Home » , »

Operasi Jantung Babyblue (Jupiter Z )

Operasi Jantung Babyblue (Jupiter Z )

advertisements
Setelah berumur hampir enam tahun, dan menempuh jarak sekitar 73.000 km serta 9 (sembilan ) kali pulang-pergi tangerang-solo-djogja.
ternyata babylue ku mulai di landa kelelahan hebat....
(halaahhhh lebay amat bahasanya yaa... :p )

terlebih lagi belakangan ini sering sekali olie pelumasan dan pendingin mesin nya berkurang melebihi batas normal...
makanya, ku putuskan untuk melakukan pengecheckan total pada komponen utama penghasil tenaga motorku..
dan...memang hasilnya ketahuan, bahwa pada piston dan silinder motor ini sudah terdapat baret-baret halus yang berpotensi sebagai penyebab berkurangnya olie pelumas mesin.

Langkah pertama, copoti semua Cover body depan nya (Cowling kanan-kiri dan tengah )
dan semua pasti dah pada tau kan gimana caranya, ga perlu di urai lagi panjang lebar yakk...
-di lanjut dengan melepas karbu dan filternya, supaya banyak ruang bagi kita saat membongkar head cylindernya.
-lanjut dengan melepas leher angsa (intake manifoldnya )
-lepas knalpot (muffler) nya ada tiga tempat pengikatnya, (dua buah mur 10mm di mulut knalpot, mur dan baut 12mm di tengah, di bawah dudukan aki, juga mur dan baut 14mm di footstep belakang )
-lepas juga tutup setelan klep masuk dan buang'nya, juga cover gigi sentriknya.
-lepas juga tensioner (penegang rantai kamrat ) beserta gear gigi sentrik/cam gear nya.
-kendorkan mur pengikat head cylinder (dengan kunci sok 12mm )
-juga ke dua baut pengikat cylinder samping (dengan kunci sok / kunci T 8mm )
-lepaskan juga ke dua baut pengikat pipa AIS (Air induction system ) nya, dengan kunci L 5mm
-setelah itu, barulah cylinder head bisa kita lepas dan pisahkan...
seperti foto berikut ini..

ngelepas mur di head cylindernya
Setelah Head cylinder kita lepas, dilanjut dengan melepaskan Cylinder blok'nya..
barulah terlihat piston'nya...
lepaskan ring per penahan pin  piston nya, dengan tang lancip.. (Ekstra hati-hati yaa.., jangan sampai ring nya masuk ke Crankcase...atau kita harus membelah mesin nya juga, hanya untuk mengambil ring per ini.. )
oke, setelah ring per terlepas, kita lepas pen piston nya..
dorong dengan jari, atau alat lain sampai piston terlepas dari stangnya.
kumpulkan, dan bersihkan part-part'nya..untuk di inspeksi lebih lanjut..

NIh, daleman babyblue lagi terurai...

Daleman babyblue lagi....
ini komponen karbu dan temen-temen nya..
 o-ya...ditutup dengan kain atau plastik tuh celah stang pistonnya...biar ga ada yang iseng masukin barang-barang yang berbahaya ke ruang gearboks dan crankcase...
apa lagi kalo sampe nanti di masukin tikus... hehehehehe :D
Ditutup plastik deh...sementara cylinder di korter.
Setelah head cylinder dan Cylinder blok kita bersihkan dan di inspeksi lebih lanjut...
langkah selanjutnya adalah lari..eh, bawa cylinder blok nya ke tukang bubut untuk di korter..
kebetulan, lagi pengen ngerasain performa square engine..dimana, dimensi langkah dan bore'nya sama...
kalau di mesin jupiter Z ini, panjang langkahnya 54mm dan diameter piston standardnya 51mm.. biar bisa square, maka piston juga di ganti dengan diameter 54mm juga.
berarti kita oversize cylindernya 3.00mm

karena piston optional dari pabrikan ga ada yang oversize segitu, ya udah..kanibal dari pabrikan lain..
yaitu piston dari kawasaki kaze, itupun sudah oversize 100..
Dan..asiknya lagi Harga piston set kawasaki Kaze oversize 100 ini pun cukup bersahabat juga diameter pen piston nya pun sama... sama-sama ber diameter 13mm.

Oke...Bawa piston yang nanti di pasang dan order ke tukang bubutnya, supaya di korter presisi...
(Tapi...apesnya waktu aku bawa ke tukang bubut, ngantrinya luaaammaaaa banget..)
jadi molor lagi deh jadwal rakit ulang motor ini..
lupa juga di buatkan konus 15* di dasar cylinder, (biar gampang pasang piston dan ringnya )

sampai rumah, langsung coba rangkai lagi piston baru ke stang piston nya..
tapi memasuk kan ke cylindernya yang jadi kendala, karna konus' di dasar cylinder lupa dibuat kan.. :(
akhirnya, pasang dulu piston beserta ring nya ke cylinder, baru di pasang ke stang piston nya.. (tapi cara ini ga recomended yakk... karena terpaksa, cara ini ku lakukan..)

Penampakan piston baru terpasang di cylinder.
setelah berkonsultasi dengan Bro Joe dan di bantu juragan Keong ku putuskan juga untuk memperbaiki aliran gas masuk nya...
cuma memperhalus tekstur kulit jeruk di lubang intake dan exhaust cylinder head, di ikuti penggantian klep dengan yang lebih lebar diameter payungnya.
Klep masuk dan buang kanibal dari Suzuki Shogun, beserta per klep nya..
Juga tak lupa kena ratjoen dari teman-teman untuk memasang RRA (Roller Rocker Arm )
#nanti ku buatin tulisan tersendiri deh...beserta review'nya...

Berikut penampakan Cylinder head yang ku isi Klep Shogun :

Klep Shogun duduk manis di dalam head Jupiter Z.
sebelum di rangkai
tuh jalur rantai yang sempat lompat ke gear luar.
setelah semua part ku rangkai di cylinder Headnya, saatnya untuk merangkai kembali jantung dan sumber tenaga jupiter Z ini...
tapi ternyata, sempat di bikin sedikit pusing, karena suara yang asing dari mesin bagian depan nya..
yang ternyata di sebabkan hanya karena packing Head Cylinder belum ku perbesar, mengimbangi bengkak'nya piston yang terpasang....fiuff..
apes, sampe 3 kali bongkar pasang head, untuk nyari sumber masalahnya..

Oke,setelah packing di sesuaikan dan di chek ulang semua, rakit kambali headnya..
caranya kebalikan dari proses bongkarnya yaa...
dan double check lagi semua mur dan baut pengikatnya, untuk memastikan tidak ada yang kendor..
agar tidak ada kebocoran kompresi maupun rembesan olie pelumasnya.
berikut penampakan mesin babyblue setelah terpasang...
tadaaaaa...... :
Udah rapi lagiii... :)
Yang ini jangan di tiru deh....soalnya, foto ini di ambil setelah babyblue idup lagi..
dan belum ada 1 jam hidup, sudah ku pakai lagi untuk belanja arang... :mrgreen:
baru aja bisa idup lagi, sudah di siksa hebat... :D
yang punya sadiss...baru juga idup, dah di paksa kerja rodi..

dan di atas ini suara babyblue setelah siuman kembali...
Okay....segitu dulu deh....
capek juga ngetik panjang-panjang...
silahkan di komentari....
advertisements

53 komentar:

  1. mantap bro, bisa dibuat jadi acuan... thanks berat....
    tanya juga nih... karburatornya gmn ya? pake standard jupi ato ganti?
    mohon penjelasannya juga. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Bro Floren Octo : sorry banget telat balas komen n pertanyaannya ya... :/
      Karburator, sejak operasi ini http://segokucingenterprise.blogspot.com/2013/05/jamu-kuat-edisi-2.html udah pakai Mikuni VM26 (OEM yamaha RX-K )
      tapi di sesuaikan lagi jetting nya.
      pilot jet, ku pakai bawaan Mikuni VM26 nya
      sedangkan Main Jet pakai Ukuran 120 bro...
      Klip jarum skep di posisi paling atas (irit banget ) supaya ga terlalu basah campuran gas nya..

      kalopun pakai karbu standar'nya...bisa juga, tapi da sedikit ubahan yang di perlukan, minimal pelebaran penampang belakang karbu (yang menghadap intake ) paking dan intakenya, agar gas flow nya lancar.
      cara kedua ini tidak menyentuh bagian venturinya (di sentuh pisau tuner lebih bagus lagi harusnya )

      Demikian bro Floren Octo...
      moga-moga bisa menjawab pertanyaannya..

      terima kasih....

      Hapus
  2. Mantap gan sama tuh mtr udah bnyak oprasi dah 6 tahun ampe skrng . Cuma krng pke kopling 4 blan yng lalu , Klep nya pake cs1, karawang garut 4 jam, pulng ke karawang mtr nambru kanpas kopling jebol jajan abis 400rbu ampun ah bensin boros , salam jupiter z

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bro Lili Suparli :)
      motor ini dah hampir 5 tahun pakai kopling manual...
      dan aman2 aja koq.... konsumsi bensi juga lebih irit malahan dari pada standard'nya...
      mungkin motor bro lili kurang di bagian perawatannya kali ya...
      salam jupiter juga bro...

