Koq Masih bisa Jalan yaa ???

advertisements
Jumpa lagi sobat, masih di blog nya bakul sego kucing yang rada jahil dan iseng ini.
kadang emang iseng dan jahil nya ga nalar sih.. makanya kadang di bilang bakul edan sama langganan warung ku dulu :D
sehat-sehat semua kan sob ? tetap semangat dan tetap berkarya buat orang-orang terkasih di sekitar kita.

Oh iya...kali ini mau share cerita tentang mesin jupiter milik kawan yang tinggal di daerah semanan, kali deres. 'jupiter lagi ???' ; iya sob...jupiter lagi...entah kenapa kawan ini ga bawa jupiter nya ke bengkel terdekat dari tempat tinggal nya, padahal ku yakin banyak juga koq bengkel recomended di sana. ternyata jawaban nya bikin rada nyengir : "bengkel banyak om, tapi yang rada edan cuma kamu kalau ngerjain orang."  Walahhh.....malah di bilang edan lagi. :D
ya wis...dari pada di bilang edan lagi, mending langsung ke pokok masalah nya deh, ada apa dengan motor nya ? koq jauh-jauh ke cikupa dari semanan, kali deres sana. kata kawan ini,: ''motor udah ga enak banget di ajak jalan, ngempos banget tenaga nya.." okay, ambil alat-alat dan mulai bongkar body sayap plastik nya. ealaahhh......"ini kenapa baut pengikat cylinder dan block cuma ada 3ekor, satunya kemana ?" di jawab dengan santai nya : "ada om, tuh di bawah jok nya,di bagasi...". :o
lhoo, kenapa di taruh di bagasi ya ? hmmm...selalu ada yang ga beres nih biasanya kalau gini : 

kondisi ruang bakar dan karet tensioner camchain nya.
bongkar sekalian deh area head nya, buat intip kondisi nya, sambil cari tau, apa sih yang bikin 'tenaga ngempos' selain baut stud pengikat block cylinder dan head ke crankcase yang tinggal 3 pcs terpasang ini. Dan ternyata, seperti foto di atas dan di bawah ini lah kondisi dari head dan permukaan piston di ruang bakar, karena ada kebocoran kompresi dengan hilang nya satu baut stud pengikat block cylinder dan head nya.
nih kondisi permukaan piston nya..
mantab bener kerak karbon nya

setelah lihat kondisi head dan ruang bakar nya, si kawan ini malah pamitan pulang, karena pengerjaan dan pembersihan kondisi seperti ini pasti molor di kira nya....dan emang sih; molor.... :D

setelah dia pulang, segera copot block cylinder dan piston nya, kemudian observasi lubang baut di crankcase nya, tempat baut yang 'hilang' ini....tepat seperti dugaan ku sebelum nya, sama seperti yang di alami babyblue ku tempo hari . lubang baut di crankcase nya slek, dan pasti ga bisa ikat kuat lagi baut nya.
pertolongan pertama yang bisa dan biasa ku lakukan adalah recoiling . segera ambil tap recoil ukuran M8 kemudian di tap sedalam lubang baut di crank case nya.
ulangi sampai benar-benar mentok lubang ulir yang ku buat, kemudian ambil insert recoil M8, dan masukkan ke lubang baut yang sudah ku kerjakan tadi, putar terus sampai insert recoil masuk ke dalam dan tidak akan mengganggu posisi bush guide block cylinder dan crankcase nanti nya.
untuk foto-foto lebih detail bisa di lihat di sebelah kanan dan di bawah ya sob...
kerak di permukaan dan di sekujur body piston
pertanda ada kompresi yang bocor dari ring nya
untuk finishing nya, tinggal test dengan baut M8 yang masih bagus ulir nya, jika di rasa masih sedikit seret masuk nya baut, bisa di finishing ulang dengan tap M8 normal.
dan pastikan pergerakan baut di lubang ulir yang sudah kita perbaiki bisa lancar.

