Home » , »

Ganti Piringan Cakram Babyblue..

Ganti Piringan Cakram Babyblue..

advertisements
Bersamaan dengan utak-utik Mio kemaren....
waktu berangkat ke bengkel bubut, untuk korter blok cylindernya.
aku, bareng si Ozan dan keong rider sempet maen-maen ke bilangan Kebon Jeruk III di kota, sambil cari spare part mio yang mau di up grade cc nya.
Sekalian aja aku cari Piringan cakram untuk Babyblue 'ku, soalnya piringan yang lama sudah mulai tipis dan getar banget kalau di pakai deselerasi atau hard braking...

memang beberapa hari sebelum nya, sempat juga browsing part ini, dan memang di Kebon Jeruk III sana terkenal sebagai pusat aksesories dan performance part yang harganya agak miring..
setelah ketemu alamat toko yang tercantum di website... ternyata lagi apess....
barang yang ku mau ga ada stocknya, adapun ukurannya lain cuma berdiameter 300mm, dan bracket kaliper tambahan nya pun pasti ga cocok dengan dudukan yang ada di kaki depan Jupiter Z ku.. :sad:

Akhirnya, dengan tekad bulat dan modal "ga punya malu" kami sisir tiap toko spare part dan aksesoris di sana, demi mendapatkan Piringan model TZM berdiameter 320mm, supaya nanti aku ga perlu ganti bracket kalipernya...
mungkin setelah toko Spare part ke 30'an yang kudatangi dan ku tanyai....dapet juga barang ini...
tadaaaaa..... :
Disc PSM 320mm
nie bracket kaliper bawaan Disc nya
tapi ga jadi di pakai, karena terlalu keluar bidang jepit nya
Dan ini penampakan Disc nya, pin connector floater nya rapi jali pengerjaanya..
Disc di keluarin dari bungkusnya.. Rapi euy..
Dan berikut ini proses penggantian piringan nya...
pertama, Lepas ke empat baut pengikat piringan nya, dengan kunci L 6mm.
kenapa di lepas waktu masih terpasang di kaki depan motor ?
supaya gampang nahan nya dan torsi untuk memutar dan melepas baut pengikat lebih kuat aja.
Kendorkan dan lepas ke 4 baut pengikat piringan nya.
Nah, setelah piringan di lepas baut pengikatnya..
lepaskan Roda depan, dengan membuka mur pengikatnya (pakai kunci Ring 17mm )
lepaskan as nya, baru roda depan kita ambil dan bersihkan permukaaan dudukan piringan nya.
bersihkan, sikat pake sikat kawat..
Pasang deh piringan barunya.
seperti ini... :
piringan baru duduk manis, yang lama lengser dari tempatnya.
Pasang ke 4 baut pengikat piringannya...
ganti baru kalau di rasa perlu, karena mungkin baut yang lama dah slek lubang kuncinya.
#tapi.., kalau masih bagus, bisa di pakai lagi koq..
Pasang baut pengikatnya..
Kencangkan sewajarnya saja yaa... (untuk panduan torsi pengencangan nya bisa di lihat di web resmi yamaha...
Kencangkan sewajarnya saja.
Oke....selesai pasang piringan barunya.
lanjut dengan pasang kembali Rodanya, masukkan As roda depannya, dan kunci dengan mur 17mm nya.
kelar... sekarang ga getar-getar lagi dan nyaman waktu di kendarai...
dan pastinya jarak pengerem'an tetap aman sekalipun dalam situasi Hard braking...

dah...segitu dulu deh..
silahkan di komentari...:)
terima kasih.....


Fiuff...panjang amat ceritanya :v

advertisements

16 komentar:

  1. joooss cakram baru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lama selain dah tipis, agak peyang n bengkok juga bro...
      pernah kupakai gunting as selsh starter rider smash yang nyebrang jalan sembarangan.
      jadi, begitu mulai tipis getar banget kalau di pakai ard braking.. :)

      Hapus
  2. Itu dipake ke New Jupiter Z bisa gak mas? Lagi nyari nih cakram PSM ukurang gede gitu buat d jupi ane. Boleh bisikin harganya berapa mas? hehehe.. terimakasih buat jawabannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk lubang baut cakram ke teromolnya sama ukurannya mas..
      yang beda tuh bracket adaptor kaliper (kepala babinya ) Jupie burhan pakai 2 piston.
      sedangkan NJZ 1 piston.
      Untuk pembelian disc brake PSM biasanya sudah di sertakan juga bracket adaptornya. jadi PnP di opasang ke NJZ mas...
      dan sekarang, yang banyak beredar diameter 300mm bukan 320mm seperti yang ku pakai ini...

      harga bervariasi mas..
      antara 350-425K tergantuk toko dan daerah juga..
      demikian, moga2 menjawab pertanyaan nya yah..
      terima kasih sudah berkunjung :) dan Salam kenal ya mas Maoels.

      Hapus
    2. oh gitu ya, hehe makasih banyak informasinya.. lumayan mahal ya.. tapi denger2 sih merk ini emang awet sama kualitasnya juga dah banyak yang review bagus. Makasih ya gan, keren dah.

      Hapus
    3. kembali kasih mas maoels :)
      mahalnya ga seberapa kalo di bandingkan sama unsur safetynya koq...
      di tunggu penampakan motor dengan cakram PSM nya ya.. :D

      #ngomporin :v

      Hapus
  3. Bang itu buat byson yaa..??truz breket ykaliper.y pake yg apa skrng...??

    BalasHapus
  4. Kalo di pasang k vega zr bisa langsung pnp gak,perlu ubah braket kaliper dak om,pakai kaliper standartnya tapi bisa dak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk vega zr, pakai yang buat NJZ atau jupiter MX baru bisa mas.
      yang ini kan buat 2 piston kaliper nya.
      vega zr sama nya; sama NJZ atau jupi MX

      Hapus
  5. om braket aslinya kemana..? kepake gak..? kalo gak aw beli braketnya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. braket nya caliper bawaan maksud nya mas ?
      kepasang dong..
      kan bracket bawaan dari piringan ini cuma buat menggeser radius nya ke radius luar piringan, sedangkan calipper tetap nempel di bracket calipper bawaan nya.

      Hapus
  6. Aq butuh braketny OM..yg ukuran 320...wa 0819l5395578

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mas...
      sorry baru sempet balas ya..
      coba cek di fb ku atau di page fb yang sama kaya blog ini nama nya.

      Hapus
  7. om klo disc ukuran 320?? bisa pake bracket ukuran disc 300mm?
    saya beli disc cakram tulisaan di cakramnya 320mm, tp setelah saya ukur diameternya ternyata 300mm

    dan bracketnya itu gk pas saya pake (jupiter z burhan 2 piston)
    om jual bracketnya kah?

    BalasHapus

Pengikut