      Hapus
  3. mas bro kalo jantung beat bisa diganti dengan jantung vario gak....soalnya seperti ada masalah dengan jantung beat ku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud'nya gimana mas muhtar ??
      kalau cuma pistonnya yang di ganti, kemungkinan besar bisa...
      tapi...
      kalau sama bloknya, blum coba...
      soalnya vario kan pakai radiator, sedangkan beat pakai pendingin udara...

      Hapus
    2. kalau mau ganti klep jupiter z sama klep shogun gimana caranya mas

      Hapus
    3. kalau tanpa rubah sudut, tinggal di perdalam aja seat klep nya mas..
      sampai jarak antara kedua daun klep aman (minimal 3mm)

      kalau rubah sudut klep nya, malah lebih enak lagi mas kaka, bisa diatur semau nya..
      cuma biayanya memang agak mahal..

      Hapus
    4. Gan, mau tanya itu ongkos ubah seating sama bosh klep abis brp.. Dan apakah harus nginep saat di kerjakan..
      Ane juga mao bikin kek gitu pasang klep shogun tanpa ubah sudut..
      Mohon pencerahan nya.. .
      Oh iy gan.. itu agan saat pasang blok ada suara bising karna coakan klep di piston belom di perdalam..jadi klep mentok demgan piston..
      Mohon bantuan gan..tq

      Hapus
    5. ongkos bubut seating klep sekitar 80-120rb bro..
      tergantung bengkel yang mengerjakan juga..

      kalau bush klep nya, mending di bor diameter 4,9mm trus di reamer 5mm untuk finishingnya..
      soalnya kalau tanpa di reamer, hasil bor kurang halus biasanya..
      jadi rawan oblak setelah beberapa waktu di pakai..

      suara berisik nya bukan karena piston mentok ke klep nya mas..
      tapi karena packing head nya belum di perbesar diameter nya, jadi seperti ada kompresi yang terjepit dan pembakaran kurang sempurna..

      begitu bro Mark Kelvin..
      moga2 cukup jelas ya :)

      Hapus
  4. Kira2 apakah power nya maksimal kalau tanpa rubah sudut..
    Untuk per klep di ganti dengan apa ya bro..
    Dan seal klep tetap memakai bawaan nya.. ?
    Berarti untuk mengerjakn itu head bentaran ya om gk lama.. Tq

    BalasHapus
  5. Kira2 apakah power nya maksimal kalau tanpa rubah sudut..
    Untuk per klep di ganti dengan apa ya bro..
    Dan seal klep tetap memakai bawaan nya.. ?
    Berarti untuk mengerjakn itu head bentaran ya om gk lama.. Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksimalnya seberapa nih bro kevin ? :D
      kalau di porting polish, sama pengapian di optimalkan,
      perangkat kopling di optimalkan juga, serta bbm yang di pakai oktan tinggi.
      juga pengabut bbm nya di optimalkan, yakin bisa lebih dari cukup untuk harian bro..

      lagi pula, mesin kan bukan cuma piston n klep aja..
      ada noken, karbu, ratio, muffler, clutch serta final ratio..
      juga setelah power meningkat, butuh stabilitas dan rigiditas frame yang bagus, agar nyaman dan aman di kendarai kan ?

      intinya..optimalkan semua sektor ! pasti nyaman di kendarai bro mark kevin..
      cmiiw

      untuk seal klep, lebih baik kalau pakai punya shogun atau mio yang berdiameter 5mm juga seal klep nya.

      per klep, aku pakai punya smash yang ori, dan kurasa itu sudah mumpuni untuk penggunaan harian..
      oh, ya..top retainer (topi klep ) atas juga harus ganti, plus retainer ( kuku macan nya.
      bisa pakai punya mio atau shogun.
      terserah bro kevin prefer yang mana..

      untuk pengerjaan head, asal bengkel bubut nya ga lagi rame banget orderan nya, serta alat2nya lengkap ga butuh waktu lama koq bro.. :)

      Hapus
  6. Betul bro..
    Tapi apakah kalo sudab di rubah seating klep nya saat pemasangan klep perlu di skir klep lagi.. ?
    Trus bro enak nya papaas head 0.5 atau seher kaze nya di bikin jenong yak..
    Motor saya vega r new 2007..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iy ketinggalan bro..
      Saya niat nya sih dari pada ganti klep shogun, mending klep standar saya 23/20 mau saya back cuter valve aj gitu.. Gimana menurut Gan.. Minta solusi nya broo

      Hapus
    2. ga perlu di papas head nya juga dah tinggi kompresinya bro..

      ada baik nya di skir ulang, biar daun klep bener2 mendekap rapat ke seating nya..
      pakai klep std pun masih enak koq... di porting aja inlet n outlet nya dah cukup untuk harian koq.

      Hapus
  7. Bro jupiter z pake seher 54 kira2 aman gak buat perjalann jauh tanpa ganti liner

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu babyblue ku dari tangerang sampai ke pulau madura pp plus tangerang solo pp lho mas..

      Ndak masalah koq..
      Asal... Pelumasan mumpuni..

      Hapus
  8. Masbos, pemula mau nanya nih
    Itu nokennya dipapas gak kalo aplikasi piston kaze 54mm dan klep shogun?
    Kalo karburator pake punya shogun sp bisa gak?
    kalo diaplikasikan ke Vega R 2005 apakah sama caranya?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga pakai papas noken mas, semua bawaan motor..
      Cuma seating klep di perdalam 2mm

      Hapus
    2. Cdi. Dari setahun umur motor, udah pakai brt dualband TR mas..
      Asal aki tetep terpasang, aman..

      Hapus
  9. Kalo vega lama (ac) bagusnya pake apa ya?
    Trus blok vega lama kan lebih rendah 2mm dari blok jupiter z/new vega, pistonnya perlu dibikin jenong ato cukup tambah double paking aja biar piston gak nubruk klep?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesin itu satu kesatuan sinergi dari berbagai part mesin mas, bukan cuma piston, liner n head nya...

      Kalau di buat jenong, kompresi tinggi, power besar, panas juga tinggi... Kuat sampai berapa rpm bearing kruk as sama stang conrod nya?
      Butuh bbm oktan tinggi juga untuk mendukung pembakaran sempurna... Siap selalu kasi minum pertamax plus untuk vega nya?

      Terus, setelah power besar..

      Power ini terdelivery sempurna ga, ke gearbox n final gear nya?

      Nahhh, sebelum di eksekusi.. Silahkan tentukan dulu TUJUAN UTAMA modifikasi nya, buat harian, apa pure race.
      Biar modifikasi nya terarah dan ga terlalu makan banyak biaya.

      Hapus
  10. Jadi cukup double paking aja ya mas.
    Tujuan cuma buat harian aja, pulang pergi kerja sekitar 35km sama sekali-kali buat touring ke daerah gunung atopun pantura. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang seperti itu... Porting polish, manual clutch sama balancer buat pengganti kopling ganda nya.. Plus perbaiki aliran gas buang nya sudah cukup mas...

      Power dapet tanpa harus selalu minum bbm oktan tinggi.

      Untuk balancer, bisa di liat di artikel terakhir di blog ku ini mas..

      Hapus
    2. Atau bisa di liat di fb ku..sama koq nama nya sama akun ini.

      Victor wahyu manullang

      Hapus
  11. Manual clutch udah pake mas, cuma belum pake balancer. Cuma main ganjal sentrifugalnya aja ppake plat kopling 2 lembar.
    Infonya pun dapet dari blog ini.

    BalasHapus
  12. Mas vegaku udah dibore up pake seher kaze os100, klep shogun, karbu pe24, kopling manua l, knalpot satria f leher bikinan, yg lain standar tapi larinya lemot banget.
    Pj/mj yg pas buat vegaku ukuran berapa ya biar larinya ngacir, atau kalo pake karbu standar pj/mj nya dinaikin berapa step?

    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba intip laporan pembakaran dari busi nya mas..
      Kalau warna busi sudah merah bata, berarti pembakaran sempurna..

      Warna busi putih, terlalu irit perbandingan bbm n udara nya.

      Warna busi hitam, terlalu boros perbandingan bbm dan udara nya..

      Pembakaran sempurna, tenaga pun pasti bagus..
      Tinggal gimana delivery nya dari kruk as ke roda belakang..

      Hapus
  13. Gan... Mw tanya nih... Klo pake klep shogun, pnjang sma diameter as klep.a hrus d rubah apa engga gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau punyaku dulu, seat nya ku rubah mas, ngikutin profile klep shogun nya..

      sama di modif bush klep nya, di bor diameter 4.9mm trus di finishing reamer nole 5mm.

      seal klep bisa pakai punya mio..

      karena batang klep jupiter 4.5mm, shogun 5mm.
      kebetulan mio juga pakai batang klep 5mm.

      per klep ganti punya smash, retainer atas pakai punya mio..
      kuku klep nya juga..
      retainer bawah ga di pasang.

