Home » »

Mainan MIO 135cc....

Mainan MIO 135cc....

advertisements
Walahhh.... ternyata dah lumayan lama ga nulis-nulis di sini...
sok sibuk dengan kerjaan di dunia nyata juga sih...
Nah, sekarang ini pengen cerita ngalor-ngidul tentang tunggangan dan motor kesayangan seorang teman ..
yah, sebut aja mas Ozan yak...
dimana motor mio lansiran 2007 (yang bermesin lansiran 2010) nya mulai rewel, dan ngajakin jajan.

kejadian kemaren tanggal 8 december yang lalu....
minggu sebelumnya, sebenernya sudah di servis sendiri olehnya..
check sektor cvt'nya dan aku bnatuin untuk cek sektor pengerem'an roda depannya.
tapi...entah kenapa. Setelah dia bongkar-bongkar itu, malah si mio ini mogok..
ga mau nyala walau sebentar,dan akhirnya, dia dorong motornya ini ke rumah.

berhubung pas kebetulan hari minggu, ya udah aku iyakan aja untuk bantu dia bongkar si mio.
peretelin cover bodynya, copot jok dan bagasinya, trus lepas pelindung mesinnya.
biar bisa di cek sekalian, apa penyebab utama si mio mogok.
soalnya pas busi di lepas, dan coba di slah berulang kali, kompresinya ga ada.. alias ngempos..
tuh, yang punya serius pretelin motornya :D

Setelah kelihatan mesin nya, ya udah langsung di eksekusi bongkar headnya.
  • lepas baut pengikat manifoldnya (angkat sama karbunya sekalian ).
  • lepas cover camshaft nya.
  • kendorkan chain tensionernya, kemudian di lepas sekalian.
  • lepas knalpotnya.
  • lepas juga sprocket camshaft'nya dengan kunci sok 12mm (tahan perputaran nya dengan menahan mur 17mm pengikat Drive pulley / pulley depannya )
  • kendorkan ke empat baut pengikat kepala cylindernya.(pakai kunci sok 12mm) dan lepaskan.
  • setelah head terlepas dari rangkaian cylinder dan blok mesin baru lah bisa di periksa dan di teliti apa penyebab si mio ini mogok.
Ternyata...
pergerakan klep buang / exhaust valvenya terganjal kerak ruang bakar yang menumpuk...weewww sekalian aja bongkar isi headnya untuk di inspeksi total.
dan ternyata, memang komponen headnya banyak membutuhkan peremajaan...antara lain peremajaan ke dua klepnya inlet dan exhaust.
Camshaft masih bagus, begitu juga per klep dan rocker arm / templar'nya.
berarti butuh di skir ulang lagi head cylinder ini, biar payung klep bisa mendekap rapat, dan tidak terjadi kebocoran kompresi lagi..

inspeksi dan checking head cylinder mio
juga...ada yang aneh dengan headnya. biasanya antara intake manifold dan head cylinder packingnya hanya menggunakan "O" ring saja, tanpa paking bakelit peredam panas (biasanya kita temui sekat bakelit ini di antara intake manifold dan karburator motor bebek pada umumnya ).
ternyata, permukaan dudukan manifold'nya pun sudah bekas pengerjaan gerinda, setelah aku perhatikan, ternyata lubang baut pengikat manifolnya 
sudah pernah di buat dudukan baru (mungkin lubang baut lamanya slek, dan di buatkan ulir baru ), tapi sayangnya pengerjaannya kurang rapi sehingga ada kemungkinan campuran udara yang bocor dari sambungan ini (yang pastinya bikin mesin mio ini susah nyala dan susah di setel langsam nya )
wadhuhh... butuh keterampilan tangan lagi nih, soalnya ga punya mesin milling untuk ngeratain bekas papasannya.
akhirnya, terpaksa aku kikir dengan flat file biar permukaannya rata.
Proses bersih2 lubang intake dan outletnya
Setelah kelar inspeksi dan bersih-bersih head cylinder dan blok nya....
Ternyata, si Ozan juga pengen naik kelas (naikin cc mio nya ).
setelah kita hitung bareng berapa cc yang pengen di sasar dengan menggunakan bahan mesin standard ini, kita dapat ukuran 54mm diameter piston yang akan di jejalkan ke dalam blok cylindernya, biar aman dan ga perlu mengganti liner dan memperbesar lubang di crankcasenya.
rapikan part-part si mio dan kami meluncur ke toko spare part langganan untuk berburu part-part penggantinya, klep standar di dapat dengan mudah...
tapi piston ukuran diameter 54mm dengan lubang pen 15mm ternyata susah banget di cari, akhirnya kami berdua dapat juga piston yang di mau walaupun sedikit melenceng dari sasaran awal.
di tebuslah piston set jenong merk CLD, berdiameter 54,5mm dan pen piston 15mm.
Nih piston yang mau di jejalkan ke blok cylindernya
waktu pengen segera meluncur ke tukang bubut langganan, barulah kami ingat, mereka hari minggu biasanya tutup..
ya udah, terpaksa tunggu besok.. baru bisa korter blok cylinder mio ini.
dan tujuan selanjutnya pun kami meluncur ke kebon jeruk III di bilangan kota untuk berburu piringan cakram lebar babyblue'ku.


prosesnya mahal, panggil pegawai bank segala :D
besoknya...pagi-pagi setelah absen kerja, mas Ozan langsung meluncur ke bengkel bubut untuk korter blok cylinder si mio.
sedangkan aku di rumah siapkan paking dan memodifikasi bentuk ruang bakarnya, karena piston yang di pakai jenong yang berarti kompresi pasti tambah padat, biar nanti sewaktu mio ini dipakai jalan dan kebetulan ga dapet bbm oktan tinggi, masih bisa minum premium juga.
serius banget skir klepnya
sorenya, Ozan datang dengan blok cylinder yang sudah di korter....
tapi berhubung aku harus tetap bantu jualan di warung si mio terpaksa di tinggal lagi dan terlantar lagi malam itu :D :D
ke esokan paginya, sepulang dari nganterin emak ke pasar... tenyata ozan juga dah nungul.. 
ga banyak kerjaan ternyata dia hari itu, dan bisa bareng-bareng rakit kembali si mio item'nya.
mulai dari pasang piston set nya, rakit dengan blok cylindernya, terakhir head cyilinder yang sudah di porting, polish dan ditata ruang bakarnya serta terpasang klep set baru.
Rakit ulang kebalikan dari proses bongkarnya....dan test start mesin si mio..

Jrengg...suksess, si mio hitam bisa menyala dengan baik...
di iringi senyum puas sang pemilik... sipp dahh, tinggal test running...
bawa ke jalan dan running...pulangnya si ozan puas...
tarikannya mantap, ga perlu plintir gas dalam lagi sekarang...si mio langsung ngacir.
oke, berarti tinggal pakein baju'nya dan si mio sudah bisa kembali antarkan si ozan kerja menemui nasabah-nasabahnya...
moga-moga awet dan ga mengecewakan lagi ya bro...

Sorry panjang banget ceritanya ya.....
sepanjang proses'nya berarti..
bonussss : 
moga aja dia ketemu mbak cantik ini di jalan :D
silahkan di komentari....dan terima kasih sebelumnya..


advertisements

2 komentar:

  1. solusi klep ngeblong: masukkan oli lwat lubang busi, pasang busi terus stater dehh dijamin nyala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi.......awet ga tuh mas solusinya ??
      bener2 menghilangkan penyakit klep ngeblong'nya ga ??
      atau bakalan kambuh lagi sewaktu2 ???

      Hapus

Pengikut