Restorasi Bebek Goreng Biru 3

advertisements
Jumpa lagi sobat.... sehat ?
Ku harap semua kawan-kawanku sehat dan tetap di beri kelimpahan yaa...
tetap berkarya dan menjadi yang terbaik bagi orang-orang terkasih di sekitar kita.

Masih banyak sekali ternyata pengalaman dan cerita yang bisa ku tulis untuk berbagi dengan kalian sob.. kali ini, masih tentang mainan olie sih ; yang bikin tangan kotor dan licin :D
tapi bisa juga sebagai media untuk belajar langsung... kalau kata pengajar ku waktu masih di bangku sekolah dulu : " Learning by doing !" simple sih memang, belajar sambil mengerjakan nya....
Nah esensi nya apa sih proses ini ? ternyata, dengan belajar sambil praktek langsung di lapangan, kita jadi lebih paham tentang apa pun yang kita pelajari itu, kalau dalam praktek ku sih, mempelajari tentang mesin yaa..

dan di bulan december kemaren, saat liburan akhir tahun..... tiba juga waktu nya untuk mulai me-restorasi dan meremajakan part-part mesin si biru ; motor fizr biru yang ku miliki di solo, yang pernah macet saat di test jalan ke jogja untuk anter mamak , yang ku usilin kunci kontak nya, biar bisa buka jok dari kontak depan , kemudian sudah ku belikan juga block cylinder baru serta conrod kit nya ; sudah di poles juga block cylinder baru nya.

walah....hasil ngejim kemaren pasti

berbekal beberapa peralatan yang ku bawa dari tangerang, ; yang memang ku persiap kan untuk membenahi si biru, mulai lah ku pretelin cover-cover body nya. agar mudah untuk mengakses semua part nya.
waktu ku lepas knalpot si biru, dan di sandarkan di pojokan, banyak sekali endapan olie samping dari dalam knalpot nya, pertanda bahwa setelan olie samping nya belum pas , masih terlalu boros.
mungkin bagi sebagian orang, bagus..biar awet bearing big-end dan small end nya.
tapi ini ga bener juga sih, karena pabrikan sudah mengatur sesuai standard yang efisien untuk pembakaran dan pelumasan di ruang karter nya.
kalau seperti si biru ini setelan nya, pemborosan yang ga perlu lah namanya :D

Kemudian...saat melepas kan block head / kop cylinder nya....ternyata mur pengikat block head nya tinggal 3 pcs, pantas aja waktu terakhir kendarai si biru ini sering terdengar letusan dari arah depan, kemungkinan dari karbu nya ada back fire itu

block cylinder nya mencurigakan
ternyata....kebocoran kompresi lah penyebab nya....
walah...pantes aja berapa kali coba bongkar dan bersihkan karbu ga ketemu masalah nya, dan kejadian back firing (ledakan balik) ini aneh nya hanya terjadi saat ada ku kendarai, atau dalam posisi ada beban di mesin.
sedangkan saat posisi diam, tak terjadi back firing saat throttle di tutup. Ok, berarti solusinya nanti musti di ganti mur head nya saat perakitan.

area squish head cylinder si biru ini sangat tebal endapan karbon hasil dari pembakaran yang kurang sempurna. tapi sayang, aku ga sempart capture gambar nya waktu itu.

lanjut lepaskan mur pengikat block cylinder nya kemudian tarik block nya dari crank case nya..baru lah kita bisa mengakses piston nya dan seperti gambar di kanan atas itulah kondisi piston si biru, banyak luka parutan di sekujur piston si biru, bekas waktu si biru ngejim saat perjalanan dari solo ke jogja tempo hari.
sedangkan block cylinder nya ternyata sudah tidak original lagi, karena kulihat tak ada lagi ketrikan logo 3XA di liner nya, pun juga kondisi lubang-lubang port transfer dan bilas nya kurang presisi antara liner dengan block cylinder nya... hmmm pantas lah kalau begitu, tenaga si biru ini rada loyo di tanjakan.
block cylinder YP1 overboss
hmmmmm.....ini juga sih salah satu kerugian membeli kendaraan second hand, karena kita tidak tahu pasti apa yang sudah di ganti oleh owner sebelum nya, seperti block cylinder si biru yang sudah tidak original lagi, bahkan sudah di oversize ke ukuran 100, berarti sudah sering juga motor ini masuk bengkel sebelum nya.
bekas bocor kompresi terlihat jelas di sisi kanan

lubang baut knalpot nya masih oke
lanjut ke bagian kompartemen kopling nya, masih oke, setelah terakhir sempat ku bongkar dan di ganti kampas kopling nya. tapi aku lupa, ada bekas tambalan plastik steel di crankcase kanan nya, karena ter-tonjok baut pengikat foot step depan yang terlalu panjang, yang menembus ke bagian crankcase, dan sering mengakibatkan rembesan olie mesin di bagian tersebut...tambahan PR ku nanti mengatasi semua masalah ini.

kemudian lanjut ke bagian magnet nya, ...ternyata masih original namun ada sedikit bagian yang di gerinda di tonjolan pulser nya.
wadhuhh....di apain ini maksud nya ? biar tambah kenceng apa gimana kali..
untung aja bagian starter clutch dan idle gear masih oke dan layak pakai, tak seperti si orange dulu, yang sudah hancur di makan karat idle gear dan starter clutch nya.
begitu pun dynamo starter si biru ini ternyata masih bagus, setelah aku test dengan aki baru, yang juga ku persiapkan untuk mengaktifkan lagi electric starter nya....padahal aku pun sudah bawakan dynamo starter pengganti, untuk jaga-jaga kalau motor starter si biru sudah tak lagi bisa di gunakan, gapapa lah.. bisa buat stock part nya si biru kan :D

lahh....koq udah panjang banget cerita nya tentang kondisi block cylinder si biru...
nanti ku sambung lagi yaa...
biar ga bosen baca ceritaku...
to be continued......
buruan om...dan cape nih nungguin..
 
advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut