Home » »

NISSAN bikin Mesin motor ???? Yang bener Nihh......

NISSAN bikin Mesin motor ???? Yang bener Nihh......

advertisements
Mesin DIG-T R Nissan
Nissan Motor Company lebih di kenal sebagai produsen Mesin dan kendaraan ber roda empat, sehingga ini akan mengejutkan kita saat nama Nissan di sebutkan di situs Ashpalt & Rubber.
Tetapi untuk menjawab keingin tahuan kita akan teka-teki ini, bahwa tak ada satupun produsen merk jepang yang tidak merambah ke dunia kendaraan Roda dua.
Mesin DIG-T R Nissan
Untuk kita ketahui, Nissan telah membuat beberapa hal yang menarik, sejak saat mengambil alih proyek "DELTAWING".
Singkat kata, Nissan Deltawing adalah "proyek gagal" Nissan di indycar, dimana Nissan di situ bertujuan untuk menembus batas minimum berat kendaraan, sisi aerodinamis, dan desain kendaraan yang efisien.
Mesin DIG-T R Nissan
Namun Nissan menemukan ajang kompetisi lain untuk mencoba ketahanan dan kemampuan mesin barunya ini, yaitu dengan mengikut-sertakan mesin barunya di ajang balap ketahanan 24 jam Le Mans pada tahun 2012.
Namun sayangnya mobil balap Nissan ini tak mampu menyelesaikan lomba yang sangat iconic itu, setelah kecelakaan yang di sebabkan oleh peserta lain pada laps ke 75.
Mesin DIG-T R Nissan
Mesin DIG-T R Nissan
Nissan dan Deltawing memang telah memutuskan kerjasama di proyek Indycar, Namun Produsen mobil jepang ini telah banyak belajar selama proses dan keikut-sertaan nya di Indycar.
dan kembali ke Le Mans 2014, dengan desain yang sangat mirip, yang di beri nama Nissan ZEOD RC.
Nissan ZEOD RC adalah sebuah mobil balap Hybrid ( dimana Nissan berharap, agar mobil ZEOD RC ini mampu menyelesaikan satu lap pertama hanya dengan tenaga baterai listrik nya ).
Nissan ZEOD RC untuk Le Mans 2014
Dan yang paling menarik perhatian kita adalah mesin tiga silinder 1,5 liter dengan Turbocharger, yang sangat ringan. Dengan bobot hanya 88 pound atau 39,92 Kilogram saja.
tingginya 20 inchi atau 50,8 Cm, Lebar 8 inchi atau 20,32Cm.
Mesin Nissan DIG-T R sangat kecil kalau boleh di bilang, Namun sangat powerful dengan Output Power 400 Bhp atau 400 tenaga kuda. Nah, gimana cara kita menghandle power sebesar ini ???
Lihat betapa kecil mesin nya
Di dalam perbandingan daya per centimeter kubik, Mesin DIG-T R dari Nissan melebihi kemampuan Top End dari Spektrum mesin MotoGP.
Di mana pada mesin-mesin MotoGP, dengan kubikasi 1 liter - 4 Cylinder Mesin MotoGP mampu memproduksi power Hampir 260 Hp di kruk as nya.
Walaupun mesin Nissan ini memiliki keunggulan dari sistem Forced Induction (sistem Turbo-nya ) tapi power 400 hp yang di hasilkan dari mesin yang sekecil ini tidak bisa di pandang sebelah mata...

Walaupun boleh di bilang sangat kecil kemungkinan nya, tapi kita akan sangat gembira bilamana ada perusahaan pembuat sasis; seperti Bimota misalnya. Yang mampu membuatkan sasis dengan sedikit benjolan di sekitar area gas buang (Turbo-nya)..
tapi....sepertinya masih lama ter realisasi..

Meskipun ide-ide dasarnya terdengar susah di wujudkan, namun dengan tren sekarang ini, dimana pabrikan motor berlomba-lomba untuk mengeksplorasi penggunaan sistem turbo pada motor produksi masalnya.
Mungkin tak lama lagi suatu mesin yang mirip dengan NIssan DIG-T R ini dapat kita temui di dunia Roda dua.

Dan, HEI....!!! sekali lagi....tak ada yang boleh menghentikan kita untuk bermimpi.
Sekarang mari kita kembali ke rutinitas dunia roda dua kita dulu...
Di produksi massalnya masih lama ya ???

SALAM satu aspal....


Sumber : Ashpalt & Rubbers
                Wired
advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut