Home » , » Kendala Pertama Manual Clutch Baby blue

Kendala Pertama Manual Clutch Baby blue

advertisements
Sumber masalah di babyblue
Setelah pemasangan Manual Clutch kemaren...
dan setelah di gunakan harian...memang, sangat terasa penyaluran tenaga yang spontan pada babyblue..
juga konsumsi bahan bakarnya lebih irit dari pada biasanya, karena tenaga tersalur dari putaran bawah..
begitu pun RPM mesin yang lebih cepat terkail... itu adalah beberapa sisi positif yg di dapat dari pemasangan Manual clutch... :)

Tapi....masalah utamanya adalah...
lemahnya torsi mesin di gear ke 4 nya... kalau di rasakan dari 1st gear sampai 3rd gear...sangat cepat putaran mesin naik...tapi ini tidak berlaku di gear ke 4...
karena putaran mesin cederung turun di 4th gear, karena ratio standard bawaan babyblue tidak di rubah lebih enteng lagi..walaupun gas diputar lebih dalam lagi, tapi putaran mesin ga beranjak naik juga...ini penyebab konsumsi bensin jadi lebih boros...(dan sangat terasa waktu di kendarai di jalanan luar kota yg relatif sepi dan sering menggunakan gear ke 4 untuk meraih top speed :sad:
dengan hanya memasang Mangkuk koplingnya, ternyata motor ini jadi kekurangan torsi )

setelah cukup lama bingung dengan masalah pada babyblue ini,
gimana caranya supaya torsi tetap didapat...putaran mesin pun cepat terkail..
akhirnya ku kumpulkan lagi part-part mekanis bagian dalam dari kopling ganda bawaan babyblue, dan di timbang. ternyata, berat part-part ini (sepatu kopling ganda dan per-per'nya ) hampir mencapai 500gr

ditambah dengan berat mangkuk'nya +/- 500gr juga berarti  agar torsi mendekati maksimal, seperti bawaan standard'nya.... berat mangkuk kopling ganda yang di matikan mekanisnya harus ditambah.
tapi berapa gram berat penambahannya ?
terus gimana caranya ? harus putar otak lagi ternyata...
Dan harus bubut sendiri, untuk proses tambah daging pada bagian dalam mangkuk kopling ganda ini,
bentuk nya bushing dengan diameter luar pres dengan diameter dalam mangkuk....
tebalnya dari bibir mangkuk sampai ke dasar bagian dalamnya (sorry lupa ukuran pastinya )
diameter dalam bushing tambahan ini sekitar 85-88mm
yang pasti, setelah di balancing, berat mangkuk ditambah bushing tambahannya kurang lebih 750-800gr.

setelah proses tambah daging selesai, lanjut dengan proses penyatuan mangkuk dengan plat carrier sepatu kampas dengan las...
yang perlu di perhatikan adalah proses pengelasan nya harus benar-benar center, bisa di bantu dengan jig shaft atau yang lebih mudah dengan kruk as bagian kanan, karena sudah pasti center dengan plat carrier dan bushing dalam mangkuk kopling ganda ini..(waktu itu dapat pinjam kruk as dari teman bengkel )

Setelah semua proses las selesai, dan part-part kopling di rangkai dengan benar...
saatnya untuk test running si babyblue....
ternyata dengan penambahan berat pada mangkuk kopling gandanya, torsi bisa bertambah dan putaran mesin pun lebih cepat naik dari pada standar'nya..
yang artinya, program modifikasi penghematan BBM ini berhasil

Problem Solved... :)
monggo kalo mau di tanggapi dan ditambahi infonya yaaaa....




advertisements

14 komentar:

  1. memang benar tuh bro..
    saya pun setuju, dengan balancer ganda yg lebih berat akan menambah torsi mesin, memang rpm lambat naik, tp kalau udah jalan dijamin ga mau brenti itu motor haha

    kalau orang" yg ingin kencang malah bubut magnet dan ganda..
    malah loyo cz kehilangan torsi haha
    artikel bagus nih! sip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih masukannya mas Novanda... :)
      kalau untuk trek pendek ratusan meter...mungkin bubut magnet dan balancer jadi opsi utama...
      tapi kalau untuk trek panjang, harian atau touring... :D
      ga deh.....ga ada torsinya....malah boros doang dapetnya :)

      Hapus
  2. Mas mau tanya kalo udah pasang kopling manual.... Trus tempat stel kopling otomatis nya di cabut gak....?

    BalasHapus
  3. Kalo untuk harian atau banyak nanjak kaaya di pegunungan lebih baik pake yg agak ya om supaya torsi nya nambah

    BalasHapus
  4. Maksud nya pake balancer agak berat

    BalasHapus
  5. Para Suhu minta bantuanya dong
    Untuk jupiter stroke 68 piston 68 kruk as vega zr untuk bandulan nya brapa tirik yah
    Dan ukuran blancernya brpa gram+ magnet untuk kejar 500 meter
    Teima kasih suhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga nabrak ke gear transmisi itu mas, kalau stroke nya ekstrem banget gitu??

      Soalnya .. Pakai kruk as vega ZR aja udah mepet banget ke gear transmisi lho . Stroke nya vega ZR cuma 57.9mm padahal

      Hapus
  6. Baru nemu nih artikel yg di cari. Mohon pencerahan nya mas. Perbedaan bubut balancer . Sama tambah daging ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca lanjut ke evolusi balancer yg ku tulis di tulisan selanjutnya mas...

      Nanti pasti lebih jelas lagi..

      Hapus

Pengikut