Home » »

Penjelasan Stoner Tentang Rear Wheel Steering-nya

Penjelasan Stoner Tentang Rear Wheel Steering-nya

advertisements





Tulisan berikut merupakan terjemahan wawancara dari wartawan Motomatters David Emmett Di sini
dan kali ini kita akan coba belajar memahami trik dari Casey stoner mengendarai RCV nya.
Oke kita mulai.....

Satu Hal yang mengasyikkan ketika memperhatikan Casey Stoner mengendarai motor kelas MotoGP adalah caranya mengontrol arah motor dengan menggeser roda belakangnya di tikungan (rear wheel steering ). Di saat aksi sliding yang spektakuler ( dengan rear wheel steering ) begitu di nikmati oleh para penggemar motoGP telah redam oleh intervensi elektronik, namun Stoner berhasil meyakinkan para teknisinya untuk membatasi kinerja elektronik, hingga cukup memberinya kontrol untuk melakukan aksi rear wheel steering saat menikung (dimana cara ini sangat efektif untuk melahap tikungan-tikungan cepat ).

Kemampuannya telah mempesona para fans dan wartawan di seluruh dunia, dan banyak yang memintanya untuk menjelaskan, bagaimana dia melakukannya , Namun bagi Stoner sendiri pun tampak nya sangat sulit untuk menjelaskan dengan tepat apa yang telah dilakukannya itu.
Di Qatar, sejumlah wartawan - termasuk MotoMatters.com - kembali mendesak pembalap Repsol Honda itu untuk menjelaskan dengan tepat, di mana dan kapan ia mulai memilih untuk menggeser roda belakang motornya, dan keuntungan apa yang ia peroleh dari aksinya di lintasan itu.
Meskipun ia menampiknya- " Ini benar-benar sulit untuk dijelaskan, sudah banyak yang menanyakan tentang hal itu padaku,  " lanjutnya -
lalu ia menjelaskan dengan panjang lebar tentang apa yang dia lakukan, dan kenapa ia harus melakukannya.


Di tegaskan Stoner lagi : "Pertama-tama yang harus di pahami dan di bedakan dulu adalah, kita yang mengontrol bergeser'nya roda belakang, atau kah roda belakang bergeser tanpa kita sadari karena power berlebihan."

"Biasanya, ketika Anda sengaja menggeser roda belakang, itu berarti dalam kendali anda, Ini berarti Anda berniat sengaja melakukannya, Anda tidak hanya menikung dan tiba-tiba roda belakang bergeser."
"Tapi teknik menggeser roda belakang ini (rear wheel steering ) tidak bisa di gunakan di sembarang tikungan , teknik ini bisa di gunakan di tikungan-tikungan tertentu di lintasan dan.kadang kala sedikit menakutkan waktu menggunakan tehnik ini melahap tikungan,
jika Anda membuat kesalahan kecil waktu menggeser roda belakang,....selesai sudah, dan akan  menjadi bencana pada balapan anda. Jangan dilakukan kalau anda sudah mulai ragu dan tidak percaya diri melakukan nya."


"kepercayaan diri adalah Kunci untuk melakukan aksi tersebut,"

Demikian penjelasan stoner. : "dasarnya adalah kepercayaan diri saat melibas tikungan dan perhitungan yang matang tentang aksi yang akan di lakukan, apa reaksi dari motor, kemudian menyelaraskan reaksi motor dan kepercayaan diri, masuk tikungan secepat mungkin, dan membuka gas sesegera mungkin, serta sedikit menge'rem roda belakang."
"aksi ini bukannya tanpa resiko,  namun: "sering kali, jika kita memperlambat putaran roda belakang saat melakukan aksi rear wheel steering, itu juga berada dibatas motor melemparkan anda karena ban belakang tiba-tiba mencengkeram lintasan dengan kuat. jadi ada situasi dimana anda memperlambat putaran roda belakang sembari menggeser roda belakang untuk mengarahkan motor keluar tikungan dengan cepat, dan situasi dimana anda mengerem roda belakang terlalu kuat, dan motor akan melemparkan anda secara tiba-tiba.

Q : Jadi bagaimana Anda tahu kapan waktunya untuk menggeser roda belakang dan kapan untuk tidak melakukannya ??


"benar-benar sulit untuk menjelaskannya," jawab Stoner.
"ketika anda berada diatas motor,Anda akan menyadari waktu yang tepat untuk melakukan rear wheel steering, dan kapan waktu yang tak tepat.
dan tak banyak pembalap yang mampu melakukannya, dan ataupun melakukan nya dengan sempurna, terlebih lagi mampu menggunakan teknik ini dan mencetak waktu lebih cepat lagi di lintasan. Mungkin tiap pembalap bisa menggeser roda belakang motornya, namun untuk menggunakan teknik itu dan menjadi yang tercepat adalah suatu hal yang rumit, dimana tiap pembalap akan mencoba meminimalisir spin di motornya."


Kenapa Stoner sangat sulit untuk menjelaskan bagaimana tehnik dan waktu yang tepat untuk menggeser roda belakang adalah, karena ada banyak cara untuk melakukan aksi rear wheel steering ini.
dan tiap tikungan memerlukan cara yang berbeda untuk menahlukkan nya.
Demikian penjelasan stoner lebih lanjut.

" kurang lebih seperti ini (untuk memberikan satu penjelasan ) karena tiap situasinya berbeda, dan tiap tikungan yang akan dilalui pun berbeda cara menggeser roda belakang nya. kadang untuk menghadapi satu tikungan kita harus benar-benar di dalam sudut tikungan, menekan kemudi dengan kuat, dan menutup gas nya untuk membelokkan roda depan, kemudian roda belakang akan mengikutinya dengan mudah setelah mendapatkan cengkraman di lintasan.
sedangkan memasuki tikungan yang lain, kita harus mengerem dengan lembut, karena kalau kita mengerem dengan keras, begitu roda belakang mencekram lintasan, motor akan melemparkanmu dengan tiba-tiba (highside)." imbuh Stoner lagi : "cara ini, bukan seperti kita masuk ke tikungan lalu menggeser roda belakangnya, sangat-sangat berbeda."


Q : proses di bagian mana yang terpenting dari tehnik ini ?


bagi stoner, yang terpenting adalah komitmen nya. " di tikungan ke 3 Valencia dan tikungan ke 3 Phillip island cara melibas tikungan nya sama. Anda harus masuki tikungan itu dengan agresif - karena kemiripan kontur tikungan nya, dua-duanya tikungan cepat kekiri.
anda harus masuki tikungannya secepat mungkin, perberat bagian depannya, angkat sedikit roda belakangnya, dan buka gas secepat mungkin. tapi pastikan anda tidak terlalu cepat memasuki tikungan, melainkanan anda harus secepatnya membuka gas agar roda belakang segera mendapatkan cengkraman ke lintasan, karena grip ban ke lintasan sangat kuat di kedua tikungan itu. tapi trik itu tidak berlaku di tikungan-tikungan lain nya.
di sirkuit valencia,kita bisa dapatkan  daya cengkram ban ke aspal yang baik, sedangkan di phillips island anda masih berada di gigi 5. dan tenaga di gigi 5 kurang untuk mendorong motor lebih cepat keluar tikungan. jadi anda harus membuka gas secepat mungkin agar cepat keluar dari tikungan itu. dan dari titik itu, anda tetap harus menjaga kecepatan saat melibas tikungan.
kalau roda belakangmu bergeser, dan pergeserannya terlalu banyak, maka engkau akan kehilangan kecepatanmu melibas tikungan, sedangkan jika roda belakangmu hanya sedikit bergeser, maka cengkraman ban belakang akan melonjak tiba-tiba, dan roda depan akan segera terangkat dan mengagetkanmu. Ini sangat susah dijelaskan."


Q : Apakah Stoner melakukannya dengan sadar atau sekedar reflek dan kebiasaan ?
Dengan tegas Stoner menjawab :

"Anda harus benar-benar tahu dan paham untuk melakukan trik menggeser roda belakang ini, beberapa tikungan mengharuskan kita untuk menegakkan motor segera dan melewatinya dengan cepat. Tapi di kedua tikungan sirkuit valencia ini (tikungan ke 3 dan ke 4) setelah tikungan ke kiri, disusul dengan tikungan ke kanan yang harus cepat di lalui.
kebanyakan pembalap melebar saat melewati tikungan ini, dan mereka harus segera mengkoreksi arah motor mereka untuk melahap tikungan berikutnya."
Sedangkan stoner, dengan menggeser roda belakangnya dan tetap menjaga ritme kecepatannya di tikungan dia sudah siap untuk melahap tikungan berikutnya, begitulah dia menggunakan trik rear wheel steering ini di tikungan ke 3 sirkuit Valencia.

Q : Apakah itu berlaku juga untuk memasuki tikungan ke tiga di sirkuit sepang (malaysia ), suatu tikungan dimana Stoner dan pembalap lainnya sering kali melibas tikungan ini dengan tehnik menggeser roda belakang motor mereka ?
"Tikungan ke tiga di sepang sangat berbeda, karena anda terlalu cepat memasuki tikungan itu, maka roda akan kehilangan cengkraman ke lintasan (spin). Dan roda akan tetap kehilangan cengkraman nya saat anda melintasi batas kerb di ujung tikungan, lalu anda akan sedikit melebar saat keluar tikungan dan menanjak, jadi pada dasarnya anda akan melebar sedikit dan ini akan memperlambatmu.
jadi, saat anda berada di  titik yang tepat, anda harus menegak kan kembali motormu dan melintasi bibir lintasan dengan cepat." Demikian penjelasan stoner.
jadi, ahkirnya bisa kita simpulkan bahwa anda harus mengembangkan tehnik dan pendekatan yang berbeda yang akan di gunakan untuk melibas tiap jenis tikungan. tergantung dari daya cengkram ban ke lintasan dan banyak hal lainnya.
Sayangnya, akhir-akhir ini tehnik menggeser roda belakang ini bukanlah cara tercepat untuk melahap tikungan, hanya pada beberapa tikungan tertentu cara ini akan efektif di gunakan.

yupp, itu tadi petikan wawancara antara David Emmett dengan Casey Stoner tentang trik dan Rahasianya melakukan aksi Rear wheel Steering dan Sliding di tikungan, yang sering kali bikin kita kagum...
dan mungkin banyak dari kita ingin mencobanya...
tapi... ada tapinya juga lho...
aksi ini harus di perhitungkan bener-bener dan menggunakan peralatan safety yang memadai..

#barangkali ada diantara brother sekalian yang ini mencoba trik dari stoner ini ??
oke....................... sekian dulu dan terima kasih...

Bonusnya.....:
Nungguin mas Stoner di paddock
advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut