, pasang kembali mangkuk kopling ganda ke as kruknya, dilanjut dengan memasang perangkat koplingnya, rumah kopling primer dan plat-plat koplingnya (urutannya kebalikan dari cara melepasnya.
nah...yang di ganti dari babyblue waktu itu adalah per kopling bawaan nya, dengan per kopling yoshi**ra
lumayan juga harganya 75K..
setelah terpasang bak kopling nya, di tes dengan kunci inggris, untuk memutar as penarik stud kopling nya.
posisi setelah terpasang
dan ternyata, berfungsi dengan baik...

kemudian, langkah selanjutnya adalah memasang handle kopling di stang kiri...
supaya spion masih bisa terpasang, ternyata handle harus di ganti..
biar ga repot, aku pakai handle kopling jupiter MX yg sudah ada dudukan spion nya
tapi....ternyata harus membuang dudukan spion bawaan babyblue ( kudu dibuang dengan gerinda )
setelah handle kopling terpasang, dan jarak main sudan di stel...spion juga terpasang dengan rapi...
tinggal memasang kembali batok lampu babyblue....(harus main coak batok lampu juga, biar terpasang dengan rapi )

Setelah semua terpasang....saatnya test ride... (cihuy...bisa juga ternyata )
setelah test ride, memang tenaga tersalur di semua putaran mesin...bahkan di putaran mesin ter rendah sekalipun...
moga-moga proyek modifikasi ini bisa bikin babyblue lebih irit lagi.. :)

#tapi...ada juga kendala setelah pasang kopling manual ini...
lain waktu di ceritain ya....dah pegel ngetiknya :/
advertisements

19 komentar:

  1. apa kendala menggunakan kopling manual? dan apa efek nrgatif di motor???????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. kendalanya...ga bisa santai lagi bawa motor'nya... :D
      harus siap2 ngopling di polisi tidur :D

      Efek negatifnya, sebenernya minim banget...
      asal dikerjakan dengan teliti dan presisi semua efek negatif bisa di minimalisir koq bro... :)

      Hapus
  2. Mampir bro ke blog kita buat yang lagi nyari part" racing Advie Motor & Website Kita Advie Motor Racing Shop

    BalasHapus
  3. Bak kopling nya di jual ga broo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro @Ibnu Fad : bak kopling yang mana yang di maksud yah ??
      kalo bawaan motornya, sudah agak jelek bro...
      karena salah penyimpanan nya...
      timbul bercak2 putih di sekujur bodynya...

      Hapus
  4. bro ada yang jual lagi ga bak kopling x1 nya, yang second aja. biar bisa goyang harganya.. hehehehe
    Pm ya bro kalo ada d_maz41@ymail.com..
    ditunggu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh...oke bro dimaz....
      nanti kalo ada ku pm deh...
      tapi ga bisa janji dalam waktu dekat ini ada barangnya yaa.. :)

      thanks before...

      Hapus
  5. bro selain las titik agar jadi full kopling ada cara lain g ?
    saya pake bak X1

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada bro...
      ganjal aja pergerakan kampas kopling ganda dengan plat gesek kopling primer 2 lembar...
      udah pernah ku buatkan artikel juga koq...
      judulnya : "akhirnya dilamar juga"

      Hapus
    2. di sini mas, cara matikan kopling gandanya
      http://segokucingenterprise.blogspot.com/2013/09/akhirnya-dilamar-juga-d.html

      Hapus
  6. kalo pake per kopling RX King bisa gag Bro.
    dan kalo masih pake kampas kopling aslinya gimana?
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mas Apri....
      tapi tetap harus di perhitungkan lagi jarang main bebas per'nya saat posisi tertekan penuh..
      lebih panjang dari rumah per di cover boss'nya ngga ??
      kalau ga lebih panjang, berarti masih aman di pasang....(soalnya kalau terlalu pendek jarak mainnya dikhawatirkan bisa bikin jebol cover rumah kopling nya )
      #dan jarak main per'nya aman di dalam rumah kopling..

      tapi....

      kalau jarak main nya terlalu pendek, bisa di akali dengan mengganjal baut pengikat per koplingnya dengan ring per diameter 6mm.

      kampas kopling aslinya masih cukup memadai untuk penggunaan harian dan touring mas Apri...

      moga2 cukup jelas yaa...

      Hapus
  7. Klo cheg'y di pasang apa gx?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cage ?
      yang dari nylon untuk cover n dudukan bush n stopper one way nya mas ??
      di pasang semua....

      Hapus
  8. Kabel koplingnya pke punya motor apa mas bro??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau yang ini pakai bawaan yang dapet waktu paket pembeliannya mas..
      kalau untuk motorku sendiri, pakai punya F1ZR.

      Hapus
  9. Apa suara mesin lebih berisik setelah pakai kopling manual dalam jangka waktu yang lama bro

    BalasHapus
  10. Om kalo kampas gandanya tidak di lepas, dan langsung di las ,,,apa ada pengarunya gak ya..
    Dan stut AS koplingnya dilepas atau tdk om

    BalasHapus

Pengikut