Home » , , , »

Bermain Dengan Rangka bagian ke 2

Bermain Dengan Rangka bagian ke 2

advertisements
Setelah kemaren di sini kita belajar tentang bentuk awal rangka / sasis motor kita.
selanjut nya kita akan mendalami tentang bahan-bahan  atau tipe material dasar pembuat rangka motor kita.

tentang Bahan-Bahan... (kaya mau masak aja yaa :p )
rangka / sasis sepeda motor di buat dengan berbagai jenis material logam dari masa ke masa. mulai dari berbahan dasar baja sampai ke serat karbon hybrid.
rangka-rangka motor sampai sekarang ini sudah bermacam-macam bentuknya.

Pipa Baja
Baja merupakan material rangka yang sangat bagus karena beberapa alasan : antara lain, baja itu kuat, mudah di bentuk dan harganya relatif murah.
sedangkan minusnya material ini antara lain : berat dan rentan berkarat.

Sampai awal tahun 1980 an, rangka pipa baja ini di pakai hampir di semua motor, karena kinerja material rangka pipa baja yang cukup bagus.
rangka dari pipa baja yang di gunakan pada motor-motor keluaran tahun 1960-1970an pada umum nya menggunakan sistem "cradle". Dimana mesin di pegang oleh satu atau dua pipa baja yang menjulur dari poros komstir - melengkung ke bawah mesin dan melengkung kembali ke poros depan swingarm nya.
dan sebuah tulang dari pipa baja yang lebih besar di pasng di atas mesin dan kemudian melengkung ke poros depan swingarm.

Selama ini, bentuk lengkungan sangat susah untuk di buat kaku, banyak motor-motor yang di produksi pada tahun 1970an memiliki handling yang buruk.
Motor Kawasaki dua tak dengan tiga silinder, menggunakan peredam kemudi berukuran besar untuk mengimbangi liarnya kontrol yang di sebabkan oleh mesin yang sangat bertenaga dan rangka yang kurang rigid / kaku.  

kawasaki H1 th  1970
Membangun rangka motor yang kaku, dan ringan dari pipa baja merupakan permainan bentuk segi tiga. Segi tiga adalah bentuk yang kaku. karena untuk merubah bentuk suatu segi tiga, kita harus merubah sudut-sudutnya dan juga panjang sisi-sisi pembentuk segi tiga nya.
sebagai perbandingan ; untuk merubah bentuk sebuah persegi empat, kita hanya perlu merubah sudutnya, dan persegi empat itu akan berubah bentuk menjadi jajaran genjang.

Beberapa perusahaan pembuat suku cadang, seperti Harris, Bimota dan Moto MArtin membuat rangka pipa baja dengan ukuran yang lebih pendek, menggunakan prinsip dasar segi tiga untuk menambah rigiditas / kekakuan rangkanya.
Rangka-rangka produksi perusahaan-perusahaan ini rata-rata mahal dan kurang praktis, tapi memberikan karakteristik pengendalian yang lebih baik dari rangka standard pabrikan jepang pada masa itu.

Rangka Ducati 851
Dan ekpresi tertinggi dari rangka baja berbentuk segi tiga ini sudah pasti kita kenal, yaitu DUCATI.
Produsen motor-motor superior. Mulai dari ducati 851 yang di produksi tahun 1987 sampai yang terakhir ducati 1098R, semuanya menggunakan rangka trellis dari pipa baja, dengan bentuk potongan-potongan segi tiga yang disatukan.
jangan tertipu fairing di belakang ya, ini rangka Ducati 1198R
wuihh... ternyata masih panjang ulasan tentang rangka ini...
lanjut nanti lagi yaa.....
biar ga bosen nunggu'in....
silahkan temenin mba-mba ini lagi deh...
sambil nunggu, pesen jus jeruk dulu yaa...




advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut