advertisements
Hallo sobat... selamat pagi, selamat berjumpa kembali di blog pinggiran yang di tulis bakul sego kucing ini yaa :D
selalu sehat dan tetap semangat, agar selalu bisa berkarya untuk orang-orang terkasih di sekitar kita..
okay sobat...setelah kemaren sedikit bercerita tentang rx king tahun tua yang masuk ke pangkalan gerobak ku untuk di rawat, agar bisa kembali mengaspal tanpa was-was lagi owner nya.
musti mengalami check up total di sektor mesin nya.
untuk sektor pembangkit tenaga sudah kita bahas di artikel kemaren, dimana banyak kita temui rembesan olie, piston yang baret-baret juga sambungan antar part yang kurang memenuhi standar mengakibatkan kebocoran-kebocoran kompresi di area itu.
untuk kali ini, aku mau ceritakan tentang proses belah mesin rx king nya . tentu saja harus kita turunkan dulu mesin nya dari rangka motor nya. ada 3 baut pengikat mesin yang musti kita lepas saat menurunkan mesin dari rangka nya, juga baut pengikat footstep di bawah mesin, agar proses mengangkat mesin dari rangka nya tidak terkendala lagi.
selalu sehat dan tetap semangat, agar selalu bisa berkarya untuk orang-orang terkasih di sekitar kita..
okay sobat...setelah kemaren sedikit bercerita tentang rx king tahun tua yang masuk ke pangkalan gerobak ku untuk di rawat, agar bisa kembali mengaspal tanpa was-was lagi owner nya.
musti mengalami check up total di sektor mesin nya.
untuk sektor pembangkit tenaga sudah kita bahas di artikel kemaren, dimana banyak kita temui rembesan olie, piston yang baret-baret juga sambungan antar part yang kurang memenuhi standar mengakibatkan kebocoran-kebocoran kompresi di area itu.
untuk kali ini, aku mau ceritakan tentang proses belah mesin rx king nya . tentu saja harus kita turunkan dulu mesin nya dari rangka motor nya. ada 3 baut pengikat mesin yang musti kita lepas saat menurunkan mesin dari rangka nya, juga baut pengikat footstep di bawah mesin, agar proses mengangkat mesin dari rangka nya tidak terkendala lagi.
beberapa kepala baut slek yang jadi kendala belah mesin |
kepala-kepala baut ini yang butuh effort lebih |
ada satu lagi nih kepala baut nya yang rusak |
ada beberapa baut pengikat crankcase kiri dan kanan nya yang rusak di bagian kepala baut nya. yang butuh sedikit effort lebih. Karena waktu ku buka dengan impact driver (obeng ketok) bahkan dengan mata driver yang besar pun aku mengalami sedikit kesulitan, karena kurang nya posisi tahanan bagi mata driber nya.
terpaksa lah harus kreatif sedikit, dengan membelah kepala baut nya, agar mata driver minus (-) bisa ku gunakan membuka baut-baut pengikat yang sudah rusak / slek di bagian kepala nya ini. untuk membelah dan membuat slot di kepala baut ini, ku gunakan pisau tuner dan mata tuner diamond, pelan-pelan ku belah dan buatkan slot / alur di kepala baut nya, agar mata driver minus ku bisa memutar kepala baut nya..
ada 4 atau 5 kepala baut yang harus ku buatkan slot ini, agar crankcase bisa ku buka dan di observasi.
dan inilah penampakan dari crankcase rx king tua ini sesaat setelah berhasil ku buka. oh iya..membuka crankcase ini pun aku menggunakan crankcase separator buatan ku yang dulu pernah ku ceritakan yaa.. jadi, ga ada proses getok-menggetok untuk memisahkan crank case nya, apalagi untuk area kruk as nya. supaya ke centeran kruk as nya ga terganggu.
entah per dan pelor apa yang nyempil di situ |
sesaat setelah terbelah mur di kruk as itu untuk melindungi ulir nya agar tak rusak saat di dorong dengan crankcase separator. |
untuk area gear transmisi, ga ada masalah atau kerusakan yang kutemukan. berarti part-part ini bisa dipakai lagi tanpa kendala nantinya. cuma ada per dan pelor yang ku temukan di dasar crankcase saat ku belah. seperti part bagian swith netral gear tampaknya. mungkin lupa terpasang, atau jatuh saat crankcase ku buka. gampang lah nanti di posisi kan lagi di tempat nya saat perakitan.
transmisi set masih okay... |
view angle berbeda aja |
ternyata pelumas nya merembes masuk ke ruang karter di bawah piston dan ikut terbakar saat proses transfer dan bilas nya. pantesan kemaren pas di tap olie mesin nya, cuma sedikit kan.
olie mesin malah ngendon di karter nya |
okay....selanjut nya tinggal proses bersih-bersih dan repair beberapa part untuk atasi kebocoran nya..
sabar yaa..ku carikan dulu file-file gambar nya..
to be continued...
sini adek temenin biar ga bosen ya om.. :p |
advertisements
Saya mau bertanya, fungsi dari titik titik di sekitar rumah laker kruk as itu apa ya gan ?
BalasHapusTerima kasih