Bermain sama Raja....Lagi 4

advertisements
Hello...good day fellas.... (habis keselek apaan nih bakul sego kucing ya ?)
Halo sobat semua...jumpa lagi di warung sego kucing yakk..itu radi keselek tempe bacem ; jadi nya rada kebarat-baratan ngomong nya :p
oke sob... sekarang kita mo ngborolin tentang perakitan mesin rx king yang kemaren sudah di poles-poles, di bersihkan semua part-part nya; sesuai dengan request dari owner nya, biar ga kalah performa nya dengan rx king lawas yang pernah ku tulis sebelum nya yaa..

setelah kemaren kita poles dan bersihkan ruang karter di crankcase nya, waktu nya untuk perakitan mesin rx king ini, biar bisa segera mengaspal lagi, bisa segera di pakai buat ngariung dan kopdar dengan kawan-kawan club nya.
pertama yang ku rakit adalah gear-gear transmisi nya di dalam crank case, beserta drum gear dan juga shift fork nya, posisikan semua di tempat nya, kemudian kruk as nya.
setelah sebelum nya ku ganti ke dua seal kruk as di crankcase kanan dan kiri nya. oh'iya.. mungkin kawan-kawan ada yang lupa. ini kode parts seal kruk as rx king : 93102-25860 (untuk bagian kiri) dan 93103-28806 (untuk bagian kanan).setelah itu, barulah permukaan pertemuan crank case di lapisi dengan lem packing threebond untuk preventif kebocoran pelumas serta kebocoran ruang karter tempat campuran udara dan bbm sementara, sebelum di dorong ke ruang bakar nya. tipis-tipis saja ku lapisi permukaan pertemuan crankcase kanan dan kiri nya biar ga belepotan. kemudian tutupkan crankcase bagian kiri nya.
sambil perhatikan posisi semua as transmisi nya masuk ke housing masing-masing, barulah di tarik kruk as kiri nya dengan crankcase separator, agar crankcase bisa rapat. kemudian di kunci dengan baut-baut pengikat nya.
kemudian, pasang gear primer nya, tahan dengan magnet dan magnet holder dari sebelah kiri dan pasang disc spring dengan tulisan out menghadap keluar, dan kencangkan mur pengunci nya. kemudian di susul pasang dan tempatkan as persneling nya, dan kuncikan di bagian bintang drum gear nya.
kemudian bagian starter nya, di awali dengan circlip,washer tipis, idle gear, washer lagi kemudian di kunci dengan circlip lagi. sekalian pasang as starter nya, dan sangkutkan per nya di posisi nya.
di lanjut dengan merangkai house kopling nya. tahan dengan special tool buatan, pasang disc spring nya seperti saat mengencangkan primary gear nya, dengan posisi disc spring menghadap keluat tulisan out nya. baru di kunci dengan mur nya.
atur kampas kopling dan plat gesek nya, kemudian stud push rod dan cover / plate pressure nya dan di kunci dengan per kopling serta baut pengunci nya.. selesai dengan itu tutup bak kopling dan ikat dengan baut-baut pengikat bak kopling nya.
piston nya dah bersih, siap di install

intake port pun sudah siap dan kinclong
selesai dengan bagian kopling di sebelah kanan, tinggal pasang spul dan megnet nya.
lanjut masuk kan pelor 4.5mm untuk di as transmisi untuk mendorong stud kopling, di lanjutkan push rod setelah pelor nya.
kemudian pasang sprocket depan, dan kencangkan sambil tahan magnet nya dengan magnet holder, agar as sprocket tidak ikut berputar. kunci dengan plat pengaman nya.
selesai sudah di bagian area magnet dan push rod kopling.. tinggal merangkai bagian piston dan cylinder nya.
cylinder siap dan bersih 
bottom view ; ready to install
pertama ganti ring piston nya dengan part baru ; ring piston ovesize 100, agar kompresi di ruang bakar tetap maksimal. kemudian pasang bearing small end nya ke small end conrod / stang piston .
posisikan piston dengan arah yang benar, tanda panah menghadap ke arah lubang buang, kemudian pasang pin piston nya untuk mengunci piston di conrod / stang piston nya, dan di amankan dengan memasang circlip penahan pen piston.
pasang packing bawah cylinder dan crankcase nya, oleskan pelumas di permukaan nya, ga perlu pakai lem packing. supaya nanti bisa di pakai lagi kalau pas bongkar pasang cylinder untuk service besar. Kemudian lapisi permukaan dalam liner cylinder nya dengan pelumas yang baru, agar piston bisa meluncur / sliding di dalam liner waktu kita pasang cylinder nya.
pasang cylinder dengan menempatkan piston pas di dasar liner nya dulu. setelah posisi piston dan ring nya pas, baru lah cylinder kita dorong perlahan ke arah crankcase, tahan magnet nya, agar piston tak terdorong ke bawah. setelah cylinder bisa duduk pas di crankcase, tinggal kita kunci cylinder ke crankcse nya dengan ke empat mur pengikat nya, kencangkan dengan metode silang, agar bisa merata pengencangan nya ke crankcase. sudah....??? baru bisa kita ter pergerakan piston di dalam cylinder..
bisa kita periksa dari atas cylinder nya..
lubang buang nya kinclong euy..
penampakan setelah kita rakit cylinder dan crankcase nya
nahh....selesai dengan cylinder nya, berarti proses merakit mesin rx king ini tinggal sedikit lagi sob. bisa segera kita naik kan ke rangka nya...tapi dasar bakul sego kucing nya lagi usil, malah di foto-foto dulu deh :
top view dan tma piston
baut stud pengikat head nya blum di pasang ternyata....
ada sedikit yang terlupa ternyata..baut stud pengikat head cylinder nya blum ku pasang. ahahahaha...
ya wis, pasang dulu deh, dari pada ntar susah di pasang setelah naik ke rangkanya.
pakai 2 mur untuk memasang ke empat baut stud pengikat head nya ke cylinder. kencangkan sampai ulir bagian bawah baut stud nya bisa tertanam semua ke block cylinder nya. setelah ke empat baut stud nya terpasang, baru lah pasang gasket logam (tembaga) nya ke block cylinder, tak lupa lapisi sedikit dengan lem packing untuk gasket logam ini, agar kebocoran kompresi dari area ini tidak terjadi. untuk head nya kita pasang setelah naik kerangka motor nya aja, karena kalau di pasang di bawah seperti foto ini, akan susah untuk menempat kan dan memposisikan mesin nya di rangka.
tapi karena untuk tujuan dokumentasi, block head / cylinder kop nya ku taruh aja itu, tanpa di kunci.
mejeng dulu sebelum naik ke rangka nya
Okay...selesai foto session nya..copot head nya, gasket masih di tempat nya, lalu pasang mesin ke rangka nya. kunci dengan 3 baut pengikat mesin nya, kencangkan semua baut pengikat nya, kemudian barulah head bisa di pasang.
lalu kunci sekalian dengan mur nya. kemudian pasang knalpot nya ke block cylinder. karna menggunakan knalpot kolong, cukup dua mur di cylinder yang di ikat kuat, sedangkan silencer di sangkut kan dengan per khusus nya.
kemudian pasang karburator nya, dan install semua selang-selang bensin dan olie samping nya. install juga kabel-kabel dari generator dan pulser nya ke kabel body nya.
setelah semua terpasang sempurna, barulah pasang tangki bbm nya ke rangka.

kelar juga si rx king ini di rakit..tinggal mejeng deh
ikat tangki nya dengan mur pengunci nya, sambungkan selang bbm ke karbu.
pasang busi nya ke cylinder, dan tuangkan pelumas ke bak kopling nya...
kelar....tinggal test running mesin rx king ini.
engkol kick starter nya dan......horee..
running perfectly, tinggal sedikit seting afr nya..sembari panaskan mesin nya sebentar, pasang jok nya, dan ikat dengan dua mur pengunci nya ke rangka.
okay...siap test ride deh....
untuk test ride, musti keluar komplek sob...
soalnya rada berisik juga nih output suara si raja yang abis sakit ini...
okay...setelah di jalanan, barulah bisa sedikit pelintir gas nya sang raja ini...emang dasar karakter engine nya liar...jadi serem euy...wis lah, ga lama-lama test ride nya. tinggal kabari aja owner nya untuk ambil tunggangan nya ini..
malam nya..owner nya datang untuk ambil si raja ini...sambil cengar-cengir sih, karena motor nya udah kelar, jadi bisa segera di pakai buat kopdar sama kawan-kawan nya..
dan sampai tulisan ini di terbitkan, ga ada lagi keluhan sang owner...atau mungkin dia lupa ngabari atau rute ke pangkalan sego kucing kali yaa....??
okay sekian dulu sob cerita tentang mesin 2 tak legendaris ini ya..
see u next time.........
selesai om ?......yuuuk jalan :p
advertisements

2 komentar:

  1. MAS ada no Kontak WA / yang bisa dihubungi mau konsultasi Motor Jupiter Burhan nih ,...Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan di 0838 9899 6639

      Perkenalkan diri dulu kalau via wa ya om...
      Terimakasih 🙏

      Hapus

Pengikut