selesai dengan lubang ulir nya, tinggal jajal baut stud yang di copot dan di taruh di bagasi tadi..
tapi...ada tapi nya juga baut ini. ternyata pernah di gepengkan sedikit sama mekanik terdahulu, agar masih bisa mengikat ulir di crankcase, dengan kondisi diameter ulir jantan yang sudah sedikit mekar.
tapi ketika ku coba di lubang ulir yang sudah ku perbaiki malah ga bisa masuk......aseemmmm banget kan. masa musti ganti baut stud, eh...ternyata aku ingat, punya alat snay ulir luar juga, ya wis, jajal di perbaiki dengan snay M8 ku. dan ternyata berhasil..
ulir di baut nya bisa rapi kembali, jajal masukin ke lubang baut hasil recoil, dan bisa mengikat dengan baik. Harus nya kuat nih nanti untuk tahan gebukan kompresi di ruang bakar nya.
tapping untuk inser recoil M8

selesai dengan lubang baut dan baut yang rusak, tinggal jahilin aja ruang bakar nya, bersih kan dengan sikat kawat, kebetulan ada yang berbentuk batang dan bisa di jepit di drill chuck bor tangan.
Lumayan ga bikin pegel proses pembersihan ruang bakar nya. lanjut copoti semua part di head nya. untuk di check dan di bersihkan semua. klep buang pasti lah di tumpuki deposit karbon yang lumayan tebal. untuk area ini, batang klep ku jepit dengan tang, dan untuk membersihkan nya, aku gunakan gerinda sikat kawat berbentuk mangkuk, agar kerak cepat di singkir kan dari batang klep dan bagian bawah daun klep nya.

Selesai dengan klep nya, mata gerinda sikat ini bisa ku pakai untuk singkirkan deposit karbon dan kerak di permukaan piston mesin ini.
sikat terus sampai semua karbon terangkat dari permukkan piston nya.
inserting recoil di lubang yang sudah di perbesar
okay...bagian piston dan klep sudah bersih...tinggal pengecheckan lubang port nya...mana tau bisa ku isengin dan di jahilin seperti mesin-mesin kawan ku lain nya.

dan memang benar, setelah kerak-kerak sisa pembakaran bisa di singkirkan, memang lubang port in dan out nya masih dalam kondisi aslinya, asik nih ; ada bahan buat latihan tuning lagi... :D

ambil bor tuner, dan segera mainkan hand piece bor tuner di lubang port in dan out nya.. bentuk nya seperti milik kawan-kawan lain yang daily use oriented , penggunaan untuk keperluan harian dan kadan-kadan touring pas pulang kampung.
rata-rata...bentuk port untuk daily use ku buat seperti gentong dan melandai ke arah luban port in atau pun out nya . yang penting flow nya baik yang masuk ke ruang bakar, atau pun yang keluar ke saluran pembakaran bisa melewati saluran nya dengan lancar dan debit sedikit 
insert sudah duduk manis di rumah baru nya..
hasil tangan jahil dan iseng


'Sudah...selesai ??' belum lahhh... kan tadi udah sempet di bilang 'gila' kalau iseng dan jahilin orang..
nanggung amat segini doang sama iseng nya. Sekalian aja di skir ulang dulu kedua klep in dan out nya, biar ntar ga ada komplain komprsi bocor lagi dari owner nya.
setelah proses skir selesai, tinggal jahilin karbu ; packing fibre dan intake nya sekalian. biar tambah lega dan lancar flow udara yang memasuki karburator untuk di kirim ke ruang bakar bersama bbm nya.
port out yang udah di jahilin
ini port in hasil 'jahil dan iseng juga.. 

"sudah selesai kah jahil dan keisengan tangan nya ?" sementara udah, tinggal bersihkan semua part nya dari gram-gram tersisa , proses tuning tadi.. kemudian rakit lagi satu per satu seperti puzzle yang terdiri dari berbagai macam barang keras ini.. sampai semua ter rakit dengan sempurna di tempat nya semula. dan mesin bisa berfungsi normal tanpa ada kebocoran kompresi lagi, kan baut stud nya dah komplit.

hubungi owner nya untuk jemput motor nya yang udah di isengin dan di jahilin ini, tapi...ternyata masih ada lagi aja request nya...minta di pasangi leheran powerboom dengan silencer tetap menggunakan silencer standard nya..
oke deh, dari pada ntar ngambek kalau ga di turutin yaaa :D langsung giring aja motor ke workshop kawan untuk di buatkan pipa header baru, biar makin menunjang kemampuan mesin yang sudah kena sentuhan tangan iseng ini, tapi suara output dari knalpot nya tetep adem koq, kan silencer nya standar.
Sorenya, owner datang dan jajal motor nya dengan cengar-cengir.. "iseng nya bakul sego kucing emang nular ya.bikin orang cengar-cengir juga............." katanya..

nahh kan salah lagi aja ..... :D :D
makanya jangan suka iseng O'om...
temenin ngopi aja yuuukkkk :p



advertisements

2 komentar:

Pengikut