Home » , , »

Teknologi Ducati Terbaru : DVT

Teknologi Ducati Terbaru : DVT

advertisements
Perangkat DVT : Desmodromic Variabel Timing
Pengumuman Ducati tentang DVT - Desmodromic Variable Timing

Seperti yang telah di tulis oleh JENSEN BEELER di "Asphalt & Rubber"
Akhirnya, Ducati memperkenalkan teknologi terbaru nya yaitu DVT ( Desmodromic Variabel Timing ). Teknologi yang di adaptasi dari Volkswagen.
Dan Ducati adalah Produsen motor pertama yang menerapkan timing buka tutup katup yang bervariasi, baik pada Noken as katup masuk dan Noken as katup buang.
ini lah roh dari teknologi DVT
terpasang pada mesin Ducati Testastretta DVT, dan telah di umumkan oleh pihak produsen, bahwa teknologi ini akan di tanamkan pertama kali pada type Ducati Multistrada versi 2015.
Mesin V-twin Ducati ini dapat berubah-ubah timing buka-tutup katup nya, baik pada saluran masuk atau pun buang secara independen. dan dapat bekerja pada seluruh rentang putaran mesin.

Ini berarti, Mesin Ducati testastretta DVT dapat di optimalkan untuk mencapai tenaga maksimalnya pada putaran tertinggi, sekaligus kemudahan pengendalian dan kehalusan penyaluran tenaga pada putaran rendah.
dan juga optimalisasi kemampuan mesin Ducati ini untuk menjaga tingkat emisi gas buang dan tingkat kebisingan nya pada tiap putaran. wuihh, ...... canggih tenan yakk.

Tak seperti generasi sebelum nya, yaitu mesin Ducati Testastretta 11°DS, testastretta DVT tidak di lengkapi dengan sudut overlap katup sebesar 11° ( yang merupakan besarnya sudut overlap mesin generasi sebelumnya ).
Setelan buka tutup katup terpasang pada tiap ujung Noken as. dan setelan otomatis ini menentukan besarnya sudut overlap noken as sesuai dengan kondisi berkendara, putaran mesin dan sensor bukaan gas nya.

Pihak Ducati juga menjelaskan, bahwa " sistem DVT ini terdiri dari Housing luar yang terpasang fix pada pulley Noken as, dan mekanisme internal yang terhubung pada Noken as dan mekanisme dapat bergerak independen di dalam housing bagian dalam."

"gerakan rotasi dari mekanisme bagian dalam ini, baik itu memajukan atau memundurkan waktu buka tutup katup. di kontrol secara presisi dengan mengatur besarnya tekanan oli di dalam ruangan khusus pada sistem mekanis internal nya. tekanan oli di atur oleh katup khusus, dan lamanya bukaan tiap-tiap noken as (secara dinamis ) diatur oleh sensor yang terdapat pada tutup keteng-nya."

Perubahan lainnya adalah, Ducati menempatkan nosel injektor bahan bakarnya tepat di belakang katup masuk (yang pastinya bersuhu sangat panas waktu bekerja ), dan bukan di bagian dinding saluran masuk bahan bakar (yang suhunya lebih dingin).

Semua perubahan yang di lakukan para insinyur Ducati ini, membuat mesin DVT 1.198cc V-twin mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 160Hp dan Torsi sebesar 100 Lbs.ft.
dan perubahan ini mampu mengurangi konsumsi bahan bakar nya sebesar 8%.

Bagi siapapun yang telah melihat model mesin bukaan dari Volkswagen atau Audi yang di lengkapi dengan teknologi VVT, pasti bisa melihat Kemiripan teknologi yang di tanamkan pada Mesin Ducati DVT ini.
Nampaknya, inilah keuntungan yang mulai terbayar dan menampakkan hasil. saat Produsen Mobil asal Jerman, juga sekaligus menjadi pemilik baru Ducati.

biar lebih jelas lagi, bisa di perhatikan dari foto-foto mesin Ducati testastretta ini.




Kalau masih kurang foto-foto tentang DVT'nya silahkan buka link sumber nya di atas yaa...
kalau udah liat ke sumbernya, tapi masih bingung juga cara kerja DVT nya Ducati ini..
ya udah, tinggalin dulu aja, temenin mba-mba cantik ini olah raga dulu deh, biar fresh lagi :p :D

pusing ??? ikut olah raga dulu nyokkk :D


advertisements

1 komentar:

Pengikut