Home » , » Jamu kuat Babyblue...Cihuy....

Jamu kuat Babyblue...Cihuy....

advertisements
kejadian dah lama sih sebenernya...
akhir tahun 2010, waktu itu motor Honda sonic kawan keluaran tahun 2001 yang sudah kena sedikit sentuhan modifikasi, baik pada tampilan maupun di sektor engine...
seperti ini kira-kira penampakan-nya :


Dan kawan ini ingin mengembalikan kondisi motornya ke keadaan standard..
kalu ga salah waktu itu dia sudah menerap kan kem papasan, di tambah dengan karburator copotan dari suzy TS 150 (Lippo VM26 ), juga knalpot standard di bobok..
kemudian, proses perburuan komponen asli pun berlangsung, mulai dari Camshaft untuk Honda Sonic original (masih made in japan bro ), lalu knalpot asli dan karburator asli juga semua cowlingnya..



Bongkar-bongkar gudang kawan ini pun hanya mendapatkan Cowling nya dan karburator keihin bawaannya..
Sedangkan Camshaft dapat dari seorang kawan yang kerja di daerah kota. Lumayan juga harganya, karena Camshaft ori ini dihargai lebih dari 1juta rupiah :oops:

setelah semua terpasang di motornya, otomatis karburator Lippo VM26'nya pun nganggur...
lha koq muncul ide iseng...gimana kira-kira kalau karbu ini aku templok'in ke babyblue yak ??? :evil:
coba-coba ku tanyain dulu deh...boleh ga aku pinjam untuk test di babyblue ku..
V :  Mas Bro, pinjem karbunya sementahun yak... :D
D :  Emang'e mo di pasang di mana ??

V :  Pengen tak coba pasang di motor-ku...kira-kira ada penambahan tenaga yang lumayan ga..
D :  Ya monggo kalo mo coba...nihh..

V : Sipp...matur thank u dah... :)
Kemudian, waktu akhir tahun aku pulang ke solo bersama keluarga besarku untuk merayakan Natal di solo dan menengok nenek di djogja yang sudah kangen dengan kami cucu-cucunya ..
(kebetulan..babyblue waktu itu sempet aku tinggal sementara di solo..)
di rumah, agak bingung juga...karena alat-alat untuk utak-utik motor di tangerang semua.
sampai aku telp owner bengkel MMC di kartosuro mas Dhino, dia bilang : "bawa sini aja...kunci2 kumplit koq..lagian kamu juga dah lama ga maen kan..",  wuokeyy...meluncur.... :D

sampe disana, ternyata dia juga lagi sibuk ngelarin orderan customernya, yang pengen ganti baju motornya dengan bahan fiberglass, juga setelah dapet previledge untuk makai tools nya, akhirnya proses penggantian karbu pun berlangsung..
  • lepas cowling kiri kanan babyblue.
  • lepaskan juga karbu standarnya berikut leher angsanya.
  • lepas kabel gas dari skep dan cover atas karbu bawaan babyblue.
  • nah, setelah lepas semua, ternyata pemasangan Karbu Lippo VM26 ini butuh penyesuaian di leher angsanya, kebetulan juga Bro Dhino juga punya leher angsa eks CB yang nganggur,...(hihihi senneg banget kalo gratisan yak.. :p )
  • ya udah cek leher angsa after market ini, ternyata....lubang-lubangnya ga bulet..
    terpaksa harus di finishing lagi dengan kikir bulet (round files )
  • sampai kontur dalam leher angsa after market ini mendekati bulat sempurna, dan ternyata diameter dalam nya mencapai 28mm.
  • setelah proses finishing intake manifold kelar, selanjutnya membuat gasket untuk mencegah kebocoran udara dari karbu ke head cylinder..
  • sebenarnya, intake aftermarket ini punya bracket tambahan, yang memungkinkan posisi karbu untuk di putar-putar, sesuai keinginan kita.
  • tapi, masalahnya adalah diameter bracketnya terlalu besar, dan mentok kalo di paksa untuk di pasang di head cyl Babyblue.
  • solusinya....langsung pasang intake nya tanpa bracket tambahan, dengan resiko : posisi karbu akan mepet sekali dengan head cylinder.
  • lanjut ukur PCD lubang baut intake, ternyata masih butuh penyesuaian sedikit, dengan menggeser lubangnya ke dalam @2mm tiap sisi-nya...(di sini peran kikir atau pisau tuner sangat berguna )
  • setelah PCD lubang baut intake sesuai dengan PCD lubang baut di head cyl, langkah selanjutnya adalah memasang intake ke head cylinder, (jangan lupa gasket yg sudah di siapkan tadi, biar ga bocor udaranya )...seperti ini hasilnya :


Lumayan rapi jali :)


Tapi...karena sudah ke sorean, jadi ga sempet lagi untuk setting karbunya..
langsung pulang ke palur, karena sudah ditunggu makan malem bareng..
dan apesnya, di jalan sempet 2 kali mogok, karena selang vacuum bawaan belum di lepas, jadi bensin ga lancar turunnya....pes...apes..
tambah lagi, konsumsi bahan bakarnya jadi boros banget...
ya udah resiko modif belum ketemu seting'an ya kaya gini deh...

Besoknya, harus berangkat ke jogja untuk nengokin nenek di sana...
dengan modal nekat, langsung tancap gas boncengan dengan adek ku..
tapi ada yang terasa mengganggu, selain konsumsi bahan bakar yg boros banget tadi, yaitu mesin nya terasa tersendat-sendat di putaran menengahnya, padahal mesin bisa langsam.
jadi karakter mesin nya berubah, maunya di putaran rendah, atau tinggi sekalian...
padahal jalur jalan jogja-solo memang mulus dan lebar, dan memanjakan untuk teriak sampai high RPM....tapi koq ga nyaman banget ya, jadi ga bisa nikmati perjalanan karena harus ekstra konsentrasi dengan mesin babyblue yg maunya teriak terus.. :sad:

sampai di daerah prambanan, babyblue ku pinggirkan, dan paksain bongkar cowling kirinya, mungkin karena cover penahan debu'nya terlalu rapat dengan moncong karbu...akhirnya, di pinggir jalan ku papas sedikit lagi cover penahan debunya, dengan harapan, motor ini bisa normal lagi jalannya..
tapi.....ternyata sama aja, ga ada perubahan...dan ku paksakan jalan terus sampai di bantul, jogja di rumah nenek..

Sambil istirahat, masih mikir-mikir terus...apanya ya yang jadi masalah... :thinking:
setelah mesin dingin, coba cek businya...ternyataaa..
businya hitam legam, dan sedikit basah...berarti setingan karbu ini terlalu boros, padahal PJ std, MJ nya pun juga cuma 115, cek lagi ke klip jarum skepnya, posisi ke dua dari atas, berarti harus di geser ke posisi paling atas klip'nya...dengan harapan, bisa sedikit terkoreksi asupan bensin ke mesin nya.
tapi ga sempet juga tes setingan ini selama di bantul...

malamnya, sekitar jam 20:30, aku dan adek pamitan pada simbah dan keluarga di bantul untuk balik kesolo.
memang lagi apes, baru sekitar 7 Km dari rumah nenek, gerimis mengguyur kami dan lagi-lagi terpaksa harus jalan pelan-pelan karena jalanan yang licin.. hiks :(
sampai di batas kota jogja (daerah ringroad utara ) hujan mulai reda, saatnya test settingan karbunya..
mulai pelintir gas lebih dalam, (di putaran menengah sudah ga ada lagi gejala tersendat ) berarti setinggan lippo VM26 ini sudah pas..
tancap gas lagi, sampai high rpm pun enteng, ga terasa speedometer sudah menyentuh angka 115 kph. karena malam di tambah lagi lagi boncengan sama adek, kami akhirnya putuskan jalan santai saja sekitar 80-90kph, sampai di solo ternyata konsumsi bbm nya pun ga terlalu boros lagi seperti waktu berangkat.
berarti.... proses mencicipi karbu venturi 26mm ini berhasil :)


Panjang banget kaya cerpen yak....
silahkan di caci-maki...hehehehehe :D

ini oleh-leh dari djogja :
coba tebak, gambar apakah ini ???

si kucrit & adekku di pinggir sawah

in memoriam of our beloved grandma

advertisements

6 komentar:

  1. buanterrrrr iki :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahh...ga juga koq mas ipan.. :)
      kan cuma versi speedo..

      lagian bebek kan ga buat buanter-buanter'an...
      specialis belanja ke pasar iki..
      hahahaaha

      Hapus
  2. podo karo karbune cs1 po ra,mas..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lain mas....kan punya CS-1 vacuum type..
      sonic temenku ini beda 2mm kalo ga salah sama punya CS-1

      kalo lippo VM26 nya copotan dari suzy TS..

      Hapus
  3. Saya pake vega lama piston kaze, klep shogun, noken standar, karbu king lippo pj/mj bawaan lippo.
    Setting pj/mj yg pas pake ukuran berapa ya mas?

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhaahhhh....
      emang kepanjangan ceritanya ya ?
      koq sampai ga ke baca ukuran MJ yang ku tulis..
      posisi Clip jarum skep juga udah ku tulis lengkap lho..

      Hapus

Pengikut