Home » , » Swaping Karbu byson pake Mikuni VM26.....emang bisa ?????

Swaping Karbu byson pake Mikuni VM26.....emang bisa ?????

advertisements
kawan satu ini berkeluh kesah tentang kebo'nya yang mulai sakit-sakitan...
pertama'nya tu byson ndut-ndutan kalo di pakai jalan...
setelah dia berkonsultasi dengan mekanik beres, ternyata penyakitnya dari membran vacuum karbu mikuni BS26, bawaan orok sang kebo...
pengen ganti membran vacuum'nya...tapi barangnya susah..ga bisa di swap dengan membran vacuum mio..
trus dia browsing info tentang penyakit kebo...rata-rata memang pada ngeluh dengan susahnya cari part pengganti membran ini...

setelah sekitar setengah bulan di buat galau dengan penyakit kebo'nya....
akhirnya dia bulatkan tekad untuk mengganti karbu bawa'an orok si kebo, dengan mikuni VM26 atau karbu RX-king sering di sebut..

nah, ku sarankan aja untuk menebus part yang asli, biar gampang setting dan perawatannya...
lagipula, setingannya ga gampang berubah... :)
oke...minggu kemaren kita meluncur ke toko spare part langganan untuk menebus karbu ini..
ternyata, harganya naik sedikit lebih mahal dari pada waktu aku nebus untuk babyblue...
ini penampakan part nya....
Mainan baru lagi... :D
side view di compare ama karbu NJZ
Nah...hari minggu kemaren, pas kawan ini libur, kita install tuh karbu...
copotin semua deh....mulai karbu bawaan nya...trus kabel gas dan kabel choke'nya...
lhoo....koq kabel choke'nya di copot ?? ; iya lah...soalnya choke untuk mikuni VM26 kan nempel langsung di samping body karbu (tuh...kaya di foto itu... )

setelah di lepas semua....lanjut ganti kabel gas nya dengan kabel gas bawaan jupiter... (lhoo :o emang bisa ??? )
nah ini, ternyata...pake kabel gas jupiter butuh sedikit penyesuaian, dari menggeser lubang untuk holder yang ada di stang (sejauh 5mm kurang-lebih ) dan juga ternyata...kurang panjang sedikit banget...sekitar 2cm.
walahhh....ya wis...akhirnya di akali dengan mengganti sling kabelnya dengan kabel gas vespa yang murah-meriah...
ukur dan tentuin panjang nya....trus di potong deh, bikin kepala sling dari timah solder...
di bentuk lagi, biar pas masuknya dan tidak mengganggu pergerakan tarikan gas'nya...
urusan kabel gas selesai...
coba pasang tu karbu ke karet intake bawaan si kebo...ga pas ternyata pemirsa...
kudu sedikit putar otak lagi ngakalin tu karet intake...

yo wis....dari pada repot ngakalin ama mikirin ganjelnya...
ganti aja sekalian karet intake'nya dengan selang radiator mobil, seperti yang dulu aku lakukan pada babyblue....
ukur panjangnya....potong...dan pasang....
tinggal di ikat dengan klem selang ukuran 1,25"...beres...
pasang skep dan tutupnya....tapi, sebelumnya ku tanya dulu sama si kawan ini...mau di setting boros, opo irit... ??
tetep irit lah pilihan kebanyakan kita pengguna motor...dan.. pindahin snap ring setingan jarum karbu dari tengah ke posisi paling atas...
dengan asumsiku...kalo mainjet bawaan karbu yang ukuran 150 pasti lumayan kenceng minum'nya ni kebo ntar..dengan memindah settingan jarum skep ke posisi paling atas, setidaknya bisa mengoreksi sedikit..yak sedikit debit bbm yang di hisap dari dasar mangkuk karbu...

oke, proses install selesai...pasang filter juga udah tinggal setingan air ratio'nya...
ternyata memang enak banget nyeting nya kalo pake karbu original...

selesai setting, saatnya test ride...
langsung test oleh owner nya sendiri...pake muter-muter sebentar...dan balik lagi dia..
ternyata puas juga dia dengan penggantian karbu ini...: "enak mas, enteng sekarang naiknya rpm, ga pake acara batuk-batuk kaya kemaren lagi... "
wuookeee...sipp, berarti tinggal pasang cowling nya aja...
tapi...koq aku jadi penasaran nyobain performa setelah penggantian karbunya ya...
yo wis...keluarin lagi si kebo..dan cari jalan yang agak sepi untuk test akselerasinya...
emang nendang banget...beda jauh dengan karbu bawaannya...(tapi tetep, ga berani untuk test top speed di perumahan...karena jalanan di daerah ini lagi lucu-lucunya rusak parah... :3 )

tinggal tunggu review penggunaan harian nya aja dari kawan ini...
mungkin seminggu ini dia bisa kasi review nya.....

sekian....silahkan di komentari...
#sorry...foto-foto setelah karbu terpasang ga ada...karena ga sempet moto'nya..
ntar kapan-kapn kalo dia ke rumah lagi, aku sempetin ambil gambar penampakan nya ya...
peace....

bonus hari ini... :

piss ya bro...sabar nungguin penampakan setelah terpasang...

advertisements

106 komentar:

  1. beli di bengkel resmi suzuki murah bro part karbu.. karet vakum cuma 18.500. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukane suzuki pake keihin juga bro karbu vacuum'nya ???

      yang byson kan BS26 ??

      Hapus
    2. suzuki pake BS26 semua bro, mulai dari spin, skydrive, skywave, fu, hayate.

      Hapus
    3. wealaahhh... malah ga perhatikan aku bro... :)
      ngga duwe soale... :hehehehhehe :

      oke deh, ntar kalo ada temen-temen yang butuh biar segera ku informasikan sama mereka...

      Thanks untuk info segar nya ya bro... :)

      Hapus
  2. berarti pake karet vacum thunder pnp bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut informasi Bro ANdre / Cinta Putih 92, Pnp Bro...

      tapi untuk jelasnya, mending bawa contoh membran vacuumnya juga ya...

      Hapus
  3. pake karbu king gak ada yg diganti PJ sama MJnya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk aplikasi di motor Yamaha BYSON ini, aku ga melakukan penggantian PJ dan MJ mas, tapi.... Jarum skep karbu aku taruh di alur ter atas..
      untuk mengimbangi besarnya MJ standar Karbu VM26.

      tapi, kalo misalkan mas Agus punya MJ yang lebih kecil dari standarnya VM26 (ukuran 155) boleh di coba koq..
      mungkin lebih irit lagi di penggunaan bbm nya..

      Hapus
    2. Bro ane sudah ganti pke karbu king nh tp ko msh kaya ada gas brebet ny gmn?
      Saran ny dong

      Hapus
    3. Bro ane sudah ganti pke karbu king nh tp ko msh kaya ada gas brebet ny gmn?
      Saran ny dong

      Hapus
    4. Maksudnya brebet waktu di geber-geber ya bro..?

      Hapus
  4. Buat yang lagi nyari karburator racing ,,
    Mampir bro ke blog kita
    Advie Motor & Website Kita Advie Motor Racing Shop

    BalasHapus
  5. Gan ane dah ganti pake king, cm suaranya aga beda, apa karna selang ke filter'y g pas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi karena ada kebocoran dari moncong karbu ke box filternya bro...
      suara sedotan yang agak keras kan ?
      bukan suara dari dalam mesin nya...

      biar adem lagi suaranya, pastikan sambungan antara moncong karbu dengan box filter melalui karet'nya rapat...

      kalau pengen lebih berasa lagi akselerasinya, elemen filter bisa di tanggalkan, tapi box filter tetap terpasang..
      monggo, silahkan di coba...

      #sorry telat balasnya ya...thanks untuk kunjungannya..

      Hapus
    2. Elemen filternya dilepas,tpi msih terpasang box filternya ngaruh ga bro?

      Hapus
    3. Elemen filternya dilepas,tpi msih terpasang box filternya ngaruh ga bro?

      Hapus
  6. Mas bro kebo saya dh ganti karet vakum tp mslh blm hilang mhon pencerahany...

    BalasHapus
  7. Mau tanya Bro Victor, kebo saya sudah ganti karbu king dan clip jarum skep sudah pada posisi paling irit ( paling dekat ke pangkal jarum), tapi asap knalpot jadi keliatan dan berwarna item (katanya tanda boros bensin), pj dan mj masih asli bawaannya. Kalo harus ganti pj/mj pakai yg nomer brapa bro?
    Satu lagi bro, bwat ngakali sensor karbo si kebo gmana yah, dia kan nancep di karbu orinya, soalnya kalo gak dipasang, lampu indikator kelistrikan nyala merah dan katanya kerja CDI gak max (sy dah coba max di 8500rpm, top speed 85km/j)
    Mohon pencerahannya bro..salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. wadhuhh.... terlalu boros ya bro ??
      coba di ganti MJ 120 atau 125 bro...
      cari yang ukuran nya presisi ya...
      bisa pakai (sorry bukan iklan ya ) KTC...
      harga memang lumayan.... sekitar 30 ribuan..

      kalo mau ngakalin sensornya, bisa copot tuh saklar sensornya yang di karbu bawaan...tapi harus di ganjal bro, pergerakan switch nya, ini yang butuh effort lebih, tapi kreatifitas mas bro di tantang untuk ngakalin ganjal switch sensor ini.

      kalo punya kawan ini gas baru di buka sedikit aja, dia bisa teriak ke 10.500rpm (putaran gas sisa banyak malahan )

      Hapus
    2. Yup betul bro Victor, sy ditawarin Kitaco 35ribuan, tapi adanya nomor 115 jadi belum jadi diambil.
      masalah rpm emang bisa tinggi kalo jarum skep belum dipindah clipnya ( posisi tengah) tapi borosnya minta ampun, bensin kaya dituang langsung ke karbu dan busi jadi cemong alias item banget..
      Karbu sy bisa plug and play dengan karet manifold aslinya, cuma karet filter yg perlu dimajuin skitar 0,5 cm (gampang)
      ##kesimpulan..masih hunting MJ

      Hapus
    3. coba hunting lagi di speedshop lain nya bro...
      atau, hunting via OL speed shop aja.
      tapi cari yang terpercaya n recomended seller nya ya...

      moga2 sepet dapet deh MJ yang sesuai :)

      Hapus
  8. Mas bro, kalo selang radiator pake selang mobil apa mas? Terus bisa gak lubang belakang karbu yg nyambung ke kotak filter pake selang ygg sama? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pake selang radiator, yang pas ukurannya kemaren punya timor mas, atau Hyundai accent (timor kan dari hyundai juga dulunya ya- rebranding jadi timor di indonesia )
      kalau untuk moncong yang menghadap ke filter, bisa koq pakai bawaannya, walaupun kudu di geser dikit maju tuh karetnya atau sekalian sama filternya )

      Hapus
    2. Mas Victor,mau tanya dong. Saya habis pasang karbu RX King,tapi skrg malah ga bisa langsam mas. Katanya gejala kebocoran di karet intake ya? Trs bensin juga jadi boros banget. Kira2 harga selang radiatornya berapaan ya mas?

      Hapus
  9. Halo masbro, kebetulan saya juga memakai karbu jenis itu di motor saya. Tapi motor saya bukan kebo :D
    Saya juga sedang kebingungan mencari karet filter yang pas buat karburator ini pakai apa ya...
    Kalo pake selang radiator, pake yang buat mobil apa?
    Atau mungkin masbro punya ide lain, bolehlah di-share.
    He-he-he....
    Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga mas bro :)

      kalo di motorku, aku malah pakai pipa pralon 1.25" mas :D
      soal nya, pernah coba pake karet boot Suzuki TS (pembungkus selongsong telescopic depan )
      tapi kurang bagus...terlalu lentur..
      jadi saat ada hisapan dari mesin, karet malah bergetar mengikuti hisapan mesin mas..

      tapi konsekuensinya harus bobok sayap (cowling) motor... tapi ga masalah selama mesin aman ga langsung hisap kotoran atau cipratan air..

      nah kalau mas bro pengen coba pakai karet, coba pakai hose (selang karet ) yang ukuran 1.25" atau 1 3/8" mas..

      moga2 membantu ya :)

      Hapus
    2. Wah pake pralon ya. Pakai pipanya atu sambungan ya? Kalo pipanya, posisi pipa ada di luar karbu atau dimasukin kdikit ke dlm lubang karbu?
      Kepikiran jg pake selang karet. Tp yg jual selang kayak gitu di mana ya mas?
      Kemaren cari2 di bengkel ga ada, di toko bangunan jg ga ada yg ukuran gede.

      Hapus
    3. Iya mas bro.... Pakai paralon.. :D
      langkah2 dan alatnya bisa di intip di sini : http://segokucingenterprise.blogspot.com/2013/09/saat-mario-bross-di-mintain-tolong.html

      di situ ku tulis lengkap koq mas....nanti kalau ada yangk urang jelas lagi, biar ku buatin tulisan baru deh :)
      dan juga, trik ini sudah ku test sampai ke pulau Madura PP dari tangerang lho.. :)

      Hapus
  10. Manifold tetep pakai bawaan, tapi ujung outletlet karbu bagian luar dibuat cekungan sama ukuran seperti yang sudah ada, dibubut +- 1atau 2 cm dari ujung bibir luar karbu gunanya untuk kekuatan saat diklem agar tidak mudah lepas. Tambahan sebelum dibubut jangan lupa ujung karbu diameter bagian dalam diganjal laher/bearing/ besi pipa dengan diameter yang pas dengan karbu agar karbu tidak pecah saat dijepit pada mesin bubut. Sedikit info dari penunggang kebo dari Bogor. Sudah dicoba dikebo hitam milik saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantab nih tambahan dari bro Rakhman J....
      terima kasih sharing ilmunya mas...

      salam kenal..

      Hapus
    2. ##share info..
      setelah hunting MJ dari repair kit RX special (no brapa kurang paham, mungkin 120 or less) asap udah gak item dan busi juga dah gak cemong, bensin 20rb karbu king jarak tempuhnya 85km, karbu ori (dulu) bisa 100km, tapi spontanitas hentakan , karbu king jauh lebih galak ( itu sy masih pakai setting jarum skep paling irit/paling atas), pernah coba setting di tengah aja kebo udah enteng banget ky naek smash, palagi setting paling boros..berasa HPnya naik..
      ##moga nambah ilmu

      Hapus
    3. manteb mas...
      makasih banget tambahan ilmunya n sharingnya

      makasih sudah berkunjung ya mas..

      Hapus
  11. Om selain pake slang radiator Mobil timor bisa ga pake yg lain..
    Soal nya aga susah nyari di bengkelnya Om..
    Mohon bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sih... pakai slang radiator Hyundai bro Ryo Nata..
      kan dulu'nya timor di import dari korea hyundai accent yang di rebranding jadi timor...
      atau...
      cari aja slang radiator ukuran 1.25"..
      bisa itu di pasang ke moncong karbu nya...
      monggo...

      Hapus
  12. #share bro
    ane juga punya kebo tahun 2011 bulan empat, kebo ane di awal tahun 2015 sering kayak kehabisan bensin tapi hanya di rentang rpm 3000-5000 setelah itu udah normal lagi, setelah saya bongkar dan cek kok skep warnanya ada yang putih udah gak hitam (katanya sih lapisan teflonnya sudah habis) saya coba tarik keatas sambil saya tekan bagian yang lapisan teflonnya habis tersebut agak sedikit seret setelah itu gak ada hambatan untuk tarikan keatasnya untuk kondisi karet vakumnya masih bagus, sampai saat ini untuk skepnya masih saya biarkan belum saya ganti karena lagi kanker bro xixixixi, kalau ada yang pernah coba atau bro Victor Manullang pernah coba cek hal tersebut tolong bantuannya thanks bro :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. point masalah yang bisa ku tangkap : skep asli karbu byson nya bah baret2 ya mas agung ?
      trus trik biar ga seret gitu ya yang di cari...??

      coba di amplas pake ukuran yg halus banget mas..
      di atas 1500 kalau ada..
      jangan di bawah 1500.. soalnya kalau terlalu kasar, bukan cuma baret2nya yang hilang, tapi ukurannya jadi berubah banyak..
      dan bisa sebabkan kebocoran..(bikin setelan karbu ngaco )
      ngamplas nya pun jangan terlalu di tekan..
      sebatas polish baret2'nya aja..
      trus di poles batu ijo / autosol untuk finishingnya.
      moga2 ga seret2 algi skep kebonya ya mas agung..

      Hapus
    2. terima kasih untuk masukannya bro Victor Manullang, karena tidak ditemukan amplas 1500 dan gak punya batu ijo ataupun autosol akhirnya saya ganti pakai stemped top 1 yang warna biru saya olesin tipis banget sambil saya coba gerak-gerakkan naik turun skepnya, alhasil lancar tanpa ada grenjelan di skep, sebelumnya udah masuk bengkel 3x tapi tetep gak ada perubahan akhirnya ya bongkar sendiri hehehe, belum saya coba untuk luar kota nunggu badan enakan dulu nanti baru luar kota, makasih bro Victor Manullang dan salam kenal dari saya :)

      Hapus
    3. Mantabb... (y) memang untuk hal2 spesifik seperti itu, yang butuh penanganan khusus, kadang bengkel enggan untuk ngerjain nya mas.
      karena sedikit menyita waktu juga ketelatenan..
      makanya sering kali mereka suggest cara yang cepet..(tapi bikin meringis kita ) ya ganti baru.. :D
      padahal, dengan sedikit usaha bisa di usahakan sebenernya :)


      okay ,mas... get well sonn ya..biar bisa jalan2 keluar kota lagi sama byson'nya..
      salam kenal juga, dan terima kasih untuk kunjungan nya :)

      Hapus
  13. Kang victor...kebo ane baru gnti karbu pake punya RX King...kok brebet bngt ya,gk ada powernya&batuk2. PJ/MJ harus d ganti ujuran brp?? Biar gmpang cari k bengkel hehehe. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlalu boros mungkin om...
      coba deh di cek warna businya..
      kalau item banget, berarti banyak bbm yang ga terbakar..

      yang ku coba ini, PJ n MJ nya bawaan karbu.
      tapi klip jarum skep ku pindahkan ke alur paling atas, biar irit..
      cobain aja ukuran MJ 130 om...
      ntar di cek lagi warna businya, setelah ketemu warna merah bata.
      pasti enak di bawa om..
      powerful n irit koq..

      Hapus
  14. Mas, 2 lubang yg dibelakang chok karbu king itu diapain ea....? Ditutup ato di salurin kemana .... Bust byson says....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang di belakng karbu pas, itu jalur olie samping mas, kalau di pasang di RX king..
      karena kita pakai mesin 4 tak, otomatis ga di pakai, jadi ditutup aja..

      sedangkan satu lubang lagi yang agak di tengah..
      itu lubang pernafasan dari mangkuk karbu..
      jangan di tutup..
      ntar malah ga bisa terhisap ke atas bbm nya :)

      moga-moga jelas ya mas...

      Hapus
  15. Mas ada pin bbm? Mau tny soal karbu king di bysonku. Suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh...
      ndak punya bbm mas fajar..
      sorry, di sini aja boleh koq..
      selagi bisa aku jawab, pasti ku usahakan jawab mas. :)

      monggo..

      Hapus
    2. Bang saya pake karbu king cdi brt dual band trus ganti leher knalpot cuma katalis masih stndar bwaan byson blom di bobok tapi brebet itu knapa yah mas??

      Hapus
    3. Sudah di seting / ganti blum Mainjet nya om??

      Kalau ukuran mj ga sesuai dengan kebutuhan mesin ; pasti brebet om..

      Untuk checking nya.. Tinggal copot busi, dan lihat laporan hasil pembakaran nya.. .

      Putih ; coklat /merah bata atau... Masih hitam?
      Kalau hitam ; berarti terlalu boros (kegedean mj nya)

      Putih terlalu irit.

      Yg optimal ; merah bata..

      Hapus
  16. Mas viktor... Mhon solusi kebo ane dah tk gnti krbu king tp ga bs langsam... Knalpot ngebul item... Busi item... Itu pke mj pj aslinya... Mhon bntuan...trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu boros berarti om..
      Coba cek dulu neeple nya olie samping.. Udah tertutup belum. Soalnya kalau di pasang ke mesin 4tak, itu neeple musti di tutup.
      Pasti kan juga sambungan karbu ke intake dan dari intake ke head terpasang rapi dan ga bocor..
      Kalau ada bocor, susah langsam nya pasti om.

      Jarum skep..
      Clip pengunci jarum skep di atur di alur teratas om.
      Biar bisa mengoreksi jumlah bbm yang keluar dari mangkuk karbu nya.

      Silahkan di jajal dulu, dan di recheck lagi ya om.

      Semoga sukses..
      Maaf juga telat balas nya..

      Hapus
    2. om viktor py sya jg gt om udah saya ganti karbu king tapi msih brebes aja susah hidupnya..tolong solusinya om..

      Hapus
    3. om viktor py sya jg gt om udah saya ganti karbu king tapi msih brebes aja susah hidupnya..tolong solusinya om..

      Hapus
    4. brebet terus ya mas Arie ??
      udah di pastikan sambungan antara karbu ke intake manifold n intake manifold ke cylinder rapat semua kah ?

      terus, lubang neeple olie samping di body karbu nya sudah di tutup rapat juga mas ?

      kalau 2 point itu masih ada yang bocor, memang brebet terus mesin nya..

      monggo silahkan di check ulang...

      mohon maaf juga lama balas nya yaa..

      Hapus
  17. mas victor kenapa ya byson ane wkt putaran tinggi di spead 60.. bunyi suara macam suarangin besar kali. wkt putaran rendah tidak ada..

    BalasHapus
  18. Sekedar info....pj mj byson standar 15/12,5..kalo menurut pengalaman ane kalo pke karbu king coba aj ukuran pj nya..17,5,20,22,5(standar king) mj coba di 115,120,125 kalo pake mj asli king 150 kegedean...secara 2 tak makan bbm bnyak.alhasil kalo pj mj ga d ganti...brebet,busi item,susah nyala,boros,..cova aj training ukuran pj mj ny semoga sukses. Hagra pj mj 20 rban.

    BalasHapus
  19. Sekedar info....pj mj byson standar 15/12,5..kalo menurut pengalaman ane kalo pke karbu king coba aj ukuran pj nya..17,5,20,22,5(standar king) mj coba di 115,120,125 kalo pake mj asli king 150 kegedean...secara 2 tak makan bbm bnyak.alhasil kalo pj mj ga d ganti...brebet,busi item,susah nyala,boros,..cova aj training ukuran pj mj ny semoga sukses. Hagra pj mj 20 rban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapppp bozzzzzzzzzzzzzzz.......................

      Hapus
    2. siapppp bozzzzzzzzzzzzzzz.......................

      Hapus
    3. siapppp bozzzzzzzzzzzzzzz.......................

      Hapus
    4. siapppp bozzzzzzzzzzzzzzz.......................

      Hapus
    5. betul om, kalau ga di akalin atau di seting ulang ,pasti terlalu boros untuk ukuran MJ 150..
      kalau susah cari MJ ukuran kecil, bisa di akali dengan memindahkan clip jarum skep ke alur paling atas ...
      demikian yang kita lakukan di mesin ini om...

      Hapus
  20. Permisi om ...numpang nanya nih..aku pengguna byson jg ya gt kndalanya ada di karbu,brebet,ngepos,terus lngsung mati tuh mesin..setela aku cari tahu katanya ada yg bilang harus gnti karet vakum,atau hrus gnti per/ptong per,dan ada juga yg bilang gnti PJ,MJ..yg bner bener gimna nih om..trimksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ada kebocoran di membrane skep karbu, memang seperti itu gejala nya om..
      maka dari itu, kita berspekulasi dengan mengganti karbu nya dengan type karbu non vacuum, dimana pergerakan skep langsung di kontrol pergerakan tangan memelintir grip gas..

      kalaupun di ganti vacuum nya, kemungkinan besar akan kambuh lagi penyakit dari karbu nya..
      bisa karet membran skep nya sobek atau bocor halus, atau body skep yang termakan rumah skep nya..

      Hapus
  21. byson ane pakai karbu king thailand kw cuman pindahin stelan klip ya aja paling atas u/ tarikan gas TMA kadang rada mbrebet didkit doang. mungkin apakah dari MJ di turunin juga....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di kondisikan dengan ganti MJ dengan ukuran di bawah nya, atau, lubang inlet MJ di ganjal serabut kabel om..
      (misal cari MJ ukuran di bawah nya susah,)

      intinya, kita kurangi supply berlebihan dari mangkuk karbu ke venturi nya..

      Hapus
  22. byson ane pakai karbu king thailand kw cuman pindahin stelan klip ya aja paling atas u/ tarikan gas TMA kadang rada mbrebet didkit doang. mungkin apakah dari MJ di turunin juga....?

    BalasHapus
  23. Sma penyakit nya klo gtu.jdi mau beli karbu king jga.thank infonya mas.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Om Victor. Aku mau Tanya sii cantik suzuki spin 125 kan bawa karbu BS26 . Nah kebo byson 150 juga Bawa BS26 . Kalau suzuki spin pakai karbu bawaan byson apa pengaruhnya? Jug dengan sebalik nya jika byson pakai karbu bawaan spin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara performa; ga akan banyak perubahan om..
      tapi tergantung juga sama jeting yang di pakai..

      kalau terlalu besar (bawaan byson di compare ke suzuki spin) ~ soalnya ga hapal ukuran KJ-PJ kedua karbu itu om :)
      kalau terlalu besar PJ MJ nya , biasanya malah boros dan kurang maksimal saat proses embakaran.
      ini yang sebabkan bensin boros ; tapi tenaga loyo..

      setel dan jeting ulang sesuai kebutuhan mesin nya aja biar hasil maksimal om..

      Hapus
  26. Misi pak, harga karbu rx king ori kna brapa, dan beli dimana,

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga karbu RX king Mikuni VM 26 : menurut part Catalog yamaha.
      Harga Eceran Tertinggi yang di sarankan pabrikan Rp 666.000,-
      biasanya aku ambil di toko spare part langganan ku di daerah Tangerang ini mas.

      Hapus
  27. Bos saya baru pasang karbu king di kebo saya,tapi akhir2 ini bensin sering masuk ke pilter/banjair tapi cuma ke pilter aja.biasanyakan banjir lewat pembuangan tpi ini cuma ke pilter aja.mhon bantuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelan pelampung nya pengaruh itu mas..
      atau dari jarum pelampung yang terganjal kotoran.
      jadi ketika pelampung terdorong bbm ke atas, jarum nya ga bisa menutup rapat saluran bensin nya..

      coba di check lagi sekalian di bersihkan area jarum pelampung nya mas..

      cek juga busi nya..

      kalau warna hitam, bisa di setel ulang MJ dan jarum nya.

      Hapus
  28. Oke ta coba mas..

    Kemaren emang sempat hitam businya gara2 klip jarumnya ta taruh tengah2
    Tapindah ke paling atas malah susah hidup.sekarang ta taruh no2 dari atas.

    Info untuk stelan MJ nya mas takaran mesin banteng seberapa.

    Sama elemen filter nya bos,klau di pasang brebet tapi kalau di lepas joss tarikan no brebet

    Mohon infonya boss

    Makasih

    BalasHapus
  29. Oke mas nanti ta bersihkan lagi.

    Klau busi kemaren memang sempat hitam gara2 klip jarum ta taruh di tengah.
    Tapi pas ta naikan paling atas malah susah hidup.
    Sekarang ta turuni ke no2.

    Sama info stelan MJ PJ.
    Kira2 berapa takaran mesin banteng.

    Sama masalah filter
    Kalau elemen nya di copot jos tarikan tpi kalau di psang brebet angakatan/tarikan pertama.

    Mohon info bos
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. PJ standard nya dah cukup sih menurut ku (cmiiw) untuk harian.
      MJ nya sebener nya cukup di 130.
      jarum klip bisa di paling atas / ke 2 dari atas.

      element filter biasanya malah ku lepas mas.
      biar imbang asupan udara nya ke karbu.
      soalnya pergerakan skep nya sudah ngikut plintiran grip gas.

      Hapus
  30. Aku pakai mj standar malah bsah + hitam terus businya mas klip jarum no2.

    Nie mau ku coba pakai mj 130.

    BalasHapus
    Balasan
    1. naik kan klip jarum skep / ganti MJ
      tetep di barengi sama setel air screw jet nya mas..

      kalau ga di stel pasti campuran bbm n udara nya belum pas n optimal.

      Hapus
  31. Numpang nanya bro victor.. ane udah ganti karbu king di Byson ane... Ane udah ikutin saran bro victor.. klip pasang paling atas... Pertama brebet di putaran bawah... Ane naikin PJ nya... Masalah udah ilang untuk putaran atas agak ketahan gitu... Trus mesin jadi panas banget... Ane coba ganti MJ ukuran 128.. putaran atas makin ga karuan... asap Knalpot jadi item trus nembak".. itu tandanya MJ kegedean.. ane makin bingung... Ukuran MJ itu makin besar nilainya makin irit apa makin boros ya bro... MJ ane beli di bengkel merk veejumi. Ane liat lubang mjnya ko makin besar ya dari standar nya dari ukuran 150..Menurut bro victor solusinya agar mesin ga panas trus putaran atas ga ketahan harus ganti MJ ukuran berapa ya bro..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai MJ 130-135 dah cukuup buat standard kubikasi 150cc
      tapi musti di barengi sama setel ulang air screw nya (setelan angin)

      biar dapet campuran udara n bbm yang optimal

      Hapus
    2. gan, mau tanya
      sy bru ganti karbu king, pake PJ n MJ bawan karbu
      tarikan bawah enak, tarikan atas masuk gigi 3 n 4 tenaga ky ketahan
      kalau msh pake filter standart n manifold pendek, PJ n MJ ukuran brp biar settingn'a pas?

