advertisements
Selamat pagi...selamat hari minggu dan selamat ber akhir pekan bersama keluarga tercinta sobat pembaca blog tulisan bakul sego kucing yang rada-rada gimana gitu yaaa ....
rada gila kalau pas kumat iseng dan jahil nya sih emang...
ga di warung ; ga di rumah...tapi ga isengin anak orang deh yang pasti :D
berselang beberapa waktu dari proyek modif sedikit kemaren, abang nya juragan sepatu, owner nya si belang (juragan sepatu juga sih ) bertandang ke pangkalan gerobak angkringan.. naik motor tiger nya yang mulai rada berisik mesinnya; dan dari area sebelah kiri mesin sumber suara nya..entah karena tensioner nya atau cam chain nya yang mulai uzur karena pemakaian.
haduh...rada berat kaya nya nih penyakit nya (-_-) ... apa cuma berat mesin sama body nya yaa ? moga-moga option ke dua nya aja deh..
rada gila kalau pas kumat iseng dan jahil nya sih emang...
ga di warung ; ga di rumah...tapi ga isengin anak orang deh yang pasti :D
berselang beberapa waktu dari proyek modif sedikit kemaren, abang nya juragan sepatu, owner nya si belang (juragan sepatu juga sih ) bertandang ke pangkalan gerobak angkringan.. naik motor tiger nya yang mulai rada berisik mesinnya; dan dari area sebelah kiri mesin sumber suara nya..entah karena tensioner nya atau cam chain nya yang mulai uzur karena pemakaian.
haduh...rada berat kaya nya nih penyakit nya (-_-) ... apa cuma berat mesin sama body nya yaa ? moga-moga option ke dua nya aja deh..
aseekk bisa buat malpraktek |
Nah...dia tinggalkan motor nya di rumah, jadi punya waktu lah aku untuk bermain dan belajar tentang konstruksi mesin si 'macan'; salah satu type mesin legendaris pabrikan sayap sebelah.. yang di produksi dari pertengahan tahun 90an sampai di tahun 2010an...
lama banget kan rentang produksi nya.
Okay...coba pretelin dulu deh, biar bisa akses ke mesin nya lebih leluasa..copot jok nya, kemudian baru bisa copot tangki nya...
baru lah akses kemesin nya bisa kita dapatkan.
lepas kan karburator nya dan knalpot nya...
dan coba untuk lepas kan head nya....
ehh......ternyata , disinilah perbedaan dengan type bebek ; musti turun mesin segelundung ternyata, biar head nya bisa di akses bebas.
ya udah, lepaskan semua baut pengikat mesin ke rangka nya, dan turunkan sekalian mesin nya segelundung.
ga terlalu berat sih mesin si macan ini ternyata. asal kita mau kreatif memikirkan cara nya agar tangan ga kejepit.
mainan pisau tuner juga di head macan ini |
setelah mulai paham dengan konstruksi nya, kemudian kulanjut dengan membersihkan klep in dan klep out nya dari kerak-kerak hasil pembakaran sebelum nya.
poles-poles aja, ga perlu terlalu ekstreem, buat harian koq |
mulailah mainkan bor tuner dengan mata pisau carbide nya untuk sedikit olah bentuk dari port in dan out nya, utama nya untuk membuat bentuk seperti gentong di bawah daun klep nya , dan buat landai arah masuk dan keluar kubah ruang bakar nya.
area lubang buang si macan sudah bersih dari kerak-kerak nya |
kemudian di susul dengan penggunaan kertas amplas untuk finishing nya. biar lebih lancar lagi pergerakan campuran gas dari karbu yang masuk ke ruang bakar, dan keluar menuju saluran buang nya .
area ruang bakar sudah bersih kan. jalur nya juga sudah landai |
dan memang cukup banyak kerak di permukaan piston nya, (sayang nya, lupa ga ku ambil foto nya untuk dokumentasi ) bahkan di bawah ring, di alur ring body piston nya..
kerja ekstra ternyata untuk bersihkan kerak-kerak ini karena posisi nya yang terjepit di alur pada badan piston nya...
dan apes nya lagi, ternyata badan piston pun mulai banyak guratan yang cukup dalam..
hmmmm useless deh bersih-bersih nya, karena musti ganti piston dan korter ulang, biar ga ngebul dan habis lagi pelumas nya.
akhir nya terpaksa hunting piston untuk si tiger ini, karena pembersihan piston nya ga mungkin di teruskan lagi.
molor jadwal nya...karena kesalahan ku ga langsung check sekalian kondisi piston dan liner nya, malah fokus kepada keisengan ku di sek
tor head si macan ini.
padahal head sudah ready sama klep nya |
segera saja ke bengkel bubut langganan untuk proses korter dan honing liner nya.
selesai dari bengkel bubut, segera ku pulang untuk bersihkan liner dan piston baru nya dari cutting oil dan rakit kembali supaya bisa di test mesin macan ini di rangka nya, untuk check ada kekurangan apa lagi yang mungkin terjadi nanti nya.....apes nya masih ada sedikit asap tipis saat mesin di test...
juga suara berisik dari area kiri mesin masih terdengar jelas....
huufffttt.....istirahat dulu lah...
sambil pikirkan langkah apa yang harus ku ambil nanti..
to be continued........
cape bang ? minum yang seger-seger dulu deh... :p |
advertisements
0 komentar:
Posting Komentar