Home » , » Rumah kopling 6 per.... hmmmmm... Maknyuss :)

Rumah kopling 6 per.... hmmmmm... Maknyuss :)

advertisements

Rumah kopling 6 per ???
kaya gimana tuh ???
emang nambah baik performanya ???
yang kaya apa sih bentuk nya ???

ini nih rumah koplingnya :...

yupp...rumah kopling ini sering di pakai ama team-team balap untuk meningkatkan performa motor-motornya...fungsi utamanya, agar transfer daya mesin ke roda belakang lebih sempurna.
karena dari standard'nya yang cuma 4 per, di tambah lagi 2 per, jadi gejala selip kopling bisa di minimalisir...

trus apa fungsinya untuk motor harian ???
kalo untuk ku sih lebih mengarah kepada irit konsumsi bahan bakarnya :) ...
kan dari pertama babyblue ku modifikasi memang biar irit..(walopun bisa juga diajak lari-lari sih..)
dan pengen aja matahin mitos, kalo motor yang bisa lari (kenceng ) tu motor boros...ga selamanya tho ??
hehehehehe :D

dah, segitu dulu ya...
sekarang, ke langkah-langkah pemasangan nya di motorku..
nih urutannya :
  • buka cowlingnya. (semua dah pada bisa kan ?? ga perlu di urai kan yaa )
  • tap olienya.....:
  • lepaskan knalpot dan footstepnya :
  • lepas mekanisme kopling nya..juga bak koplingnya.. :
  • buka ke empat baut rumah koplingnya,dan lepaskan cover rumah koplingnya (plate pressure nya ), trus lepaskan juga plat kopling dan pelat geseknya (seperti ini jadinya ) :
  • sekarang melepas boss koplingnya..(harus di tahan dengan special tool ) dan melepas mur pengunci di center itu dengan kunci sok 19mm..(hati-hati, ringnya jangan sampe hilang ya..) :

  • mumpung dilepas, bersihkan juga deh primary house koplingnya...:
  •  kalo dah bersih, tinggal pasang boss kopling 6 per nya...jangan lupa urutannya ya.....ring nya juga jangan lupa di pasang...:
  • mumpung bongkar kopling, sekalian cek juga ketebalan plat kampas kopling nya... kalo masih tebel, ya pasang lagi aja...tapi, berhubung punya babyblue ini dah agak tipis, ya udah ganti sekalian.. :) :

  • pasang selang-seling...plat friction nya dulu, lanjut pelat geseknya...sampai semua terpasang sempurna di rumahnya.. , terussss.....waktu memasang cover rumah kopling (pressure plate'nya ) perhatikan tanda'nya yaa...biasanya berupa titik atau segi tiga :
  • nah sekarang tutup deh, kaya gini jadinya....di ukur sekalian depth groove untuk per koplingnya ya.. jangan sampe ntar kepanjangan per'nya..trus malah jebol lagi pressure platenya.. (mahal kalo beli satu set.. :/ ) :

  • setelah selesai ukur depth groove'nya...gantian kita ukur panjang dan diameter per kopling'nya...biar apa ?? ngitung jarak bebasnya bro...waktu keadaan per kopling di kunci dengan baut nanti, masih ada space untuk jarak bebas main nya kopling ga ?? (ini yang sering lupa...pas per di pasang dan di kencangkan, pressure plate'nya jebol tertekan per koplingnya ) :
  • sudah ??? ..... kalo udah kita ukur dan hitung panjang per saat terkompress dan kita pastikan jaraknya aman, baru deh kita pasang per koplingnya ke pressure plate / tutup rumah koplingnya.
    ngitungnya gimana ?? yah diameter kawat per'nya di kalikan jumlah ulir per'nya, misal diameter kawat per nya 2.2mm ulirnya ada 8, jadi panjang per kopling saat tertekan : 2.2 x 8 = 17.6mm.
    sedangkan jarak groove rumah kopling tadi 19.5mm, jadi masih ada jarak bebas per (untuk gerak pressure plate) 1.9mm.
    #moga-moga ga bingung.... :)
    lanjut pasang per dan baut penguncinya.... :
  • pasang yang kencang ya....biar aman.. (tapi ikuti batas maksimal pengencangan nya, jangan sampe nanti patah baut nya didalam boss kopling...ngelepasnya susyahhh bro / sis )
    nih penampakannya:
  • Udah kencang pasang baut rumah kopling'nya ???
    lanjut pasang bak kopling nya...masangnya kebalikan dari bongkarnya ya..jangan ada juga yang kebalik posisi baut-bautnya...kencangkan dengan sistem silang, supaya bak kopling bener-bener mendekap crankcase rata, dan ga ada kebocoran olie nantinya...
    o'ya (fyi)...biar nanti sewaktu-waktu gampang bongkar bak koplingnya, babyblue ini ga pakai lem gasket, tapi pakai olie yang ku oleskan tipis merata di permukaan gasketnya, jadi gampang bongkarnya, dan ga rusak gasketnya waktu di lepas seperti ini...
    setelah selesai pasang bak kopling nya, tutup lubang tap olienya dengan baut tap'nya....trus isi olie deh... :
  
  • setelah ter rangkai semua part dan bak koplingnya, setel deh handle kopling nya....
    kalo udah, tinggal test ride....
    berhubung waktu aku ngerjain ini emak dah ngomel-ngomel nyuruh beli beras, ya udah...test ridenya sambil belanja beras dehh... :p
    emang maknyuss banget transfer tenaganya pake rumah kopling per 6 ini...ga ada gejala selip lagi...
    berarti...proyek ngirit'in babyblue bisa di bilang sempoooaaaaaaa :D :D
    nih penampakan babyblue test ride sambil belanja beras.... :
test ride sambil belanja beras bro.... :p
Oke lah bro / sis...segitu dulu cerita tentang babyblue.....
kalo ada yang kurang jelas, silahkan di liat-liat lagi gambarnya...mungkin lebih jelas kalo gambar yang njelasin ya... :)
silahkan di komentari kalo ada yang bikin bingung.... :)
advertisements

38 komentar:

  1. menggairahkan.. :D

    BalasHapus
  2. woohh... untungnya karisma jadulku sdh menganut per 6,beda dengan generasi hsx 125 yang baru,pernya cuma 5...

    BalasHapus
    Balasan
    1. manteb emang kalau 1st edition ya mas.... :)
      ga seperti yg sekarang, harus ditambahin part2 optional kalo pengen performa maksimal... :)

      Hapus
  3. koyo tiger per 6 :D atossssssssssssssss :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga atos iki mas ipan....
      soko cet na per'e kethok,...
      ijo,untuk beban ringan..
      kuning : beban medium...
      merah : beban berat...
      Putih & biru : extra light..

      sebener'e bukan keras'e per kopling yang bikin ga slip, tapi pemerataan pressure pada kampasnya :)
      cmiiw ya mas ipan.. :)

      Hapus
  4. Bro victor, untuk lepas mur centre cluth di putar ke kiri apa ke kanan ya?

    BalasHapus
  5. Itu per nya pakek apa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. per bawaan rumah kopling nya mas...
      kalau beli rumah kopling , pasti dapet free 6 per nya..

      Hapus
  6. klo baut penekan per menggunakan baut absolut revo gimana gan?
    kependekan atau kepanjangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal dimensi sama, ga masalah koq mas..
      tapi kalau kepanjangan, ya di samakan aja dulu...

      Hapus
  7. handleny jadi berat ato engga?

    BalasHapus
  8. Abis brp nih bro? Kepingin bener full manual cuma sm bokap g dibolehin wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyicil dikit-dikit koq om..
      jadi ga terasa berat..
      kalau bak kopling manual nya dulu nebus 2nd.. sekitar 300an.
      rumah kopling 6 per nya sekitar 250an dulu.
      plat kopling pakai punya F1ZR.

      sekitar 700-900rb an deh om..

      Hapus
  9. mas, itu rumah kampas gandanya dilas apa dipasang jedek?? kalo dipasang jedek, minta fotonya dong, kayak gimana bentuknya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. rumah kampas ganda nya sekarang di ganti dengan balancer mas..
      coba cek aja di album facebook ku

      Hapus
  10. Mas motor saya jupiter sudah ganti sama 6 per merk tdr..tarikan handle kopling jadi keras...kalo pas perpindahan gigi sambil ditarik tuasnya kok bunyi brisik ya..kampas kopling pakai ori yamaha jupiter..tolong mas pencerahanya

    BalasHapus
  11. Mas motor saya jupiter sudah ganti sama 6 per merk tdr..tarikan handle kopling jadi keras...kalo pas perpindahan gigi sambil ditarik tuasnya kok bunyi brisik ya..kampas kopling pakai ori yamaha jupiter..tolong mas pencerahanya

    BalasHapus
  12. Mas motor saya jupiter sudah ganti sama 6 per merk tdr..tarikan handle kopling jadi keras...kalo pas perpindahan gigi sambil ditarik tuasnya kok bunyi brisik ya..kampas kopling pakai ori yamaha jupiter..tolong mas pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berat nya, biasanya karena pergerakan kabel (sling) kopling ga bebas.

      Cek juga gesekan di dalam bak kopling nya mas.

      Hapus
  13. Mas kalo saya cuma ganti rumah kopling per6 tapi masih otomatis, bisa gak mas.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa koq mas..
      tinggal tambahi baut pengikat per kopling nya 2pcs lagi berarti

      Hapus
  14. Salam knl nih, mau ty donk itu pasang rumah koplingnya tinggal pnp aja/hrs ngakalin lg?
    Kampas koplingnya perlu ga sih pakai merk racing semcm TD*, Kawa*ar* & merk sejenisnya yg beredar dipasaran?
    Atau lebih bagus kampas kopling pnya Jupi Z yg sy pernah baca lebih bagus kualitasnya drpd merk racing? CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas @Ronny...
      untuk rumah kopling nya, PnP sama part mesin lain koq mas.
      ga ada masalah instalasi.

      untuk plat kopling, aku malah lebih prefer pakai original nya mas, bahkan kalau dapet, lebih nyaman pakai type lawas yang satu pabrikan.
      karena pnp dan ketahanan nya lebih bagus dari pada merk2 aftermarket.

      Hapus
  15. pas di tarik sedikit, belum release bener antara kampas kopling n plat gesek nya, masih bergesekan...
    apalagi kalau kampas sama plat gesek nya baru.

    atau, bisa juga plat gesek nya ga searah pemasangan nya.
    ada sisi tajam yang berlawanan arah dengan yang lain, ini juga jadi sumber suara.

    rangkai searah dengan plat pertama yang ada dudukan judder spring nya mas, biar bisa perfect release kopling nya.

    BalasHapus
  16. Untuk pasang preasure plate nya, ada tanda titik itu disamakan dengan apa ya mas ?

    BalasHapus
  17. Spek singkat bak kopling setnya gan
    . Biar bisa d.contek .. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca yang artikel "kopling manual babyblue" mas...
      di tulisan2 awal blog ku ini

      Hapus
    2. https://segokucingenterprise.blogspot.co.id/2013/04/manual-clutch-baby-blue.html

      Hapus
  18. Pengen Pakai tapi takut keras mijit Kopling nya, Tapi yang paling paling nya belom ada duit buat belinya...

    BalasHapus

Pengikut