Home » »

Ganti Plat Kopling Dan Pasang Damper Teflon

Ganti Plat Kopling Dan Pasang Damper Teflon

advertisements
penampakan setelah buka bak kopling babyblue
Beberapa waktu yang lalu, waktu tanganku lagi gatal utak-utik babyblue..
karena aku merasa performa motor ini sudah banyak menurun, dari tenaga yang mulai "agak" loyo..(walaupun untuk mencapai 100Kph masih lumayan cepet sih :D )
dan juga olie,( sebagai pelumas dan pendingin mesin ) sering berkurang, walaupun tidak ada kebocoran ataupun rembesan dari pertemuan part-part mesin nya...
di dasari rasa penasaran, apa penyebabnya...maka ku bongkar lah mesin babyblue-ku dan mulai proses pengecheckan nya,
pertama-tama aku check dari area bak kopling nya, dan ternyata...apa yang ku temukan sempat membuat  kaget juga, karena Primary House coupling (rumah kopling primer ) dan Friction plate (pelat kopling ) nya aus termakan gesekan antar part...
lumayan parah juga ternyata...seperti gambar di bawah ini...
celah antara pelat kopling dan rumahnya cukup besar ternyata.


Tanpa tunggu waktu lama, langsung aja ku lepas enam baut pengikat boss kopling dan juga per penekan cover boss coupling nya.
seperti gambar berikut ini...
Lepas cover boss coupling nya

Langkah berikutnya lepaskan plat kopling berikut plat gesek nya dari rumah kopling primer...
kumpulkan, jangan sampai berserakan, biar ga bingung nanti waktu proses merangkai kembali perangkat pentransfer daya ini....
coba perhatikan, celah antara rumah kopling primer dan plat kopling nya seperti dalam foto di bawah ini..
kemakan lumayan banyak ternyata.

Langkah berikutnya, lepas boss koplingnya dari rumah kopling primernya..
karena rumah kopling primer nya akan ku ganti dengan part yang baru..
yang pasti bukan part original, karena Rumah kopling primer ini di jual satu set bersama gear carrier assy'nya... yang akan ku pakai sebagai gantinya adalah part optional produksi fukuya*a...
cara melepas boss koplingnya, ; boss kopling ini di tahan dengan special tool ini..lalu kendorkan Mur penguncinya dengan kunci sok 19mm (anticlockwise ).
setelah mur kita lepas, barulah boss koplingnya bisa kita lepaskan dari rumah kopling primer'nya (tapi hati-hati ya...perhatikan urutan part-part'nya, jangan sampai juga ring spacer'nya hilang )
penampakan rumah kopling primer yang aus, seperti sisir

Nahh...proses selanjutnya adalah mengganti rumah kopling primer ini, yang sudah bergerigi dengan part baru..
berhubung aku belum punya gerinda untuk membika rivet (kelingan ) pengunci Rumah kopling dan carrier gear clutch'nya., buru-buru aku lari ke bengkel teman yang punya tool lebih komplit..
disana, langkah pertama'nya adalah menggerinda ketiga ujung dari paku rivet (kelingan ) yang lama, kemudian di ketok keluar satu persatu paku rivet'nya...
seperti dalam foto ini..
setelah di gerinda ujungnya, paku rivet di ketok satu-persatu
Kemudian, pisahkan gear cluth assy dengan rumah kopling lama yang sudah rusak, untuk di ganti dengan part yang baru, periksa juga karet damper rumah koplingnya ( karet Damper ini berfungsi untuk meredam instan impact saat terjadi proses tranfer daya dari kruk as ke gigi-gigi rasio )
tenyata,... karet damper nya pun sudah keras dan hancur tiga buah.
ya sudah, ganti sekalian aja karet dampernya..sekalian jajal Damper teflon handmade ini.
berhubung masih eksperimen, ya di pasang selang-seling seperti yang di lakukan bro Kenthoet disini .
nah hasilnya gimana, sama durabilitas nya seperti apa ?
nanti kita bahas setelah proses trial jalan aja yaaa.....
nah, pemasangan nya seperti apa, bisa di lihat di foto ini yaa..

ganti karet dampernya 3 karet, 3 teflon

ini karet Damper yang hancur, beserta rumah kopling yang lama.
Oke, rangkai kembali rumah kopling dan gear clutch assy'nya, lalu di kunci dengan paku rivet yang baru..
langkahnya, sisi dalam rumah kopling di tahan dengan landasan yang rata, agar nanti sewaktu paku rivet kita pukul dari sisi luar pakunya dapat mengembang dan mengunci dengan rata...
lakukan pada ketiga paku rivetnya, seperti foto di bawah ini contohnya..
ngetoknya hati-hati ya bro...biar tangan kita ga jadi korban salah getok... :D

ratakan ujung paku rivetnya dengan rapi.
jadi....iya udah jadi...
tapi sayang, setelah jadi di rangkai aku malah lupa ambil fotonya...
yang pasti, setelah rapi di pasang rmah kopling baru dan gearnya, kita rangkai kembali semua bagian koplingnya..
dan tak lupa, aku ganti juga plat koplingnya dengan yang baru..



plat kopling 4WH-E6321 (untuk force1)
Berhubung proses bongkar dan pasang kopling ini juga berbarengan dengan eksperimenku yang lain, review'nya ku jadikan satu di tulisan beirikutnya aja ya...

be patient please.... :)

bonusnya...




minum es teh aja dulu sambil nunggu yaa... :p







advertisements

32 komentar:

  1. tehnya nggak di bagi-bagi,ya... ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixixixi :D
      sini mas...bareng2 deh minum nya :D

      Hapus
    2. Mas masang karet itu ada spacenya gx ya....
      Mksdnya msh bisa do gerakkan gx antara rumah kopling dan gigi primernya....
      Makasih

      Hapus
    3. biasanya masih ada ruang gerak sedikit sekali mas tyo.
      kalau untuk material karet, sangat terasa ada redaman dari material karet nya.

      Hapus
  2. Bro paku untuk ganti rumah kopling di jual ga bro di bengkel

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kalau kita beli karet damper; sudah di sediakan juga om paku keling nya..

      andaikan pengen cari sendiri ; biasanya di toko baut yang cukup besar ;mereka juga sediakan paku keling seperti itu..

      tiggal tentukan material apa yang mau kita pakai..
      ada yang dari Mild steel dan aluminium..

      Hapus
  3. Bro paku untuk ganti rumah kopling di jual ga bro di bengkel

    BalasHapus
  4. review damper teflonnya gimana mas bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. responsif banget om..
      musti lebih halus lagi bawa motor n release kopling nya.
      biar ga liar banget akselerasi awal nya.

      soal ketahanan, bisa lebih dari 2th koq

      Hapus
  5. Mas beli teflon nya dmn ya? Soalnya saya bosan tiap 3 bulan ganti karet dumper di tiger saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di glodok, jalan blustru banyak om...
      cari aja yang lembaran, yang ketebalan nya sama dengan bawaan karet dumper kopling tiger.

      tinggal di mal dan di bentuk koq.
      cuma.....
      material nya memang lumayan mahal

      Hapus
  6. Di bulak barusan ane beli mas...bentuk batang ukuran 30mmx30cm kena sekitar 100rb-an sm ongkir...skrg bingung mau ngebentuknya...kalo pake manual susah jg tyt...hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tu bentuknya batangan kotak mas? Cukup ga buat bikin dumper tiger?

      Hapus
    2. kalau batangan susah,, musti di rajang sesuai ketebalan damper bawaan tiger dulu om.
      kalau rada tipis kan lebih gampang di bentuk.

      memang untuk pengerjaan manual butuh ketelatenan serta keterampilan....

      yang pasti...musti sabar om ngerjain nya :D

      Hapus
  7. Silinder mas...harusnya cukup buat damper tiger...motor sy primus, ukuran damper kira2 27mm...kalo ngga salah damper kedua motor itu pake barang yg sama kan, artinya udah cukup banget mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas sama, cm ngebentuknya gimana yah caranya, pake cutter bisa ga yah

      Hapus
    2. bisa kalau tebal nya sudah sama kaya ketebalan nya damper bawaan om...
      Tapi ketelitian n kesabaran yang di uji kalau mau buat secara manual.

      Hapus
  8. Bubut mas...ribet kalo pake cutter..kemaren udah nyoba..ini lg bikin programnya dulu sy krn harus pake cnc..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahh...kalau pakai program Cnc, sayang kalau ga di masspro om.
      kan bayar pengerjaan di cnc nya mahal tuh :D

      Hapus
  9. Waduh cnc sih brarti ga bisa DIY yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sih om, kalau sabar ngerjain nya...
      dan ukuran nya ngikutin asli nya..
      itung2 buat isi waktu luang deh :D

      Hapus
    2. Tp memang hrs presisi bgt deh, klo manual takutnya malah kocak jd dangdutan jalannya hehehehe, sbenernya yg punya cnc bisa nih buat jadiin peluang

      Hapus
    3. Coba aja kalo mau manual mas...hehehe...kalo sabar & ngga urgent2 banget pasti bisa koq...

      Hapus
    4. kalau boleh tau, motor om yanuar ini apa ya ?
      mungkin bisa di bantu nanti untuk pengadaan nya..

      Hapus
    5. Tiger om...diatas udah disebut...per 3 bulan ganti dumper...

      Hapus
    6. yang tiger kan punya om roger yanuartha om "anonim"
      kalau punya om yanuar martha malah blum di sebutin :D

      atau 1 orang yang sama tapi 2 akun dengan nama mirip ya ?

      Hapus
    7. Eh...mata ane siwer ternyata...hahaha

      Hapus
  10. Masih nego2 mas...cnc gila2an pasang harganya...kalo ketemu yg cocok insyaAlloh sy masspro jg, itung2 bantu2 yg trouble sm damper koplingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, cnc msh jarang nyang punya sih apalagi kota kecil ky disaya, trus computerise jd mahal. Klo berhasil bs dpt harga murah boleh nebeng ya mas tak tuker rupiah hehehe

      Hapus
    2. kebetulan kita sudah ready 4 set nih om..
      itung2 belajar mass pro :D
      baru buat bebek yamaha sih :D
      ndak pakai CnC, tapi tetep kepresisian di utamakan..

      Hapus

Pengikut