Home » , , , »

Bermain dengan Sasis / Rangka

Bermain dengan Sasis / Rangka

advertisements
Penjelasan tentang Frame/Sasis Motor : Bermain dengan Sasis / Rangka

Pembahasan kali ini terjemahan dari artikel di "sini"
berhubung pembahasan nya cukup panjang, terpaksa ku bagi jadi beberapa bagian ya bro-sist..

okay...kita mulai :)
tentang Sasis atau Rangka,
Sasis atau rangka motor kita adalah hal yang fundamental agar motor bisa kita kendarai di jalan,



Frame / Sasis motor baru
Tapi....apa saja yang penting dari Rangka motor kita ? mari kita cari tahu..

Sebuah Rangka sepeda motor, adalah satu bagian penting yang menggabung kan performa dan kepraktisan, suatu hal yang jamak, namun juga mengagumkan dan unik.
Di satu sisi, rangka / sasis hanyalah merupakan sususan logam yang dipakai untuk menempatkan jok, mesin dan suspensi.
Namun di lain sisi, rangka / sasis juga harus merupakan struktur yang ideal, rigid, seringan mungkin, dan presisi dengan geometri yang tepat, sehingga tidak terjadi hal-hal konyol, seperti tangki yang lepas saat kita kendarai. :D

Dasarnya cukup sederhana, Rangka harus bisa menopang sang pengendara (pembonceng juga), mengikat mesin, suspensi dan sistem kemudi, juga sebagai tempat ikatan sistem penunjang motor lainnya, antara lain, part elektronik, coverbody, bagasi, tangki bahan bakar, dan juga knalpot.

saat kita membahas tentang tipe rangka sepeda motor konvensional, dengan swingarm ganda dan suspensi depan biasa. Poros kemudi (komstir ) pada  rangka / sasis harus tegak lurus dengan titik as depan swingarm.
dan juga,seminimal mungkin tekukan dan bagian fleksibel. karena, saat motor di kendarai di tikungan, ataupun di jalanan yang lurus, sangatlah penting menjaga agar roda depan dan belakang selalu sejajar dalam garis lurus kemanapun arah sepeda motor di kemudikan.

bahkan bila sedikit saja gerakan pada poros swingarm akan berabe hasilnya.
yang mana bila jarak sumbu roda belakang dan poros putar swingarm nya di perpanjang akan berdampak makin besar pula gerakan di belakang bagian kemudi.
hasilnya gerakan di sektor belakang kemudi akan berbentuk seperti alunan ombak dan goyang-goyang. karena gerakan pada rangka /sasis memungkinkan roda bergerak sendiri-sendiri sesuai dengan gaya dan inersia yang di terimanya, dan tidak bisa mengikuti arah kemudi kita.

Rangka/ Sasis motor modern rata-rata besar, bagus bentuknya dan mamapu memberi kontrol yang presisi. tapi.......bagaimana perjalanan penyempurnaan rangka motor-motor modern ini ? 

rangka motor-motor pertama (pada masa awal di kembangkannya sepeda motor), pada awalnya sangat menyerupai bentuk dasar sepeda. rangka-rangka motor pada masa ini rata-rata kecil dan simple. terbuat dari pipa baja berbentuk diamond, dengan mesin yang di gantungkan pada backbone rangkanya.
dengan meningkatnya output tenaga dan kecepatan. mulai bermunculan lah sistem peredam yang masih primitif. beban yang di terima rangka / sasis meningkat, dan para desainer harus menambahkan struktur penguat agar sasis tetap kaku, mengurangi fleksibilitas dan pergeraka pada sasis yang mengganggu kestabilan motor saat di kendarai.

beberapa pengembang rangka menemukan cara yang efektif, tapi kebanyakan para pengembang ini malah cuma menambah bobot rangkanya saja, sedangkan rangka'nya tidak lebih rigid.
brikut ini contoh rangka motor-motor lawas
nih contoh rangka / sasis motor jadul banget
Berhubung penjelasan tentang rangka / sasis ini masih panjang banget, ku bagi jadi beberapa bagian yaaa...
sementar itu, silahkan temani mba-mba cantik ini deh....

sabar yaa...lagi nerjemahin tuh orangnya :D



advertisements

1 komentar:

Pengikut