Jupiter....Lagi ?? part 1

advertisements
Masih di sini sobat.... salam sejahtera dan bahagia buat semua yaaa.."
kiranya berkat selalu tercurah bagi kita semua...
kali ini masih seputar kejadian yang di alami kawan-kawan di group jupiter z yang mengalami kendala pada tunggangan kesayangan mereka , dan kebetulan juga mereka berdomisili di sekitar tempat tinggal ku di tangerang ini.

dan kali ini....di alami seorang sarjana muda, yang tahun-tahun sebelum nya di kenal dengan karya nya tentang batok sipit untuk jupiter series, dimana motor nya mengalami keanehan saat di pakai untuk menahluk kan jalur pantura ketika arus balik lebaran 2016. Mesin motor nya jadi kasar suaranya dari sektor tengah, dan dari daerah cirebon dia sudah sadari kondisi ini, bahkan dia tambahi volume pelumas nya sampai hampir sekitar 1.5liter, namun suara kasar dari sektor tengah mesin nya ga hilang juga dan cenderung semakin keras saat rpm makin tinggi.:
sekian ini pelumas yang ada di dalam mesin ini,
tapi suara masih keras sekali dari sektor tengah.
setelah dia hubungi aku via vallen, #ehhh via bbm maksud nya..(dasar si emon, nularin youtube dangdut koplo sih) ....semprullll.
skip yakkk...dan ternyata, dia sudah tunggu di depan gerbang perumahan ku. jemput ke depan dan ajak kerumah, dari depan sampai ke rumah, memang terdengar sangat kasar suara mesin nya, seperti logam yang beradu di dalam mesin nya. jika di biarkan lebih lama lagi, pasti devastating hasil nya.
bisa rontok semua pasti daleman mesin nya jupiter kawan ini.

setelah sebentar ber-ramah tamah sambil ngopo, sambil nungguin dingin nya mesin jupiter kawan ini, akhirnya ku urut lah proses pengecheckan nya, mulai dari kuras pelumas di dalam mesin nya, dan hasil nya seperti di atas.
hmmmmm, pasti parah lah kondisi jerohan mesin nya, terlihat dari begitu pekat nya pelumas yang keluar dari bak mesin nya.
kemudiancoba intip kondisi di cover camshaft nya di area head. lagi-lagi ada serpihan berwana hitam di cover camshaft nya.. waduhhh, kronis ternyata.
lagi-lagi ada serpihan di situ
tambah penasaran, serpihan apa sih sebenar nya ?? bongkar ke dua tutup klep nya, atas dan bawah, dan seperti ini kondisi nya:
tambah banyak aja serpihan nya
hmmmmm, tekstur nya seperti karet.... tapi dari mana datang nya karet ini ? apa karet damper kopling nya hancur kah ? atau ada yang mengiseng'i  mesin kawan ini ? masih banyak pertanyaaan kemungkinan di benak ku. belum lagi ada rembesan pelumas dari sambungan crank case di bagian atas, di bawah under bone nya:
masih aja ada rembesan, ada apa kah gerangan ??
Kemudian ku lanjut kan dengan melepas head dari engine nya ,tumpukan kerak absen semua deh di situ, seperti di foto ini:
karbon di ruang bakar plus serpihan
asem bener dah, tambah penasaran aja liat banyak nya serpihan seperti karet ini, dari stopper tensioner kah ? tapi kalau di perhatikan kondisi lidah stopper tensioner nya, masih normal, kecuali ada sedikit retakan di bagian lidah tensioner atas.:
tambah banyak aja serpihan ini di jumpai

tuh, kan...di semua tempat ada serpihan nya
setelah pengecheck an di block cylinder selesai, butuh di bersihkan saja ternyata, liner nya pun ga banyak guratan-guratan dan bekas gesekan, masih aman lah untuk di pergunakan tanpa perlu oversize lagi nanti nya, demikian juga kondisi piston nya, hanya tumpukan karbon di permukaan kepala silinder saja yang rada parah, sedangkan di bagian body piston, tak ada goresan yang mencurigakan, masih layak pakai lah :
psiton sih oke, tapi koq serpihan nya semakin banyak di temui
dari belakang block cylinder malah baru kelihatan kalau banyak serpihan ini yang ngumpet di situ.
Berhubung waktu pengecheck an sudah mendekati waktu nya aku berangkat jualan angkringan, untuk bagian lain, biar ku lanjut kan esok pagi nya saja deh..

bersambung................
buruan jualan nya...sebel ihh nunggu lagi :p

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut