Home » , »

Reparasi Ulir di Blok Mesin yang Slek atau Rusak

Reparasi Ulir di Blok Mesin yang Slek atau Rusak

advertisements
Rethreading broken thread
Beberapa hari yang lalu, ada temen di solo (Mas Lilik ) yang sempet curhat tentang kendaraan harian nya yang slek lubang baut di crankcase motor Jupiter Z nya, dan kebetulan juga, banyak dari kita yang belum tahu, gimana sih cara benerin lubang baut yang slek atau dol itu ??

Berikut ini adalah cara-cara dan tahap reparasi ulir baut yang slek. (meskipun di foto ini di peragakan di cylinder block mobil Chevy V8 ) tapi tetap bisa kita praktek kan dan aplikasikan di kendaraan harian kita. baik itu motor atau mobil
  • Langkah pertama untuk memperbaiki ulir yang rusak adalah dengan rethreading atau pengetapan ulang lubang baut yang rusak.
    # dengan catatan Ulir yang rusak hanya pada beberapa putaran ulir pertama, cara ini masih efektif untuk mereparasi kerusakan nya.

memastikan kerusakan ulir adalah langkah pertama nya
  • Kalau ulir bener-bener sudah rusak parah, dan ada bagian ulir yang tertarik keluar pada saat mencabut bautnya, berarti harus di overboss atau dilakukan proses tambah daging dengan material lain nya. (usahakan dengan material yang lebih keras daripada material aslinya, agar dapat mengikat kuat nantinya )
keluarkan serpihan ulir yang rusak
  • Bor lagi lubang ulirnya sebesar diameter minor ulir bahan tambahnya, contohnya ulir M8 bisa kita tanam bahan tambah baut M10 atau M12 (tergantung ruang sisa di blok mesin nya )
    untuk ulir M10, kita bor dengan ukuran 8.5mm agar proses tap nya tidak terlalu berat nanti.
    untuk M12 kita bor dengan ukuran 10.5mm
    #untuk bagusnya, baiknya di kerjakan diatas meja mesin bor atau milling, supaya bener-bener tegak lurus, tapi kalo malas turunin mesin, bisa juga dalam keadaan terpasang di frame...TAPI usahakan proses pengeboran benar-benar TEGAK LURUS ya..
Bor tegak lurus sebesar diameter minor Ulir tambahan nya 
  • Kemudian Chamfer lubang hasil bor tadi, agar proses pengetap'an jadi mudah... karena ada awalan sudutnya. ( biasanya dengan countersink 90* dalam nya sekitar 2-3mm aja ) .
Chamfer sedalam 2-3mm
  • Siapkan minyak cutting yang bagus untuk membantu proses tapping (pembuatan ulir baru nya)
    kalo susah dapetin cutting oil, ya pakai olie pun ga papa. :D
Contoh cutting oil untuk tapping
  • Tap lubang hasil bor tadi, sebesar ukuran baut atau ukuran recoilnya.
    (kalau menggunakan sistem recoil, biasanya tap recoil sudah ada dalam paket pembelian material recoilnya)
    tapi kalau kita menggunakan baut sebagai bahan tambahnya, tap seukuran bautnya, dan usahakan semaksimal mungkin dalamnya, dengan memperhitungkan space / ruang yang tersisa. (yang penting tidak merusak komponen lainnya)
proses tapping, semprot dengan cutting oil atau lumasi dengan olie
Tap yang dalam yaa...
  • Ukur dalamnya lubang tap tadi... (pakai sigmat ya...jangan di colok lidi :v )
measuring thread depth
  • Ukur juga panjang recoil atau baut yang nanti kita pakai sebagai bahan tambah nya.
Ukur panjang recoilnya
  • Setelah selesai di tap,pasang Recoil atau baut tambahannya,
    #kalau pakai baut sebagai bahan tambah, setelah baut kita pasang dengan kencang (bisa di tambah cairan pengikat semacam Loctite, tapi gunakan yang tahan panas karena ini sektor mesin yang suhunya tinggi ) ; potong bautnya dan rapikan.
    usahakan rata dengan permukaan bagian mesin yang rusak ulirnya.
masukin Recoil atau baut tambahannya
  • Proses hampir selesai, jika kita menggunakan recoil, tinggal di tap lagi sesuai dengan besarnya lubang ulir aslinya.
    #jika menggunakan baut sebagai bahan tambah, setelah di ratakan... kita bor seukuran diameter minor ulir aslinya, cek kedalaman lubang nya, dan tap ulang seukuran ulir aslinya, dan usahakan sedalam mungkin.
    supaya nanti ulir bisa mengikat kuat.
Finishing dengan tap sebesar ulir aslinya
  • Taa...daaaaa..... selesai dah proses repair / reparasi ulir yang slek atau dol nya..
    bisa di pasang lagi baut pengikat aslinya.
Hasil akhir recoiling / penambahn daging.

Oh, ya...bagi yang ga mau ribet untuk ngerjain sendiri serahkan aja sama tukang bubut atau mereka yang ahli di bidang nya, supaya asilnya rapi jali..
dan... tetep kuat mengikat komponen mesin kita...

Sekian....
Monggo kalo mau di coba atau di komentari.......

Sumber foto ilustrasi dari : Sini
Eh..lupa... Pada nyariin bonus yakk :D
Lama yak...makanya jangan di rusakin... :p
advertisements

9 komentar:

  1. Mau nanya ni mas, kalo pake recoil apa ada kemungkinan jika suatu saat kita melepas baut,recoil tsb ikut berputar keluar gt ? Mhn pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pengalaman ku, belum pernah terjadi mas..

      kalau pengen lebih secure ; bisa di tambahkan thread locker (loctite ) saat proses insertion reoil nya.
      pasti lebih aman lagi..

      demikian..

      maaf terlambat banget balas komentar nya ya.

      Hapus
  2. lokasinya bengkel bubut solo mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak mas...
      cuma bengkel mana yang sediakan jasa recoil aku kurang paham.

      Hapus
  3. Daerah serang cibarusah ada ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang paham om kalau di darah sana..

      Maaf ; blum bisa bantu maksimal yaa.

      Hapus
  4. Biaya nge tap crankcase motor berapa ya?

    BalasHapus

Pengikut