Home » , , , , , , , , » Ng'usilin dan di Kerjain si Orange

Ng'usilin dan di Kerjain si Orange

advertisements
Selamat pagi....salam sejahtera untuk kawan semua yaa..
gimana liburan lebaran nya ? asikk semua kan sudah enak juga ketemu dengan handai taulan dan juga keluarga di kampung halaman masing-masing..
atau mungkin juga ada yang masih terjebak arus balik di perjalanan kembali ke tempat perantauan ?
tapi ku harap semua kawan-kawan dalam keadaan sehat-sehat semua, dan tak kurang suatu apapun.

okay sob, kali ini mau ceritakan pengalaman ku ngusilin si orange yaa.. iya, si orange ; yamaha fizr ku berwarna orange yang pernah ku restorasi dulu.
ternyata, kalau ku bikin daftar, banyak sekali part restorasi yang tertanam pada si orange ini, coba ku urutin satu-satu yaa...moga aja ga ada yang kelupaan.
  • spion dari variasi ke spion standard
  • mika speedo yang retak-retak di ganti baru original
  • handle rem dan kopling, pakai bekas nya si maroon fiesta
  • lampu depan / headlamp assy dari bekas si biru di solo
  • kemudian penggantian seal master kit original
  • satu set disc PSM floating berdiameter 320mm, persis punya babyblue
  • satu set velg original fizr 2nd yang ini karena warna nya masih original
  • satu set ban depan belakang tubeless merk zeneos zn88 dan zn77 70/90-17 depan 80/90-17 belakang
  • satu set kabel body original / wire harness assy kode nya 4WH-****-**
  • intake manifold variasi plus membran original, kode part nya 4NR-E3616-00
  • karbu vm26 2nd juga sih, tapi masih normal pj :17.5 mj : 125
  • motor / dynamo starter plus idle gear ;starter clutch dan magnet 2nd original dari kolektor fizr tangerang
  • piston kit OS150 merk NPP
  • expansion chamber /knalpot non merk 
  • aki 5A 
  • cover aki original orange kode part nya 4US-F1721-00-GE
  • gear set sss 2nd sumbangan babyblue juga , ratio 15:35 (sayang, masih bagus soal nya :p)
  • busi ngk platinum BR8GP
  • kabel speedometer original kode nya 4WH-H3550-00
  • bearing kruk as type 6025-zz FAG portugal for machinery
  • per kopling FU plus ganjal ring plat 5mm 4pcs (sisa kawan-kawan)
  • kabel kopling fizr original, kode part nya 4EH-F6335-10
  • kabel gas set original / cable throttle kit 4WH-****-00
  • pipa teleskopik shock depan plus per nya sumbangan dari maroon fiesta juga. plus seal minyak shock depan nya 1 set.
  • shock belakang hasil tukar tambah dengan kawan dari ciledug kyb zeto euy..
  • kampas rem depan / disc pad untuk calipper 1 piston original ; kode parts 5YP-W0045-00
  • CDI original kode 4NS 2nd, hasil tukar tambah dengan bekas karbu si orange dan si biru
tuhhh...banyak banget ternyata part restorasi si orange ini,
itupun mungkin masih ada beberapa part yang lupa kusebut kan. heheheee.....ternyata memelihara motor tua seperti ini butuh banyak pengorbanan dan proses belajar
nah, kali ini yang ingin ku usilin lagi adalah part silencer expansion chamber nya, karena yang terpasang sebelum nya suara nya kurang enak di telinga ku..
ya udah lah, ku pesankan silencer berbahan aluminium pada boss workshop yang sering buatkan pesanan pipa powerboom untuk kawan-kawan.
nih baru jadi & nampang sama pipa powerboom
setelah silencer orderan ku jadi, dan aku puas dengan tampilan visual nya, ingin segera kupasang pada si orange, tapi ke isengan ku muncul lagi untuk coba check bagian head / block kop nya untuk checking hasil pembakaran nya selama bebrapa bulan ini.
ternyata hasil setingan dari karbu vm26 nya memang memuaskan, hanya sedikit deposit kerak di bagian squish nya, dan sangat mudah di bersihkan dengan guyuran bbm. hmmmmm......apa mungkin karena pembakaran yang sempurna plus pemakaian olie samping idemitsu 2t ya ?
hasil dari pembersihan area squish masih seperti ini ternyata, setelah di poles dulu, waktu di bongkar.
di guyur bbm dan di lap, kinclong lagi euy
okay deh kalau begitu, tinggal pasang lagi head / block kop nya si orange, dan pasang silencer baru nya ; di lanjut test suara nya, hmmmm lumayan garing deh, sipp dah kalau begitu.