      Hapus
    3. Itu bisa saja karena setelan mj terlalu boros.

      Coba cek aja warna busi nya mas..
      Kalau hitam, berarti mj di turunkan.

      Hapus
    4. kalau mau ganti cdi brp power max dual band, businya d ganti g gan?

      lalu kalau pake filter karbu yg fariasi, PJ n MJ d sett pake yg ukurn brp gan?

      Hapus
  32. Gan victor, kasi recommend dong, ane mau ganti karbu byson ane, bagus pe 28 atau karbunya king ya? Yang agak irit yang mana ya gan
    Mohon info gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih irit dan gampang seting vm26 mas.

      Kalau untuk spec standard.

      Hapus
    2. Bro viktor mohon masukannya..
      Saya baru beli byson tahun 2011 semua masih ori bahkan mesin belum pernah di buka... Karbu sudah d ganti king sma yg punya dulu.. tpi tenaganya ngempos trus bensin agx boros..
      Kira2 apa saja yg perlu d ganti agar tarikan bisa bertenaga dan agx irit.. soalnya byson saya pakai untuk jalan tiap hari.. trimakasih

      Hapus
    3. coba di check dulu warna busi nya om.. ini yang paling gampang untuk pengecheckan part lain nanti.
      Kalau warna nya hitam, kemungkinan emang setelan terlalu boros sehingga ngempos power nya.

      check karbu nya untuk sesuaikan MJ nya, (kalau PJ rx king sih masih tolerable untuk byson)
      kalau masih ukuran 150, ada baik nya di coba turunkan ke 130 (ganti mainjet)
      kalau masih terlalu boros n ngempos, check ke clip jarum skep nya, naik kan 1 step dulu clip pengunci jarum nya.

      moga2 membantu om

      Hapus
    4. Trimakasih bro victor masukannya..
      Kbtulan saya msi pesen karbu king ori.. kmren kta bengkelnya karbu kingya bajakan makanya harus ganti.. soalnya 1 liter pertamax hanya menmpuh jarak 23kilo.. boros banget...

      Hapus
    5. siap om ....
      moga2 cepet ketemu setingan nya.
      emang kalau karbu nya imitasi, suka ngaco sih ukuran nozzle dan diameter nya MJ serta PJ nya.

      Hapus
  33. Bang sy mau tanya...
    Byson sy udh ganti karbu king.. Tp mash sendat2... Kalau rpm di atas 4000 baru hilang sendat nya... Gmna bang ngatasin nya.. Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah coba setelan clip jarum pengunci nya om ?
      oh iya....laporan busi nya yang paling akurat untuk tentukan ubahan setingan om.

      coba cek dulu warna hasil pembakaran nya ya.

      Hapus
    2. udah setel / coba ganti mainjet yang lebih kecil mas ?

      Hapus
  34. bang kalo pake karbu king punya saya kok ngebul ya asap nya item

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelan sama seperti yang ku tulis ga mas ?
      atau di kecilin jadi 130 ga main jet nya ?

      Hapus
  35. settingan yang di atas itu apa masih pakek knalpot ori atau knalpot free flow om...???

    BalasHapus
  36. Mas misalnya pake karburator king ke merek Lippo recommended nda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus koq om.. .

      Dulu pertama kali nyobain, malah pakai lippo aku.

      Hapus
  37. Misi bro Victor.
    Mau minta solusi nich bro. Kebo saya udah borup pakai piston Tiger ov50 dan bubut noken, busi iridium, koil Scorpio dan cdi standar, knalpot racing...
    Baru upgrade karbu king 26 ori. Sebelumnya coba pakai bawaan MJ/PJ 150/22,5 malah brebet (busi hitam), kemudian saya ganti 120/37,5 RPM hanya nyentuh 9000an dan terasa motor masih ketahan untuk dapat top speednya, kemudian saya ganti 120/22,5 malah hasilnya ngempos di gas tinggi (teriak tapi tak bertenaga). Jarum posisi tetap ditengah ngakk saya rubah.

    Mohon solusinya bro, MJ/PJ berapa yg kira2 bisa saya gunakan untuk dapat setelan yg pas tapi ngakk terlalu boros juga...
    Terima kasih

    BalasHapus

Pengikut