Home » »

Mengintip Apa Yang Tersembunyi di Balik Baju YZR M1 VR#46

Mengintip Apa Yang Tersembunyi di Balik Baju YZR M1 VR#46

advertisements
Ga terasa ya..ternyata, sudah delapan tahun VR#46 membalap dengan Yamaha di kelas 1000cc, di hitung juga dengan masa-masa kelas 800cc di lombakan, mulai dari tahun 2007 samapi berakhir tahun 2011 yang lalu.
banyak...sangat banyak yang berubah dari YZR M1 yang di naiki Rossi pada tahun 2006 dibandingkan dengan YZR M1 tahun 2013. Yang sudah kita lihat hasil akhirnya musim ini..

Panel Indicator M1 2013
Bentuk Frame M1 2013 yang bocor ke GPone
Mungkin banyak diantara kita yang sudah tahu, atau pernah mengintip part-part apa yang ada di balik fairing motor YZR M1 tahun 2006 milik Rossi, sejak Divisi Racing Yamaha merilis foto-foto ber resolusi tinggi ke publik, walaupun kita semua tahu bahwa apa yang ada di balik Fairing pacuan MotoGP adalah merupakan rahasia pabrikan yang dijaga sangat ketat.

Tapi yang pasti rahasia yang dijaga dengan ketat itu sempat bocor juga, karena ternyata masih sempat juga di curi gambarnya oleh "mata elang" dan lensa  kamera dari kru GPone.
Seperti foto dari M1 Lorenzo saat di padock, dan inilah sebagian rahasia menarik dari salah satu Masterpiece kebanggaan para insinyur Pabrikan Iwata ini.

Yang paling mencolok, Yamaha YZR M1 tahun 2013 memiliki Rangka yang hampir membentuk segi tiga utuh, yang menyembunyikan bentuk kepala silinder mesin YZR M1.
Sangat kontras dengan desain rangka "nyaris" Twin Spar murni pada YZR M1 tahun 2006.
Dan kita semua bisa melihat evolusi total pada filosofi desain M1, dari lengan (atau bisa di bilang sayap ) yang mencapai bagian bawah mesin, berbentuk segitiga yang terbuat dari aluminium.

Boleh di bilang hampir menyerupai bentuk konservatif dari desain Ducati yaitu : " Mesin sebagai sasis utama". M1 tahun 2013 rupanya lebih menitik beratkan pada daerah Front end Motor secara keseluruhan.
walaupun pada sasis Ducati GP11, ada subframe kecil pada bagian kepala Cyilindernya. Namun Yamaha tetap mempertahankan gaya sasis perimeter standar. 

Namun tetap saja ada kalangan tertentu yang menduga-duga, tentang bagaimana dan apa fungsi sasis M1 2013 di buat seperti itu. (Namun untuk lebih jelas ulasannya dapat kita baca langsung dari sumbernya di GPone)

Model frame YZR M1 2006 
Penampakan lebih jelas Frame YZR M1 2006
Top view YZR M1 2006
bagian mesin sebagai pemegang Suspensi belakang M1 2006
Front Right side view M1 2006
Wuihhhh... ribet juga ternyata ya jerohan dari YZR M1 VR#46 ini...
Nahh...untuk cooling down...
biar ga pusing ngeliatin kabel-kabel dan sensor yang berseliweran di motor Rossi itu....
pantengin "bonus" kali ini aja yaa... :D
Bonuspun ikutan ngintip... :p
advertisements

2 komentar:

  1. Balasan
    1. harus di perhatikan detailnya untuk ngerti apa aja yang nemplok di YZR M1 mas Wahid....

      dan ternyata...memang cukup ribet... :D

      Hapus

Pengikut