Home » , , » Restorasi Old Jupiter

Restorasi Old Jupiter

advertisements
Yupp, sudah lama sekali ga nulis di sini.
karena kegiatan di dunia nyata yang menyita perhatian... (heleh ; sok sibuk amat ya ? )

berikut ini hasil utak-utik dari tangan jahil ku, karena keluhan seorang teman yang pengen mudik ke kampung halaman di wonogiri, tapi tunggangan nya kurang sehat.
pertama nya dia pengen untuk bore up sekalian, tapi masih bisa di pakai untuk touring dan harian.

kujawab : "okay" ; tapi...musti check dulu kondisi nya , jangan sampai kita modif habis-habisan, tapi performa malah di bawah standard nya nanti.
betul kan sobat ?

langkah-langkah nya tetep seperti sebelum nya ; bongkar head nya.
(untuk langkah-langkah bongkar head mesin ini, bisa di baca di tulisan-tulisan sebelum nya ya..
dan sepeti inilah hasil nya (biarlah gambar yang berbicara )..... :

kondisi head nya termasuk bersih untuk mesin berusia diatas 13tahun
 kubah head sedikit kotor karena tumpukan karbon yang sudah seumur dengan mesin ; diatas 13 tahun lah kira-kira.
demikian juga dengan tumpukan karbon di kepala piston nya, ada tanda-tanda ring piston sudah mulai aus, ini yang akan kita remajakan nantinya
lumayan banyak tumpukan karbon nya euy
Karbu dan part-part nya masih standard semua, ini akan kita usili nanti (tapi di tulisan lain ya)
karena di saat pengerjaan mesin ini ; akhir nya menggunakan karbu berkode 5TP dengan pilot jet dan main jet dari karbu bawaan nya.
masih standard abissss....
berikut ini piston original mesin berkode 5LM ; masih berdiameter 49mm (OS 0 )
manteb cuy..japan punya.
blum ada baret-baret kasar yang jadi biang kerok olie cepet habis.
masih pure standard 5LM OS 0 ; diameter 49.00mm
Begitu juga dengan kondisi pelatuk / templar / rocker arm nya.
Rocker arm mesin berkode 5LM ini sama persis dengan yang di pakai oleh saudara tua nya , yaitu Vega dan Crypton. ada sepatu bimetal yang melindungi keausan rocker arm.
masih mulus, cuma butuh sedikit sentuhan aja, menghilangkan tumpukan karbon di  body rocker arm nya
mulus ; seperti punya crypton dan vega lawas
begitupun dengan klep / Valve yang di pakai,
mulus, hanya ada sedikit tumpukan karbon di bawah daun klep nya.
sedikit di sikat dengan gerinda sikat, bisa kembali seperti baru...
sedikit kotor aja koq, gampang di bersihkan
Nah ; ini penampakan Head nya setelah di lucuti semua part di head nya,
tumpukan karbon mendominasi lubang port in dan out nya.
ini yang akan kita bersihkan, agar airflow ke arah ruang bakar, serta ke arah pembuangan bisa lancar.
numpuk euy kerak nya.
tampak jelas karbon yang hampir memenuhi sekitar 50% dari port out ke arah pipa exhaust.
musti di usir sejauh-jauh nya nih, biar performa kembali lagi seperti awalnya.
kerak nya sadis euy...
pembersihan di mulai, dengan mata tuner, kita kikis semua kerak yang ada di jalur port in dan out nya, biar aliran udara kearah ruang bakar dan dari ruang bakar ke pembuangan berjalan lancar.
tenaga yang di hasilkan pun optimal.
biasa ; typical mesin touring euy...
mulai di kikis tuh kotoran
beikut ini hasil nya, ruangan di bawah daun klep kita perbesar, berbentuk gentong, agar di saat rpm tinggi, (typical mesin touring kan RPM tinggi di luar kota)
asupan campuran udara dan bbm nya ga kurang.
bikin gentong di bawah daun klep in dan out
Untuk diameter port in dan out, kita tidak rubah banyak dimensinya ; karena ketebalan bahan head mesin berkode 5LM ini tidak seperti seri 5TP
jadi untuk porting nya tidak bisa ekstreem perubahan nya, cukup di haluskan kulit jeruk nya saja di permukaan port in dan out, yang penting ; tujuan kita untuk memperlancar flow air mixture nya bisa tercapai
ga banyak berubah diameter nya, cuma di bikin alus aja koq

demikian juga dengan port in nya, dimeter nya ga berubah banyak.
Nah, setelah selesai untuk bersih-bersih area head nya,
koq jadi sayang untuk merubah keaslian mesin seri 5LM ini, karena part-part nya masih bisa di bilang good condition.
sekaligus untuk menekan pengeluaran juga sih.
jadi ; bore up kita urungkan dan di pending sementara.
sayang banget kalau oil film di liner asli nya sampai di kikis pisau korter, mending cari block cylinder bekas aja buat bahan bore up.

dan ternyata, sang empunya pun memahami nya.
finally : (sok banget pake bahasa inggris nih bakul sego kucing :D )
rakit kembali mesin nya , dengan di pasangi karbu dari seri 5TP yang sudah kita "rusak" agar flow udara ke ruang bakar lebih banyak.

tapi ada kendala nya, dengan ukuran pilot dan main jet bawaan karbu 5TP, mesin malah nguokk , terlalu boros setelan bbm nya.
akhirnya. buka kembali karbu bawaan 5LM dan di compare dengan bawaan 5TP
ternyata ; memang ukuran pilot jet sama-sama 17.5 tetapi perbedaan di ukuran main jet nya.
untuk 5LM , main jet standard nya 95
sedangkan 5TP ukuran main jet nya 105.

akhirnya, kita tukar aja tuh main jet dari 5LM ke karbu 5TP
dan....tadaaaaaaa......
mesin bisa normal dan lebih agresif di akselerasi nya.
pun dengan rpm atas nya, ga ada gejala nguokk lagi karena terlalu boros setelan bbm nya.

dan si empunya pun bisa pulang kampung dengan nyaman.

ada cerita lucu nya juga sih ; si empunya berangkat dari tangerang, dengan tekad ingin siksa mesin motor nya ini, sampai di mana dia sanggup untuk di pacu di rpm atas.
ternyata, sampai di indramayu, rider nya yang "ko" karena masuk angin..
Sedangkan mesin nya aman2 aja di bawa sampai ke wonogiri dan kembali lagi ke tangerang..

oalah mas nanang...koq yo aneh2 aja sampeyan>
ngetes mesin koq body sing kalah :D :D

bonus ??
tetep ada koq... :p
minum ginseng dulu biar kuat mas nanang :D :D

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut