Home » »

Teknisi Elektronik Yang Menghubungkan Rossi dengan YZR-M1 Nya

Teknisi Elektronik Yang Menghubungkan Rossi dengan YZR-M1 Nya

advertisements
Dialah orang di balik kontrol elektronik M1 Rossi
Kali ini, kita belajar dan mengenal sosok genius di belakang motor YZR-M1 Valentino Rossi
siapa dia, dan apa tugasnya dalam tim YAMAHA FACTORY RACING.
okay...mari kita mulai....

MotoGP adalah puncak tertinggi dari kejuaraan dunia balap motor. Di sinilah tempat para bintang-bintang balap dari seluruh Dunia bertarung habis-habisan untuk meraih kemenangan, dan MotoGP adalah tempat dimana para teknisi terbaik menuangkan segala kemampuan dan kecerdasan mereka dalam menyempurnakan sebuah Mesin balap.
dan Saat ini akan kita kenalkan salah seorang teknisi yang menganalisa sejumlah besar data kemudian mengolahnya menjadi sistem kontrol elektronik mesin YZR M1 yang membuat Valentino Rossi dikenal sebagai pembalap yang memiliki kemampuan legendaris.

Vol.5 : Teknisi kontrol Elektronik yang Menghubungkan Rossi dengan YZR-M1 nya
Jerman / Jepang

Di MotoGP, Kelas tertinggi balap motor jalanan, Mesin-mesin dengan performa tinggi yang di tunggangi oleh para pembalap terbaik di dunia saling bertarung untuk meraih kemenangan, seringkali mencapai kecepatan 330 Km/jam. Balapan-balapan ini di siarkan kepada seluruh penikmat balap di seluruh Dunia,
Dan di kabarkan bahwa tiap tahun nya, seri balapan motoGP di tonton oleh lebih dari 5 milyar orang penikmat Balap dengan penuh kegembiraan dari depan Tivi mereka.

"YZR-M1" adalah Motor balap pabrikan yang di kembangkan oleh Yamaha untuk berkompetisi di ajang MotoGP.
Semenjak penampilan perdananya di Tahun 2002, YZR-M1 telah mengalami berbagai perubahan yang berkesinambungan dan menjadi salah satu pesaing terkuat untuk perebutan gelar juara.
Saat ini, YZR-M1 telah memberikan 6 gelar juara bagi Yamaha, 4 diantaranya di menangkan oleh Valentino Rossi dengan ketrampilan supernya, dan 2 lagi dimenangkan oleh Jorge Lorenzo.

Kazutoshi Seki telah menjadi teknisi kontrol elektronik Valentino Rossi, sejak Rossi bergabung dengan Yamaha Factory Racing di Tahun 2004.
Di balik Kemampuan membalap Rossi yang Fenomenal, adalah kepercayaan Rossi terhadap kemampuan analisa Seki. Bermula dari pengalaman Seki menangani sejumlah besar data kemudian mengolahnya menjadi bahasa program yang Presisi untuk mengontrol YZR-M1 di lintasan.

Untuk menjalankan dan Mengendalikan YZR-M1 dan membawanya meraih kemenangan. Dibutuhkan kerjasama dan pencurahan kemampuan dan Hasrat banyak orang yang saling bahu-membahu di tengah bising nya raungan mesin-mesin motoGP. Seki adalah salah satu dari pahlawan di belakang suksesnya YZR-M1. Ketika Seki berada di sirkuit selama minggu balap berlangsung, dan berada jauh dari markas dan area test Yamaha di Jepang. Ia selalu memperhatikan dan mempelajari Data balapan Rossi dan Data-data yang telah di kumpulkan Rossi dari seluruh sirkuit, kemudian diolah dan dan di transfer ke YZR-M1 Rossi untuk membawa kemenangan bagi tim YFR.

"Banyak anggota tim yang telah bekerja keras untuk mengoptimalkan tenaga mesin M1, dan tugas dari seorang teknisi sistem kontrol elektronik adalah memangkas tenaga mesin M1" : begitu kata Seki.
"Saat di perlukan, kami memaksimalkan tenaga mesin M1, tapi jika di rasa tidak perlu, kami membatasi tenaga mesin dan mengutamakan pengendalian motor yang lebih baik bagi Pembalap. Tentu saja, untuk tiap sirkuit, kami selalu merubah karakter mesin. Sebagai contoh saat M1 memasuki tikungan, dan tenaga mesin di rasa berlebihan kami memangkasnya sedikit. Dengan perbedaan karakter mesin ini, anda akan merasa bahwa motor ini akan sangat berbeda."
Hanya satu mesin yang boleh di gunakan, tapi satu mesin itu dapat berubah karakter menjadi "seperti" beberapa tipe mesin, dan menciptakan perubahan karakter mesin itulah yang menjadi tugas Seki

Huruf "M" pada YZR-M1 adalah akronim dari 2 hal.
pertama adalah : "MISI" -sebagai pengumpan data dan tehnologi yang di dapat dari  ajang MotoGP untuk Motor-motor Produksi Yamaha, dan "MISI" untuk memenangkan gelar kejuaraan MotoGP.
Sebagian teknologi terbaru yang di kembangkan Seki dan Anggota tim lainnya dalam upaya mereka untuk meraih kemenangan di lintasan, pada Akhirnya akan di aplikasikan pada sistem kontrol elektronik motor-motor produksi yamaha.

Untuk lebih jelasnya lagi bisa di simak video yang di rilis oleh Yamaha Motor ini....
berikut videonya... silahkan di buffer...


Bonus kali ini ga ada ya.....nikmatin yang ada di video aja deh... :D
Thank for all of you....
advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut