Home » , »

Akhirnya dilamar juga.... :D

Akhirnya dilamar juga.... :D

advertisements
Penampakan part masih tersegel
Nih Handle bawaan plus per kopling yang mau di pasang
Masih muluss euy....
penampakan kumplitnya
Yakkk....bener....yang di atas itu bak kopling yamaha X1 pesanan kawan yang ga jadi di ambil karena dana'nya terbatas...
waktu itu dia pesen 2 set, tapi karena dana baru ready untuk 1 set, ya terpaksa yang 1 set ku tahan di rumah..

Nah...beberapa hari yang lalu waktu aku mampir di alfamart deket rumah...
ternyata ada sales MRO nya yang pehati'in kopling manual babyblue, trus dia tanya-tanya...beli dimana ya mas bak kopling manual kaya gitu ??
harganya berapa ??
daripada dia nyari susah-susah, ku tawarkan aja stock nganggur yang ada di rumah..
ya yang di atas itu fotonya..dan dia tertarik untuk meminangnya.. :D (cihuyy...ada substitusi dana untuk proyek RRA berarti :D )

Dan kemaren pagi, pas pulang dari pasar dia telepon... katanya : " bisa pasang bak kopling nya hari ini ga mas ? "
"ya udah kesini aja bro, aku di rumah koq. " selang 5 menit, dia dah nongol...
"masuk bro...udah di beli kan tuh seal as starter sama seal kruk as nya ?? " tanyaku...
ternyata...belum... (weww...kudu belanja lagi ternyata.. )

ya udah, sambil nunggu mesin dingin, kami belanja seal dan plat gesek yang nanti di pasang di dalam mangkuk kopling gandanya, untuk mematikan sistem kerja kopling gandanya.
cara dan urutan pembongkaran bak koplingnya seperti pernah aku tulis di sini...

ternyata, sebelum nya motor kawan ini sudah pernah di bongkar juga bagian koplingnya, karena waktu aku bongkar mangkuk kopling gandanya, ternyata per di dalam cage'nya tinggal 1 pcs, ntah yang lain kemana.
ya wis lah...ga papa, lagi pula ntar juga di matikan mekanisme kopling gandanya..
masukkan plat gesek ke dalam mangkuk kopling gandanya, trus kencangkan deh...
plat gesek, kalau di foto ini part no 16



secondary clutch assy



nih penampakan plat gesek aslinya (foto dari mas lilik )



mangkuk koling ganda

jadi urutan pasangnya ; Plat carrier assy, plat gesek 2 lembar, baru mangkuk kopling ganda , dan di kencangkan dengan mur pengunci 19mm nya..



lanjut dengan memasang part-part kopling primernya, pasang cover boss'nya dan tutup bak koplingnya...
lahh... ternyata ada yang mengganjal di dalam bak kopling baru ini...
setelah di perhatikan... ternyata bagian (seperti di foto ) harus di papas 3mm... karena mekanisme X1 dan Jupiter beda di bagian tersebut.
Oke...setelah di papas 3mm, langsung coba pasang lagi...dan ternyata plek..
sukses.. pasang baut pengikat bak koplingnya, kencangkan menyilang, biar merata...
lanjut pengetesan pergerakan mekanismenya.. putar pake kunci inggris...dan lancar..
lanjut pasang handle koplingnya di stang, kencangkan dan coak sedikit plastik batok headnya.
lanjut pasng kabel penarik koplingnya, stel sampe feeling nya pas..
isi olie... dan coba nyalakan mesin nya... bremmm...

ternyata, ada satu kelebihan nya di banding pada babyblue ku...
mematikan mekanisme kopling ganda dengan di ganjal plat gesek, suara mesin nya ga ada beda dengan standard'nya...halus banget..
weww....mantab dah..
tinggal test ride...ternyata cukup responsif juga motor kawan ini...
walaupun per kopling yang di pakai bekas nya babyblue dulu...

oke...kerjaaan kelar dan sang pemilik pun cukup puas dengan performanya...
pesenku kepada sang owner cuma : "ati-ati yo mas...jangan pecicilan di jalan, walopun motormu dah enak buat selap-selip."
yang cuma di jawab dengan senyum dan cengar-cengir aja...

yo wis...cukup sekian dulu ceritanya...
besok kalo proyek RRA jadi...biar tak bikinin tulisan tersendiri...
matur nuwun...
advertisements

14 komentar:

  1. Statusisasi bak kopling dadi calon menantu.... hayaaaaahhh......

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh... Kui mau setengah jam dewe le golek ukara ya mas... :D

      #vickynism emang bikin susah.. :v

      Hapus
  2. Foto cara masang plat gesek ke kopling otomatisnya mana gan!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wadhuh....maaf mas Bro...kemaren ga sempet jeprat-jepret...
      tangan belepotan sama olie...
      jadi ga inget mo foto...
      ntar ku upload kalo ada proyek lagi deh.... :D

      Hapus
  3. kasih contoh gbr plat geseknya kang dan letak pemasangannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. duhh...sorry, kemaren aku ga sempat ambil foto'nya..
      karena tangan pas belepotan olie bro.. :/
      next time kalo bongkar lagi aku sempatkan foto ya...

      Hapus
  4. Jadi tak perlu ngelas kopling gandanya ya bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak perlu lagi mas Mu'izz :)
      malahan lebih presisi posisi center'nya..
      suara pun seperti motor std pabrik koq..

      Hapus
  5. Habis brp ya gan buat new jupiter z 115.. trus ini nda pake rumah kopling yg 5 per 6 per itu ya? Ane tanya2 di bengkel katanya kalo pasang kopling manual kalo dibalikin seher bisa kalah dan g bakal enak

    BalasHapus
  6. Habis brp ya gan buat new jupiter z 115.. trus ini nda pake rumah kopling yg 5 per 6 per itu ya? Ane tanya2 di bengkel katanya kalo pasang kopling manual kalo dibalikin seher bisa kalah dan g bakal enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat NJZ, bak kopling yang bagus ada beberapa pilihan om..
      ada yang sistem tarik, dari bak kopling kanan.
      ada juga yang sistem dorong, dari bak magnet..
      terserah lebih prefer yang mana..

      kalau semua pemasangan benar n presisi.
      bikin lebih nyaman koq om..
      lebih irit juga, karena power tersalur dari rpm ter rendah..

      intinya semua perubahan harus terukur , di hitung dan di kerjakan sepresisi mungkin.

      Hapus
  7. Sore om victor, sebelumnya thanks berat tips n trick'y.
    Btw kemaren saya baru terapin triknya om.
    FYI mtor saya vega R 2005 pake paket bak kopling TDR.
    Nah pertanyaannya kopling otomatis masih ttep aktif ok saat gigi masuk lepas kopling motor tidak mati.
    Kira-kira apa yang kurang ya om victor hehehe

    BalasHapus

Pengikut