Home » , » Rumah kopling 6 per.... hmmmmm... Maknyuss :)

Rumah kopling 6 per.... hmmmmm... Maknyuss :)

advertisements

Rumah kopling 6 per ???
kaya gimana tuh ???
emang nambah baik performanya ???
yang kaya apa sih bentuk nya ???

ini nih rumah koplingnya :...

yupp...rumah kopling ini sering di pakai ama team-team balap untuk meningkatkan performa motor-motornya...fungsi utamanya, agar transfer daya mesin ke roda belakang lebih sempurna.
karena dari standard'nya yang cuma 4 per, di tambah lagi 2 per, jadi gejala selip kopling bisa di minimalisir...

trus apa fungsinya untuk motor harian ???
kalo untuk ku sih lebih mengarah kepada irit konsumsi bahan bakarnya :) ...
kan dari pertama babyblue ku modifikasi memang biar irit..(walopun bisa juga diajak lari-lari sih..)
dan pengen aja matahin mitos, kalo motor yang bisa lari (kenceng ) tu motor boros...ga selamanya tho ??
hehehehehe :D

dah, segitu dulu ya...
sekarang, ke langkah-langkah pemasangan nya di motorku..
nih urutannya :
  • buka cowlingnya. (semua dah pada bisa kan ?? ga perlu di urai kan yaa )
  • tap olienya.....:
  • lepaskan knalpot dan footstepnya :
  • lepas mekanisme kopling nya..juga bak koplingnya.. :
  • buka ke empat baut rumah koplingnya,dan lepaskan cover rumah koplingnya (plate pressure nya ), trus lepaskan juga plat kopling dan pelat geseknya (seperti ini jadinya ) :
  • sekarang melepas boss koplingnya..(harus di tahan dengan special tool ) dan melepas mur pengunci di center itu dengan kunci sok 19mm..(hati-hati, ringnya jangan sampe hilang ya..) :

  • mumpung dilepas, bersihkan juga deh primary house koplingnya...:
  •  kalo dah bersih, tinggal pasang boss kopling 6 per nya...jangan lupa urutannya ya.....ring nya juga jangan lupa di pasang...:
  • mumpung bongkar kopling, sekalian cek juga ketebalan plat kampas kopling nya... kalo masih tebel, ya pasang lagi aja...tapi, berhubung punya babyblue ini dah agak tipis, ya udah ganti sekalian.. :) :

  • pasang selang-seling...plat friction nya dulu, lanjut pelat geseknya...sampai semua terpasang sempurna di rumahnya.. , terussss.....waktu memasang cover rumah kopling (pressure plate'nya ) perhatikan tanda'nya yaa...biasanya berupa titik atau segi tiga :
  • nah sekarang tutup deh, kaya gini jadinya....di ukur sekalian depth groove untuk per koplingnya ya.. jangan sampe ntar kepanjangan per'nya..trus malah jebol lagi pressure platenya.. (mahal kalo beli satu set.. :/ ) :

  • setelah selesai ukur depth groove'nya...gantian kita ukur panjang dan diameter per kopling'nya...biar apa ?? ngitung jarak bebasnya bro...waktu keadaan per kopling di kunci dengan baut nanti, masih ada space untuk jarak bebas main nya kopling ga ?? (ini yang sering lupa...pas per di pasang dan di kencangkan, pressure plate'nya jebol tertekan per koplingnya ) :
  • sudah ??? ..... kalo udah kita ukur dan hitung panjang per saat terkompress dan kita pastikan jaraknya aman, baru deh kita pasang per koplingnya ke pressure plate / tutup rumah koplingnya.
    ngitungnya gimana ?? yah diameter kawat per'nya di kalikan jumlah ulir per'nya, misal diameter kawat per nya 2.2mm ulirnya ada 8, jadi panjang per kopling saat tertekan : 2.2 x 8 = 17.6mm.
    sedangkan jarak groove rumah kopling tadi 19.5mm, jadi masih ada jarak bebas per (untuk gerak pressure plate) 1.9mm.
    #moga-moga ga bingung.... :)
    lanjut pasang per dan baut penguncinya.... :
  • pasang yang kencang ya....biar aman.. (tapi ikuti batas maksimal pengencangan nya, jangan sampe nanti patah baut nya didalam boss kopling...ngelepasnya susyahhh bro / sis )
    nih penampakannya:
  • Udah kencang pasang baut rumah kopling'nya ???
    lanjut pasang bak kopling nya...masangnya kebalikan dari bongkarnya ya..jangan ada juga yang kebalik posisi baut-bautnya...kencangkan dengan sistem silang, supaya bak kopling bener-bener mendekap crankcase rata, dan ga ada kebocoran olie nantinya...
    o'ya (fyi)...biar nanti sewaktu-waktu gampang bongkar bak koplingnya, babyblue ini ga pakai lem gasket, tapi pakai olie yang ku oleskan tipis merata di permukaan gasketnya, jadi gampang bongkarnya, dan ga rusak gasketnya waktu di lepas seperti ini...
    setelah selesai pasang bak kopling nya, tutup lubang tap olienya dengan baut tap'nya....trus isi olie deh... :
  
  • setelah ter rangkai semua part dan bak koplingnya, setel deh handle kopling nya....
    kalo udah, tinggal test ride....
    berhubung waktu aku ngerjain ini emak dah ngomel-ngomel nyuruh beli beras, ya udah...test ridenya sambil belanja beras dehh... :p
    emang maknyuss banget transfer tenaganya pake rumah kopling per 6 ini...ga ada gejala selip lagi...
    berarti...proyek ngirit'in babyblue bisa di bilang sempoooaaaaaaa :D :D
    nih penampakan babyblue test ride sambil belanja beras.... :
test ride sambil belanja beras bro.... :p
Oke lah bro / sis...segitu dulu cerita tentang babyblue.....
kalo ada yang kurang jelas, silahkan di liat-liat lagi gambarnya...mungkin lebih jelas kalo gambar yang njelasin ya... :)
silahkan di komentari kalo ada yang bikin bingung.... :)
advertisements

8 komentar:

  1. Balasan
    1. ractjoen yg ga bikin sakit n menderita ya bro... :D

      Hapus
  2. woohh... untungnya karisma jadulku sdh menganut per 6,beda dengan generasi hsx 125 yang baru,pernya cuma 5...

    BalasHapus
    Balasan
    1. manteb emang kalau 1st edition ya mas.... :)
      ga seperti yg sekarang, harus ditambahin part2 optional kalo pengen performa maksimal... :)

      Hapus
  3. koyo tiger per 6 :D atossssssssssssssss :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga atos iki mas ipan....
      soko cet na per'e kethok,...
      ijo,untuk beban ringan..
      kuning : beban medium...
      merah : beban berat...
      Putih & biru : extra light..

      sebener'e bukan keras'e per kopling yang bikin ga slip, tapi pemerataan pressure pada kampasnya :)
      cmiiw ya mas ipan.. :)

      Hapus
  4. Bro victor, untuk lepas mur centre cluth di putar ke kiri apa ke kanan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di putar ke kiri bro rigo ahmad...
      semoga berhasil ya...

      Hapus