Shogun 125SP part 3

advertisements
Salam hangat untuk semua.....
kembali meneruskan proyek belah-belah suzuki shogun 125sp kemaren. juga udah jelaskan part-part yang dipersiapkan serta tambahan tool nya kali ini langkah-langkah selanjut nya, yaitu membersihkan dan merangkai lagi part-part nya, agar mesin shogun125sp ini bisa melintas lagi di jalanan.
part-part nya di bersihkan lagi
di atas adalah komponen di dalam mesin si shogun yang sudah ku bersihkan dan sedang di observasi lanjut, untuk checking, adakah part di dalam crankcase yang sudah aus dan butuh peremajaan lagi, selain part-part yang sudah di sebutkan di tulisan kemaren.
perangkat transmisi nya sudah bersih, dan masih layak pakai
bagian transmisi masih bagus semua, dan sangat layak pakai seperti kita lihat di atas, sedangkan di bawah ini, conrod kit baru sudah terpasang di kruk as nya, sedangkan yang lama, biasanya sih ku tinggal di workshop bubut langganan. tapi untuk kali ini ku bawa pulang karena permintaan sang owner, soalnya mau di tunjuk kan pada orang tuanya, karena ortu nya ga tau, bengkel mana yang ngerjain motor anak nya sampai nginep berhari-hari (iyalah berhari-hari, soalnya kan kalau sore aku tinggal jualan wedhang jahe dan angkringan di depan gerbang komplek ) dan ini yang buat ortu nya owner si shogun rada heran. hehehehheeh
selain di restorasi, mesin ini kan juga ku pelajari anatomi nya, lumayan...ngirit biaya kursus kan ? :D
mejeng sama conrod / stang seher lama
Ada beberapa part di dalam mesin shogun 125 sp ini, yang tidak akan kita temui di mesin bebek yamaha, antara lain :
  • saringan berbentuk segi tiga dari kawat, yang berfungsi untuk menyaring uap dari pelumas, sebelum di buang lewat lubang hawa di bagian atas crankcase
  • counter balancer kruk as; yang berfungsi sebagai peredam getaran bandul karena momen inertia saat rpm tinggi, ini yang membuat mesin si shogun rata-rata halus getaran nya di rpm tinggi.
    dan di yamaha bebek , hanya di seri crypton dan vega generasi awal yang menerap kan sistem ini

tuh saringan dan counter balancer kruk as nya
Nah, di bawah ini lebih jelas lagi penampakan dari perangkat counter balancer crankshaft / kruk as si shogun 125 sp, beserta gear penggerak dan damper spring nya :
ini part balancer nya
namun dalam pemasangan balancer ini musti memperhatikan titik mati nya , yaitu berlawanan dengan pergerakan crankshaft nya, dan ini di tandai dengan titik di gear penggerak nya, yang harus sinkron juga dengan titik di gear pengerak pasangan nya di crankshaft / kruk as.
ini saringan uap olie yang ku ceritakan di atas.
'tempat nya dimana ?' : counter balancer crankshaft nya ? ada pas di atas posisi crankshaft / kruk as nya . pas di atas kruk as shogun ini ada lagi housing bearing yang jadi penyangga dan posisi mati nya counter balancer ini..... seperti di bawah ini lah lebih jelas penampakan posisi counter balancer di dalam crank case :
tuh, pas nyempil di atas kruk as posisi counter balancer nya
okay...sudah jelas berarti ya..baik posisi dan fungsi nya counter balancer shogun 125sp ini. dan aku yakin, part ini yang bakalan bikin mereka yang biasa bongkar mesin bebek yamaha rada bingung, saat harus berhadapan dengan salah satu species bebek dari pabrikan suzuki ini. :D
nih foto jelas nya kalau dari atas
Untung lah pemasangan counter balancer serta rangkaian transmisi di crank case shogun ini ga terlalu banyak kendala, jadi bisa langsung di rangkai crank case nya, tinggal di lanjut merangkai bagian magnet dan spul nya disebelah kiri, dan juga perangkat kopling di sebelah kanan.
untuk bagian kopling , hanya per kopling yang aku usil'in, ganti dengan milik FU yang lebih keras per nya, serta berbeda 0.2mm diameter kawat per nya, dengan harapan, agar transfer daya dari kopling shogun ini nanti bisa lebih responsif :D ini yang ku maksud upgrade ga harus mahal...
filter olie nya salah beli euy..
satu yang rada lucu adalah saat akan memasang filter olie si shogun, karena ternyata yang terbawa pulang adalah filter olie untuk shogun versi lawas...asemmmmm bener, padahal udah bilang sama kawan yang di toko spare part, kalau shogun nya 125 sp yang versi terakhir karbu, sebelum versi injeksi....semprul, mesti balik lagi ke toko sparepart buat nukerin ini filter, salah ambilkan part nya juga berlaku untuk tutup klep yang pecah kemaren....karena waktu mau ku pasang pun, ternyata berbeda posisi lubang nya, mirror diagonal.
walah-walah...ternyata untuk belanja part shogun 125 sp ini, kita musti bener-bener pastikan seri nya.
hal-hal kecil seperti ini yang bikin penundaan tak berarti dalam proses restorasi.

sedangkan untuk area head, setelah di bersihkan aku tak banyak usilin, karena ku lihat lubang port nya memang cukup lega , ga perlu lagi di tuning lah..
karbu nya aja yang musti sedikit ku usilin, agar flow udara yang melewati karbu makin lancar masuk ke ruang bakar, demikian juga dengan saluran intake, ku buat sedikit kaya perosotan..
ga berbeda dengan karbu dan intake si paijo tempo hari ..
setelah semua ter rakit, waktunya tuang pelumas, dan lagi-lagi pelumas full synthetic yang jadi pilihan ku, agar benar-benar melindungi part-part mesin si shogun ini. tuang pelumas 1ltr...
dan selah-selah dulu sebentar, agar pelumas tersebar merata di dalam mesin si shogun.
kelar, dan waktu nya untuk nyalakan mesin....sekali selah langsung jreng.....aseeeekkk, kelar juga proses restorasi si shogun ini...tinggal pasangi aja baju nya..
pakai test ride sebentar, dan setelah yakin ga ada masalah lagi di semua part nya...tinggal telp owner nya buat jemput si shogun...

cihuyy.....nambah lagi pengalaman dan ilmu dari belah-belah mesin si shogun..
besok-besok, apa lagi yaaa.....
mikirin aku aja gimana om ?? :p

advertisements

1 komentar:

Pengikut