Bermain sama Macan 1

advertisements
Selamat pagi...selamat hari minggu dan selamat ber akhir pekan bersama keluarga tercinta sobat pembaca blog tulisan bakul sego kucing yang rada-rada gimana gitu yaaa ....
rada gila kalau pas kumat iseng dan jahil nya sih emang...
ga di warung ; ga di rumah...tapi ga isengin anak orang deh yang pasti :D

berselang beberapa waktu dari proyek modif sedikit kemaren, abang nya juragan sepatu, owner nya si belang (juragan sepatu juga sih ) bertandang ke pangkalan gerobak angkringan.. naik motor tiger nya yang mulai rada berisik mesinnya; dan dari area sebelah kiri mesin sumber suara nya..entah karena tensioner nya atau cam chain nya yang mulai uzur karena pemakaian.
haduh...rada berat kaya nya nih penyakit nya (-_-) ... apa cuma berat mesin sama body nya yaa ? moga-moga option ke dua nya aja deh..
aseekk bisa buat malpraktek

Nah...dia tinggalkan motor nya di rumah, jadi punya waktu lah aku untuk bermain dan belajar tentang konstruksi mesin si 'macan'; salah satu type mesin legendaris pabrikan sayap sebelah.. yang di produksi dari pertengahan tahun 90an sampai di tahun 2010an...
lama banget kan rentang produksi nya.

Okay...coba pretelin dulu deh, biar bisa akses ke mesin nya lebih leluasa..copot jok nya, kemudian baru bisa copot tangki nya...
baru lah akses kemesin nya bisa kita dapatkan.
lepas kan karburator nya dan knalpot nya...
dan coba untuk lepas kan head nya....
ehh......ternyata , disinilah perbedaan dengan type bebek ; musti turun mesin segelundung ternyata, biar head nya bisa di akses bebas.
ya udah, lepaskan semua baut pengikat mesin ke rangka nya, dan turunkan sekalian mesin nya segelundung.
ga terlalu berat sih mesin si macan ini ternyata. asal kita mau kreatif memikirkan cara nya agar tangan ga kejepit.

mainan pisau tuner juga di head macan ini
nahh, biar ga penasaran, ku copoti sekalian aja semua part-part di head macan ini, sekalian pelajari konstruksi nya, dari mana arah pelumasan ke area head nya berasal dan bersihkan semua kotoran yang mungkin bersarang di jalur-jalur pelumasan nya.

setelah mulai paham dengan konstruksi nya, kemudian kulanjut dengan membersihkan klep in dan klep out nya dari kerak-kerak hasil pembakaran sebelum nya.
poles-poles aja, ga perlu terlalu ekstreem, buat harian koq
entah dari mana asal nya...koq tiba-tiba pengen ngejahilin bentuk dari port in dan out asli nya ini yaa. bisa ga sih kira-kira di maksimalkan aliran udara nya seperti di mesin tipe selonjoran, kaya bebek gitu...

mulailah mainkan bor tuner dengan mata pisau carbide nya untuk sedikit olah bentuk dari port in dan out nya, utama nya untuk membuat bentuk seperti gentong di bawah daun klep nya , dan buat landai arah masuk dan keluar kubah ruang bakar nya.
area lubang buang si macan sudah bersih dari kerak-kerak nya
memang material dari head tiger 2000 ini cukup keras di banding dengan jupier yang sering ku pakai praktek ya.. tapi tetap bisa ku kerja kan dengan kesabaran ekstra..

kemudian di susul dengan penggunaan kertas amplas untuk finishing nya. biar lebih lancar lagi pergerakan campuran gas dari karbu yang masuk ke ruang bakar, dan keluar menuju saluran buang nya .
area ruang bakar sudah bersih kan.
jalur nya juga sudah landai
pelan namun pasti, urusan bersih-bersih area head selesai juga ..tinggal coba bersihkan piston si macan yang mulai banyak kerak juga..mungkin ada pelumas yang menyelinap dan ikut terbakar, karena saat ku tap pelumas nya, tak sampai 1ltr lagi.
dan memang cukup banyak kerak di permukaan piston nya, (sayang nya, lupa ga ku ambil foto nya untuk dokumentasi ) bahkan di bawah ring, di alur ring body piston nya..

kerja ekstra ternyata untuk bersihkan kerak-kerak ini karena posisi nya yang terjepit di alur pada badan piston nya...
dan apes nya lagi, ternyata badan piston pun mulai banyak guratan yang cukup dalam..
hmmmm useless deh bersih-bersih nya, karena musti ganti piston dan korter ulang, biar ga ngebul dan habis lagi pelumas nya.
akhir nya terpaksa hunting piston untuk si tiger ini, karena pembersihan piston nya ga mungkin di teruskan lagi.
molor jadwal nya...karena kesalahan ku ga langsung check sekalian kondisi piston dan liner nya, malah fokus kepada keisengan ku di sek
tor head si macan ini.
padahal head sudah ready sama klep nya
 esok nya lah perburuan part nya berlangsung, dan cukup susah untuk mendapatkan part oem dari honda di sekitar tempat tinggal ku. terpaksa lah option aftermarket yang di pakai. yaitu piston kit tiger OS50 dari indoparts.
segera saja ke bengkel bubut langganan untuk proses korter dan honing liner nya.

selesai dari bengkel bubut, segera ku pulang untuk bersihkan liner dan piston baru nya dari cutting oil dan rakit kembali supaya bisa di test mesin macan ini di rangka nya, untuk check ada kekurangan apa lagi yang mungkin terjadi nanti nya.....apes nya masih ada sedikit asap tipis saat mesin di test...
juga suara berisik dari area kiri mesin masih terdengar jelas....
huufffttt.....istirahat dulu lah...
sambil pikirkan langkah apa yang harus ku ambil nanti..
to be continued........
cape bang ? minum yang seger-seger dulu deh... :p

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut