Home » , , , »

Persiapan RDB (Rear Disc Brake )

Persiapan RDB (Rear Disc Brake )

advertisements

Setelah kemaren berhasil untuk membersihkan cat dari velg ori F1Zr, seperti yang ku tulis di sini
selang beberapa hari kemudian, waktu aku main ke tempat temen di daerah bitung, tiba-tiba dia nawarin satu set komponen rear disc brake satria FU.
kebeneran juga warna-nya sudah di repaint senada dengan babyblue.

terbersit juga rasa penasaran, pengen jajalin rasanya babyblue dilengkapi dengan RDB (rear disc Brake ), yang katanya....katanya nih yaa... lebih aman daripada rem original bawaan Jupiter Z yang masih menggunakan drum brake ( teromol )
Hmmmm....ngiler juga liatnya :) apa lagi aku inget, di rumah ada sebuah piringan cakram ori FU yang nganggur, hibah dari seorang kawan (banyak banget dapet hibah'an yakk :p )
di tambah lagi kawan ini menawarkan dengan harga yang lumayan murah, plus....ada plusnya juga nih, dua buah selang rem braided yang tahan tekanan tinggi.
wuihhh..pucuk di cinta, ulam pun tiba..

ga banyak nanya...apalagi nawar :p karena memang harga nya "cukup" murah, kebetulan di kantong juga ada sedikit dana, akhirnya ku bungkus juga brake kit ini,
terdiri dari satu set master dan calipper rear, plus 2 buah selang rem braided, di tambah bonus lagi tabung minyak rem ukuran kecil.
nihh, perintilan dari hasil jalan-jalan ke rumah temen.
Setelah pamitan pada temenku tadi, pulangnya aku mampir ke toko sparepart langganan, untuk tebus beberapa part untuk konversi rem belakang babyblue dari teromol ke cakram.
berikut ini barang-barang belanjaanku :
  • Bracket / adaptor cakram untuk F1Zr dengan 3 lubang baut.
  • Bracket / adaptor cakram untuk Jupiter / New Vega 3 lubang baut (pesenan temen )
  • Piringan cakram diameter 190mm untuk FU (dapet yang imitasi )
  • Bearing SKF 6300 2 pcs untuk velg depan F1Zr.
  • Bearing SKF 6301 2 pcs untuk Velg belakang F1Zr.
  • Boss hub roda depan dan belakang untuk Velg F1Zr . (ini ada masalahnya nanti).
  • Piston master rem belakang FU untuk ganti piston master yang barusan dapat.
  • Baut L Stainless M8 x 45mm untuk ikat Bracket / adaptor ke velg belakang F1Zr.
  • Brake pad / sepatu kampas rem belakang FU / HSX125.
penjelasannya di atas yaa...
Nahh...setelah sampai rumah, yang pertama ku  kerjain ya checking komponen RDB ini.
baik piston master, maupun piston Calippernya, dan pastikan pergerakkannya lancar dan tak ada kebocoran.
Supaya yakin, piston master rem nya langsung ku ganti dengan yang baru.
Selanjutnya, ukur dan marking lubang di velg belakang F1Zr, Ukuran dan posisi mengikuti bracket adaptor piringannya.
Bor pas di marking yang sudah di buat dengan mata bor 7mm
Setelah marking dan pengukuran selesai, lanjut dengan membuat lubang tepat di marking yang sudah di buat tadi dengan mata bor 6.8mm atau 7mm, yang nantinya ku tap dengan M8.
ini penampakan posisi lubang nya, ga kena partisi karet dampernya
Setelah selesai di bor, lanjut proses pembuatan ulir di lubang tadi, pakai Tap M8.
mungkin ada yang bertanya, kenapa harus di tap ??
karena aku ga pengen di repotkan dengan coak karet damper nantinya.  dan juga ikatan bracket adaptor dengan sistem ini bisa di pastikan lebih kuat, dari pada mengandalkan ikatan mur dan baut.

selesai di tap, coba pasang Bracket adaptor cakram ke velg, berikut ini penampakannya....
tampak depan
tampak belakang
Oke, sipp baut pengikat bracket adaptor pun ga nongol dari sebelah dalam tempat nap gearnya, berati bisa langsung di pasang karet damper nap gearnya...
berikut penampakan karet damper teromol terpasang pada tempatnya..
ada yang bisa nemuin posisi baut pengikat bracket adaptor piringan nya ??? :D
keliatan ga baut nya dari sisi ini  ??
Oke persiapan selesai....besok tinggal cerita instalasi nya yaa..
masih lama ga nunggunya bang ??
neng sepeda'an muter komplek dulu yeee
sabar yakk......

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut