Home » , »

Penampakan Karbu Mikuni VM26 Terpasang di Byson

Penampakan Karbu Mikuni VM26 Terpasang di Byson

advertisements
Tentunya masih  ingat dengan ceritaku tentang pemasangan Karbu Mikuni VM26 punya RX-King untuk mengganti Karbu BS26 bawaan Byson Kemaren kan ??
Nah...beberapa minggu yang lalu, ada keluh kesah kawan ini tentang "kebo"nya... (tapi baru sempet bikin tulisan sekarang-baru ingat soal'nya...hehehe )

pertama dia tanya, : " kalau timah yang di kabel gas di ganti sama lilitan benang gimana mas ?? bisa ?? "
"bisa aja." jawabku... tapi aku jadi mikir juga, kenapa harus di ganti ?
ku tanya lagi sama dia : " emang kenapa sama koq mau di ganti lagi ??"
mulai lah dia cerita...
beberapa hari yang lalu, dia dan temen kost'nya pulang kerja rada malam...
nah, sampai di daerah bunderan 3 Citra Raya, tiba-tiba si kebo ga mau di gas....ngelos gitu...
ternyata timah solder yang di ujung kabel gas lepas, karena gas si kebo ini jadi sering di sentak-sentak..
(karena enak di ajak akselerasi )
wadhuhh....dan disini lah mulainya kesalahan terjadi...

si kebo masih bisa langsam...sedangkan jarak ke rumah kost mereka masih sekitar 2km.
dari pada jalan kaki sambil dorong si kebo, di naikkan lah setelan langsam karbunya...
TANPA di periksa, dan di ambil dulu potongan timah kepala kabel gas nya...
masukkan ke gigi 2 dan....jalan pulang...

beberapa hari kemudian si kebo ga keluar kandang, karena mereka berangkat kerja dengan motor cadangan :D .... Baru hari sabtu'nya pas kawan ini libur, dia cerita kejadian lengkap nya.., kenapa pengen pasang lilitan benang di ujung kabel gas si kebo..
ya wis, langsung aku meluncur ke rumahnya untuk liat keadaan si kebo..
cek lagi kondisi karbunya, raba intakenya..
ga ada potongan timah nya..."Hmmm, dah sampe mana timahnya ya ?" batinku..
ga lama kawan ini kasi benang untuk di lilit di ujung kabel, ganti timah yang hilang..
setelah selesai, dan pastikan lilitan kencang... pasang lagi skep, jarum, per dan tutup karbunya.
pasang ke intake, dan coba start mesin si kebo....

setelah si kebo nyala mesinnya...aku yang kaget :3
ternyata byson ni ngebul putih pekat....pertanda ada olie yang ter bakar...
Hadeeehhhhh.... ini pasti timahnya tersedot ke dalam cylinder...
dan mau ga mau, harus segera bongkar dan cek mesin nya..
berhubung warung angkringan ku lagi ga libur, dan si kebo pengen segera di bawa ke tempat kerja di cikarang, langsung aja di rujuk ke bengkel temen yang ready..
bongkar head nya...dan tampaklah penyakitnya...
timah masuk ke cylinder dan bikin bengkok ring piston nya..
sedangkan liner cylindernya selamat. fiuff...
terpaksa ganti piston berikut ring nya...

berhubung dah sore, dan ga sempat lagi belanja, si kebo terpaksa nginap semalam di bengkel..
babyblue pun jadi kendaraan operasional si kawan ini semalaman..
ya wis lah ga papa, lagi pula malam minggu aku pasti sibuk banget di warung bantuin jualan emak.. :D
besoknya,  sekitar jam 2 siang ternyata si kebo dah selesai di service dan service.
dan sudah di ambil kawan ini..
oke masalah selesai pikirku...

Selang tiga hari kemudian, dia telepon lagi dari cikarang...laporan lagi kalau kebonya ngebul lagi..
what ??? koq bisa ??? padahal kemaren dah normal..
"ya udah, bawa lagi kesini, naikin truk PT aja kalo pas ada pengiriman kesana." saranku...
"ga ada lagi pengiriman ke cikarang mas, terpaksa harus di naiki ke tangerang..." itu jawabnya via telepon..
"ya udah, pelan-pelan aja, sama bawa stock olie... langsung isi lagi olienya kalau pas istirahat di jalan." pesanku..
sampai di tangerang, dia cerita lagi kalo ga sempet isi olie di jalan, karena pas di check, olinya ga berkurang...
Asemmm bener dah ni bocah, trus kenapa lagi ama kebo'nya ya... :3

setelah di cek ulang lagi, ternyata karena karet intakenya bocor, bikin motor susah nyala, kalopun bisa, putaran ga bisa langsam dan ngebulnya pun ternyata sisa olie di knalpot waktu ngebul pertama kemaren..
ya udah kudu ganti karet intake. dan langsung dia berangkat bawa babyblue sama sigmat untuk ukur karet intake yang pas ke moncong karbu dan menifoldnya.
akhirnya...dapat juga karet intake yang pas... pakai selang radiator mobil timor yang ukuran dalamnya 32mm.
potong sepanjang kurang lebih 45mm, masukkan ke manifold, pasang karbunya dan ikat dengan klem.
beres....
coba starter...dan seting angin...
sipp, ga ada kendala lagi sampai sekarang...
moga-moga aja dia ga pecicilan di cikarang sana...
Oh' iya...nih penampakanya setelah terpasang...
ngintip malu-malu...
nih penampakannya..
Oke,.........segitu dulu ceritanya ya...
monggo kalo mau di komentari..... :)
advertisements

20 komentar:

  1. setiingan mj dan pj nya brapa bro kalau pake karbu king ini??

    BalasHapus
    Balasan
    1. PJ dan MJ nya pakai bawaan karbu king mas...
      tapi di seting irit, posisi clip jarum skep di posisi paling atas.

      Hapus
  2. Klo manipolnya terlanjur di potong pendek di belakang lubang angin...sehingga gak bisa masuk mulut hisap karbu ke moncong filter boleh nggak di kasi selang Radiatornya agak Panjangan dikit mas Bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja sih mas Tora....
      yang penting, suplai udara yang masuk ke karbu ga terganggu...
      suplai yang terganggu ini yang menyebabkan mesin ga bisa kerja maksimal kan... ?

      Hapus
  3. makasih loh mas, saya banyak dapet ilmu disni :D
    oh iya ngomong2 itu byson pake filter standar atau variasi?
    terus throttle position censor nya gmn tuh mas?
    sory mas banyak nanya, soalnya mau jajal juga dibyson gw :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembali kasih mas :)
      byson'nya masih pakai box filter standard'nya..
      tapi elemen filternya di lepas..
      throtle position sensor'nya di non aktifkan mas..
      nyala terus kalau di dashboard nya.

      Hapus
    2. oh ok mas makasih ya

      Hapus
  4. Mas victor . Ini rencana mau pakek karbu king apa karbu ninja 2 tak ya enaknya . Sama spuyernya pakek apa , kalo setelah pakek efekaya apa mas . Thx mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry...sorry banget baru sempet buka blog ya mas..

      mau pakai mikuni VM26 ( karbu rx King ) atau PWL 26 (ninja R 2 tak )
      terserah kantong mas Yuda, kalau untuk PWL, mungkin harus rogoh kocek agak dalam mas, soalnya kemaren waktu ke toko spare part langganan, harga PWL 26 ori new stock, sudah bertengger di kisaran 1.23jt rupiah mas..

      kalau ukuran spuyer di sesuaikan aja dengan kebutuhan mesin.
      yang penting masih bisa ekonomis, dan pembakaran optimal.. :)

      Hapus
  5. Mas victor . Ini rencana mau pakek karbu king apa karbu ninja 2 tak ya enaknya . Sama spuyernya pakek apa , kalo setelah pakek efekaya apa mas . Thx mas

    BalasHapus
  6. Mas kabel gas e nganggo opo??
    Soale aku yo duwe karbu king ori arep tak pasang nang satria fu, wes tak tukokne gas spontan tapi ora cocok nang tutup skep karbu king e, ono wesi bengkong ulir..
    Carane piye yo mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di byson itu, pakai punya jupiter mas kabel gas nya..
      Jadi masih bisa di stel jarak bebas nya kabel gas...

      Hapus
  7. pny ane pakai karbu king kw 2 hehe.kabel gasny pake yg standar, timah d ujung tali gas perkecil aja pakai gerinda.di banding dengan karbu standar jauh enak pakai karbu king (apa lg karbu king aslinya.hehehe)

    BalasHapus
  8. pny ane pakai karbu king kw 2 hehe.kabel gasny pake yg standar, timah d ujung tali gas perkecil aja pakai gerinda.di banding dengan karbu standar jauh enak pakai karbu king (apa lg karbu king aslinya.hehehe)

    BalasHapus
  9. Ku punya karbu vm26 mau aplikasi ie thunder.. yg harus di gantinapaa aja mas

    BalasHapus
  10. Ku punya karbu vm26 mau aplikasi ie thunder.. yg harus di gantinapaa aja mas

    BalasHapus
  11. Byson saya udah ganti karbu king kw gan..
    Kok brebet yah..
    Trus itu lubang pompa oli di karbu king di buka apa di tutup aja gan.. makasih

    BalasHapus
  12. Byson saya udah ganti karbu king kw gan..
    Kok brebet yah..
    Trus itu lubang pompa oli di karbu king di buka apa di tutup aja gan.. makasih

    BalasHapus

Pengikut