Jupiter....Lagi ??? Part2

advertisements
Selamat dan Semangat pagi sobat... sehat-sehat semua kan ?
kembali lagi nerusin cerita kemaren yaa.. baru proses bongkar head nya sama block cylinder kan ?
Nahh...sekarang ke proses bongkar cover crank-case 1 dan 2 yaa..
bongkar bak magnet dan juga bak kopling nya..
kita intip apa yang kita temukan di sana.

pertama yang ku bongkar adalah bak magnet nya..penasaran dengan endapan apa yang ada di situ, tetep seperti biasa nya, pakai kunci T8mm dan lepaskan semua baut pengikat nya, kalau lepasin bak magnet nya rada susah, karena lama ter ikat kuat di crank-case, bisa di getarkan dengan palu karet / mallet ya..
dan.....tadaaaaa... :
apa-apa'an ini ? koq banyak gram logam nya ?
Devastating ? iya parah....parah banget ...entah lah apa yang hancur, koq banyak tumpukan serpihan logam segala di dalam bak magnet nya ?
ini nih, idle gear starter nya koq sampai seperti ini ??
ini lah yang bikin terpana, dari beberapa mesin milik kawan-kawan yang pernah ku pegang (pegang doang ? ) di check maksud nya...mesin ini lah yang masuk kategori terparah . Banyak tumpukan deposit logam di area bak magnet , bisa dilihat di foto di bawah ini :
serem kan ? di bagian bawah logam semua itu ngendap
pffftttt.....weleh-weleh.... ini orang gimana pakai motor nya ya ? gimana juga ngerawat nya sih ? koq sampai hancur gini ? moga-moga ga ada lagi lah yang parah, selain cuma idle gear ( gear penghubung dari motor starter ke starter clutch) nya tadi.
keren euy, kaya tambang logam
setelah selesai pretelin semua part di kompartemen magnet, termasuk rotor assy / magnet nya, beralih ke bagian bak kopling, motor ini masih menganut kopling sentrifugal / kopling otomatis, harusnya ga banyak juga masalah ( perkara habis di bongkar dan restorasi ini dia tergoda untuk modif ke kopling manual, bukan hak ku buat menentukan yaaa, tergantung owner nya kalau itu ) setelah terbuka bagian bak kopling, ternyata kondisi nya pun tak jauh berbeda dengan bagian bak magnet, sama-sama banyak endapan dan deposit logam di dasar nya, seperti pada foto di bawah ini :
nyolek di rumah as starter, seperti itu hasil nya
Ayeeeee....semakin banyak endapan yang kutemui, keadaan serupa juga memenuhi jalur pelumas pada collar nya, tuhh sampai perangkat kopling ganda / sentrifugal nya aja susah di lepas pakai tangan dari kruk as nya, musti gunakan trekker kaki tiga kecil ku untuk melepaskan perangkat mekanis kopling sentrifugal ini, hasil nya...berikut ini penampakan nya:
serpihan karet dan logam menyumbat got pelumas di collar
begitu juga kondisi filter rotary nya, penuh banget dengan kotoran campuran karet dan logam..
hmmmmm, pasti tambah seru nih kondisi kruk as plus conrod / stang piston nya, karena part-part tadi saling berhubungan terutama rotary filter, yang menyaring kotoran yang masuk dari pompa olie untuk melumasi bearing bigend di crank-shaft kruk as,

'nah, urutan nya gimana tuh, bisa di jelas kan ?' :
begini...... pelumas / olie di pompakan ke saluran kapiler di bak kopling nya, kemudian di teruskan ke kruk as melewati lubang di ujung kruk as (sebagian lagi di teruskan saluran kapiler di bak kopling untuk melumasi stud dan area kampas kopling nya ), pelumas yang di pompakan ke kruk as ;di pakai untuk melumasi collar dan bagian dalam gear primer di mangkuk ganda dan perangkat mekanisme kopling sentrifugal (seperti foto di atas) , nah, kelebihan debit dari sini, di teruskan ke rotari filter. baru di teruskan ke bearing big end setelah di saring di perangkat rotary filter nya. biar lebih jelas, kupinjam kan gambar skema dari blog nya bro joe di sidoarjo yaaa ; tapi fokus nya kali ini yang di sebelah kanan, bukan yang di semprot kan ke pantat piston.
skema nya pinjem dari om kenthoet
nah, mungkin ada yang bertanya lagi ; 'rotary filter ? orang bentuk nya aja kaya cakram nya atlet lempar cakram gitu, gimana cara nyaring nya coba ?' hmmmmm.... good question.
begini sob , masih inget kan tentang cara kerja kopling sentrifugal ? yang musti berputar dulu diatas 2.000rpm baru sepatu kopling ganda nya terlontar keluar ?
demikian juga sistem kerja filter ini, pelumas yang berupa cairan di paksa berputar di dalam rongga rotary filter nya, jika ada kotoran atau serpihan logam yang ikut terpompa bersama pelumas ,dan masuk sampai ke rotary filter ini, maka....karena memanfaatkan gaya sentrifugal lah, di tambah lagi bobot dari serpihan logam atau kotoran ini lebih berat dari pada berat jenis cairan pelumas, maka kotoran maupun serpihan logam ini akan tertahan di dinding rotary filternya, dan hanya cairan pelumas yang bisa di teruskan ke bearing big end untuk melumasi roller di bearing big-end nya. sudah paham kan sekarang ??

"koq mesin ini bisa sampai separah ini kalau memang ada rotary filter nya yang berkerja menyaring pelumas ? ' betul...rotary filter masih terpasang, tapi sudah tidak bekerja maksimal lagi, karena deposit kotoran yang menumpuk di dalam rotary filter nya sudah overload, sudah melebihi kapasitas penampungan filter nya, akhir nya...kotoran meluap, sampai ke jalur masuk nya pelumas dari bak kopling lewat lubang di tengah kruk as bagian kanan. kaya foto di bawah ini lah.:
penuh kotoran di dalam lubang tengah kruk as nya sampai mampet lubang nya.
naahhh.... tambah paham setelah perhatikan penampakan kruk as nya kan ? sekarang beralih ke yang lain ya, biar kelar kita bongkar bagian kanan crankcase ini. okay..
eh, ada yang aneh lagi, shift lever assy nya ga ada clip penahan nya...entah kemana clip ini dolan..
'shift lever assy ?; panganan opo meneh iki ??' halahh....kapan kelar nya ini :D :D
shift lever assy itu, penghubung dari as persneling yang menggerak kan drum gear untuk perpindahan gigi nya, biar lebih jelas lagi, liat foto di bawah ini yaaa, yang ku pegang itu lah yang namanya shift lever assy, klip nya ilang, aku lagi ngubek-ubek blum ketemu.
ilang clip nya ,semprul bingit dah
ntar lagi dah nyari'in clip nya, cek filter bawah dulu....weeladhalah...sampai mampet gini juga filter bawah nya...mantab tenan...
filter nya sampe seperti ini
naahh, ada lagi ini pecahan gear, di zoom keliatan ga ya ? yang di ujung kuku ku itu ? ketemu sama clip nya shift lever assy di dasar bak nya, sama per kecil, kayanya per dari penahan cage di mekanisme mangkok sentrifugal deh. pffftttt.....bener-bener butuh treatment lebih deh ini mesin nanti.
pecahan gear di ujung kuku dan per penahan cage
cape euy...bongkar mesin yang kotor maksimal gini....
lanjut nanti lagi boleh kan ?
bersambung...............
cape O'om ? sama...... :p
advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut