Bermain sama Macan2

advertisements
Hallo....jumpa lagi sobat...
setelah kemaren sempet puyeng karena mesin honda tiger / macan yang blum berhasil juga di atasi penyakit nya. yaitu suara berisik yang berasal dari sektor kiri engine nya. juga ada sedikit asap putih tipis dari knalpot nya, padahal sudah dii bersihkan bahkan di poles kan port in dan out nya..
nah ini yang rada-rada bikin puyeng, karena jarang terjadi di mesin-mesin jupiter yang sudah sering ku mainkan.

hmmmm.....musti putar otak lagi ternyata untuk atasi masalah di mesin macan ini...
oke lah....challange accepted..musti di terima lah, kalau ngga kan ini mesin ga bisa terpasang lagi di frame nya..bisa ngomel-ngomel juga pasti nya si empunya. ahahhahahha :D 
sampai 3x turun naik kan mesin tiger nya
akhir nya turun kan lagi mesin si macan ini, untuk di obsevasi ulang. dan temukan sumber masalah utama nya. Karena sumber suara dari sebelah kiri area mesin , segera aja fokus kan pencarian sumber masalah di area ini.
separator nya sampai kemakan gitu euy...
parah bener ternyata
coba lepaskan tensioner unit nya, tapi mulai timbul kecurigaan di sektor ini, karena saat di lepas dari block cylinder, tidak ada tendangan balik dari stopper cam-chain nya. teliti lagi pergerakan tensioner unit, ternyata masih bagus.
stopper tensioner pun masih tebal, bararti cam-chain (rantai kamprat ) nya yang mungkin sudah terlalu kendor.

setelah bongkar cover bak magnet nya, di susul copot bagian rotor assy / magnet nya.
barulah ketahuan apa yang jadi sumber masalah suara berisik nya. ternyata memang rantai kamprat / cam-chain nya sudah uzur, dan molor..sehingga, meskipun stopper tensioner sudah menekan maksimal, masih ada gerak ayunan rantai nya.
yang bahkan sudah menggerus bagian separator di bagian crankcase.
berarti banyak gram logam halus yang ku temukan saat kuras pelumas nya dari part ini juga, yang sedikit demi sedikit tergerus pergerakan cam chain saat mengayun dan menggesek separator nya.
fix, musti di remajakan....ganti baru cam chain nya.
ya udah, segera saja meluncur ke toko spare part langganan, untuk tebus cam chain baru, dan original untuk si macan. ada beberapa option sebenar nya saat di toko spare part. karena waktu pertama order, di ambilkan part yang 2nd grade nya, karena harga nya sangat murah, cuma sepertiga part original nya (yang masih buatan japan ). dan kawan seller ini pun tertawa, saat ku minta part yang benar-benar original. karena menurut dia, banyak rekanan bengkel nya yang lebih memilih part 2nd grade untuk konsumen mereka karena margin profit yang mereka peroleh lebih besar dengan penggunaan part 2nd grade ini. tapi ini ga berlaku bagi ku, karena kepuasan kawan-kawan ku lebih penting dari harga sebuah part. 
dan juga, untuk durabilitas part original, asal pemasangan nya benar; pasti jauh lebih awet di banding part 2nd grade yang ekonomis harga nya. betul kan sob ?

sekalian juga aku belanja pelumas full synthetic (seperti di bawah ini) untuk stock kawan-kawan yang datang ke rumah.  dan nanti bisa ku aplikasi kan juga ke si macan ini, biar selingkuh pelumas nya. toh fungsional dan kualitas pelumas yang jadi prioritas, ga peduli merk nya.
motor honda, pelumas merk sebelah 
sampai di rumah, segera pasang lagi cam chain baru nya, kemudian rakit ulang cylinder dan head nya. sekalian juga seting kerenggangan klep nya.
setelah yakin semua oke, tinggal naik ke frame nya dan di test static runing....horeee... berhasil si macan pun bisa mengaum lagi dengan suara mesin yang halus, ga ada lagi gemericik di sebelah kiri.. hasil keisengan pun berhasil, naik nya rpm tiger ini jauh dibanding saat lubang porting nya masih standard.
berarti tinggal test running...asem, ada yang ketinggalan.. raiser handle bar/ stang baru nya blum terpasang, pantesan stang masih godeg-godeg..untung aja baru keluar dari halaman sudah ketahuan penyakit ini, masuk lagi ke halaman buat ganti raiser nya dengan yang lebih kekar, dan kembali test jalan motor tiger ini.
kelar dan memuaskan....tinggal kontak owner nya buat jemput deh...
macan juga kan O'om.. :p



advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut