Home » , , , »

Mainan Suprit Juragan Merpati (Supra X 125i 2007)

Mainan Suprit Juragan Merpati (Supra X 125i 2007)

advertisements
Dah lama juga ternyata ga cerita pengalaman bareng temen-temen yak....
Review lagi file-file di komputer jadul ku,
ternyata nemuin foto-foto pas lagi bongkar Honda Supra X 125i lansiran tahun 2007.
milik kawan si "Juragan Merpati Balap" yang tiba-tiba mengalami trouble waktu ngisi bbm.

Ceritanya gini :
sehabis pulang dari pasar, nganterin mamak belanja kebutuhan warung, belum ada Lima menit kami sampai, ngidupin komputer buat browsing sama efbe'an...
ada suara motor yang janggal banget....dan berhenti di depan rumah.
setelah aku keluar, karena penasaran.....motor siapa sih koq miris banget di dengernya.
ternyata si juragan merpati yang nongol.

Dia cerita, kalau motornya tiba-tiba aja berisik waktu ngantri bbm, di  tempat yang sama waktu babyblue ngalami kejadian ini.mana kawan ini butuh buru-buru untuk nganterin anak nya sekolah, sama berangkat kebengkel tempatnya kerja.
Berhubung di rumah waktu itu ada Z1 punya si "Conan" ya udah, ku pinjamkan aja dulu motor si conan.
Sambil dingin'in mesin supra X nya..

Setelah sekitar setengah jam, dan si juragan kelar nganterin sekolah anaknya.
mulailah kami bongkar motornya.
Pertama, copotin cover-cover bodynya. juga kabel-kabel lampu senja dan sein si supra yang ngikut di side cowlingnya.
baru kami bongkar Rangkaian Throtle body beserta kabel-kabel sensornya, biar bongkar bagian head dan blok cylinder nya gampang nanti.
Nih part-part head si suprit
Lalu bongkar bagian head'nya, untuk pengechek'an bagian mekanisnya, adakah yang rusak, aus atau hancur ?  karena suara mesinnya bikin miris banget waktu datang.

Syukurlah ternyata  kami ga temukan part-part yang rusak parah atau pun aus di bagian head mesin nya.
bersih banget ya mesin yang udah umur 7tahun
Lanjut lagi lepas blok Cylindernya, untuk inspeksi keadaan piston, ring dan stang pistonnya.
karena kami khawatir dari situ sumber suaranya.
ternyata...piston baik-baik aja koq, cuma ring olie nya memang dah agak lemah, dan tak mau mengembang sempurna lagi untuk membilas Olie yang di semprotkan pompa olie untuk melumasi dinding cylinder dan bagian bawah piston.
berarti ring piston set ini yang harus diremajakan.
lanjut inspeksi di blok cylindernya. ternyat blok cylinderpun masih OK, ga perlu untuk di utak-atik, kecuali di bersihkan dari kerak-kerak pada bagian deck clearance nya.
Blok cylinder overall OK
Ternyata...setelah kita inspeksi tensioner camchain (Penegang otomatis rantai keteng) nya..
part ini lah yang jadi biang keladi berisik nya mesin si supra.
pffftttt.............. nyesel dikit sih, kenapa ga dari tadi part ini yang di cek yakk :D
tapi ga masalah juga sih, bisa sekalian inspeksi part-part daleman mesin lain nya kan.
Ternyata tensioner ini biang keladinya
stang piston dan lainnya OK, tinggal bersihkan sisa gasketnya aja.
seperti ini tho ternyata Throtle body supra 125i
 Oke...Karena sumber masalah sudah di temukan, langkah selanjutnya ya cari part pengganti nya,trus di rangkai ulang, biar si suprit bisa di ajak gawe lagi.
sembari nunggu'in si juragan berburu part pengganti, aku bersihkan semua bagian head, dan pistonnya.
sapu bersih kerak karbon ini, biar seperti baru lagi :D
karena si pemilik rada lama berburu ring piston, tensioner, seal klep sama packing top setnya,
aku jadi iseng deh :D :D
ambil bor tuner, dan colek-colek dikit lubang portingnya.... hehehehe.
biar rada gampang campuran gas dan bbm nya ngacir ke dalam ruang bakar..
tapi ga maen ekstreem sih, sebatas cukur kulit jeruk di dinding lubang porting, dan perlebar sedikit area di bawah daun klepnya.
udah..gitu aja koq.
port in hasil tangan jahilku, tambah lebar 1mm :D
Port out juga ku isengin dikit aja :p
Cek piston, dan sapu bersih kerak-keraknya...
seperti ini aja
dah,ga usah bersih-bersih banget..takut di tawar orang nanti :p
di lanjut bersihkan sisa gasket yang masih nempel di crankcase.....
ternyata, gasket bawaan pabrikan ini rada bandel juga, butuh ketelatenan dan kesabaran untuk bersihkan semua sisa packing bawah blok ini.
lumayan, setengah jam baru bersih permukaan crankcase dari sisa gasketnya..
tuh gasket yang bandel, susah di gusur nya -_-
Setelah si juragan datang, dan bawa part-part aftermarket pengganti nya, langsung aja rakit lagi piston dan ringnya ke stang pistonnya, lanjut pasang blok cylindernya, rangkai part-part mekanis daleman head.
seterlah semua terpasang pada tempat nya, barulah head di kawinkan dengan blok cylindernya,
stel juga agar posisi top pada noken as snkron dengan posisi top kruk asnya.
setelah semua sinkron, baru pasang tensioner aftermarket nya, di susul rangkai lagi throtle body selang bahan bakar, serta kabel-kabel sensornya.

cek sekali lagi...adakah part-part yang terlewatkan waktu proses perakitannya (yang pastinya kebalikan proses bongkar ya.)
setelah kami yakin, ga ada yang terlewatkan, barulah test running mesin si suprit..
dan.... Thanks GOD.... motor ini bisa berkitir dengan halus lagi.

koq ga ada proses stel angin-angin nya ??
ya pasti lah.... kan motor ini sudah injeksi, biar ECU yang seting ulang.
kita seting stationernya aja.

Udah ?? kelar ???
iyaa.....soal rangkai cover-cover body nya, semua kan dah pada tau urutan pasangnya, kebalikan urutan bongkarnya aja...
sekarang, waktunya ngaso....
sambil liat'in mba-mba ini....biar adem :p :D
di cari'in...ternyata lagi maen Zombie vs Plant -_-
advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut