Mengobati Raja Tua 1

advertisements
Hallo sobat....jumpa lagi kita..
tetap sehat dan tetap berkarya bagi orang-orang terkasih kita yaa..
kalau liat judul kali ini, koq malah kaya tabib jaman kerajaan dulu ya :D
raja apa yang diobatin ? sakit apa sang raja nya koq sampe musti berobat ? sekedar meriang atau panu mungkin hahhahaha.....

nahh....lanjut ke cerita yang ku alami di dunia nyata yaa..
setelah beberapa waktu sebelum nya ngobatin macan setengah tua, yang mulai sakit-sakitan. sampai tiga kali naik turun mesin nya, dan akhir nya berhasil atasi penyakit nya si macan setengah tua ini. dan lebih nyaman di kendarai owner nya.

kali ini....ga jauh berbeda, dan ga jauh-jauh dari kawan-kawan para juragan sepatu di cikupa, di sekitar tempat tinggal ku ini. kawan dari owner rx-king yang dulu pernah ku jadikan bahan percobaan dan bahan untuk belajar dan mengenal anatomi dan part-part mesin 2tak dari yamaha yang sangat legendaris itu. yang di produksi selama hampir 30 tahun di negeri ini.
yupp, betul raja tua ini merupakan motor rx-king keluaran lawas, milik seorang rekan klub dari owner rx king pertama yang ku pelajari.

Sudah cukup banyak rubahan yang di lakukan di mesin rx king ini, tapi keluhan pemilik nya, adalah mesin nya yang kurang responsif, juga sering overheat. sering rewel dan bikin repot,
dan meragukan; untuk di ajak pulang kampung ke daerah bogor.
kalau pengen kenal sama owner nya yang kocak ini, bisa klik link di atas yaa...
tapi jangan ketularan kocak nya kalau malam...bisa ganggu tetangga kalau ngakak malam-malam bareng dia soalnya :p
ini kondisi head saat pertama ku buka
kebocoran kompresi nya parah ternyata
Okay..cukup ya perkenalan singkat tentang owner nya. sekarang langsung aja untuk observasi keadaan jerohan mesin nya, yang sering ngempos kalau di ajak jalan.

pertama yang jadi perhatian utama dari keluhan kurang nya tenaga ini, kulihat adalah karburator yang di pasang. ternyata karbu nya sudah bukan original bawaan dari rx king ini, karena sudah di tukar produk after market yang kurang jelas merk nya, juga ukuran venturi nya malah lebih kecil dari aslinya. untuk rx king...seharusnya yang terpasang adalah mikuni vm26. tapi di mesin rx-king ini, malah cuma karbu berukuran 24mm.

kemudian cek area di pertemuan cylinder dan block head nya, yang banyak di temui rembesan mirip olie samping yang tidak terbakar. hmmmmm....dari mana rembesan ini ya? mur pengikat head nya ga kencang kah, atau ada hal lain nya ? penasaran...ku bongkar aja sekalian.
dan seperti di samping ini kondisi nya.

kompresi bocor dari pertemuan head dan cylinder nya
piston nya baret lagi lahh (-_-)
karena 2 hal, mur pengikat tidak terpasang kuat dan permukaan head / blok kop nya tidak rata. dan lagi...ternyata....ulir busi nya pun sudah di insert. lanjutkan lagi observasi selanjut nya, copot sekalian block cylinder nya, karena penasaran sama kondisi piston nya yang 'katanya' barusan di oversize sebulan sebelum nya di workshop kawan nya, tapi koq blum sembuh juga penyakit nya.
dan seperti di samping ini lah kondisi piston nya saat ku buka. banyak luka parutan di body nya. hmmmm.....tanda-tanda musti check total kalau sudah begini.
karena dari sambungan antara crankcase nya dengan block cylinder pun ada rembesan campuran bbm dan olie samping sebagai pelumas area karter nya.
duhhh.....musti turunkan mesin dari rangka berarti untuk observasi total
dan berikut ini sedikit dokumentasi saat ku bongkar block head/ kop nya, cylinder dan piston nya .. banyak yang janggal di mesin raja tua ini ternyata.
bahkan baut-baut pengikat nya, tidak terpasang dengan kuat dan rapi.
kondisi rembesan dari pertemuan cylinder dan blok head nya
dari bawah pun ada rembesan nya
block cylinder tua sebelum seri 3KA 

walahh-walahh....paantesan semua kurang pas gini...
ternyata...kata owner nya, sebelum di antar ke sini, motor ini di pegang mekanik yang masih hobby untuk minum-minuman keras dulu sebelum mengerjakan mesin. Pantesan aja koq baut-baut dan mur pengikat nya banyak sekali yang terpasang dalam kondisi seadanya, kurang kencang dan kurang rapi.
rembesan lain di area lubang buang dan block cylinder ke karter

dan ini penampakan piston nya; dari bawah dan dari atas, serta samar-samar terlihat ukuran oversize nya yang sudah mencapai ukuran 225.
baret di bagian inlet, parutan nya dalam-dalam
baret di bagian outet agak miring posisi nya
sudah oversize gede teryata ukuran 225 euyy
ini juga keanehan lain yang ku temui,
pelumas yang volume nya tinggal 500ml
nahhh area head ; block dan piston nya udah, tinggal check bagian pompa olie nya...kenapa ga terpasang sekalian. koq ga ada juga selang dari bak kopling di area kompartemen pompa olie ke arah karbu nya...
ternyata...........ini yang ku temukan saat buka covernya :o
koq kaya rumah tikus malahan yaa :D
isi nya raib entah kemana
pantesan....koq ga ada selang-selang keluar dari situ, ternyata emang di non aktif kan pompa olie samping nya ternyata...
ya wis, dari pada kepanjangan ulasan kali ini....mending ku tulis dalam serial aja yaa.
to be continued..............
istirahat dulu om...dari pada manyun ntar..

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut