Home » , , , »

Pemasangan RDB ( Rear Disc Brake ) di Babylue-Jupiter Z

Pemasangan RDB ( Rear Disc Brake ) di Babylue-Jupiter Z

advertisements
Lanjut cerita kemaren ya....
setelah persiapan selesai, sekarang lanjut ke langkah-langkah pemasangan dan penempatan part-part pendukung sistem RDB di babyblue.
pertama, pasang bearing 6301 dan boss hub roda di velg belakang F1Zr nya,
rangkai cakram diameter 185mm di velg belakang. ikat dengan baut cakram, kencangkan sewajarnya.
kemudian penempatan Master cylinder rem di babyblue.

Untuk penempatan master cylinder, ini yang butuh pemikiran dan perhitungan, karena prinsipku : " sesedikit mungkin mengurangi tampilan standardnya."-
Kenapa ?? - biar ga banyak yang manas-manasin di jalan :D, kan tampangnya standard :)
tambahan-tambahan part yang ga perlu sebisa mungkin di hindari.
terlebih lagi mengkonversi sistem tarik rem tromol jadi mendorong piston master cylinder, ini yang jadi tantangan khususnya.
penempatan master cylinder yang jadi kuncinya,
jadi..... ketika tuas rem di injak, sistem yang dulu menarik batang rem di gunakan juga sebagai pendorong piston master cylinder.
terpaksa master cylinder di tempatkan di sisi dalam plat holder pipa knalpot bagian tengah.
ukur dan marking lubang'nya. jarak antar lubang kita buat sama seperti jarak antar lubang di master cylinder rem nya, yaitu 49mm. lubangi plat holder nya dengan mata bor 8mm.
seperti di foto ini :
bor holder platenya, jaraknya 49mm, pakai bor 8mm
gimana ??? kurang jelas penampakan nya  ??
eh, ke halang tukang bor'nya yakk ?? (itu aku bro-sist :p )
nihh, penampakan lebih deketnya di ikat dengan baut M8 x 55mm
gini lebih jelas kan penampakannya ?
nih penampakan dari belakangnya.
Setelah penempatan master rem selesai, tinggal bikin plat konektor, yang nanti berfungsi sebagai penarik dan pendorong piston master rem nya.
pakai yang agak tebal dan kaku, supaya waktu di tarik tuas rem, platnya ga mengalami deformasi yang merubah arah tarikan dan tidak masimal mendorong piston master rem nya.
pada penampakan di atas, itu masih pakai plat tipis untuk ngemal aja nantinya.

lanjut dengan merangkai selang2 hydrolik nya, selang minyak dari tabung minyak ke master, dan selang minyak dari master ke kaliper yang nanti berfungsi mendorong piston kalipernya.
lanjut dengan isi minyak rem nya.
dan rapikan jalur selang-selang hydroliknya, ikat dengan cable ties, seperti foto berikut ini. :
keliatan kan kabel ties'nya
sama plat tarikan piston master remnya.
Selesai ??
blum bro-sist.....penempatan bracket kaliper perlu di perhatikan juga.
kebetulan, yang ku pakai ini bracket bawaan susy FU, jadi perlu ubahan juga, agar bisa duduk manis di jupiter.
yang pasti, bracket kalipernya mengalami proses chop n chop juga.
terpaksa ku potong bushingnya dan di tempel di bagian dalam plat bracket, biar bisa nempel sempurna di babyblue.
seperti inilah penampakannya.
ga bisa miring ke depan karena mentok di shock absorbernya
ini master cylindernya kalau dilihat dari bawah
supaya bracket kaliper ga melintir waktu mengerem, perlu di tahan dengan kuat.
karena blum sempat bikin plat bracket baru, aku akalin dengan torsion bar optional seperti ini :
torsion bar untuk holder bracket temporary.
blum sempet bikin plat bracket baru...mepeeet abis sama piringannya
kelar ??
sepertinya sih udah, tinggal bleeding (buang angin palsu ) di kaliper aja, biar pengereman bisa maksimal di sektor belakang.
sama pasang ban nya aja....
tapi, ada kendala apa aja setelah pemasangan RDB ini ??
lanjut ke tulisan selanjutnya yaa....
entar kepanjangan ceritanya malah bosen :p
masih panjang tho tulisan'nya...
muter komplek lagi ahhhh...

advertisements

3 komentar:

  1. Mantapp.. bro victorr ...!!!
    akhirnya tulisan yg kutunggu-tunggu untuk ku baca udah di update ama bro victorr..
    hahaha... :D
    maturnuwun broo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga bro Eddo untuk masukan dan supportnya, jadi rajin nulis lagi deh :)
      kalau ada yang kurang, mohon kritikan dan sarannya ya bro...
      Bless u brotha'..

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Pengikut