Mengobati Raja Tua 2

advertisements
Hallo sobat... selamat pagi, selamat berjumpa kembali di blog pinggiran yang di tulis bakul sego kucing ini yaa :D
selalu sehat dan tetap semangat, agar selalu bisa berkarya untuk orang-orang terkasih di sekitar kita..
okay sobat...setelah kemaren sedikit bercerita tentang rx king tahun tua yang masuk ke pangkalan gerobak ku untuk di rawat, agar bisa kembali mengaspal tanpa was-was lagi owner nya.
musti mengalami check up total di sektor mesin nya.
untuk sektor pembangkit tenaga sudah kita bahas di artikel kemaren, dimana banyak kita temui rembesan olie, piston yang baret-baret juga sambungan antar part yang kurang memenuhi standar mengakibatkan kebocoran-kebocoran kompresi di area itu.

untuk kali ini, aku mau ceritakan tentang proses belah mesin rx king nya . tentu saja harus kita turunkan dulu mesin nya dari rangka motor nya. ada 3 baut pengikat mesin yang musti kita lepas saat menurunkan mesin dari rangka nya, juga baut pengikat footstep di bawah mesin, agar proses mengangkat mesin dari rangka nya tidak terkendala lagi.
beberapa kepala baut slek yang jadi kendala belah mesin 
kepala-kepala baut ini yang butuh effort lebih

untuk menurun kan mesin dari rangka nya ga ku temui kendala berarti lah, tapi sedikit kendala nya mulai muncul saat akan membuka baut-baut pengikat crankcase nya,
ada satu lagi nih kepala baut nya yang rusak
yak betul....seperti kita lihat di atas dan di samping ini.
ada beberapa baut pengikat crankcase kiri dan kanan nya yang rusak di bagian kepala baut nya. yang butuh sedikit effort lebih. Karena waktu ku buka dengan impact driver (obeng ketok) bahkan dengan mata driver yang besar pun aku mengalami sedikit kesulitan, karena kurang nya posisi tahanan bagi mata driber nya.

terpaksa lah harus kreatif sedikit, dengan membelah kepala baut nya, agar mata driver minus (-) bisa ku gunakan membuka baut-baut pengikat yang sudah rusak / slek di bagian kepala nya ini. untuk membelah dan membuat slot di kepala baut ini, ku gunakan pisau tuner dan mata tuner diamond, pelan-pelan ku belah dan buatkan slot / alur di kepala baut nya, agar mata driver minus ku bisa memutar kepala baut nya..
ada 4 atau 5 kepala baut yang harus ku buatkan slot ini, agar crankcase bisa ku buka dan di observasi.

dan inilah penampakan dari crankcase rx king tua ini sesaat setelah berhasil ku buka. oh iya..membuka crankcase ini pun aku menggunakan crankcase separator buatan ku yang dulu pernah ku ceritakan yaa.. jadi, ga ada proses getok-menggetok untuk memisahkan crank case nya, apalagi untuk area kruk as nya. supaya ke centeran kruk as nya ga terganggu.
entah per dan pelor apa yang nyempil di situ
sesaat setelah terbelah
mur di kruk as itu untuk melindungi ulir nya agar tak rusak
saat di dorong dengan crankcase separator.
untuk area gear transmisi, ga ada masalah atau kerusakan yang kutemukan. berarti part-part ini bisa dipakai lagi tanpa kendala nantinya. cuma ada per dan pelor yang ku temukan di dasar crankcase saat ku belah. seperti part bagian swith netral gear tampaknya. mungkin lupa terpasang, atau jatuh saat crankcase ku buka. gampang lah nanti di posisi kan lagi di tempat nya saat perakitan.
transmisi set masih okay...
view angle berbeda aja
setelah crank case bisa terbuka, baru lah ketemu masalah nya; kenapa olie mesin pelumas area kopling dan transmisi nya bisa berkurang drastis dan tersisa cuma sekitar 500ml.
ternyata pelumas nya merembes masuk ke ruang karter di bawah piston dan ikut terbakar saat proses transfer dan bilas nya. pantesan kemaren pas di tap olie mesin nya, cuma sedikit kan.
olie mesin malah ngendon di karter nya
berarti tinggal cari dari bagian mana olie/ pelumas kopling dan transmisi nya bisa menyelinap ke ruang karter ini, dari seal kruk as sebelah kanan kah, atau dari pertemuan crankcase karena memang ada 2-3baut pengikat karternya yang tidak bisa kuat mengikat, karena slek. ini juga musti ku perbaiki dengan sistem recoil juga nanti. kalau untuk proses recoil, pernah ku ulas dalam artikel sebelum nya yaaa..
okay....selanjut nya tinggal proses bersih-bersih dan repair beberapa part untuk atasi kebocoran nya..
sabar yaa..ku carikan dulu file-file gambar nya..
to be continued...
sini adek temenin biar ga bosen ya om.. :p

advertisements

1 komentar:

  1. Saya mau bertanya, fungsi dari titik titik di sekitar rumah laker kruk as itu apa ya gan ?
    Terima kasih

    BalasHapus

Pengikut