      Hapus
    2. Oprasi head doang sma ganti klep dll abis brp kmaren gan

      Hapus
    3. Sekitar 1000k sampai 1500k mas.
      Karena part yang ku cemplungin part original semua

      Hapus
  14. Mas kalau klep standar jupiter z ,tapi pakai per klep Smash ,. Retainer + kukunya bisa pakai bawaan jupi atau pakai retainer yg lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena batang klep smash lebih besar dari jupiter..
      smash 5mm sedangkan jupiter 4.5mm batang klep nya
      bisa comot retainer dan kuku klep dari mio mas.
      tentu di imbangi dengan sedikit modifikasi di bagian pelatuk (rocker arm nya)
      supaya bisa terpasang dengan rapi.

      Hapus
  15. Mas kalo jupi os Kaze 100 ganti Liner gak terus nokennya udah dipapas pistonnya di coak apa gk

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih bisa dengan liner standard mas..
      kalau noken di papas , lift nya pasti lebih tinggi.
      coak piston berbanding lurus dengan tinggi lift nya.

      Hapus
  16. Mas kalo cuma ganti seher kaze os100 + porting in ex buat harian nyaman nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih nyaman koq mas..
      buat harian sekaligus touring masih mampu

      Hapus
  17. Mau tanya mas, kuku klep jupiter/vega masuk gak ke lobang topi klep mio?
    soalnya saya pake klep shogun tp topi+kuku klep pke std jd ujung batang klepnya dibubut jd 4,5mm biar bisa masuk di topi+kuku klep std

    makasih

    BalasHapus
  18. Mas kalo sya pengen pake seher FIM 54,5mm terus masih pakai karbu dan klep standar tpi udah porting Polish gmana mas apa bisa?

    BalasHapus
  19. Om ring piston Kaze 100 bisa pake punya smash os 50 gak

    BalasHapus
  20. Kalo pakai piston kaze std tnpa papas blok bsa gk??
    Posisi klep udah papasan
    Mhon infonya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sih mas, karena deck clearance nya setelah pasang piston kaze kan lebih besar drpd deck clearance piston standard.
      jarak piston ke kubah, antara piston kaze dan piston standard lebih jauh piston kaze.

      Hapus
  21. IYA...tapi wis beberapa tahun yang lalu ini instalasi ne

    BalasHapus
  22. Mas..mau tanya nih punya ku Jupiter z
    Kalo mau diubah klep shogun/smash, itu kan ukurannya lebih gede dari pada punya Jupiter z..nah tu gimana mas apa ga sangkut ya nanti antara klep ini dan ex nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di perdalam dikit seating klep nya om..
      istilah nya (Di pendem ) kalau orang bengkel bilang.
      biar jarak antar daun klep minimal 2.8 - 3.2mm
      retainer bawah juga di lepas.
      per klep juga pakai smash.
      retainer atas pakai punya mio, demikian juga dengan kuku klep nya.
      nah, karena retainer semakin lebar, biasanya nyangkut dikit di rocker arm nya.
      di kikis dikit rocker arm nya biar bebas dariretainer atas nya...
      jadi waktu rocker arm kerja, ga nyentuh / nyangkut ke retainer nya om...
      menghindari patah nya batang klep karena di paksa bengkok kalau retainer nya terdorong rocker arm.

      Hapus
  23. Bro saya mau nanya rencana mau bore up jupiter z jadi 135cc, mau pakai seher blitz joy, trus liner juga blitz joy. Nah kalau mau masang harus melebarkan krengkes, atau ujung boringnya di kecilkan saja? Sesuaikan dengan standar,saran juga liner selain blitz joy

    BalasHapus
    Balasan
    1. musti perlebar crankcase om..
      kalau pakai liner nya blitz joy.

      kalau liner yang di kecilkan ujung nya, tetap aja jadi tipis banget bagian belakang nya nanti, malah ga safe.

      di perlebar pun, musti tukang bubut yang berpengalaman, biar ga sampai kena oil jet nya di crankcase kanan.

      Hapus
  24. Maaf om kalau untuk pake seher kaze apakah boringan masih tetep pake asli , dan kalau pake asli apa akan kuat boring nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih bisa pakai asli nya..
      masih ada sisa 1mm di kiri kanan liner yang masuk ke crankcase..

      pernah ku jajal dari tangerang -solo - jogja- solo - surabaya- madura- surabaya - solo - tangerang, aman..

      Hapus
  25. Maaf mas mau tanya kalo pake klep shogun retainer atas sama bawah pake apa ya ,

    BalasHapus

Pengikut