Home » , »

Nyobain Roller Rocker Arm

Nyobain Roller Rocker Arm

advertisements
Roller Rocker arm ???
apaan tuh ???
Fungsinya apa ??
Bentuknya  gimana ??
Terus, keuntungan nya apa ??

Yah...itu yang sering di tanyakan tentang Roller rocker arm...atau pelatuk klep yang di lengkapi dengan Roller di bagian ujung nya..
Part ini terletak di dalam Head cylinder, fungsi utamanya yaitu sebagai perantara noken as (Cam shaft ) mendorong Klep (Valve) baik itu katup inlet atau Outletnya...
sedangkan untuk menutup klep lagi, supaya tidak terjadi kebocoran kompresi saat mesin bekerja, masih mengandalkan pegas.

Bentuknya, mungkin banyak di antara kita yang sudah mengetahuinya, bagi yang belum tahu...
nih, ada sedikit gambaran nya...
nih penampakan waktu keluar dari bungkusnya :D
Nah, ini sebenarnya adalah part Optional atau Variasi..
dan produsen part Variasi pun sudah banyak yang memproduksi nya.. kebetulan kemaren aku dapat Roller rocker arm ini, yang special untuk mesin Jupiter Z seperti di atas itu..
Kenapa pengen nyobain pasang Roller Rocker Arm ini di Jupiter Z ???
Bukan sekedar biar di bilang sok "racing" lah atau sok-sok'an buang-buang duit...
tapi... sebenarnya sekedar ingin memuaskan rasa penasaran aja, soalnya motor-motor keluaran terbaru sekarang rata-rata sudah mengaplikasikan part ini..
tentu bukan kebetulan aja kan..tapi untuk me-minimalisir rendemen mesin  karena gesekan antara Noken as dengan sepatu pelatuknya.
Dan yang terpenting lagi bagiku adalah : " Biar IRIT bahan bakar ", karena, menurut hematku, kalau gesekan di dalam head cylinder di minimalisir, berarti konsumsi bbm'nya pun pasti bisa di tekan..

setelah sempet tukar pendapat dengan Bro Emen yang sudah lebih dulu pakai part ini, juga Bro Jonathan yang tiap hari'nya mainan mesin, juga di bantu adik ku siKeong rider waktu bongkar-bongkarnya...
bulat sudah keinginan untuk nyicipin performa Roller Rocker Arm ini di mesin babyblue...

Pemasangan Roller Rocker arm ini di Head cylinder motorku, berbarengan saat kemaren Babyblue-ku ganti piston..
Cara pasangnya pun cukup mudah, seperti yang sudah ku tulis kemaren,
saat Head telah di pisahkan dari blok Cylindernya, juga setelah di bersihkan dan di inspeksi.
1. kita lepas dulu baut dan Plat pengunci Noken As-nya (pada gambar di bawah part no 4-5 ) dengan kunci L 5mm..
2. kemudian kita cabut Noken as dari dudukan nya (dengan bantuan baut M8 untuk treker biar gampang ).
3. kemudian kita cabut as pelatuknya dengan treker lagi.. ( kemaren aku cuma pakai plat tebal 5mm dan mur-baut 8mm ).
4. Lepaskan ke-dua as pelatuknya (part no 11) , baru kita keluarkan pelatuk (part no 8) aslinya. ( Pada gambar "Valve" di tunjuk kan part no 8 dan 11).
5. Kemudian barulah kita pasang Roller Rocker Arm-nya (mengganti posisi part No 8 )
6. Kemudian rangkai ulang lagi part-part'nya kebalikan dari cara bongkarnya, dan pastikan semua terpasang dengan tepat.
Noken as dan Head Cylinder Jupiter Z

Valve / Klep Jupiter Z

O'ya...Noken As yang ku pasang tetap standar'nya babyblue ya..
Soalnya kalau ku pasang Noken As Kawahara K1-nya, aku khawatir nanti Valve / Klep in dan out'nya bertabrakan, karena sudut klep di Head cylinder tetap standar dan tidak ku rubah sama sekali,
juga Derajat bukaan klep K1 yang 260 derajat, riskan ku rasa untuk di pasang di motor harian (tanpa ubahan sudut klep ).

Setelah semua terpasang, saatnya untuk test runing mesin babyblue...
dan ternyata, mesin babyblue bisa normal beroperasi, meskipun ada sedikit suara berisik dari head'nya..
mungkin ini di sebab kan karena profil Noken as standard yang kurang membulat di pinggang'nya..
(mungkin ini bisa ku pakai untuk bahan riset lagi nanti :)  )
dan... walaupun kapasitas cylinder babyblue sudah naik sedikit (jadi 124cc) tapi konsumsi bbm'nya tak jauh berbeda dengan yang dulu, ketika masih standar...
Dengan kata lain tetap irit,..... nah tujuan utamaku pasang part ini berarti sudah tercapai.. :D
dan ternyata ada bonus lainnya dari pemasangan RRA (Roller Rocker Arm ) ini, yaitu akselerasi babyblue jadi lebih enteng...

oke, itu tadi sedikit review tentang pemasangan Roller Rocker Arm di motor Jupiter Z..
review lebih lanjut, nanti kalau motor ini ku bawa touring lagi ke solo ya...soalnya konsumsi bbm babyblue dengan RRA ini belum sempat aku test untuk jarak jauh..
thanks....

bonus :


masih lama ga ya touringnya :p



advertisements

20 komentar:

  1. Gan mau nanya...kapasitas si baby bluenya kan udah naik 124CC-an. Karburetornya masih standar apa sudah ganti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak masih std pun udah pakai mikuni VM 26 bro...
      PJ std (bawaan karbu )
      MJ pakai 115.

      Nah, setelah naik cc nya ini baru di naikkan dikit jadi 120 MJ'nya...
      itupun dengan setelan jarum di klip paling atas, alias paling irit...
      begitu bro Motorservo...

      Hapus
  2. Tolong di balas gan...pengalaman sampe sekarang gimana pake RRA kawahara ?? Awet kah.. soalnya nemu juga artikel RRA rontok di jup z tapi entah merk apa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awet2 aja sih mas, asal di hitung kalau mau ganti noken as, lift nya ketinggian ga?

      Kalau ketinggian, per klep juga ga bisa di kompres lagi sama rocker arm nya...
      Patah itu hal yang wajar, karena rocker arm di paksa untuk bengkok...

      Hapus
    2. Maksudnya yg rontok komponen laher platuknya...awet yaa?, yg rra kawahara K2 satu set sama noken as ga perlu rubahan lagi kan ya.. untuk klep standar..

      Hapus
    3. Bantu bales, untuk K2R di anjurkan untuk klep lebar dan sudah merubah sudut, sedangkan untuk K1R cocok untuk klep yg masih standard.. *RRA yg sepaket sma camshaft nya..

      Hapus
    4. Bantu bales, untuk K2R di anjurkan untuk klep lebar dan sudah merubah sudut, sedangkan untuk K1R cocok untuk klep yg masih standard.. *RRA yg sepaket sma camshaft nya..

      Hapus
  3. yang pakai rra aftermarket suka ngga jujur kalo berisik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk merk tertentu... Memang berisik om..

      Tapi merk lain yang sudah di sempurna kan design nya..
      Ga berisik koq om..

      Tapi memang sesuai dengan harga tinggi yang di tawarkan.

      Hapus
  4. itu motornya jupiter z yang burung hantu(Burhan)?

    BalasHapus
  5. itu motornya jupiter z yang burung hantu(Burhan)?

    BalasHapus
  6. sharing2 dong gan waktu naikin jadi 124 cc bagaimana langkah2nya, apa aja yg diubah,trus harganya gitu gan.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca tulisan sebelum nya om. .

      Ada komplit koq part yg di templokin di motor ku ini..

      Hapus
  7. setelah 5 tahun pakai gmn bang kondisi motorx
    itu smp sekarang masik pakai noken aslix jupiter z yaa
    mungkin bisa ditiru oleh para pembaca agar membeli pelatuk aja
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang lebih 1.5th pakai rra nya mas... Setelah itu.. Di bayarin kawan .

      Trus ganti pakai pelatuk crypton, yang ada sepatu nya..

      Hapus
    2. Rocker arm crypton kalo pake retainer klep lebar kudu dicoak gak mas soalnya jupiter saya pake klep shogun, retainer+per klepnya pake smash.
      Terima kasih

      Hapus
    3. Sedikit di papas bagian yg kena retainer atas nya.. Ga perlu Banyak 2..
      Cukup ada Space 0.8mm dah cukup aman koq mas.

      Hapus
  8. Halo mas Victor. Kenapa ga pakai rra lagi? Apa ada sisi negatifnya?

    Boleh share merk rra yg tidak berisik?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bayarin kawan pak.. 😂
      Makanya sekarang pakai pelatuk nya crypton..

      Untuk Rra yg relatif adem di mesin... Bisa coba merk brt.
      Untuk harian, bisa pakai yg type S1 atau S2(cenderung untuk setingan touring)

      Hapus

Pengikut