ini tampilan nya setelah dirakit, asem malah ga keliatan knalpot nya
Nahh, karena surat-surat si orange ini sudah tidur selama 3tahun lebih, dan bikin ga pede ketemu pak pol, kalau pas di pakai jalan rada jauh, sekalian aja ku test untuk jalan rada jauh, , ke samsat cikarang untuk urus pajak nya yang tertidur cukup lama.
di test perjalanan jarak medium ini memang pada awalnya ga ada masalah, cuma tingkat konsumsi bbm nya yang menggila, seboros itukah penggunaan karbu vm26 pikir ku dalam hati ? saat melintas di daerah flyover pesing sudah menghabiskan hampir setengah tangki bbm. turun dari fly over , aku ambil jalan ke pinggir di daan mogot ini ku perhatikan ada tetesan bbm dari sekitar filter bbm yang kupasang sebelum nya, it's weird, unussual batin ku tapi tetap ku teruskan , sampai aku berhenti di spbu shell yang ke arah harmoni. berhenti sebentar di situ setelah isi bbm (gaya...pakai shell....padahal terpaksa daripada kehabisan :p ) di spbu itu ku bongkar sayap kiri si orange ini ; hanya bermodal kan kunci L-5mm dan gunting kuku :D, ternyata filter nya yang retak, setelah ku pikir selang bbm yang masuk ke filter sumber masalah nya..damn !!! mana ga tahu di mana bisa dapatkan filter pengganti di daerah itu, akhirnya, ku potong aja filternya, dan gunakan potongan nya untuk menyambung selang bbm nya (riskan memang, karena sambungan nya cuma sepanjang 2cm, berarti tiap ujung selang bbm hanya masuk sedalam 1cm sambungan ini) klem sementara dgn kabel ties yang ku beli di mini market sekitar an lanjutkan perjalanan untuk jemput si paijo ,biar nemeni aku urus pajak di kantor samsat.

skip perjalanan kami ke kantor samsat nya , karena sampai di kantor samsat cikarang ternyata sudah tutup, akhirnya pulang lagi lah kami, sampai di sekitar cakung, pintu tol bekasi barat, si orange mulai ngadat lagi, haisshhh....semprul kau orange.. ngapain lagi ngadat segala......??? 
seperti pengguna motor 2tak lain nya, cek dulu busi nya si orange ini, dan seperti ini penampakan nya ga masalah ku kira, tapi akhir nya ku ganti dengan busi cadangan juga :
penggunaan vm26 di orange seperti ini hasil pembakaran nya
ehh, setelah ganti busi, jajal start lagi si orange, ternyata mau nyala, berarti masalah nya cuma busi pikirku. sempet juga sih di candid si paijo waktu mesin nya orange bisa nyala lagi.
sialan paijo, candid ga bilang-bilang...
ehhh, kalo bilang ga jadi candid lagi namanya ya ?
singkat cerita, pulang dari cikarang, ku drop paijo di sekitar pulojahe, kemudian lanjut pulang lah aku ke tangerang, karena sudah pasti di tunggu mamak untuk bantu jualan angkringan malam nya.
Esok nya barulah aku carikan filter pengganti yang rada bagus, buat ganti yang kemaren pecah.
lumayan juga ternyata harga nya
semoga dengan penggantian filter ini, ga bermasalah lagi si orange...
tapi harapan ku tak sesuai dengan kenyataan, masih sering lagi si orange ngadat, meskipun filter bbm nya sudah baru, dan lebih kuat dari yang plastik kemaren.
ini tampilan visual yang lebih jelas yaa
setelah beberapa kali ngadat seperti ini, akhir nya capek hati juga jadi nya ...langsung ku bongkar lagi cover body nya, untuk pastikan dari mana sumber penyakit nya si orange, yang ngadat nya seperti kehabisan bbm , padalah bbm nya tak pernah di biarkan sampai tiris, langsung ku isi sampai nyaris luber jika indikator mulai mendekati tanda merah.
usut punya usut, ternyata.........penyebab si orange ini sering ngadat adalah tutup tangki nya.
dimana pada tutup tangki terdapat lubang pernapasan , yang menjaga agar tidak terjadi kevacumm'an di dalam tangki, jadi tekanan udara di dalam tangki dan udara sekitar tetap sama.
namun ternyata mulai ada karat di dalam tutup tangki si orange, yang menyebabkan lubang pernapasan terhambat. jadi saat kita pakai jalan, sering kali terjadi kevacumm'an di dalam tangki nya, dan ini yang menyebabkan bbm tidak mau turun,- mengalir ke karbu nya.
solusi nya, ku perbesar lubang pernapasang nya dengan bor 2.5mm , baik itu yang menghadap ke tangki, atau yang ke arah luar tangki ( di bor dari samping tutup tangki nya ),
yang pasti lubang pernafasan di tutup tangki nya sekarang sudah bebas dan tidak terjadi lagi kevacuum'an di dalam tangki. sampai tulisan ini ku buat dan terbitkan pun, tak pernah lagi ada masalah karena tutup tangki si orange, cuma surat-surat mutasi nya si orange  aja yang belum ku ambil... 

sekian dulu cerita tentang si orange kali ini yaa..
to be continued........
suka iseng sih ; dikerjain juga kan sekali-sekali :p


advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut