advertisements
Selamat dan Semangat pagi sobat... sehat-sehat semua kan ?
kembali lagi nerusin cerita kemaren yaa.. baru proses bongkar head nya sama block cylinder kan ?Nahh...sekarang ke proses bongkar cover crank-case 1 dan 2 yaa..
bongkar bak magnet dan juga bak kopling nya..
kita intip apa yang kita temukan di sana.
pertama yang ku bongkar adalah bak magnet nya..penasaran dengan endapan apa yang ada di situ, tetep seperti biasa nya, pakai kunci T8mm dan lepaskan semua baut pengikat nya, kalau lepasin bak magnet nya rada susah, karena lama ter ikat kuat di crank-case, bisa di getarkan dengan palu karet / mallet ya..
dan.....tadaaaaa... :
apa-apa'an ini ? koq banyak gram logam nya ? |
ini nih, idle gear starter nya koq sampai seperti ini ?? |
serem kan ? di bagian bawah logam semua itu ngendap |
keren euy, kaya tambang logam |
nyolek di rumah as starter, seperti itu hasil nya |
serpihan karet dan logam menyumbat got pelumas di collar |
hmmmmm, pasti tambah seru nih kondisi kruk as plus conrod / stang piston nya, karena part-part tadi saling berhubungan terutama rotary filter, yang menyaring kotoran yang masuk dari pompa olie untuk melumasi bearing bigend di crank-shaft kruk as,
'nah, urutan nya gimana tuh, bisa di jelas kan ?' :
begini...... pelumas / olie di pompakan ke saluran kapiler di bak kopling nya, kemudian di teruskan ke kruk as melewati lubang di ujung kruk as (sebagian lagi di teruskan saluran kapiler di bak kopling untuk melumasi stud dan area kampas kopling nya ), pelumas yang di pompakan ke kruk as ;di pakai untuk melumasi collar dan bagian dalam gear primer di mangkuk ganda dan perangkat mekanisme kopling sentrifugal (seperti foto di atas) , nah, kelebihan debit dari sini, di teruskan ke rotari filter. baru di teruskan ke bearing big end setelah di saring di perangkat rotary filter nya. biar lebih jelas, kupinjam kan gambar skema dari blog nya bro joe di sidoarjo yaaa ; tapi fokus nya kali ini yang di sebelah kanan, bukan yang di semprot kan ke pantat piston.
skema nya pinjem dari om kenthoet |
begini sob , masih inget kan tentang cara kerja kopling sentrifugal ? yang musti berputar dulu diatas 2.000rpm baru sepatu kopling ganda nya terlontar keluar ?
demikian juga sistem kerja filter ini, pelumas yang berupa cairan di paksa berputar di dalam rongga rotary filter nya, jika ada kotoran atau serpihan logam yang ikut terpompa bersama pelumas ,dan masuk sampai ke rotary filter ini, maka....karena memanfaatkan gaya sentrifugal lah, di tambah lagi bobot dari serpihan logam atau kotoran ini lebih berat dari pada berat jenis cairan pelumas, maka kotoran maupun serpihan logam ini akan tertahan di dinding rotary filternya, dan hanya cairan pelumas yang bisa di teruskan ke bearing big end untuk melumasi roller di bearing big-end nya. sudah paham kan sekarang ??
"koq mesin ini bisa sampai separah ini kalau memang ada rotary filter nya yang berkerja menyaring pelumas ? ' betul...rotary filter masih terpasang, tapi sudah tidak bekerja maksimal lagi, karena deposit kotoran yang menumpuk di dalam rotary filter nya sudah overload, sudah melebihi kapasitas penampungan filter nya, akhir nya...kotoran meluap, sampai ke jalur masuk nya pelumas dari bak kopling lewat lubang di tengah kruk as bagian kanan. kaya foto di bawah ini lah.:
penuh kotoran di dalam lubang tengah kruk as nya sampai mampet lubang nya. |
eh, ada yang aneh lagi, shift lever assy nya ga ada clip penahan nya...entah kemana clip ini dolan..
'shift lever assy ?; panganan opo meneh iki ??' halahh....kapan kelar nya ini :D :D
shift lever assy itu, penghubung dari as persneling yang menggerak kan drum gear untuk perpindahan gigi nya, biar lebih jelas lagi, liat foto di bawah ini yaaa, yang ku pegang itu lah yang namanya shift lever assy, klip nya ilang, aku lagi ngubek-ubek blum ketemu.
ilang clip nya ,semprul bingit dah |
filter nya sampe seperti ini |
pecahan gear di ujung kuku dan per penahan cage |
lanjut nanti lagi boleh kan ?
bersambung...............
cape O'om ? sama...... :p |
advertisements
0 komentar:
Posting Komentar