Home » , » Jamu Kuat Edisi 2....

Jamu Kuat Edisi 2....

advertisements
Setelah setahun pakai Jamu kuat Lippo VM26
pernah di bahas disini....
babyblue ku sudah 2 kali ganti Karburator.... Bukan karena rusak, atau hilang (amit-amit..jangan sampai yak..) tapi karena masa pinjam nya yang "sementahun" sudah selesai...
dan, memang terbukti performa'nya cihuy dehh... :D

Nah...setelah Lippo VM26 ini lengser.. (karena mo di pakai oleh owner'nya untuk bikin motor grasstrack di kendal sana )
babyblue pernah juga pakai Karbu Keihin PE24
seperti ini :
sempet nyicipin Keihin PE24
Setelah Lippo di tanggalkan, Keihin ini sempet ku pasang untuk menggantikannya..
kenapa pakai keihin PE24 ???
karena, katanya karbu ini susah sekali di setting waktu di pasang di Shogun FD110 milik teman yg pernah bantu kami jualan sego kucing dan wedhang jahe...
penampakan ownernya... disini (yang lagi pakai jaket...shogun nya ngintip dikit juga di belakang gerobak )

boros BBM juga tenaga gak maksimal katanya (koq bisa ? padahal kan lebih gede dari bawaan shogun )
pasti ga beres nih settingan nya..
juga, karbu ini sempet bikin cilaka ownernya... karena ga puas, coba di templok'in ke jupiter langganan warung, trus coba setting di daerah curug, tangerang..
tapi malang tak dapat di tolak...waktu dia tes running ke 3 kalinya, jupie'nya jungkir balik dan dia mengalami patah lengan kiri juga luka terbuka di beberapa bagian tubuhnya.. :sad:
miris juga sih kalo inget kejadian itu...

selepas kejadian itu, karbu ini langsung di copot, dan Nganggur....karena dianggap susah di setting..
Hmmmm.....jadi penasaran, bener ga sih ga bisa di setting.
akhirnya, ku pasang di babyblue, dengan sedikit ubahan setting.
klip jarum skep nya di taruh di groove paling atas, biar irit... (kan mesin standard.. :p )
trus setting airscrew nya...(hmmmm, not bad... tapi busi masih item legam, masih terlalu boros )
tapi sayangnya di mainjet bawaan nya tidak tertera angka-angka yang nunjukin besarnya diameter main jet.
akhirnya perburuan main jet untuk PE24 ini pun terpaksa kujalani, dapet juga ternyata, walau agak susah.
dapet main jet ukuran 120, pasang dan setting... (masih terlalu boros ternyata... )
akhirnya ku pasang serabut kabel 3 helai untuk mengurangi debit bahan bakarnya (nyari lagi dah males soalnya :p )
sukses....bisa dipakai dengan lancar..power dapat, irit masih dalam toleransi, dan langsam nya pun dapat..
ada kurang lebih 2 bulan keihin PE24 ini nemplok di babyblue, dan akhirnya ku copot lagi untuk ku kirim ke wonogiri, karena owner'nya pengen ngerasain juga :)
ku copot dengan kondisi terakhir settingan di babyblue, dan ku pesan kepadanya, jangan di pakai kenceng-kenceng lagi di jalan ya...

intermezo selesai...... 
~
~
~
~
trus babyblue pakai apa dong sekarang ??? masa ga pakai karbu ??
terlanjur seneng dengan performa karbu gede di motor standard, terpaksa harus hunting lagi karbu untuk menggantikannya....
hmmm.... apa ya yang enak buat di pasang di babyblue ??
pengen pasang PE28...tapi koq ga sreg dengan dimensinya...(terlalu gambot untuk ukuran bebek standard )
cari Lippo VM26 lagi, ga nemu-nemu juga :hiks:...
akhirnya...ketemu juga yang pas, yang bentuknya pun serupa dengan lippo VM26.
apakah itu ???  ini dia..... :
baru keluar dari dus'nya

mejeng dengan posisi miring pemirsa :p
dah pada kenal kan dengan sosok  karbu ini ??
yupp...bener banget Mikuni VM26.

akhirnya ku tebus juga mikuni VM26 gress dari toko sparepart langganan....
lumayan juga sih harga barunya...di pricelist nya sekitar Rp 493K.
setelah ngobrol-ngobrol dan coba nawar, akhirnya di kasi juga seharga Rp 465rb rupiah (include juga MJ 115,ukuran bawaan RX-special...karena ku yakin, kalo pake bawaan nya yang 150 pasti susah banget nyetting'nya ).
kenapa ambil gress yang original ?? karena cari barang secondnya susah buangett...dah ngubek-ubek tangerang, di pasar loak pun adanya yang versi KW...padahal nyetting yang kw ini males banget, karena susah dapet langsamnya...

Setelah selesai mejeng untuk dokumentasi, langsung saja ku pasang di babyblue....
tapi di ikuti penggantian karet sambungan pemegang manifold dan moncong karbu yang mengarah ke mesin.
pakai selang radiator mobil kijang kalo ga salah, potong secukup'nya dan....pasang ke manifold.
susah ga masangnya ??? sedikit butuh effort juga sih, karena karet sambungan intake yang baru ini masih butuh penyesuaian...dan hasilnya..... :
tadaaaa... terpasang sempurna :D

ini di lihat dari sudut lain bro/sis...
Perfectly mounted... :D
tinggal coba idupin mesin babyblue.....dan....jrengg...
lancar tanpa kendala, begitupun proses setting air jet screw nya...gampang banget..

trus gimana performanya ???
hmmmm...untuk pemakaian harian, ga beda jauh dengan standard'nya dulu...
trus, untuk pemakaian jarak jauh atau luar kota gimana ???
nah...ini yang bikin heran banget...
ternyata, dengan karbu sebesar ini, malah lebih irit daripada karbu standar'nya..
kalo dulu dari solo-tangerang butuh bensin sekitar Rp 80-90rb sekali jalan, pakai karbu ini cuma habis sekitar Rp 68-71rb. yang artinya bisa beda 2-4ltr sendiri.
karena harga premium masih Rp 4.500/ltr (untuk motor dan angkot )
trus mileage nya berapa dong ??
mileagenya : 620 : ( 71.000/4.500) = 620 / 15.78 = 39.3 Km/ltr
ga terlalu boros kan pemirsa ??
worthed lah kubilang... :D

trus...untuk top speed'nya dapet berapa ???
lumayan untuk bebek standard....di luar kota (pantura...cuma berani di jalanan ini untuk tes top speed ) sekitar 125-130 kpj (on speedo yak )
kalo untuk dalam kota gimana ??? (ga berani bro /sis...cukup akselerasi aja untuk selap selip di tangerang ini...karena lalu lintas di sini dah crowded banget...mending safe riding aja lah...walaupun babyblue punya potensi lari juga ).

dahh...sekian dulu deh cerita ngalor-ngidulnya....
moga-moga bermanfaat... :)
advertisements

8 komentar:

  1. wih..
    jadi pengen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasang bro... :)
      kan gampang masangnya...
      yg penting, jadi irit...

      Hapus
  2. rupanya ilmu ngganjel lobang spuyer pake serabut memang berlaku di seluruh indonesia..wkwkwkwk..

    by the way...karu ori si babyblue ke mane bro...bagi saya ,dong.. xixixixi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karbu ori'ne di pake adek angkat ku mas :)

      tapi karbune dewe'ke tak obrak-abrik...
      tak modif meneh..
      mung sayange, deweke rung moro meneh nggo njajal karbu modif'e..
      niki dadine...
      http://www.facebook.com/media/set/?set=a.545560762131326.1073741825.100000322212230&type=3

      Hapus
  3. walah itu cc brapa bsa tmbus top speed 130 gan 110 aja apa uda kohar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro Deni Eka : itu cc masih std koq...memang cuma perbaiki sektor pengapian nya aja, CDI, sama Busi di ganti yang bagusan dikit...
      trus gas buang di bebasin dikit....
      jadi ga tersendat lagi...

      o'ya...untuk catatan aja...itu kondisi open filter ya...

      Hapus
  4. mas,mau nanya,itu waktu pake karburator pe 24, intake manifoldnya pake punya apa ya?

    BalasHapus
  5. Shogun kebo pakai karbu king original ya pasti bisa tembus 130 km/jam on speedometer klo gps mungkin 115 - 120 km/jam apalagi ubahan porting polish n knalpot freelow + gir belakang 30 mata,yakin bisa klo setingannya udah pas,motor bisa kencang dan irit memang dari setingan karbu dan ukuran venturi karbu yg pass,gl pro ane juga udah pake karbu pe remer 30 dan bikin sendiri power jet nya + nozzle 30 lubang,os 100,porting in ex,bobok knalpot,gir 15/41 rim 17",papas magnet 0,5,ganjel per klep 1 mm,cdi std ting ting,kem std ting ting,ninin250 bisa barengin sejajar,tapi klo ninin 150 r masih ketinggalan dari rpm 8000 keatas masih kalah power

    BalasHapus

Pengikut