Home » , , , , , , , , » Saat McGyver di tanyain cara Nyambung kabel CDI (Bebek Goreng Biru)

Saat McGyver di tanyain cara Nyambung kabel CDI (Bebek Goreng Biru)

advertisements
Hallo sobat semua .... gimana kabar nya ? sehat semua ku harap yaa..
agar kita bisa selalu bersilaturahmi dan tetap bisa berkarya di bidang apa pun yang kita tekuni saat ini.
kali ini, sebenarnya terusan dari keusilan ku pada bebek goreng biru ku di solo , setelah aku selesai pasang kunci kontak punya soul GT pada fizr biru ini, berikut kabel jok nya, sehingga proses buka jok nya bisa di lakukan dari kontak depan... hehehehe...ga mau kalah lah sama motor-motor keluaran terbaru.
pas lagi di ajak hunting object fotografi macro sama adek ku
ternyata....karena awam nya aku akan motor ini , ga sadar juga kalau CDI nya sama aja kaya si orange yang di tangerang. sudah bukan original bawaan motor seri 4NS :sad: hadeeewww apes amat yak...si amat aja ga apes-apes banget.

CDI nya sudah di ganti dengan versi after market berbentuk kotak kecil, mirip dengan cdi nya rx king. dan ketika kondisi ini ku ceritakan pada suhudeng di serang sana via telepon dan bbm , malah ngakak lah dia sejadi-jadi nya..: 'gimana sih, dapet fizr dua kali koq dua-duanya ga ngerti kalau cdi nya udah di ganti produk aftermarket ?? kaya pemula aja :D ' : Laahhhh emang masih pemula mas, masih awam lagi..cuma emang orang nya aja rada iseng dan kadang nyentrik :p
ku minta lah dia bantuan untuk mengondisikan part cdi nya, dan dengan enteng nya dia menjawab...; "ecessss, ada tuh, barang nya. malah seri nya 3XA, masih made in japan." wuihhhh... girang lah hatiku...kirim mas !!!, ga pakai nawar lagi deh saking girang nya.

berhubung masih suasana lebaran di tahun 2016 lalu, pengiriman nya terkendala libur lebaran, dan datang beberapa hari setelah hari H nya..
setelah barang sampai...ga berapa lama, langsung saja ku buka dan keluarkan dari box paketan nya :
seperti ini lah kondisi nya saat datang
Sempruuuullll.....CDI sih bener seri 3XA, tapi koq ga ada socket nya lagi , terus gimana aku nyambung nya ke kabel body nya nih.....:(tuink-tuink....mulai ada bintang-bintang deh di atas kepala )
ketika suhudeng nya ku telp, untuk tanyakan perihal ini , dengan enteng nya lagi dia menjawab : "sono telp sama McGyver, tanyain gimana cara nyambung nya." dan di akhiri dengan tawa berderai khas suhudeng...
semprul kuadrat lah ini nama nya, masa musti beneran telp McGyver nanyain solusi nya ????

tapi satu yang ku ingat dari sifat yang di ajarkan di serial itu, jangan pernah menyerah dengan keadaan, selalu lihat peluang yang ada, yang mungkin tak terpikirkan oleh orang lain. 
hmmmmmm, gitu yaaa...okelah..
langsung aja ku ubek-ubek kerdus tool peralatan si biru ini, ternyata ku temukan dua gulung kecil kabel sisa , yang kemaren kupakai juga untuk menyambung saklar tambahan waktu penggantian main switch soul GT . kebetulan juga masih punya sisa solasi bakar / shrink tape .hmmmmmm bisa nih kupakai untuk sambung kabel-kabel nya. untuk socket nya, bisa ku pakai bekas CDI yang akan ku ganti ini.
potong kabel secukup nya, 7pcs, kemudian kupas sedikit ujung nya, sekitar 4-5mm, untuk di sambung dengan solder.
sambung satu persatu kabel nya, dan seperti di bawah ini lah hasil nya :D :
jiahahahaha :D harus nya ada 7 warna kabel, tinggal biru dan merah deh
hahahahaha :D :D emang bikin geli juga liat nya, dan pasti membingungkan kalau kita sambung tanpa mengintip ujung kabel nya. tapi gapapa lah, kan nanti di tutup dengan cover body nya.
tinggal sambung ke socket nya, sesuai urutan awal nya, kemudian di sambungkan ke kabel body nya, ikat cdi di posisi nya, dan tinggal jajal deh..
sukurin...bingung kan liat warna nya
ternyata, meskipun kabel-kabel nya sudah pendek banget dan tanpa socket, setelah di akalin seperti ini, waktu di jajal untuk di pakai menyalakan mesin si biru, cdi ini masih sangat mumpuni, dan terasa sekali perubahan nya waktu di jajal test ride....
horeee....it's work.. berhasil lagi proyek keusilan ku pada si biru ini..
tinggal kedepan nya merestorasi total mesin nya, agar mumpuni lagi kalau nanti ingin ku ajak rolling thunder , touring lagi bareng kawan-kawan..

bersambung............
huuuh, dasar murid mcgyver :p

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut