Home » , , , »

Gara-Gara Selingkuh dan Hasil Akhirnya

Gara-Gara Selingkuh dan Hasil Akhirnya

advertisements
Tulisan ini lanjutan dari tulisan sebelumnya tetang Selingkuh.
Nah, setelah perselingkuhan kemaren, ternyata belum ku ulas tentang performa dari knalpot baru
babyblue.
Oke, point pertama yaitu output suara, Suara yang dihasilkan dengan pengaplikasian silencer Satria FU original ini, pastinya lebih senyap daripada knalpot standar jupiter Z yang di bobok dan di buang sekat-sekatnya. Walaupun sudah di redam dengan saringan dan di bungkus Glaswool putih, yang lebih tahan panas. Jadi, intinya suara output'nya tidak melebihi ambang batas yag di perbolehkan.
Yah, kalo menurut peraturan pemerintah sih seperti ini..:
"Peraturan pemerintah yang bersinggungan dengan masalah ambang batas noise knalpot adalah Peraturan Menteri Negara Lingkungan hidup, dimana diketahui pada Tahap kedua nanti untuk motor tipe 80 cc ke bawah sebesar 77 db, lalu 80-175cc sebesar 80 db, dan 175cc ke atas sebesar 83 db."
meskipun, belum ku ukur dengan decibelmeter juga sih :p
tapi, menurut hematku, kalau dipakai di mesin dengan kubikasi 150cc aja ga melanggar ambang batasnya, berarti...di mesin babyblue lebih rendah lagi lah output nya, kan kubikasi jupiter Z cuma 110cc :D

Point kedua nya, tentang performa.
performa penggunaan knhalpot ini, tenaganya meningkat halus dari bukaan awal gas, sampai ke pertengahan. tapi, dari pertengahan sampai bukaan gas lebih tinggi lagi, tenaga'nya lebih bengis daripada waktu pakai knalpot standard yang di bobok.

Dan, trek yang kupakai untuk test performa pun lumayan panjang, yaitu jalur pantai utara jawa :D
sekalian pas touring mudik lebaran kemaren sih :D dari tangerang sampai kota solo di jawa tengah..

oke...skip cerita perjalanan nya, lanjut ke masalah-masalah yang kualami.
mulai dari olie pelumas mesin yang tinggal separuhnya, sampai bearing roda depan yang hancur :sad:
nih, penampakan bearing roda depan yang hancur.:
bearing hancur karena karat sih.
Untung aja ketahuan waktu nyuci si babyblue, langsung aja keringin motor dan berangkat ke bengkel di deket rumah di solo, yang kebetulan masih buka.. padahal dah hampir jam 5 sore, dan pemilik bengkel pun sudah siap-siap untuk tutup.
kutebuslah sepasang bearing roda depan Jupiter Z dengan kode bearing 6300, seharga 40 ribu rupiah.
bawa pulang, dan bongkar sendiri roda depan nya,
untung di solo masih ada kunci-kunci peninggalan mendiang bapak, yang tersimpan rapi di tool box.
pasang, dan babyblue siap untuk berangkat ke tangerang lagi.
dapet juga bearing Originalnya.
Esok paginya, jam setengah lima pagi,  tanggal 5 agustus, aku berangkat dari solo menuju tangerang.
perjalanan yang mengasyik kan nih. menikmati segarnya udara pagi di daerah boyolali sampai ke semarang.

waktu mulai masuk kota semarang, mulai timbul suara nembak-nembak dari area belakang, ku lirik dari kaca spion, pikirku pastilah dari motor matic di sebelah, soalnya kalau motor matic nembak-nembak kan dah biasa tuh.
sampai di daerah mangkang-lepas kota semarang, sial datang menerpa.. sh#t umpatku dalam hati, karena tiba-tiba tanpa aba-aba, las-lasan pipa knalpot putus otomatis suara jadi ga karu-karuan, dan drop nya performa mesin motorku.
mana perjalanan masih jauh, masih 500km lebih sampai ke tangerang... huft..
pinggirkan motor, dan clingak-clinguk cari orang yang bisa di tanyain lokasi bengkel las.

eh, malah nemu batu baterai bekas ukuran "A". ku pungut aja baterai ini, dengan maksud untuk ku ambil lapisan seng luarnya.
setelah lapisan seng pembungkus baterai bekas bisa ku ambil, bingung juga gimana nyambung nya.
akhirnya, ku tanya pada penduduk sekitar lokasi toko matrial...(lhoo, koq malah tanya toko matrial bukannya bengkel )
karena, di toko material, aku bisa beli klem selang ukuran 1" untuk menyambung sementara pipa knalpotnya. dan ternyata ada toko material di depan sekitar 200mtr.
setelah beli tiga buah klem selang, ukuran 1". ku pasang lah seng pembungkus bateray tadi untuk menyambung dan membungkus pipa knalpot yang putus.
seperti ini ku sambung pipa yang patah :
akal-akalan McGyver nih :p

nih satu lagi tampilan sambungan temporer nya.
setelah di klem cukup kuat...setel sedikit karburatornya, agar tidak nembak-nembak parah dari knalpotnya, kulanjutkan perjalanan.
tapi ga bisa lagi gas poll sepanjang jalan, Karena, tiap kali buka gas terlalu besar, waktu nurunin gas pasti ada letupan dari knalpot, dan takut'nya malah bikin pengendara lain kaget dan hilang konsentrasi.
terpaksa lah jalan pelan-pelan dari semarang sampai tangerang. pffftttt. nasib-nasib (-_-)

Nah, koq malah timbul ide gila lagi..
gimana nanti kalau kusambung lagi pipa knalpot yang putus ini, tapi di tambah dengan sambungan pipa yang lebih besar, jadi biar mirip-mirip dengan rancangan Powerbomb atau Megabomb yang sering di pakai di motor-motor garuk tanah.
dan pasti ada maksud tertentu dari penggunaan Powerbomb dan Megabomb ini.
patent picture dai Powerbomb dan Megabomb
Setelah sampai di tangerang, langsung aja kucari referensi tentang system header knalpot ini.
apa tujuan dan keuntungan yang bisa di dapat. bisa ga kira-kira kalau di aplikasikan ke motor harian, (yang kebanyakan dipakai belanja ke pasar sih ).
setelah dapat referensinya, juga keuntungan yang bisa di raih dengan penambahan bentuk ini, langsung ke bengkel knalpot untuk claim putusnya las-las'an pipa.. dan..hehehhehe minta dibikinin sambungan tambahan seperti ini :
manteb juga kalo bisa seperti ini hasil las nya
Tenyata, di bengkel lagi penuh loading kerjaannya, terpaksa knalpot harus ku tinggal. dan di pinjami knalpot standard milik bos nya :)
dan di janjikan 3-4hari kemudian bisa di ambil.
Intermezzo : ada juga ya air mineral kaya bensin gini. RON88 cuyy :p
Tiga hari berikutnya, kebengkel lagi untuk ambil dan pasang knalpot babyblue, tentunya sudah di pasang sambungan dengan desain meniru Powerbomb dari produsen knalpot garuk tanah FMF.
nah, review setelah di pasang powerbomb ini, ternyata torsi di putaran bawah meningkat.
ga sehalus waktu masih pipa polos. dan, asiknya lagi konsumsi bbm nya pun tetap irit lho..

yakk, segitu dulu deh cuap-cuap'nya,
capek juga ngetik panjang-panjang gini cerita pengalaman bareng babyblue.
monggo kalau mo di komentari dan di caci :)

Bonus......
hmmmmmm, apa bonus kali ini ya ???
udah capek selingkuhnya ???  :p

advertisements

4 komentar:

  1. ookh gitu ya....kayana perlu juga nich selingkuh kalo begini caranya..kikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi :D
      iya mas.... tapi jangan sama mahluk hidup yang omnivora itu ya...
      repot urusan di belakangnya ntar... :D

      Hapus
  2. Om beli pipa leher knalpot dan lasnya dmn yah ..abis brp..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin mas Demmy pipanya..
      di workshop langganan ku..
      sekitar 500an sama psilencer'nya.

      Hapus

Pengikut