Home » , , , »

Bermain dengan Sistem Pengereman : Kaliper Bagian 3

Bermain dengan Sistem Pengereman : Kaliper Bagian 3

advertisements
Masih dari sumber yang sama "Di Sini"

wadhuhhh...koq jadi panjang banget ya ulasan nya..
Mulai dari Asal-usul dipakainya , terus Konstruksi dan bahan pembuatnya ....
ternyata masih ada lagi ternyata tentang penempatan dan jenisnya
ya udah biar cepet, lanjut lagi dahh....

Penempatan Kaliper.

perbedaan penempatan kaliper standar dan radial
kebanyakan motor-motor sport saat ini menggunakan kaliper radial. dimana baut pengikatnya searah radius dari sumbu roda, dan sejajar dengan jari-jari rodanya.
metode ini merupakan pengembangan dari kaliper tradisional, dimana baut pengikat kaliper sebelumnya di tempatkan sejajar dengan sumbu roda, dan kaliper radial ini memiliki beberapa keunggulan. dimana Kaliper yang di ikat pada kedua ujungnya membuatnya lebih kaku dan lebih pakem saat pengereman. sistem radial ini juga lebih bagus menurut hitungan teknis.
penempatan kaliper konvensional, menempatkan baut pengikat kaliper pada posisi geser, dimana beban geser lebih banyak di terima baut pengikat kalipernya, di bandingkan bila menggunakan kaliper radial. pada kaliper radial, baut-baut pengikatnya hanya menerima beban tarik, yang artinya gaya dan beban yang di terima oleh baut pengikat kaliper lebih ringan.

Jenis-Jenis kaliper Rem

kaliper rem hidraulik bisa berisi satu sampai enam piston (bahkan lebih)
tugas piston-piston ini seperti telah di bahas sebelumnya yaitu menekan kampas rem pada piringan, yang menyebabkan gesekan - dan memperlambat laju motor.
ada dua jenis kaliper yang di kenal, yaitu aksi tunggal dan aksi ganda (single n double acting caliper)

jenis aksi tunggal, biasanya menggunakan satu atau dua piston yang yang bekerja pada salah satu sisi piringan. jenis ini menggunakan dudukan kaliper yang bisa bergeser, agar kampas rem nya bisa menjepit piringan saat piston di tekan.
kaliper 2 piston model geser , sering di jumpai di motor kecil dan medium
sering kita lihat juga penerapannya
pada motor-motor produksi di negeri kita ini
jenis aksi tunggal ini mempunyai keunggulan desain yang simple dan murah biaya produksi dan perawatannya.

jenis aksi ganda, sering di gunakan untuk motor-motor berperforma tinggi, biasanya menggunakan dua piston pada tiap sisi piringan (totalnya ada empat piston). dan body kaliper di ikat kuat pada garpu depan. tidak bisa bergerak keluar ataupun ke dalam pada saat pengereman.
jadi pada jenis ini satu-satunya part yang bisa bergerak adalah piston kaliper nya, yang bergerak maju bersama-sama menekan kampas pada piringan, sistem ini menghasilkan daya pengereman yang sangat kuat.
membuat sistem ini sangat cocok di gunakan untuk keperluan balap, dan motor-motor ber-performa tinggi.
kaliper aksi ganda 6 piston
di pakai di superbike yang tenaganya seperti monster
oke deh....segitu dulu...
moga-moga ga bikin bosen ya pembahasan kali ini...
Silahkan kalau mau di komentari atau di tambahi bahan referensinya..
jalan-jalan dulu aja deh sama mba Miranda kerr ini
biar fresh lagi :D :D


advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut