Jupiter....Lagi ??? Part3

advertisements
Jumpa lagi sobat...sehat semua yaa..
melanjutkan cerita tentang mesin jupiter yang udah seperti tambang logam kemaren, yang banyak banget di temukan serpihan karet juga di sekitar area head. korban dari keganasan jalur pantura (ga karena jalanan aja sih, lebih ke perawatan sebenar nya :D ) .

Setelah bongkar-bongkar area head ; block cylinder ; bak magnet serta bak kopling nya, sekarang saat nya untuk pengecheckan area di dalam crank case nya, karena dengan banyak nya temuan deposit logam di luar crank case, tentu saja di dalam crankcase nya juga butuh pengecheckan menyeluruh, biar mesin nya bisa running lancar dan sehat lagi..

okay, ga mau lama-lama.....langsung ambil lagi kunci T8 nya, dan kendorkan ke 10 baut pengikat crankcase nya, setelah itu, dorong kruk as nya dengan crankcase separator, seperti yang sudah kita buat kemaren, ; kenapa harus pakai crankcase separator ? yahh, biar ga sampai merusak komponen mesin nya , jadi walaupun di kerjakan di teras rumah, hasil dan proses kerja tetep meniru bengkel profesional :D ahahahahahaha.....biar kawan-kawan pun juga puas dengan hasil nya.
dan......seperti ini lah kondisi nya saat di belah, (pic taken by: mang Aries NMC owner si mercy)
lebih parah ternyata deposit serpihan nya
banyak sekali ternyata serpihan logam di dasar crankcase, belum lagi beberapa keanehan yang ku temukan di bagian crank-shaft / kruk as bagian kanan. selain lubang kapiler di tengah kruk as mampet, ternyata di bagian untuk bearing nya, banyak luka takik yang sengaja di buat...
hmmmmm.......pasti mekanik yang mengerjakan mesin ini sebelum aku, yang membuat takikan-takikan ini, mungkin dia berpikir, kalau kruk as nya sudah aus, soalnya bisa masuk dengan gampang ke bearing kruk as di crankcase sebelah kanan. dan.........tahukah anda ? jika suaian kruk as dan bearing di crankcase kanan, memang sengaja di buat transisi oleh pihak pabrikan, artinya...... memang di buat mudah masuk ke dalam bearing penyangga di crankcase kanan. namun tidak oblak suaian nya, agar mudah dalam proses perakitan kruk as ke crankcase, dan tidak memerlukan proses press fit untuk memasang kruk as ke crankcase nya. nahh..sudah paham kan ?
dan seperti ini lah penampakan kruk as nya :
malah di rusakin sama mekanik nya dulu
semprullll bener deh..., karena pemahaman yang kurang, jadi salah kan dalam penanganan-nya. ini berarti kan tambahan kerjaan buatku, mesti ada proses repair dan finishing kruk as nya, supaya nanti setelah di bersihkan , dan di check atau, kalau perlu di ganti conrod kit nya bisa di install dengan mudah ke crankcase kanan nya.
mumpung masih hangat...(halah...emang nya kopi) segera saja ku ambil needle file diamond (kikir mini) ku, dan rapikan lagi semua takik-takik yang ada, kemudian, di test dengan bearing berkode 6205 yang nganggur, ulangi lagi proses nya, sampai kruk as bisa masuk dengan lancar, dan luka takikan yang ada di sekujur kruk as kanan nya rata kembali. kelar proses ini, baru ku check kondisi bearing nya.. untuk pengecheckan kondisi bearing bigend dan conrod nya bisa di liat di video ini yaa...


hasil nya...bisa di pake jualan bakso kayanya :D fix...musti ganti seperangkat conrod kit beserta bearing big end nya.
ternyata, serpihan logam yang kita temukan di sekujur bagian dalam crank case nya, adalah serpihan dari bearing bigend yang hancur.
terus, langkah selanjut nya adalah pembersihan semua part nya dari serpihan-serpihan ini, untunglah bagian gear transmisi serta semua part lain nya di dalam crankcase ga ada yang mengalami kerusakan parah.
aku bersihkan semua part-part nya, siram dengan bbm, ternyata untuk mesih ini sampai lebih dari 2 liter bbm yang kupaki untuk membersihkan nya sampai bener-bener bersih. ga papa lah rada boros bbm buat bersih-bersih, yang penting part nya bisa di observasi dengan seksama.

Temuan lain, saat membersihkan area bak magnet, kotoran dan serpihan logam nya banyak yang nyangkut di sekitar stator assy / spul dan pulser nya, seperti di bawah ini lah kondisi nya setelah stator assy dan pulser ku keluarkan dari housing nya di bak magnet.
tumpukan gram nya susah di lepas kan kalau ga di lepas dr bak magnet nya
sedangkan pada foto di bawah ini, tampak jelas gram tertahan di permukaan pulser set nya, karena pulser nya mengandung magnet.:
gram ngumpul semua di pulser, karena mengandung magnet
Pengecheckan selanjut nya pada part mekanis kopling sentrifugal nya, karena pada tulisan kemaren kan aku temukan per kecil bersama serpihan ujung gear, pisahkan dan bersihkan semua part mekanisme kopling sentrifugal nya, dan benar saja, per kecil yang kutemukan adalah per penahan cage untuk mekanisme one way kopling sentrifugal, cage roller nya pecah seperti ini
cage pecah, dan mekanisme one way kacau kerja nya

untung saja ada beberapa cage bekas yang layak pakai, bekas dari kawan-kawan yang mengganti mekanisme kopling otomatis / sentrifugal nya dengan balancer. jadi ga musti repot beli part baru buat pengganti nya nanti.
Selanjut nya belanja part conrod kit sekalian bearing kruk as kiri dan kanan nya, berkode 6205 dan 6304. Conrod kit yang ku beli pun sesuai pesanan owner nya, seri 5HV, meskipun sedikit lebih mahal dari pada OEM nya seri 5TP atau 5TN, kenapa dipilih penggunaan conrod kit seri 5HV ini ? lebih ke arah durability yang di tawarkan tentunya, seperti yang sudah pernah kubahas di artikel yang lalu ya.
ehh...udah rapi lagi.
untuk perakitan nya, ga beda koq sama tulisan-tulisan sebelum nya, berikut ini posisi mesin mejeng diatas "meja kerja ku"
zoom aja, kelihatan conrod 5HV nya mejeng 
tapi....waktu pengen rakit piston nya ke conrod baru nya,.... baru lah ku sadari, kalau ternyata, pemasangan piston sebelum nya terbalik seperti pada foto di bawah ini :
panah itu musti nya hadap ke lubang exhaust
entah kenapa , banyak yang masih salah kaprah memasang piston, tanda panah nya mestinya menghadap ke arah lubang buang, karena coakan untuk klep out pun lebih dalam di buat pabrikan dari pada coakan klep in nya. setelah sobat baca tulisan ini, musti nya jangan sampai salah lagi ya, kalau coba-coba untuk bongkar dan bersih kan mesin sendiri.
selain dari tanda panah itu, perbedaan nya terletak pada jarak offset lubang pen piston nya, untuk bagian atas dan bawah pasti di buat berbeda oleh pabrikan, untuk meminimalkan friksi piston dengan liner nya.

oke deh, tinggal balik posisi piston ke arah yang benar, baru di rakit ulang semua part mesin nya,
sebelum cover bak kopling di pasang, saat pengechek an mangkuk kopling primer, ternyata oblak banget, kecurigaan karet damper lah yang jadi penyebab banyak serpihan karet di head, memang dari part ini. untung segera di ganti dan di pantek ulang. biar transfer daya dari kruk as ke as transmisi pun tidak bermasalah lagi, dan tenaga bisa tersalur dengan baik sampai ker roda belakang.

sedangkan untuk bagian karbu dan head nya, sedikit ku usilin, biar flow udara dan bbm nya lebih optimal lagi.
cara untuk memaksimal kan flow udara yang melewati karbu dan intake bisa di intip di artikel ini.
sedangkan untuk area port di block head nya di artikel ini
selesai perakitan dan testing run engine, juga test ride, tinggal telp owner nya untuk jemput motor nya.
biar ga menuh-menuhin tempat parkir di teras ku yang sempit. tapi...kesemprulan owner nya ga berubah juga ternyata..mentang-mentang ga perlu reyen piston nya, pulang dari rumah ku, ternyata motor ini malah di pakai buat manas-manasin rider lain di jalan. pffftttt...ini yang ga boleh di tiru ya sob.
okay, sekian dulu cerita jupiter tambang logam ini ya...
besok tentang update berikut nya mesin ini..
akhirnya kelar juga.....yuk makan kue dulu :p

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut